Bacaterus / Film Artis Hollywood / 15 Film Arnold Schwarzenegger Terbaik Sepanjang Masa

15 Film Arnold Schwarzenegger Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Terlahir dengan nama Arnold Alois Schwarzenegger di Austria pada 30 Juli 1947, bintang action terkenal di perfilman Hollywood dan dunia ini mengawali karirnya melalui ajang binaraga yang mengantarkannya sebagai Mr. Universe di usia 20 tahun dan memenangi Mr. Olympia sebanyak tujuh kali.

Beralih ke dunia  akting, Hercules in New York (1969) adalah film perdananya dimana dia masih memakai nama Arnold Strong. Tetapi baru lewat Stay Hungry (1976) namanya mulai dikenal karena berhasil meraih Golden Globe di kategori New Male Star of the Year.

Pada awal karir aktingnya dia menemui banyak kesulitan, terutama dari aksen Eropanya yang kental, nama akhirnya yang terlalu panjang dan susah dihapal dan kesulitan mendapatkan peran yang sesuai dengan porsi badannya. Meski dia adalah juara berkali-kali di bidang binaraga, tetapi dalam audisi untuk serial televisi The Incredible Hulk (1978-1982), justru dia kalah bersaing dengan Lou Ferrigno.

Tetapi setelah film Conan the Barbarian (1982), karirnya sebagai bintang action terus melambung dan bersaing di jajaran aktor termahal Hollywood bersama Sylvester Stallone dan Tom Cruise. Hingga dia berhenti bermain film sementara karena tugasnya sebagai Gubernur California dari tahun 2003 hingga tahun 2011.

Comeback-nya ke dunia film sudah pasti ditunggu oleh seluruh fans berat dan moviegoers dunia tentunya. Dari lebih 30 film yang pernah dia perankan, kami pilihkan 15 film terbaiknya yang menampilkan kualitas akting yang baik, raihan box-office yang tinggi dan berbagai penghargaan dari dunia perfilman. Apa sajakah film Arnold Schwarzenegger terbaik tersebut? Berikut daftar lengkapnya.

1. The Terminator Film Series

The Terminator Film Series

* sumber: goombastomp.com

  • Tahun Rilis: 1984 – 2019
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: James Cameron, Jonathan Mostow, McG, Alan Taylor, Tim Miler
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, Michael Biehn, Edward Furlong, Jason Clarke, Emilia Clarke
  • Perusahaan Produksi: Cinema ’84, Euro Film Funding, Hemdale, Carolco Pictures, Pacific Western, Lightstorm Entertainment, Paramount Pictures, Skydance Media, Annapurna Pictures

Nama Arnold Schwarzenegger memang sudah sangat lekat sekali dengan film Terminator. Dimulai dari film pertamanya pada tahun 1984, hingga tahun 2019 silam series Terminator selalu tak pernah absen dibintangi oleh Schwarzenegger.

Di film pertamanya, sosok Terminator (Arnold Schwarzenegger) tampil sebagai pemeran antagonis. Terminator dikirim dari masa depan untuk menghabisi nyawa Sarah Connor (Linda Hamilton) yang diramalkan akan memiliki anak yang dapat memimpin manusia dalam perang melawan robot di masa depan.

Popularitas sosok Terminator membuat nama Schwarzenegger semakin melambung. Walaupun masih berperan sebagai Terminator, Schwarzenegger tampil sebagai tokoh protagonis di film-film Terminator selanjutnya.

2. Predator

Predator

* sumber: www.moviemania.io

  • Tahun Rilis: 1987
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: John McTiernan
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Carl Weathers, Kevin Peter Hall
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Lawrence Gordon Productions, Silver Pictures

Major Alan “Dutch” Schaeffer bersama pasukan elitnya ditugaskan ke sebuah daerah di Amerika Tengah untuk menumpas kelompok pemberontak. Tetapi yang mereka temukan di luar perkiraan mereka. Sesosok alien dengan niat memburu manusia sudah siap menanti mereka di tengah hutan dan membunuh mereka satu demi satu.

Pada saat perilisannya, Predator hanya mampu meraih box-office sebesar $98 juta saja dan mendapat kritikan yang cukup pedas terutama di bagian naskah. Tetapi lambat laun di tahun-tahun berikutnya, film ini kemudian disambut dengan hangat oleh para moviegoers dan kritikus film, sehingga mengantarkan dirilisnya sebuah sequel, Predator 2 (1990) yang tidak diperankan oleh Arnold.

3. Total Recall

Total Recall

* sumber: cinemafromthespectrum.com

  • Tahun Rilis: 1990
  • Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Paul Verhoeven
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Sharon Stone, Michael Ironside
  • Perusahaan Produksi: Carolco Pictures, Carolco International N.V.

Film yang dianggap sebagai salah satu film sci-fi terbaik ini merupakan adaptasi dari cerita yang ditulis oleh Philip K. Dick yang berjudul We Can Remember It for You Wholesale. Arnold berperan sebagai Douglas Quaid, seorang pekerja bangunan yang sering mendapat mimpi tentang perjalanan ke Planet Mars dan identitas dirinya yang rancu.

Untuk ukuran di masanya, Total Recall termasuk ke dalam salah satu film dengan bujet produksi termahal yang sebagian besarnya digunakan untuk proses special-effects dan pembangunan set futuristik di lokasi syuting. Film yang disutradarai oleh Paul Verhoeven ini kemudian dibuat remake-nya di tahun 2012 yang tidak mampu menyamai kualitas dan pendapatan film aslinya.

4. True Lies

True Lies

* sumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 1994
  • Genre:  Action, Comedy, Thriller
  • Sutradara: James Cameron
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Jamie Lee Curtis, Tom Arnold
  • Perusahaan Produksi: Twentieth Century Fox, Lightstorm Entertainment

Salah satu film action-comedy terbaik ini mempertemukan kembali sutradara James Cameron dengan Arnold di luar franchise Terminator. Merupakan produksi pertama dari studio special-effects milik Cameron, Digital Domain, bujet film ini mencapai $100 juta yang menjadikan film ini sebagai salah satu film termahal dalam produksinya.

Tetapi dengan pendapatan lebih dari $300 juta dari peredarannya di seluruh dunia, bujet produksi selangit itu sudah bisa balik modal. Arnold berperan sebagai Harry Tasker, seorang sales komputer yang juga merangkap sebagai agen rahasia pemerintah.

Kehidupan gandanya ini tidak diketahui oleh istri dan keluarganya, hingga istrinya terseret dalam konflik terorisme yang ditangani oleh Harry Tasker. Adegan action-nya sangat spektakuler, terutama adegan akhir di atas jembatan. Wajar saja jika film ini masuk nominasi Best Visual Effects di Academy Awards.

5. Conan the Barbarian

Conan the Barbarian

* sumber: baldmove.com

  • Tahun Rilis: 1982
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: John Milius
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, James Earl Jones, Max von Sydow
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Dino De Laurentiis Company, Edward R. Pressman Film

Conan adalah salah satu karakter fiktif yang cukup terkenal yang diciptakan oleh Robert E. Howard. Dalam kisahnya, Conan adalah sosok ksatria berbadan besar dengan pedang besarnya juga. Saat itu, siapa lagi yang paling tepat untuk memerankan sosok itu selain Arnold?

Ya, Conan the Barbarian adalah film breakthrough baginya. Lewat film yang diproduseri oleh Rafaella De Laurentiis ini, Arnold mulai terkenal namanya dan dengan cepat menjadi bintang action di perfilman Hollywood.

Kesuksesan film ini kemudian menghadirkan sequel-nya, Conan the Destroyer (1984) yang kurang sukses. Lalu di tahun 2011, Conan the Barbarian di remake dengan Jason Momoa sebagai Conan. Sayangnya, film ini tampil cukup buruk.

6. Commando

Commando

* sumber: ianfarrington.wordpress.com

  • Tahun Rilis: 1985
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara:  Mark L. Lester
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Rae Dawn Chong, Dan Hedaya
  • Perusahaan Produksi: SLM Production Group, Silver Pictures, Twentieth Century Fox

Sebagai bintang action yang baru saja sukses lewat The Terminator (1984), Arnold sudah pasti akan terus-menerus mendapat peran sebagai karakter tangguh yang bisa mengalahkan siapa saja yang menghalanginya.

Arnold berperan sebagai John Matrix, seorang pensiunan Delta Force, dimana komplotan pemberontak menculik putrinya dan Matrix kemudian mendatangi markas pemberontak itu untuk membebaskan putri kesayangannya.

Dalam perburuannya, dia mempergunakan segala jenis senjata berat yang bisa ditembakkan oleh tangannya. Disinilah letak keseruan film ini. Commando kemudian sukses secara kualitas dan komersial yang memperpanjang filmography sukses Arnold.

7. The Running Man

The Running Man

* sumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 1987
  • Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Paul Michael Glaser
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Maria Conchita Alonso, Yaphet Kotto
  • Perusahaan Produksi: Braveworld Productions, Home Box Office (HBO), Keith Barish Productions

Dalam filmography-nya, mayoritas film Arnold bergenre action sci-fi, termasuk juga film yang merupakan adaptasi dari novel The Running Man karya Stephen King. Di dunia dystopia tahun 2017, Arnold sebagai Ben Richards dituduh bersalah dan dijadikan umpan dalam sebuah permainan berburu.

Perpindahan sutradara dalam proses produksinya, dari Andrew Davis ke Paul Michael Glaser, membuat film ini sedikit terlihat ketimpangannya. Tetapi akting Arnold di film ini bisa dibilang cukup baik dan pantas untuk meraih Kids Choice Awards di kategori Favorite Movie Actor.

8. Escape Plan

Escape Plan

* sumber: variety.com

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: Mikael Håfström
  • Pemeran: Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, 50 Cent
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment, Mark Canton Productions, Emmett/Furla/Oasis Films (EFO Films)

Di masa jayanya, Arnold Schwarzenegger dan Sylvester Stallone adalah dua bintang action dengan bayaran termahal, sehingga sulit sekali memadukan mereka dalam satu film.

Setelah Arnold comeback ke dunia perfilman sehubungan dengan masa jabatannya sebagai Gubernur California telah selesai, sutradara handal asal Swedia, Mikael Hafstrom, mempertemukan kedua bintang action ini dalam film bertemakan penjara.

Meski telah memasuki usia tua, Arnold dan Stallone terlihat masih tangguh dalam setiap adegan action-nya, sehingga menghasilkan sinergi yang baik diantara mereka. Meskipun cibiran muncul disana-sini karena cerita film yang klise, perpaduan keduanya disambut hangat oleh moviegoers, terutama bagi kembalinya Arnold ke dunia film dan bangkitnya Stallone dari keterpurukannya.

9. The Expendables 2

The Expendables 2

* sumber: www.vanityfair.com

Sukses dengan film pertamanya di tahun 2010, “The Expendables” kembali membuat sekuel di tahun 2012. Masih bertabur bintang-bintang ternama, plot film ini mengisahkan tentang tentara bayaran yang melakukan misi berbahaya.

Di film ini, Barney Ross (Sylvester Stallone) masih memimpin kelompok tentara tersebut. Misi pertama yang harus mereka lakukan adalah membeaskan biliuner dari negeri tirai bambu di sebuah daerah terpencil yang ada di Nepal.

Kelompok tentara ini juga berencana membebaskan Trench (Arnold Schwarzenegger), sahabat sekaligus saingan Ross di masa lampau.

10. Last Action Hero

Last Action Hero

* sumber: letterboxd.com

  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Sutradara: John McTiernan
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, F. Murray Abraham, Art Carney
  • Perusahaan Produksi: Columbia Pictures, Steve Roth Productions

Sama seperti kebanyakan remaja pada umumnya, Danny Madigan (Austin O’Brien) juga kerap menyukai tokoh-tokoh pahlawan super. Jack Slater (Last Action Hero) adalah salah satu tokoh pahlawan favorit Madigan.

Suatu hari, seorang teman memberi Madigan tiket ajaib. Dengan tiket tersebut Madigan bisa masuk ke dalam dunia fiksi dan bertemu semua karakter film laga favoritnya, termasuk idolanya Jack Slater.

11. The Last Stand

The Last Stand

* sumber: www.themoviedb.org

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: Kim Jee-woon
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Forest Whitaker, Johnny Knoxville
  • Perusahaan Produksi: di Bonaventura Pictures

Sheriff Ray Owens (Arnold Schwarzenegger) mengundurkan diri dari Departemen Kepolisian Los Angeles. Owens bermaksud menghabiskan masa pensiunnya dengan tenang di daerah pinggiran kota, Sommerton Junction. Daerah ini dikenal memiliki tingkat angka kejahatan yang sangat kecil.

Alih-alih bisa hidup dengan damai di tempat tinggalnya yang baru, Owens justru mendapat kabar bahwa Gabriel Cortez (Eduardo Noriega) – seorang pengedar narkoba terkenal – melarikan diri dari penjara dan bersembunyi di Sommerton Junction. Owens terpaksa kembali bergabung dengan pihak kepolisian untuk menangkap buronan tersebut.

12. Red Heat

Red Heat

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 1988
  • Genre: Action, Comedy, Crime
  • Sutradara: Walter Hill
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Jim Belushi, Peter Boyle
  • Perusahaan Produksi: Carolco Pictures

Ber-setting di Moskow, Rusia, seorang polisi yang berdedikasi, Ivan Danko (Arnold Schwarzenegger), melakukan pelacakan terhadap bandar narkoba bernama Viktor Rostavili (Ed O’Ross). Sayangnya, pada saat pengejaran Danko justru kehilangan mitranya. Kejadian tersebut membuat tekad Danko untuk menangkap Viktor semakin kuat.

Tersiar kabar bahwa Viktor kabur ke Amerika Serikat dan mengembangkan bisnis obat-obatan terlarangnya di Chicago. Pihak otoritas Rusia tidak melepaskan Viktor begitu saja. Pemerintah Rusia menugaskan Danko untuk bekerjasama dengan Art Ridzic (Jim Belushi), detektif arogan yang sering bertentangan dengan dirinya.

13. Kindergarten Cop

Kindergarten Cop

* sumber: www.mentalfloss.com

  • Tahun Rilis: 1990
  • Genre: Action, Comedy, Crime
  • Sutradara: Ivan Reitman
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Penelope Ann Miller, Pamela Reed
  • Perusahaan Produksi: Imagine Entertainment

Bagaimana jika seorang detektif yang bertugas menangkap penjahat harus banting setir menjadi guru untuk anak-anak TK? Wah, pasti kocak, ya! Narasi seperti ini bisa kamu saksikan dalam “Kindegarten Cop”.

Detektif John Kimble (Arnold Schwarzenegger) memperoleh tugas untuk menangkap bandar narkoba, yakni Cullen Crisp (Richard Tyson). Kimble mengetahui bahwa Crisp akan menemui anak dan mantan istrinya untuk memberikan uang senilai 3 juta dolar. Untuk melancarkan penangkapan, Kimble harus menyamar sebagai guru di TK tempat anak Crisp bersekolah.

Tentu saja aksi Kimble yang sebelumnya berprofesi sebagai detektif lalu mendadak harus mengurus anak-anak TK ini bakal mengundang tawa.

14. Eraser

Eraser

* sumber: www.amazon.com

  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Action, Drama, Thriller
  • Sutradara: Chuck Russell
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Vanessa Williams, James Caan
  • Perusahaan Produksi: Kopelson Entertainment

Sebagai anggota FBI, John Kruger (Arnold Schwarzenegger) tidak pernah gagal menjalankan semua tugasnya. Bahkan, tugas yang berbahaya sekalipun bisa ia tangani dengan baik.

Suatu hari, John ditugaskan untuk melindungi Lee Cullen (Vanessa Williams), seorang saksi perdagangan senjata ilegal. Perusahaan tempat Lee bekerja memproduksi senjata untuk keperluan militer pemerintah. Namun, ada dugaan bahwa perusahaan itu justru menjual senjata ke pihak pemberontak.

FBI memerintahkan John untuk memberikan perlindungan kepada Lee. Sementara perusahaan tempat Lee bekerja berusaha melenyapkan wanita itu agar kasus mereka tidak semakin memanjang.

15. Twins

Twins

* sumber: www.theaceblackblog.com

  • Tahun Rilis: 1988
  • Genre: Comedy, Crime
  • Sutradara: Ivan Reitman
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Danny DeVito, Kelly Preston
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures

Satu lagi film komedi kocak dari Arnold Schwarzenegger. “Twins” adalah film yang mengisahkan tentang dua anak kembar hasil percobaan genetika. Julius (Arnold Schwarzenegger) tumbuh menjadi anak yang normal dengan kecerdasan tinggi, sedangkan Vincent (Danny DeVito) yang merupakan kembarannya justru bertubuh pendek dan tidak pandai.

Pada saat kanak-kanak, Julius dan Vincent sengaja dipisahkan. Julius dirawat oleh ilmuwan dan dilimpahi kasih sayang. Sementara Vincent dititipkan di panti asuhan. Ketika dewasa, Julius tumbuh jadi pria bertubuh tegap dan atletis serta cerdas. Berbading terbalik dengan Julius, Vincent justru menjadi seorang penipu dengan penampilan yang tidak rupawan.

Suatu hari, Julius mencari saudara kembarnya dan berhasil menemukan Vincent yang berada di balik penjara. Pada awalnya Vincent tidak percaya bahwa Julius adalah kembarannya. Sampai kemudian keduanya menjadi dekat dan memutuskan untuk mencari ibu kandung mereka.

Sebagai bintang action yang sukses lewat film-filmnya, meski sudah memasuki usia pensiun, comeback-nya Arnold Schwarzenegger ke dunia film disambut dengan sangat hangat oleh moviegoers di seluruh dunia. Sama seperti bintang action lainnya, Arnold juga pernah beberapa kali mencoba berakting di film comedy meski tidak berhasil.

Jejak Arnold kemudian ditiru oleh Dwayne “The Rock” Johnson. Bahkan di film The Rundown (2003), Arnold tampil cameo dalam sebuah adegan dimana dia sepapasan dengan Johnson dan berkata “Have fun”. Seolah-olah dia telah menyerahkan tongkat kebintangannya kepada Johnson.

Remake dua filmnya saat dia sedang menjadi gubernur juga membuktikan akan kerinduan para insan film akan kehadirannya. Sejak comeback, Arnold sudah membintangi 5 film hingga tahun 2015 dan proyek-proyek berikutnya sudah siap menanti. Kita tunggu saja aksi berikutnya dalam berbagai film Arnold Schwarzenegger terbaik lainnya.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *