bacaterus web banner retina

10 Film Anime Terbaik dengan Ending Paling Mengharukan

Ditulis oleh Sera Serinda A

Menurut saya, industri anime bisa dianggap sebagai salah satu industri hiburan yang paling kreatif. Keberagaman grafis dan seni yang ditampilkan tidak hanya menjadi daya tarik utama, tetapi juga kisah yang diangkat dalam anime dapat mencakup berbagai tema.

Tentu saja bukan hal yang tidak mungkin bila anime menyajikan kisah yang dapat menguras air mata. Beberapa anime bahkan diakui oleh banyak orang sebagai tontonan paling mengharukan. Menariknya, hal ini tidak terbatas pada bentuk serial, melainkan juga film anime yang sering kali memiliki kisah yang sama mengharukannya.

Berikut ini adalah beberapa film yang pantas mendapat predikat sebagai film anime dengan kisah dan ending yang paling menyedihkan. Pastikan kamu sudah menyiapkan tisu sebelum menontonnya, ya!

1. Grave of The Fireflies (1988)

Tahun Rilis 1988
Genre
Sutradara
Pemeran Tsutomu Tatsumi Ayano Shiraishi
Selengkapnya →

Berlatarkan Perang Dunia II, para penduduk Jepang berusaha menyelamatkan hidup mereka di tengah situasi gawat darurat ini. Di antara mereka adalah Seita, seorang anak laki-laki berusia 14 tahun yang tinggal bersama adiknya yang baru berumur tiga tahun, Setsuko, serta ibunya.

Ayahnya yang merupakan prajurit Angkatan Laut Jepang telah gugur di medan perang. Oleh karena itu, Seita harus menjaga Setsuko dengan baik dan memastikan ibunya aman. Naas, suatu ketika sang ibu terkena bom dan seluruh tubuhnya terbakar hingga akhirnya tewas. Setelahnya, Seita dan Setsuko pun diambil oleh bibi mereka.

Walau awalnya menerima kehadiran keduanya, perlahan keluarga sang bibi mulai menolak keberadaan Seita dan Setsuko. Karena tak mau merepotkan, Seita lantas memutuskan untuk keluar dari rumah bibinya tersebut.

Kini Seita dan Setsuko berusaha bertahan sendiri di tengah situasi perang yang tak kunjung membaik. Dapatkah dua saudara kandung ini selamat sampai perang berakhir? Saksikan sendiri Grave of the Fireflies untuk tahu jawabannya!

2. A Silent Voice

Tahun Rilis 2016
Genre ,
Sutradara
Pemeran Miyu Irino Saori Hayami
Selengkapnya →

Walau punya premi agak kompleks dengan konklusi yang membingungkan, A Silent Voice berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi, salah satunya adalah Best Animation Feature Film tahun 2016 dalam ajang Japanese Movie Critics Awards. Anime ini juga berhasil menarik perhatian para wibu karena artwork yang mengagumkan dan kisahnya yang pilu.

A Silent Voice menceritakan Ishida Shoya, siswa sekolah menengah yang berniat bunuh diri karena depresi dengan image-nya sebagai perundung. Kondisi ini berakar dari kisah masa lalunya saat di sekolah dasar.

Kala itu, Shoko Nishimiya, seorang siswi baru datang ke sekolah mereka dan mengaku bahwa ia tuli. Shoko pun mencoba tetap berinteraksi terlepas dari keterbatasannya, namun ia malah mendapat rundungan dari Shoya dan teman sekelas lainnya. Karena rundungan tak henti dari Shoya, keadaan pun berbalik. Teman-temannya mulai mejauhi Shoya akibat perbuatannya itu.

Sebelum mengakhiri hidupnya, Shoya bertekad untuk menebus kesalahannya terhadap Shoko. Oleh karena itu, dia berusaha belajar bahasa isyarat dan mencari Shoko untuk meminta maaf serta berusaha menjalin persahabatan dengannya.

Seorang mahasiswi bernama Hana jatuh cinta pada seorang pria misterius di salah satu kelasnya. Namun, rupanya pria itu bukan manusia sepenuhnya, melainkan seorang werewolf. Meskipun begitu, Hana tetap mencintainya. Keduanya pun memutuskan untuk menikah.

Hana lantas memiliki dua anak, Ame dan Yuki, dari pernikahannya tersebut. Sama seperti sang ayah, kedua anak itu juga dapat berubah menjadi serigala.

Saat suami Hana meninggal secara tiba-tiba, Hana harus membesarkan keluarga uniknya sendirian. Namun karena membesarkan anak-anaknya yang memiliki rahasia di tengah keramaian kota terasa menyulitkan, Hana pun memutuskan untuk pindah ke pedesaan. Ia berharap Ame dan Yuki dapat hidup dengan bebas tanpa dihakimi oleh masyarakat.

Film ini menyajikan kisah menyentuh tentang kesulitan menjadi seorang ibu tunggal di dunia yang keras seperti sekarang ini.

4. I Want to Eat Your Pancreas

Tahun Rilis 2018
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Mahiro Takasugi Lynn
Selengkapnya →

Meski punya plot klise, film anime ini dijamin akan menguras air matamu. Sebelum resmi dirilis sebagai film anime, novel I Want To Eat Your Pancreas diadaptasi terlebih dahulu ke dalam film live-action yang tayang tahun 2017. Barulah setahun setelahnya Aniplex resmi menayangkan versi animenya.

Cerita anime ini dimulai ketika sang protagonis utama, Haruki Shiga, menemukan sebuah buku harian di rumah sakit. Buku harian itu rupanya milik teman sekelasnya, Sakura, yang menderita penyakit serius di pankreas. Sakura yang hanya memiliki beberapa bulan untuk hidup, mengatakan bahwa hanya Haruki dan keluarganya yang tahu tentang penyakit tersebut.

Haruki pun berjanji untuk menjaga rahasia itu. Meskipun kehidupannya sangat berbeda dengan Sakura, Haruki memilih untuk menghabiskan waktu bersama teman sekelasnya itu selama beberapa bulan terakhir hidupnya.

5. Kimi no na Wa.

Tahun Rilis 2016
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ryunosuke Kamiki Mone Kamishiraishi
Selengkapnya →

Seorang gadis SMA yang tinggal di pedesaan, Mitsuha Miyamizu, mendapati dirinya bertukar jiwa dengan seorang pemuda kota asal Tokyo, Taki Tachibana. Peristiwa ini terjadi bertepatan dengan jatuhnya komet ke bumi.

Kebingungan dengan apa yang terjadi, keduanya pun berusaha mencari keberadaan masing-masing sambil mencoba beradaptasi di tubuh baru mereka agar orang sekitar mereka tidak menaruh curiga. Apa yang sebenarnya terjadi pada Mitsuha dan Taki?

Selain karena suguhan grafisnya yang menakjubkan, Kimi no Na wa. menawarkan kisah yang sangat ciamik ala Makoto Shinkai. Film anime ini bahkan layak mendapatkan predikat sebagai salah satu anime terbaik sepanjang masa karena dua aspek tersebut.

6. Violet Evergarden: The Movie

Tahun Rilis 2020
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Yui Ishikawa Daisuke Namikawa Takehito Koyasu Hidenobu Kiuchi Haruka Tomatsu
Selengkapnya →

Beberapa tahun setelah berakhirnya Perang Besar, dimulailah pembangunan menara radio. Hal ini memungkinkan manusia untuk dapat berkomunikasi menggunakan ponsel, sehingga jasa penggunaan Auto Memory Dolls pun akan semakin berkurang. Meskipun begitu, Violet Evergarden tetap menjalankan tugasnya dalam menulis surat.

Violet Evergarden The Movie melanjutkan perjalanan Violet dalam memahami perasaan manusia dan makna cinta. Violet juga masih menyimpan harapan bahwa pria yang dicintainya, Gilbert, masih hidup meskipun kejadian tersebut sudah lama berlalu.

Suatu ketika, Violet mendapatkan surat dari sebuah pulau yang sangat jauh. Surat tersebut rupanya berisi tulisan tangan dari orang yang dikenalnya, yang tidak lain adalah Gilbert. Terkejut sekaligus penasaran, Violet pun bergegas untuk datang ke pulau tersebut dan mencari keberadaan si pengirim surat.

7. The Garden of Words

Tahun Rilis 2011
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Kana Hanazawa Miyu Irino
Selengkapnya →

Takao Akizuki punya mimpi untuk menjadi pembuat sepatu. Pada awal musim hujan di Tokyo, ia pun memberanikan diri untuk bolos di kelas pertamanya di SMA dan pergi ke sebuah taman di Shinjuku hanya untuk menggambar sketsa sepatu.

Di tempat itulah ia bertemu dengan Yukari, seorang wanita berusia 27 tahun yang tengah membolos kerja. Setelah hari itu, mereka pun sering bertemu di taman yang sama saat turun hujan. Keduanya juga sering berbincang, bahkan Takao sampai berniat untuk membuatkan sepasang sepatu untuk Yukari.

Tanpa disadari, perlahan mereka bisa saling melepas kekhawatiran satu sama lain tentang kehidupan masing-masing. Namun, ketika musim hujan berhenti, keduanya tidak pernah bertemu lagi dan sibuk dengan kehidupan masing-masing. Barulah saat Takao kembali ke sekolah, ia menyadari bahwa Yukari adalah guru di sekolahnya.

Lantas, bagaimana kelanjutan kisah Takao dan Yukari? Akankah mereka saling mengungkapkan perasaan?

8. Maquia: When the Promised Flower Blooms

Tahun Rilis 2018
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Manaka Iwami Miyu Irino
Selengkapnya →

Film anime ini merupakan debut pertama Mari Okada sebagai sutradara setelah sebelumnya mengarungi dunia penulisan naskah. Film yang juga disebut SayoAsa ini mengisahkan tentang Maquia, anggota ras khusus yang disebut Iorph. Iorph adalah makhluk mistis yang berhenti menua ketika mereka menginjak umur remaja. Kehidupan para Iorph juga terpisah dari kehidupan manusia.

Suatu hari, kerajaan Mezarte dari dunia manusia menyerang tanah kelahiran Maquia. Mereka menguasai para naga raksasa yang tersisa, Renato, dan raja mereka ingin menambahkan keabadian Iorph ke dalam garis keturunannya. Tanah air Iorph pun dihancurkan dan banyak penduduknya dibunuh.

Dalam kekacauan ini, Maquia diserang oleh salah satu Renato. Naga itu kemudian mati, meninggalkan Maquia sendirian di hutan yang jauh dari rumahnya. Ia lalu mendengar tangisan seorang bayi di kejauhan.

Maquia menemukan bayi manusia itu di desa yang hancur dan memutuskan untuk membesarkan serta memberinya nama Ariel. Namun mampukah Maquia membesarkan Ariel padahal ia sendiri tidak tahu banyak tentang manusia?

Animator sekaligus ilustrator, Loundraw, berhasil dengan projek film anime pendeknya yang berjudul Summer Ghost. Walau hanya berdurasi 40 menit, film ini berhasil memikat pentonton dengan nilai-nilai kehidupan yang diajarkannya.

Kisah Summer Ghost dimulai dari pertemuan antara Tomoyaki Sugisaki, Aoi Harukawa dan Ryou Kobayashi.

Tomoya adalah siswa SMA yang merasa tertekan untuk masuk universitas terbaik, padahal dirinya sangat berjiwa seni. Aoi sendiri sering diintimidasi oleh teman-teman sekolahnya, sementara Ryou kehilangan semangat setelah ia didiagnosis penyakit dan harus berhenti menjadi pemain basket. Ketiganya percaya bahwa kembang api dapat membangkitkan jiwa orang yang sudah mati.

Benar saja, setelah mencoba menyalakan kembang api, ketiganya berhasil membangkitkan Hantu Musim Panas. Namun, hantu ini hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang kehilangan gairah hidup. Ketiganya lantas meminta pandangan dari Hantu Musim Panas tentang kehidupan.

10. To the Forest of Firefly Lights

Tahun Rilis 2011
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ayane Sakura Kouki Uchiyama
Selengkapnya →

Saat menghabiskan liburan musim panas di rumah kakeknya, Hotaru, yang berusia enam tahun, tersesat di hutan yang konon berhantu. Ia sangat ketakutan sehingga berteriak meminta bantuan. Saat itulah seorang anak laki-laki misterius bertopeng bernama Gin muncul dan menawarkan bantuan padanya.

Hotaru yang lega pun berusaha memeluk Gin, tetapi Gin malah mendorongnya menjauh. Gin berkata bahwa ia dikutuk dan jika seseorang menyentuhnya, Gin akan menghilang selamanya. Ia juga meminta Hotaru untuk tidak kembali menemuinya lagi di hutan.

Namun, walau Gin melarangnya untuk kembali, Hotaru malah melakukan sebaliknya. Ia terus kembali ke hutan demi menemui Gin, dan seiring berjalannya waktu, mereka menjadi teman dekat.

Perasaan di antara mereka pun tumbuh, terutama saat Hotaru memasuki usia remaja. Sayangnya, Gin menghadapi tantangan besar karena takdir sepertinya tidak akan pernah mengizinkannya bersatu dengan Hotaru.

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram