bacaterus web banner retina

15 Film Barat Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2022

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Setiap minggu selalu ada film barat yang premiere di bioskop-bioskop tanah air. Mau genre laga, roman, komedi, sampai dengan horror semuanya lengkap. Sebagai penonton, kamu bebas memilih film yang hendak ditonton berdasarkan genre, pemain, atau popularitasnya.

Tahun ini, serbuan film-film superhero dari DC dan Marvel belum berkurang, justru akan semakin meninggi sebanding dengan animo penonton yang sudah terbuai dengan rangkaian kisah dalam semesta yang mereka ciptakan.

Di antara dominasi film-film superhero, ada juga beberapa film sekuel dari film-film sukses sebelumnya, bahkan ada yang memiliki jarak lebih dari satu dekade dari film pertamanya.

Dan hanya sebagian kecil saja film-film dengan judul baru yang disutradarai oleh sineas papan atas Hollywood.

Untuk menemani waktu luangmu, Bacaterus sudah merangkum daftar film barat terbaru yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Film-film luar negeri yang akan kami bahas di sini berasal dari semua genre. Jadi, kamu bisa menentukan film terbaru yang ingin ditonton sesuai genre, sinopsis atau pemain yang kamu sukai. Enjoy!

1. Prey

Prey
  • Tahun Rilis: 5 Agustus 2022
  • Genre: Action, Drama, Horror, Thriller, Sci-Fi
  • Produksi: 20th Century Studios, Davis Entertainment
  • Sutradara: Dan Trachtenberg
  • Pemeran: Amber Midthunder, Dane DiLiegro, Dakota Beavers

Naru, ksatria wanita dari suku Comanche harus menyelamatkan diri dan sukunya dari serangan pemburu yang memiliki teknologi mutakhir.

Berasal dari luar angkasa, pemburu ini ingin menjadikan bumi dan penduduk di dalamnya sebagai target buruan. Bagaimana cara bangsa Indian dengan persenjataan primitif ini menghadapi para Predator?

Dan Trachtenberg yang pernah sukses mengarahkan film 10 Cloverfield Lane (2016) mengusung kisah dalam franchise Predator jauh kembali ke awal dimana bangsa alien pemburu ini pertama kali menjejakkan kakinya di bumi. Bangsa Indian yang primitif menjadi target mereka 300 tahun lalu.

Namun, suku ini tidak hanya berhadapan dengan Predator saja, melainkan juga dengan kedatangan pasukan dari Eropa yang ingin membuat koloni di Amerika. Terdengar seru, bukan? Prey hanya bisa disaksikan di Hulu.

2. Samaritan

Samaritan
  • Tahun Rilis: 26 Agustus 2022
  • Genre: Action, Drama, Fantasy, Sci-Fi
  • Produksi: Balboa Productions, Metro-Goldwyn-Meyer
  • Sutradara: Julius Avery
  • Pemeran: Sylvester Stallone, Pilou Asbaek, Javon ‘Wanna’ Walton

Seorang anak kecil diselamatkan oleh pria tua yang kesehariannya bekerja sebagai petugas kebersihan. Anak itu percaya bahwa dia telah menemukan sosok superhero yang telah lama dianggap hilang sejak pertempuran terakhirnya melawan Nemesis 20 tahun lalu.

Dengan tingkat kriminal yang sangat tinggi di kota dan mulai menebar ancaman besar, akankah Samaritan kembali beraksi?

Meski sudah di usia senja, Sylvester Stallone membuktikan dirinya masih bisa memegang predikat sebagai bintang action.

Sejak bangkit kembali lewat dua karakter yang dahulu membuatnya populer, Rocky Balboa dan John Rambo, Stallone kemudian sukses dengan trilogi The Expendables.

Kini dia berperan sebagai superhero? Rasanya tidak sabar untuk menyaksikannya! Hanya tayang di Amazon Prime Video.

3. Bodies, Bodies, Bodies

Bodies, Bodies, Bodies
  • Tahun Rilis: 5 Agustus 2022
  • Genre: Comedy, Horror, Thriller
  • Produksi: 2AM, A24
  • Sutradara: Halina Reijn
  • Pemeran: Amandla Stenberg, Maria Bakalova, Rachel Sennott

Sekelompok anak muda dari keluarga kaya raya mengadakan pesta di sebuah rumah besar yang terpencil. Berusaha membuat pesta tambah seru, mereka membuat sebuah permainan yang ternyata mengundang tanda tanya besar.

Satu persatu dari mereka tewas terbunuh. Sembari menghindari sang pembunuh, tensi diantara mereka meninggi dan mengundang konflik. Siapa pembunuh sebenarnya?

Bodies, Bodies, Bodies mengulang kembali premis horror klise yang pernah populer di era 1990an, seperti Scream (1996) dan I Know What You Did Last Summer (1997).

Kita pasti akan dibawa untuk menebak siapa pelaku pembunuhan diantara mereka. Mungkin yang membedakan hanyalah film ini diperuntukkan bagi generasi terkini. Sangat cocok bagi penyuka film horror penuh misteri.

4. Thirteen Lives

Thirteen Lives

Satu tim sepak bola anak-anak terjebak di dalam gua yang banjir karena turunnya hujan deras yang tidak berhenti. Tim penyelamat diturunkan dan harus mengeluarkan mereka semua sebelum banjir menggenangi seisi gua. Berdasarkan peristiwa nyata yang pernah terjadi di Thailand.

Ron Howard adalah sineas yang paling paham dalam menampilkan sebuah film penuh nuansa dramatis. Mengangkat peristiwa nyata, film ini didukung oleh deretan aktor papan atas Hollywood yang tidak perlu diragukan lagi kualitas aktingnya.


Atmosfer claustrophobia dan himpitan waktu akan terus memompa adrenalin kita di sepanjang film. Ini adalah film yang wajib kalian tonton.

Sudah tayang di bioskop Amerika secara terbatas di bulan Juli kemarin dan mendapat respon positif, film ini segera tayang di Amazon Prime Video.

Sekedar informasi, sebuah miniseri produksi Thailand dengan latar belakang peristiwa yang sama, Thai Cave Rescue, juga akan segera tayang pada 22 September.

5. They/Them

They/Them
  • Tahun Rilis: 5 Agustus 2022
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: Blumhouse Productions
  • Sutradara: John Logan
  • Pemeran: Kevin Bacon, Anna Chlumsky, Theo Germaine

Sekelompok remaja LGBTQ datang ke sebuah conversion camp di lokasi yang terpencil. Mereka disambut dengan hangat dan mulai menjalani proses konversi melalui bimbingan para ahlinya.

Namun satu persatu dari mereka dibantai oleh sesosok pembunuh berantai yang sadis. Bisakah mereka pergi dari tempat itu dengan selamat? Dan siapakah pembunuh itu? Film ini hanya dirilis di Peacock.

Slasher Film adalah subgenre horror yang selalu hadir di setiap tahunnya. Faktor yang membedakan ialah para pemerannya saja. Sedangkan premisnya tetap sama dengan para remaja sebagai korbannya.

Sedikit banyak nuansa Friday the 13th (1980) sangat terasa. Bagi yang pernah menonton trilogi Fear Street di Netflix, maka kalian sudah akrab dengan lokasi camp di film ini.

6. Luck

Luck

Seorang gadis remaja yang selalu bernasib sial mendapat sebuah koin dari seekor kucing hitam. Hidupnya setelah itu selalu berada dalam keberuntungan, hingga koin itu hilang di dalam kloset.

Dia mengejar kucing hitam itu hingga masuk ke dunia dimana penduduknya hidup selalu dalam keberuntungan. Apakah kehadirannya bisa membawa kesialan bagi penduduk di dunia fantasi ini?

Apple TV+ sepertinya tidak mau ketinggalan dalam persaingan di film animasi. Dengan dukungan animator jebolan Disney, film ini memang terlihat mirip dengan film-film dari studio animasi terbesar tersebut.

Dengan deretan pemeran ternama sebagai pengisi suaranya, Simon Pegg dan Jane Fonda, sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi kita untuk menontonnya.

Sepertinya akan banyak elemen yang dibawa dari film-film animasi Disney, seperti Monsters, Inc. (2001) dan Inside Out (2015), jika dilihat dari trailer-nya. Kita pasti akan dibuat penasaran dengan apa yang akan disuguhkan oleh film ini. Hanya bisa disaksikan di Apple TV+.

7. Three Thousand Years of Longing

Three Thousand Years of Longing

Dalam perjalanannya ke Istanbul, seorang akademisi menemukan botol ajaib yang berisi sesosok Jin. Mampu mengabulkan tiga permintaan, apa saja yang diinginkan oleh wanita yang sedang kesepian ini? Romansa? Harta? Atau apa?

Berdasarkan cerita pendek berjudul The Djinn in Nightingale’s Eye karya A.S. Byatt, premis awalnya mungkin sama dengan kisah Aladdin.

Tapi dengan karakter yang berbeda, jalan cerita tentu menjadi tidak sama. Sutradara legendaris George Miller berhasil membawa kembali sinematografer John Seale dari masa pensiunnya demi menampilkan gambar-gambar yang indah dan unik di film ini.

Saat tayang di Cannes Film Festival, Three Thousand Years of Longing mendapat 6 menit standing ovation. Tentu membuat kita penasaran, sebagus apakah kualitas film ini? Jika nanti singgah di bioskop Indonesia, jangan lupa ditonton, ya!

8. Secret Headquarters

Secret Headquarters
  • Tahun Rilis: 5 Agustus 2022
  • Genre: Action, Comedy, Sci-Fi, Adventure, Family
  • Produksi: Jerry Bruckheimer Films, Paramount Pictures
  • Sutradara: Henry Joost, Ariel Schulman
  • Pemeran: Owen Wilson, Michael Pena, Walker Scobell

Ketika bermain bersama teman-temannya di rumah, secara tidak sengaja Charlie menemukan ruangan rahasia yang berisi banyak alat dengan teknologi mutakhir.

Mereka menggunakannya secara diam-diam, namun malah memancing pihak lain yang ingin menyabotase teknologi ini. Ternyata semua alat canggih itu adalah milik ayah Charlie yang sejatinya adalah seorang superhero.

Sebagai produser, Jerry Bruckheimer tidak pernah gagal dalam menghadirkan film-film yang penuh dengan keseruan.

Diperuntukkan bagi keluarga, film ini menghadirkan akting memikat dari rising star Walker Scobell yang kemarin tampil memukau di film Netflix The Adam Project (2022).

Owen Wilson akan berperan sebagai ayahnya dengan kostum superhero ala Iron Man. Hanya dirilis di Paramount+.

9. Emily the Criminal

Emily the Criminal
  • Tahun Rilis: 12 Agustus 2022
  • Genre: Drama, Thriller, Crime
  • Produksi: Low Spark Films
  • Sutradara: John Patton Ford
  • Pemeran: Aubrey Plaza, Theo Rossi, Bernardo Badillo

Berada dalam keterpurukan ekonomi, Emily membutuhkan pekerjaan untuk membiayai hidupnya. Kemudian dia masuk ke sebuah kelompok penipuan kartu kredit.

Dia ditawarkan uang dalam jumlah besar apabila bersedia melakukan berbagai tindakan kriminal yang diperintahkan, salah satunya mencuri di mal. Emily kemudian terjebak dalam situasi yang membahayakan jiwanya.

Film indie yang tayang perdana di Sundance Film Festival pada 24 Januari 2022 ini adalah salah satu film yang wajib kalian tonton. Banyak pujian dilayangkan kepada film yang berlokasi di Los Angeles ini.

Faktor utamanya adalah akting Aubrey Plaza yang sangat powerful. Ditambah lagi dengan jalan cerita yang sangat menegangkan.

10. Where the Crawdads Sing

film barat terbaru_Where the Crawdads Sing_
Tahun Rilis 2022
Genre ,
Produksi ,
Sutradara
Pemeran Daisy Edgar-Jones

Film drama penuh misteri ini merupakan adaptasi dari novel laris karya Delia Owens. Kehadirannya sudah sangat ditunggu, terutama bagi penonton yang sangat menyukai kisah misteri pembunuhan.

Diceritakan seorang gadis yang hidup menyendiri di daerah rawa-rawa dituduh sebagai pembunuh seorang pria yang pernah dikenalnya.

11. Don’t Make Me Go

Don’t Make Me Go
  • Tanggal Rilis: 15 Juli 2022
  • Genre: Drama
  • Produksi: Amazon Studios, Big Beach Films, De Line Pictures
  • Sutradara: Hannah Marks
  • Pemeran: John Cho, Mia Isaac, Kaya Scodelario

Max divonis memiliki tumor otak yang tidak bisa disembuhkan. Dia ingin menghabiskan saat-saat terakhir hidupnya bersama putrinya.

Mereka akan menempuh perjalanan darat untuk menemui mantan istrinya yang telah meninggalkan mereka beberapa tahun yang lalu. Selain itu, Max juga berjanji akan memperbolehkan putrinya belajar mengendarai mobil.

Musim liburan ini, Prime Video akan menyuguhkan kisah drama tentang hubungan ayah dan putrinya. Biasanya, film dengan cerita seperti ini penuh dengan nasihat dan pesan moral yang sangat kental.

Dengan premis yang sepertinya akan mengundang rasa haru, kita harus mempersiapkan tisu yang banyak untuk menghapus air mata yang akan mengalir saat menonton ledakan emosi yang siap disajikan.

12. Anything’s Possible

Anything’s Possible
  • Tanggal Rilis: 22 Juli 2022
  • Genre: Romance
  • Produksi: Andrew Lauren Productions, Factory Underground, Killer Films
  • Sutradara: Billy Porter
  • Pemeran: Eva Reign, Abubakr Ali, Renee Elise Goldsberry

Kelsa adalah seorang gadis remaja yang populer di sekolahnya. Dia sedang menikmati tahun terakhirnya di SMA. Dia kemudian dekat dengan seorang siswa bernama Khal yang kemudian jatuh cinta kepadanya. Tapi apakah Khal tahu bahwa Kelsa adalah seorang transgender?

Film yang akan tayang di Prime Video ini memiliki jalan cerita dan nuansa yang sangat manis khas kisah cinta remaja. Banyak referensi modern khas generasi milenial yang ditampilkan, terutama penggunaan media sosial.

Mungkin tidak ada nama besar yang kita kenal di film ini, tapi film debut sutradara Billy Porter ini akan menampilkan akting natural yang memikat.

13. Vengeance

Vengeance

Seorang penyiar radio di New York datang ke Texas untuk menyelidiki kematian wanita yang pernah bersamanya. Dia melakukan banyak wawancara dengan orang-orang terkait demi mengumpulkan fakta. Tapi kebanyakan dari mereka malah mempermainkannya. Ternyata investigasinya itu membuat jiwanya terancam bahaya.

Film sederhana ini memiliki premis yang cukup menarik dan terselip banyak humor yang proporsional. Meski tidak menghadirkan banyak nama pemeran populer, film ini sepertinya akan membuat kita lekat dengan karakter yang diperankan oleh sutradara sekaligus penulis naskahnya sendiri ini.

14. Not Okay

Not Okay

Seorang influencer yang haus akan follower membuat berita bohong bahwa dia adalah korban dari serangan yang terjadi di Paris. Awalnya hanya bercanda, ternyata dia mendapat banyak perhatian, dan tentu saja follower.

Dia berada di atas kebingungan dan dilema, meski impiannya tercapai. Sampai kapan dia terus berbohong? Dan sampai kapan kebohongan ini akan bertahan?

Kisah film yang akan tayang di platform streaming Hulu ini mungkin dekat dengan fenomena yang banyak terjadi di era digital saat ini.

Dengan sedikit kemampuan editing dan ambisi yang besar, ternyata bisa menjadi peluang menuju popularitas. Bahkan kebohongan pun rela mereka sebar. Zoey Deutch kembali menampilkan akting yang memikat di film ini.

15. Avatar 2

film barat terbaru_Avatar 2_
  • Tanggal Rilis: 16 Desember 2022
  • Genre: Action, Thriller, Adventure, Sci-Fi
  • Produksi: 20th Century Studios, Lightstorm Entertainment Production
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemeran: Sam Worthington, Zoe Saldana, Kate Winslet

Satu dekade lebih kita menunggu kelanjutan kisah dari salah satu film terlaris sepanjang masa ini. Diceritakan kehidupan bahagia Jake dan Neytiri di Pandora diganggu kembali oleh musuh lama.

Hal ini membuat mereka harus menyelamatkan dan mencari tempat baru bagi bangsanya. Kehadiran Kate Winslet dan Michelle Yeoh akan semakin meramaikan film ini.

Sejumlah fiim box office ini bisa menjadi ‘teman’ yang tepat untuk mengisi waktu luangmu. Jika ada judul film barat terbaru yang belum ada di daftar ini, silakan tulis judulnya dan review singkat untuk membantu pembaca lain tetap update dengan film-film terbaru, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram