bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik yang Diperankan oleh Carrie Coon

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Carrie Alexandra Coon adalah seorang aktris kelahiran 24 Januari 1981 yang sangat produktif. Dalam dunia televisi, Coon terkenal melalui serial drama HBO berjudul The Leftover (2014-2017) dan serial antologi FX Fargo (2017).

Selain eksis di televisi, Carrie Coon juga berprestasi di dunia panggung. Dia bahkan pernah mendapatkan penghargaan Theatre World Award (2013).

Seolah tak puas dengan pencapaiannya, Carrie Coon juga aktif di industri perfilam Hollywood. Debut aktingnya dalam film Gone Girl (2014) mengganjar sang aktris dengan beragam apresiasi. Setelah itu Carrie Coon terus melaju dengan membintangi beberapa film.

Sepuluh di antaranya punya jalan cerita yang sangat menarik. Apa saja film terbaik dari pemeran Proxima Midnight ini?

1. Avengers: Infinity War

Avengers: Infinity War

Carrie Coon ikut berpertisipasi dalam film superhero, salah satukebanggan Marvel dan para penggemarnya, Avenger: Infinity War (2018), sebagai sekutu Thanos bernama Proxima Midnight. Bersama letnan Thanos lainnya, seperti Ebony Maw, Cull Obsidian, dan Corvus Glaive, mereka mencegat pesawat berisi korban-korban selamat dari kehancuran Asgard.

Thanos yang sudah mendapatkan Power Stone, satu dari enam Infinity Stone dari planet Asgard, mengekstraksinya. Dia mengalahkan Hulk, membunuh Loki dan Heimdall. Bersama Proxima dan lainnya, Thanos menghancurkan pesawat tersebut. Hulk yang mendarat di New York kembali ke bentuk Bruce Banner.

Dia lalu memperingatkan Stephen Strange dan Wong mengenai rencana Thanos untuk menghancurkan separuh kehidupan di alam semesta. Untuk mengantisipasinya mereka merekrut Tony Stark. Peter Parker juga terlibat setelah Maw dan Obsidian mengambil Time Stone dari Strange.

Begitu pula dengan The Guardians of the Galaxy yang menanggapi pangilan darurat dari kapal Asgard dan berhasil menyelamatkan Thor. Thor menduga bahwa Thanos mengincar Reality Stone yang ada pada Taneeleer Tivan.

Sayang, Thanos sudah lebih dulu mendapatkan Reality Stone tersebut. Jika sudah begini mungkinkah rencana Thanos akan terjadi?

Baca juga: Batu Keramat di Marvel Universe, Inilah 6 Kekuatan dari Infinity Stone

2. Gone Girl

Gone Girl

Dalam film thriller psikologis berjudul Gone Girl (2014), Carrie Coon bisa kamu temukan berperan sebagai Margo, saudari kembar Nick Dunne. Di sini, Nick Dunne menjadi tersangka utama dalam kasus hilangnya sang istri, Amy, secara tiba-tiba. Konflik dimulai ketika Nick yang baru pulang mengajar, tidak mendapati Amy berada di rumah.

Berita tersebut tersebar secara luas dan media curiga terhadap sikap apatis Nick atas hilangnya Amy. Amy adalah sosok yang terkenal karena menjadi inspirasi buku anak karya orangtuanya berjudul Amazing Amy.

Dalam kilas balik ditampilkan bahwa Nick dan dan Amy sama-sama kehilangan pekerjaan di masa resesi. Mereka lalu pindah ke kampung halaman Nick. Namun, Nick menjadi jauh dari Amy dan mulai berselingkuh dengan salah satu muridnya, Andie.

Dari hasil penyelidikan Detektif Rhonda Boney, ditemukan bukti-bukti yang mencurigakan, yang membuatnya mengerti bahwa pernikahan Nick dan Amy sedang tidak baik-baik saja. Nick bahkan tidak tahu bahwa Amy sedang hamil. Lalu benarkah Nick dalang dari hilangnya Amy?

3. Ghostbusters: Afterlife

Ghostbusters: Afterlife

Ghostbusters: Afterlife (2021) adalah film komedi supernatural yang disutradarai oleh Jason Reitman dari skenario yang ditulisnya bersama Gil Kenan. Film ini merupakan sekuel dari Ghostbusters (1984) dan Ghostbusters II (1989), sekaligus merupakan film keempat dari franchise Ghostbusters. Dalam film ini Carrie Coon berperan sebagai karakter utama bernama Callie Spengler.

Egon Spengler diserang makhluk asing sehingga menyebabkannya mengalami serangan jantung yang fatal. Putrinya, Callie Spengler, alhasil mewarisi pertanian milik Egon. Dia lalu pindah memboyong anak-anaknya, Trevor dan Phobe. Phobe yang senang berpikir secara ilmiah mendaftarkan diri di kelas sains musim panas dan diajar oleh ahli seismologi, Gary Grooberson.

Dengan segala sensitivitasnya, Phobe menemukan bahwa rumah mendiang kakeknya itu berhantu. Poltergeist yang tinggal di rumahnya membawa Phobe ke perangkap hantu.

Phobe pun menunjukkannya pada Gary dan Podcast. Gary yang merupakan penggemar Ghostbusters membantu Phobe mempelajari lebih lanjut tentang makhluk halus dan kakeknya.

Gary, Phobe dan Podcast mengutak-atik perangkap hantu yang ditemukan sampai-sampai meloloskan salah satu hantu, Gozer, yang kemudian melarikan diri ke tambang. Phobe kemudian menemukan laboratorium bawah tanah milik sang kakek; lebih jauh Phobe dipandu Ego memulihkan peralatan Ghostbusters yang telah lama tersimpan.

4. The Post

The Post

Film Carrie Coon berikutnya, The Post (2017) merupakan semi-fiction historical political thriller film karya sutradara Steven Spielberg. Film ini bercerita tentang The Washington Post dan publikasi Pentagon Papers dengan naskah yang ditulis oleh Liz Hannah dan Josh Singer.

Tahun 1966 Daniel Ellsberg, U.S. State Department analyst bergabung dengan pasukan perang AS dalam Perang Vietnam. Dia bergabung untuk mendokumentasikan kemajuan militer di sana. Namun, Daniel segera menyadari bahwa perang tersebut tidak punya harapan.

Pendapatnya disetujui Menteri Pertahanan Robert McNamara. Namun, Ellsberg dibuat kecewa karena McNamara terus membenarkan pengerahan pasukan Amerika secara terbuka. Setelah misinya berakhir, Ellsberg bekerja di RAND Corporation.

Dia menyalin ribuan halaman laporan rahasia tentang campur tangan jangka panjang AS di Vietnam yang berasal dari pemerintahan Truman. Ellsberg lalu membocorkannya pada jurnalis Neil Sheehan di The New York Times.

McNamara kemudian mengabarkan pada Katharine Graham, pemilik The Washington Post, bahwa berita tidak menyenangkan tentang dirinya akan dimuat di The New York Times.

Editor eksekutif The Post, Bradlee, ingin mendahului The New York Times, tapi pengadilan distrik menghentikan Times memberitakan bocoran lebih lanjut. Graham yang khawatir, berani memberi izin pada Bradlee untuk mengabaikan larangan dari pihak distrik tersebut. Dalam film ini Carrie Coon berperan sebagai Meg Greenfield, sekretaris redaksi The Post.

5. Widows

Widows

American neo-noir heist thriller film berjudul Widows (2018) adalah film Carrie Coon yang disutradarai oleh Steve McQueen. Naskah film ini ditulis berdasarkan serial televisi Inggris tahun 1983 dengan judul yang sama. Plot-nya mengikuti kehidupan empat wanita asal Chicago yang mencoba mencuri sejumlah uang dari rumah seorang politisi terkenal.

Mereka mencuri untuk membalas pada seorang bos kriminal yang mencuri uang dari mereka. Konflik bermula ketika mobil Harry Rawling dan kelompok kriminalnya diledakkan setelah mencuri uang dari bos kriminal, Jamal Manning.

Jamal menuntut Veronica, janda dari Harry untuk ganti rugi karena dia membutuhkan uang tersebut untuk kampanye mengalahkan Jack Mulligan.

Bash, sopir setia Harry, memberi Veronica kunci brankas berisi catatan rencana terperinci untuk mencuri sejumlah uang dari rumah Mulligan. Alih-alih menjualnya pada Jamal, Veronica bertekad mencuri uangnya sendiri. Dia lalu mengajak dua janda lain dari geng Harry, yaitu Alice dan Linda, untuk mencuri.

Satu janda lainnya, Amanda, yang diperankan Carrie Coon, tidak dapat ikut karena memiliki bayi. Tanpa Amanda, Linda tetap melanjutkan rencananya. Namun, kejutan terjadi ketika dia mengetahui bahwa Harry telah mengkhianati gengnya dengan meledakkan mobil secara sengaja dan bersekongkol dengan Mulligan. Apa yang sebenarnya terjadi?

6. Boston Strangler

Boston Strangler

American historical crime drama film berjudul Boston Strangler (2023) dibuat berdasarkan peristiwa nyata, Boston Strangler, yang telah membunuh 13 wanita di tahun 1960-an. Tahun 1962, reporter Boston Record American, Loretta McLaughlin, menyelidiki kasus wanita tua yang diperkosa dan dibunuh dengan cara dicekik di wilayah Boston.

Dia mencatat bahwa semua korban meninggal dalam keadaan leher diikat menggunakan stoking. Loretta berpikir tentang pembunuhan berantai dan pikirannya ini membuat penegak hukum serta atasannya marah. Ketika korban berikutnya ditemukan, Loretta dan teman reporternya, Jaen Cole yang diperankan Carrie Coon, memutuskan melanjutkan penyelidikan.

Dalam prosesnya kedua wanita pemberani ini harus mengalami banyak gangguan, baik di tempat kerja atau di lingkungan masyarakat. Ancaman bahkan menyasar keluarga dari keduanya. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat Loretta untuk menulis berita tentang kejadian tersebut; berita yang kemudian dia beri judul The Boston Strangler.

Satu tahun kemudian, korban ketujub bernama Sophie Clark ditemukan tewas. Berbeda dari korban sebelumnya, Sophie berusia muda. Di tengah penyelidikan, Loretta dan Jean menemukan bahwa Boston Police Department mengacaukan penyelidikan. Lantas dengan segala rintangannya, apakah Loretta dan Jean berhasil mengungkap pelaku pembunuhan tersebut?

7. The Nest

The Nest

The Nest (2020) merupakan film Carrie Coon ber-genre drama psikologis karya Sean Durkin. Dalam film ini Carrie beradu akting dengan Jude Law, Charlie Shotwell, Oona Roche dan Adeel Akhtar.

Berlatarkan tahun 1980-an, Rory O’Hara dan istrinya, Allison, yang diperankan Carrie Coon, menjalani kehidupan kelas menengah di New York City bersama anak-anak mereka, Samantha dan Benjamin.

Allison mengajar berkuda, sedangkan Rory adalah seorang trader. Suatu ketika Rory mengajak Allison pindah ke Inggris karena merasa tak punya banyak kesempatan di Amerika. Di sana dia berencana kembali ke perusahaan Arthur Davis. Walau Allison tidak begitu yakin, mereka sekeluarga akhirnya pindah dan menempati rumah tua berukuran besar.

Rory lantas membujuk Allison untuk mengembangkan peternakan di sana. Allison pun membeli kuda yang dia beri nama Richmond. Sayang, ketenangan mereka terganggu ketika Rory tidak bisa mengendalikan gaya hidupnya yang berkelas.

Pada titik ini Allison sampai harus menggunakan dana talangan dan bekerja sebagai buruh tani untuk menafkahi keluarga. Apakah keluarga mereka tetap utuh?

8. Kin

Kin

Kin (2018) adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Jonathan dan Josh Baker. Ceritanya ditulis berdasarkan pada film pendek tahun 2014 karya Baker, Bag Man.

Elijah "Eli" Solinski yang berusia empat belas tahun tinggal bersama ayah angkatnya, Harold "Hal". Saat mengais-ngais di sebuah bangunan yang ditinggalkan untuk mencari kabel tembaga agar dapat dijual, Eli menemukan sesuatu.

Eli menemukan sisa-sisa pertempuran, bangkai berlapis baja dan persenjataan berteknologi tinggi. Dia mengambil sebuah senjata aneh, tetapi menjatuhkannya dan melarikan diri setelah senjata itu aktif secara mekanis. Malam itu, kakak laki-laki Eli yang baru saja dibebaskan bersyarat, James "Jimmy", pulang ke rumah dengan rasa kecewa.

Eli sendiri terus memikirkan senjata itu. Dia lalu menyelinap untuk mengambilnya. Saat menyelinap masuk kembali, dia mendengar ayah dan Jimmy bertengkar. Jimmy berutang kepada Taylor Balik, seorang gembong penjahat lokal. Dia kemudian meminta Hal untuk membantunya mencuri uang tersebut dari majikannya. Hal menolak lalu mengusir Jimmy.

Malam berikutnya, Hal memergoki Jimmy dan Taylor membobol brankas kantornya. Taylor lalu mendorong Jimmy menembak dan membunuhnya. Namun, masalah semakin runyam ketika Jimmy secara tidak sengaja membunuh saudara Taylor, Dutch.

Apa yang akan terjadi selanjutnya pada mereka? Di sini Carrie Coon berperan sebagai agen FBI yang memenjarakan Jimmy bernama Morgan Hunter.

9. The Keeping Hours

The Keeping Hours

The Keeping Hours (2017) adalah sebuah film drama horor supernatural yang disutradarai oleh Karen Moncrieff.

Secara singkat film ini bercerita tentang pasangan suami istri yang bercerai setelah kematian putra mereka tujuh tahun lalu. Namun, mereka dipersatukan kembali oleh peristiwa-peristiwa supernatural yang menawarkan mereka kesempatan untuk saling memaafkan.

Mark dan Elizabeth saling menyalahkan atas kematian putra mereka, Jacob, dalam sebuah kecelakaan. Keduanya bercerai dan Elizabeth yang diperankan Carrie Coon telah menikah lagi. Dia tinggal di sebuah rumah mewah bersama putri tirinya dan mulai menulis buku. Mark sendiri bekerja sebagai seorang pengacara di sebuah firma hukum terkenal.

Suatu hari Mark memeriksa rumah yang sempat ditinggalinya bersama Elizabeth dulu karena kecewa dengan ulah penyewa. Selama memeriksanya, Mark mendengar suara-suara aneh, termasuk suara langkah kaki.

Tanpa diduga, Mark juga melihat Jacob di sana. Shock dengan apa yang dilihatnya, Mark pingsan. Namun, perlahan dia menerima hantu Jacob sebagai sesuatu yang nyata.

Hantu anak itu pun bertanya soal ibunya sehingga Mark membawa Elizabeth ke rumah lama mereka. Sesampainya di rumah itu, Elizabeth juga melihat Jacob, tetapi dia mengira bahwa itu semua akal-akalan Mark.

Walau begitu Elizabeth senang melihat putranya kembali. Keluarga kecil itu mendadak melakoni rutinitas yang biasa mereka lakukan dulu hingga fakta sebenarnya tentang kematian Jacob terungkap.

10. The Legacy of a Whitetail Deer Hunter

The Legacy of a Whitetail Deer Hunter

The Legacy of a Whitetail Deer Hunter (2018) adalah film drama komedi yang disutradarai oleh Jody Hill. Film ini bercerita tentang seorang pemburu hebat dan terkenal bernama Buck Ferguson yang berusaha terhubung kembali dengan putranya, Jaden, dengan cara yang unik. Sebagai bintang acara-acara hunting, Buck ingin mengajak putranya berburu.

Dalam video-videonya Buck menggambarkan berburu sebagai one of the more sacred family values. Dia kemudian mengajak Jaden yang berusia 12 tahun untuk berburu di akhir pekan agar anak itu memiliki pengalaman memburu rusa pertamanya. Perburuan tersebut sebenarnya punya tujuan lain karena Buck ingin memperkuat ikatan ayah dan anak yang renggang.

Hubungan Buck dan Jaden merenggang ketika mantan istri Buck dan ibu Jaden bernama Linda, yang diperankan Carrie Coon, mempertimbangkan untuk menikah lagi. Sayangnya usaha Buck tidak berjalan dengan mudah. Dari perburuan itu dia belajar bahwa hubungan keluarga tidak bisa dipaksakan.

Sebagai aktris yang aktif juga berakting di atas panggung, tak ada yang perlu diragukan dari kualitas seorang Carrie Coon. Kamu bisa melihatnya sendiri melalui sepuluh film terbaik yang pernah dia bintangi, yang kami rekomendasikan di atas. Tunggu apa lagi?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram