Bacaterus / Film Barat / Inilah 10 Film Bertemakan Bajak Laut yang Seru Ditonton

Inilah 10 Film Bertemakan Bajak Laut yang Seru Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film tentang bajak laut tentunya memiliki jalan cerita yang seru untuk diikuti. Petualangan mengarungi lautan dalam mencari harta karun menjadi daya tarik dari setiap film yang satu ini. Peperangan menggunakan meriam kapal, serta aksi-aksi perkelahian di atas lautan adalah adegan-adegan yang tidak boleh terlewatkan.

Selain aspek tersebut, film tentang bajak laut berhasil memukau penonton dengan penggambaran visual lautan yang memanjakan mata. Apalagi dengan canggihnya peralatan film saat ini, pemandangan samudera biru dapat terkonseptualisasikan dengan indah. Semuanya menjadi satu kesatuan yang menarik sehingga film bertemakan bajak laut dapat menjadi tontonan yang menghibur.

Nah, untuk kamu yang ingin menonton film-film yang menceritakan bajak laut. Kali ini Bacaterus akan memberikan daftar film bertema bajak laut.  Yuk, langsung saja simak ulasannya!

1. Pirates of the Caribbean 1-5 (2003-2017)

Pirates of the Caribbean 1-5 (2003-2017)

Film yang satu ini memang sudah sepantasnya masuk ke dalam rekomendasi daftar film yang bertemakan bajak laut. Pirates of the Caribbean sampai saat ini sudah mempunyai lima sekuel yang bisa kamu tonton.

The Curse of the Black Pearl adalah edisi pertama dari franchise film ini. Di saat perilisannya, film tersebut mampu memperkenalkan karaker ikonik sang bajak laut eksentrik bernama Jack Sparrow (Johnny Deep).

Karakter tersebut ternyata cukup melekat dan sangat sukses dibawakan oleh Jhonny Deep. Berkat memainkan peran itu di film pertama Pirates of the Caribbean, ia pun langsung masuk nominasi sebagai aktor terbaik dalam Academy Award (Oscar).

Tidak hanya menceritakan petualangannya di lautan Karibia, film ini pun memberikan unsur mistis agar jalan cerita semua filmnya menjadi semakin menarik.

2. Captain Phillips (2013)

Captain Phillips (2013)

Di era modern ini, cerita perompakan bajak laut bukanlah sebuah mitos atau legenda bagi sebagian orang. Kisah mereka menjadi momok menakutkan bagi setiap orang yang menghabiskan hidupnya di atas samudera biru.

Terlebih lagi jika mereka berada di kawasan lautan yang rawan konflik. Film yang satu ini adalah bukit nyata adanya pembajakan kapal laut yang diakukan oleh para perompak kejam Somalia.

Diceritakan bahwa Richard Phillips (Tom Hanks) adalah seorang kapten dari Kapal Maersk Alabama. Ia bersama kru kapalnya membawa kargo sebesar 17.000 ton dengan 20 orang awak penumpang menuju Mombasa, Kenya.

Sadar tengah berada di zona berbahaya, ia pun mendapat ancaman dari para perompak Somalia. Film yang satu ini kemudian mendapatkan respon yang baik dari para penonton dan kritikus.

3. The Pirates! Band of Misfits (2012)

The Pirates! Band of Misfits (2012)

Ini adalah salah satu film kartun tentang bajak laut yang sangat seru dan menghibur. Bukan tanpa alasan, film yang mengusung 3D animasi stop-motion ini menawarkan jalan cerita dengan unsur komedi yang renyah.

Apalagi pengisi suara dari setiap karakter adalah aktor-aktor yang terkenal memiliki gimmick yang lucu. Mereka diantaranya ada Hugh Grant, Martin Freeman, David Tennant, dan aktris cantik Salma Hayek.

Cerita dalam film ini berdasarkan dari seri buku The Pirates! In an Adventure with Scientists karya Gideon Defoe. Kisahnya meliputi tentang perjalanan seorang The Pirate Captain (Hugh Grant) yang berambisi untuk mendapatkan gelar Pirate of the Year.

Ia bersama kru kapalnya mesti mengarungi lautan melawan musuh terbesarnya, yaitu dua orang bajak laut perempuan bernama Black Bellamy dan Cutlass Liz.

4. The Princess Bride (1987)

The Princess Bride (1987)

Dari nama judulnya saja kita dapat menebak jika film The Princess Bride ini menawarkan jalan cerita drama romantis. Meskipun begitu, film ini tetap memberikan sensasi aksi laga dan komedi yang mewarnai seluruh alur ceritanya.

Pada tahun 2016, film yang satu ini dilantik ke dalam National Film Registry oleh Perpustakaan Kongres Amerika Serikat karena memiliki nilai-nilai di bidang budaya dan sejarah.

The Princess Bride dibuka dengan kisah tentang seorang petani bernama Westley. Ia bekerja di sebuah keluarga yang memiliki seorang anak perempuan yang bernama Buttercup. Keduanya kemudian saling menyukai satu sama lain.

Untuk bisa menikahinya, Westley lalu pergi mencari peruntungan di lautan. Nasib sial menimpanya, kapal yang ia tumpangi tiba-tiba dirompak oleh bajak laut Dread Pirate Roberts.

5. 12 Paces Without A Head (2009)

12 Paces Without A Head (2009)

Bukan hanya industri perfilman Hollywood saja yang menghasilkan film bertemakan bajak laut. Jauh di benua biru sana, Negara Jerman mempunyai 12 Paces Without a Head sebagai film dengan premis cerita sang perompak lautan.

Film satu ini digarap oleh seorang sutradara bernama Sven Taddicken, dan diisi oleh aktor-aktor terbaik Jerman seperti Oliver Brocker, Ronald Zehrfeld dan Matthias Schweighofer.

Negara Jerman memiliki cerita legenda bajak laut yang bernama Klaus Stortebreker. Kisah tentang pria tersebut menjadi fokus cerita dalam film yang berlatar belakang di Laut Utara (North Sea) ini. Pada tahun 1401, Klaus ditangkap oleh sebuah konfederensi pedagang di Eropa Barat dan Tengah yang bernama Hanseatic League. Selama dalam penangkapan, dirinya diancam dengan hukuman pemenggalan kepala.

6. Cutthroat Island (1995)

Cutthroat Island (1995)

Cutthroat Island adalah sebuah film petualangan bajak laut yang proses produksinya dikerjakan secara bersama-sama oleh perusahan dari Amerika, Jerman, Italia dan Prancis. Film yang berdurasi kurang lebih dua jam ini disutradarai oleh Renny Harlin, dan naskahnya ditulis oleh Marc Norman serta Robert King.

Meski mengalami kendala saat pembuatannya, film ini akhirnya berhasil rilis pada 22 Desember 1995. Film yang satu ini tetap mengedepankan cerita bajak laut pada umumnya, yaitu petualangan di lautan dalam menemukan harta karun terpendam.

Aktris Geena Davis berperan sebagai bajak laut perempuan bernama Morgan Adams. Ia harus mencari peta harta karun yang dipegang oleh seorang pembunuh. Namun, usahanya penuh rintangan karena para bajak laut lainnya pun mengincar barang yang sama. 

7. The Goonies (1985)

The Goonies (1985)

Seminggu setelah perilisannya di Amerika, film yang satu ini langsung meraup pendapatan 9 juta dollar. Penghasilan tersebut menempatkannya berada di posisi kedua dalam daftar Box Office di bawah film Rambo: First Blood Part II.

Film The Goonies kemudian berada di antara sepuluh film terlaris pada tahun 1985, serta mendapatkan keuntungan sebanyak 63,4 juta Dollar di Amerika Serikat dan Kanada.

Dalam film The Goonies, petualangan pencarian harta karun kali ini akan melibatkan sekelompok anak-anak perkotaan yang tinggal di daerah Oregon, Amerika. Mereka mendapatkan sebuah peta harta karun milik seorang bajak laut legendaris berjuluk One-Eyed Willy.

Perjalanan mereka semakin menegangkan dan membahayakan saat keluarga penjahat memburu mereka untuk merampas harta karun tersebut.

8. Peter Pan (2003)

Peter Pan (2003)

Dari masa ke masa, kisah petualangan Peter Pan selalu menjadi dongeng yang menarik untuk diceritakan. Walaupun mempunyai garis cerita yang sama, konflik antara bocah dari Neverland dengan kapten bajak laut bernama Hook ini tetap seru untuk ditonton.

Film yang satu ini kemudian mendapatkan ulasan cukup positif dari situs Rotten Tomatoes dengan skor 76 % berdasarkan hasil penilaian dari 144 orang kritikus. Wendy Darling adalah seorang gadis lugu yang tengah menceritakan dongeng kepada saudara laki-lakinnya.

Apa yang ia ceritakan sepertinya menjadi kenyataan saat Peter Pan datang mengunjunginya di suatu malam. Peterpan lalu mengajak Wendy dan saudaranya untuk pergi Ke Neverland. Di sana, mereka bersorak dalam kegembiraan. Di lain sisi, Kapten Hook dan bajak lautnya siap mengacaukan semuanya.

9. Treasure Planet (2002)

Treasure Planet (2002)

Bagaimana jadinya jika seorang bajak laut berpetualang mencari harta karun di luar angkasa? Sekiranya hal tersebut dapat terjadi dalam film yang satu ini. Treasure Planet merupakan sebuah film animasi yang mengambil tema yang cukup visioner.

Ketika lautan biru sudah terlalu biasa untuk ditelusuri, maka semesta angkasa menjadi tempat baru berkumpulnya para perompak. Treasure Planet menceritakan tentang seorang pemuda bernama Jim Hawkins yang menjelajah ke semua penjuru semesta sebagai cabin boy di sebuah kapal ruang angkasa.

Cerita film animasi bergenre fiksi ilmiah ini terinspirasi dari novel karya Robert Louis Stevenson yang berjudul Treasure Island. Aktor Joseph Gordon-Levitt menjadi pengisi suara untuk Hawkins yang merupakan karakter utama di film yang satu ini.

10. Pirates (1986)

Pirates (1986)

Pirates merupakan sebuah film petualangan bajak laut yang diproduksi atas kerjasama dua negara, yakni Prancis dan Tunisia. Film yang menawarkan unsur komedi ini ditulis oleh Gerard Brach, dan disutradarai oleh Roman Polanski.

Film yang satu ini dirilis dan ditayangkan pada ajang festival film Cannes tahun 1986. Meski mendapatkan kerugian finansial, film Pirates masuk nominasi Oscar untuk Best Costume Design.

Bertempat di Samudera Atlantik, seorang bajak laut yang dikenal sebagai Kapten Merah bernama Thomas Bartholomew terombang-ambing dilautan. Di atas rakit yang rusak, ia bersama pelaut asal Prancis yang dijuluki Frog tengah mencari bantuan.

Keduanya akhirnya bisa diselamatkan oleh sebuah kapal Galleon Spanyol. Namun, di sana sang Kapten Merah malah berhasil mengambil alih kapal dan memberontak.

Itulah 10 film tentang bajak laut yang bisa kamu masukan dalam daftar tontonanmu. Rekomendasi film di atas menawarkan sudut pandang yang beragam. Semuanya tersaji lewat drama percintaan, persahabatan, aksi kejahatan dan intrik-intrik lainnya. Jangan lupa untuk langsung menontonnya agar kamu dapat melihat sisi lain dari cerita sang perompak lautan ini. Selamat menyaksikan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *