Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik Karya Christopher Nolan yang Wajib Ditonton

10 Film Terbaik Karya Christopher Nolan yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Christopher Edward Nolan atau yang lebih dikenal denan nama Christopher Nolan sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta film. Ia merupakan seorang sutradara yang telah banyak menyutradarai film-film box office. Ia telah memulai karir filmnya sejak tahun 1989 dan disebut menjadi salah satu sutradara yang paling berpengaruh di abad 21.

Film-film yang disutradarai Christopher Nolan biasanya memiliki ciri khas tersendiri. Ia biasa membuat konsep-konsep yang filosofis dan mengeksplor konstruksi waktu, memori, serta identitas personal manusia.

Nolan juga sering membuat film dengan akhir cerita yang tidak bisa ditebak oleh para penontonnya. Ini membuat film Nolan banyak diminati penikmat film dan selalu ditunggu. Karya-karya film Nolan juga berhasil membuatnya meraih 26 nominasi dan tujuh kemenangan piala Oscar.

Sepanjang karirnya, Christopher Nolan telah menyutradarai sepuluh film dengan beragam genre. Simak yuk ulasan tentang 10 film karya Christopher Nolan yang sangat menarik untuk ditonton berikut ini!

1. Following (1998)

Following (1998)

Following merupakan film pertama yang menjadi debut Christopher Nolan. Film ini diproduksi pada tahun 1998. Kala itu ia masih memproduksi film dengan menggunakan anggaran biaya pribadi dan proses produksinya ia lakukan saat akhir pekan.

Dalam film pertamanya ini ia juga merangkap beberapa jabatan sekaligus, yaitu sutradara, penulis naskah, editor, dan fotografer. Di film ini, Nolan telah memperlihatkan ciri khas dan gayanya, yaitu film-film genre thriller dengan plot non-linear.

Film yang dibuat dengan konsep warna hitam putih ini menceritakan tentang seorang penulis yang mengikuti orang asing hingga ke London. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 7,6.

2. Memento (2000)

Memento (2000)

Memento merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa karya Christopher Nolan yang diproduksi pada tahun 2000. Film ini merupakan film pertama yang membawa nama Christopher Nolan banyak dibicarakan para para penikmat dan kritikus film.

Memento memiliki jalan cerita yang sangat unik karena urutan plotnya dikisahkan secara terbalik berupa alur mundur yang membuat penontonnya sedikit pusing memetakan jalan ceritanya. Melalui kisah seorang pria yang memiiki masalah tidak bia mengingat memori baru dan ingin membalas dendam kematian istrinya, penonton diajak ikut menebak-nebak dan menyusun teka-teki yang sama bersama pria tersebut.

Film yang dibintangi oleh Guy Pearce ini berhasil meraih banyak nominasi dan memiliki rating 8,5 di situs IMDb. Jadi tertarik untuk menontonnya kan?

3. Insomnia (2002)

Insomnia (2002)

Film Insomnia diproduksi pada tahun 2002 dan masih bergenre thriller yang penuh dengan unsur misteri. Film ini dibintangi oleh aktor-aktor ternama Hollywood seperti Al Pacino dan Robin Williams.

Film yang berhasil meraup keuntungan 113 Juta dollar ini mengisahkan tentang seorang detektif yang menginvestigasi kasus pembunuhan di sebuah kota kecil bernama Alaska. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 7,2.

4. Batman Begins (2005)

Batman Begins (2005)

Jika sebelumnya Christopher Nolan lebih sering menyutradarai film-film bergenre thriller, pada tahun 2005 ia menyutradarai film reboot superhero Batman Begins. Dalam trilogi bagian pertama ini, Nolan menceritakan kisah tentang perjalanan Bruce Wayne hingga ia berhasil bertransformasi menjadi Batman.

Dalam film ini, Nolan mencoba untuk membuat film genre superhero yang berbeda dari biasanya. Hasilnya, film yang dibintangi Christian Bale ini meledak dan sukses di pasaran. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 8,3.

5. The Prestige (2006)

The Prestige (2006)

Setelah menggarap film superhero, Nolan kembali menyutradarai film dengan genre thriller misteri berjudul The Prestige pada tahun 2006. Film ini dibintangi oleh Christian Bale sebagai Alfred dan Hugh Jackman sebagai Robert yang mengangkat tema tentang dunia sulap.

Dikisahkan Alfred dan Robert merupakan dua orang pesulap yang bersahabat namun karir mereka di dunia pertunjukan sulap membuat mereka saling bersaing dan terpisah. Mereka berdua kemudian sama-sama menjadi pesulap ternama di masa itu.

Setelah Alfred berhasil mempertunjukan sebuah ilusi yang memukau, Robert semakin terobsesi untuk membongkar trik tersebut tanpa tahu konsekuensi yang akan diterimanya. Film ini memiliki alur maju mundur dan plot twist yang tak terduga. Di situs IMDb, film The Prestige memiliki rating sebesar 8,5.

6. The Dark Knight (2008)

The Dark Knight (2008)

Film The Dark Knight yang diproduksi pada tahun 2008 merupakan sekuel dari film Nolan sebelumnya, Batman Begins. Film ini mendapat apresiasi yang cukup tinggi dari para kritikus dan meraih banyak penghargaan terutama untuk kualitas akting tokoh Joker yang diperankan secara total oleh Heath Ledger.

Selain itu, Nolan juga sukses membuat cerita, sinematografi, dan efek visual yang luar biasa. The Dark Knight juga menjadi satu-satunya film superhero pertama yang mendapat rating IMDb sebesar 9 dan disebut-sebut sebagai film superhero terbaik sepanjang masa.

7. Inception (2010)

Inception (2010)

Film Inception yang diproduksi pada tahun 2010 semakin mengukuhkan nama Christopher Nolan sebagai sutradara yang jenius dan brilian. Film yang dibintangi oleh aktor Leonardo DiCaprio ini mengangkat kisah tentang seseorang yang bia memanipulasi mimpi untuk agenda pribadi.

Inception memiliki alur cerita yang cukup komplek dengan efek visual dan sinematografi yang memukau. Di situs IMDb, film ini mendapatkan rating sebesar 8.8.

8. The Dark Knight Rises (2012)

The Dark Knight Rises (2012)

The Dark Knight Rises merupakan film sekuel terakhir dari trilogi Batman versi Christopher Nolan. Dalam film ketiga ini, Nolan meghadirkan Tom Hardy sebagai Bane yang berperan antagonis dan juga Anne Hathaway yang berperan sebagai catwoman.

Film The Dark Knight Rises berkisah seputar perjuangan Batman yang berusaha bangkit setelah dikalahkan oleh Bane. Nolan cukup sukses membuat film ini menjadi film penutup trilogi Batman. Pada situs IMDb, film ini meraih rating sebesar 8,4.

9. Interstellar (2014)

Interstellar (2014)

Pada tahun 2014, Christopher Nolan kembali meramaikan dunia perfilman Hollywood dengan filmya yang cukup unik dan rumit berjudul Interstellar. Film ini merupakan film bergenre science fiction dan dibintangi oleh Matthew McConaughey.

Film ini mengangkat tema mengenai luar angkasa dimana saat itu diceritakan planet bumi sudah sangat tua dan para ilmuwan berusaha untuk mencari planet baru untuk ditinggali umat manusia. Banyak kritikus menilai bahwa film Interstellar merupakan proyek film Nolan yang paling ambisius.

Film ini terbilang rumit karena jalan ceritanya yang maju mundur dan teka-teki yang diselipkan Nolan di sepanjang film. Pada situs IMDb, film ini mendapat rating sebesar 8,6.

10. Dunkirk (2017)

Dunkirk (2017)

Dunkirk merupakan film terakhir dan terbaru yang disutradarai oleh Christopher Nolan pada tahun 2017. Film dengan latar perang ini terinspirasi dari kisah nyata pada masa perang dunia II di era tahun 1940-an. Film ini mengisahkan tentang proses evakuasi 40.000 pasukan Inggris melalui jalur darat, laut, dan udara.

Meskipun berlatar perang, namun Dunkirk menyajikan cerita dan unsur sinematik yang berbeda dari film perang biasa. Nolan hanya menggunakan dialog yang sangat minim dan lebih banyak menampilkan adegan menegangkan dengan iringan musik dan visual yang membuat penontonnya ikut merasa ngeri dan tegang. Dalam situs IMDb, Dunkirk mendapat rating sebesar 8,4.

Itulah 10 film karya Christopher Nolan yang sukses di pasaran dan membuatnya menjadi salah satu sutradara terbaik di dunia. Jadi, adakah diantara film-film tersebut yang sudahkamu tonton? Manakah film Christopher Nolan yang menjadi favorit kamu? Silakan bagikan kesanmu terhadap film-film Christopher Nolan tadi di kolom komentar ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *