Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik Christian Bale yang Wajib untuk Ditonton

10 Film Terbaik Christian Bale yang Wajib untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Christian Bale dikenal sebagai seorang aktor yang selalu menampilkan totalitasnya terhadap peran yang ia mainkan. Pemilik nama asli Christian Charles Philip Bale ini sudah berkarir di dunia film sejak tahun 1986. Sejak saat itu, Christian Bale sudah banyak memainkan puluhan judul film dengan beragam genre. Di berbagai filmnya ia juga sering mendapatkan peran yang tak biasa dan jauh dari kepribadiannya.

Berkat kualitas aktingnya yang bisa memerankan beragam karakter, banyak juga yang menyebut Christian Bale sebagai aktor bunglon. Kemampuan aktingnya ini juga telah membuat Christian Bale dianugerahi banyak penghargaan, salah satunya adalah penghargaan Golden Globe Award tahun 2019. Dari berbagai filmnya, berikut 10 film Christian Bale terbaik yang memperlihatkan totalitas aktingnya.

1. Empire of The Sun (1987)

Empire of The Sun

Film pertama yang membuat nama Christian Bale dikenal di industri perfilman Hollywood adalah film Empire of The Sun yang disutradarai oleh sutradara kawakan Steven Spielberg. Pada saat memainkan film ini, Christian Bale baru berusia 13 tahun. Perannya di film ini kemudian membuat namanya disebut-sebut sebagai bintang masa depan.

Film Empire of The Sun merupakan sebuah film drama sejarah yang mengisahkan tentang kehidupan seorang anak berusia 11 tahun bernama James yang diperankan Christian Bale di tengah kecamuk perang pasifik. Ketika Jepang menginvasi China, ia terpisah dari keluarganya dan mulai hidup sebatang kara. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 7,8.

2. American Psycho (2000)

American Psycho

Di tahun 2004, Christian Bale memerankan peran sebagai seorang psikopat sadis dalam sebuah film bergenre horror psikologi berjudul American Psycho. Dalam film yang disutradarai oleh Mary Harron ini, Bale berperan sebagai Patrick Bateman yang juga memiliki dua sisi karakter yang berbeda. Film ini mendapat tanggapan positif karena peramuan plot dan karakternya.

Dalam Amercan Psycho, karakter Patrick Bateman dikisahkan sebagai seorang yang kaya raya, rupawan dan memiliki segalanya. Namun dibalik itu semua, ia juga menyimpan sisi gelapnya sebagai seorang psikopat yang sadis. Di film ini anda bisa melihat bagaimana peran Bale dari sosok pria rupawan menjadi pembunuh sadis. Film ini memperoleh rating 7,6 dari IMDb.

3. The Machinist (2004)

The Machinist

Film The Machinist menjadi salah satu film yang menuai banyak pujian positif, terutama untuk totalitas akting seorang Christian Bale. Untuk bermain dalam film bergenre thriller psikologi yang disutradarai oleh Ben Anderson ini, Christian Bale rela menurunkan berat badannya hingga 30 kilogram dan membuatnya tampak sangat berbeda.

Dalam film The Machinist, Bale memerankan tokoh Trevor Reznik. Trevor diceritakan sebagai seorang pekerja pabrik yang menderita insomnia akut sehingga membuatnya tidak tertidur selama berbulan-bulan. Penyakitnya ini membuatnya mulai tidak bisa membedakan kenyataan atau ilusi di sekitarnya. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 7,7.

4. Batman Begins (2005)

Batman Begins

Di tahun 2005, Christian Bale mendapatkan peran untuk menjadi salah satu karakter superhero yang sangat legendaris sepanjang masa, Batman. Film Batman tahun 2005 yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini berjudul Batman Begins. Berbeda dari perannya setahun yang lalu di The Machinist, di film ini anda akan melihat sosok Christian Bale yang sangat gagah.

Film Batman Begins mengambil fokus cerita pada kisah Bruce Wayne yang mencoba mengendalikan rasa takutnya setelah kematian kedua orang tuanya. Perjalanannya keliling dunia kemudian membuatnya bertekad untuk mulai berperang melawan kejahatan dan korupsi yang merajalela di kota Gotham. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,2.

Cek juga artikel film superhero terbaik ini untuk mendapat referensi judul film lain sejenis Batman Begins.

5. The Prestige (2006)

The Prestige

Setahun setelah film Batman Begins, Christian Bale kembali bermain dalam film yang juga disutradarai oleh Christopher Nolan. Kali ini ia berperan sebagai seorang pesulap dalam film bergenre thriller yang berjudul The Prestige. Film ini juga dibintangi aktor dan aktris kenamaan Hollywood seperti Hugh Jackman dan Scarlett Johansson.

Dalam film The Prestige, Bale memerankan tokoh Alfred Borden, seorang pesulap ternama di kota London yang selalu bersaing dengan pesulap lainnya, Robert Angier. Persaingan ini membuat mereka terus melakukan berbagai cara agar bisa mengalahkan trik masing-masing. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,5.

6. 3:10 to Yuma (2007)

3 10 to Yuma

3:10 to Yuma bisa dikatakan sebagai salah satu film yang cukup sukses dimainkan oleh Christian Bale. Film ini berhasil mendapatkan tiga nominasi piala Oscar di ajang Academy Award. Film yang mengangkat genre crime ini disutradarai oleh James Mangold. Dalam film ini, Christian Bale beradu akting dengan aktor ternama lainnya, Russel Crowe.

Film 3:10 to Yuma mengambil setting waktu di sekitar tahun 1800 di wilayah Arizona. Cerita bermula ketika pimpinan kelompok penjahat terkenal di wilayah tersebut tertangkap. Christian Bale yang berperan sebagai seorang petani menawarkan diri untuk mengantar penjahat tersebut ke pengadilan dengan kereta 3:10 to Yuma. Film ini mendapat rating 7,7 di IMDb.

7. The Dark Knight (2008)

The Dark Knight

Film The Dark Knight adalah sekuel dari film Batman Begins yang masih disutradarai oleh Christopher Nolan. Film ini menjadi film superhero yang sangat sukses dengan mengantongi 8 nominasi piala Oscar. Dalam film ini Christian Bale kembali berperan sebagai Batman dan beradu akting dengan karakter legendaris Joker yang diperankan oleh Heath Ledger.

Film The Dark Knight mengangkat cerita mengenai Batman beserta jaksa dan letnan setempat yang mulai membentuk sebuah  aliansi untuk membersihkan kota Gotham dari organisasi kriminal para penjahat. Mereka berhasil menekan angka kriminal, hingga Joker muncul dan kembali mengacaukan suasana. Film ini mendapat rating 9 dari situs IMDb.

8. The Fighter (2010)

The Fighter

The Fighter merupakan sebuah film yang terinspirasi dari kisah nyata petinju legendaris Micky Ward. Dalam film yang disutradarai oleh David O Russell ini, Bale berperan sebagai kakak dari petinju Micky. Film ini menjadi salah satu film terbaik Christian Bale yang membawanya memenangi piala Oscar dalam kategori Best Actor in Supporting Role.

Dalam film The Fighter, Christian Bale memerankan karakter Dikcy Eklund, seorang petinju yang dijuluki Pride of the Lowell. Ketika Dicky harus kehilangan popularitasnya karena ulahnya sendiri, ia mulai memperhatikan adiknya, Micky Eklund untuk menjadi petinju yang lebih hebat darinya. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 7,8

9. The Dark Knight Rises (2012)

The Dark Knight Rises

The Dark Knight Rises adalah sekuel terakhir dari trilogi Batman karya sutradara Christopher Nolan. Dalam sekuel film terakhir Batman ini. Christian Bale yang berperan sebagai Batman harus menghadapi musuh baru yang diperankan oleh aktor Tom Hardy. Selain Tom Hardy, di film ini Bale juga beradu peran dengan aktris Anne Hathaway yang menjadi tokoh Cat Woman.

Cerita The Dark Knight Rises mengambil setting waktu delapan tahun setelah Batman menjadi buronan polisi dan dituduh sebagai pelanggar hukum. Setelah cukup mengurung diri, Bruce Wayne kemudian memutuskan untuk kembali menjadi Batman setelah Gotham dikuasai dan diancam pejahat bernama Bane. Film ini memperoleh rating sebesar 8,4 dari IMDb.

10. Ford v Ferrari (2019)

Ford v Ferrari

Film terbaru dari Christian Bale adalah sebuah film biografi berjudul Ford v Ferrari. Dalam film yang mengambil setting di tahun 1960-an ini, Christian Bale memerankan karakter pembalap Ken Miles. Film ini cukup sukses karena berhasil masuk menjadi salah satu nominasi Best Pictures di ajang Academy Awards. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 8,2.

Film ini mengangkat kisah nyata seputar persaingan yang terjadi di dunia balap antara dua pabrikan mobil ternama, Ford dan Ferrari. Ferrari dikisahkan menjadi pabrikan yang sangat mendominasi di ajang Le Mans 24 Hours dan menjadi juara bertahan selama lima tahun, hingga akhirnya pabrikan Ford muncul dan mencoba mematahkan dominasi tersebut.

Itulah sepuluh film Christian Bale dengan berbagai peran dan karakter yang ia mainkan dengan penuh totalitas. Diantara sepuluh film tadi, manakah yang menjadi favoritmu? Ceritakan mengenai film Christian Bale favoritmu di kolom komentar ya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *