Bacaterus / Film Anime / 10 Film Anime Action Terbaik yang Sangat Menegangkan

10 Film Anime Action Terbaik yang Sangat Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2019

Animasi buatan Jepang tidak hanya muncul dalam serial tv melainkan merambah juga ke layar lebar. Sebut saja studio Ghibli yang telah melahirkan berbagai judul film legendaris, termasuk My Neighbour Totoro dan Spirited Away. Tidak ketinggalan, industri film animasi Jepang juga dihebohkan oleh kepopuleran film Kimi No Nawa yang menjadi trending beberapa tahun yang lalu sehingga semakin menguatkan posisi anime sebagai salah satu karya yang perlu diacungi jempol.

Anime juga terbilang berani dalam mengambil berbagai genre. Adapun salah satu yang paling menonjol tentu saja anime bergenre aksi yang digandrungi banyak penonton. Film anime aksi apa sajakah yang sekiranya menarik untuk ditonton? Mari simak ulasan berikut ini.

10 Film Anime Aksi yang Seru untuk Ditonton

1. Ghost in the Shell (1995)

* sumber: www.empireonline.com

Cerita berfokus pada Major Matoko Kusanagi, seorang anggota kepolisian yang memiliki tubuh robotik dan mulai mempertanyakan eksistensinya. Ghost in the Shell berhasil memadukan pemikiran-pemikiran filosofis tentang manusia dengan teknologi dan aksi-aksi yang menantang. “Ghost” mengacu pada kesadaran manusia yang tidak lagi terikat pada tubuh fisik yang kita kenal saat ini, namun telah berkembang menjadi tubuh robotik yang memiliki kemampuan yang lebih kuat.

Walau demikian, adanya cyberbrain memungkinkan adanya kejahatan yang dilakukan oleh hacker. Tidak dapat dipungkiri bahwa Ghost in the Shell menjadi salah satu franchise yang paling populer. Anime beraliran cyberpunk yang yang diadaptasi dari manga karya Masamune Shirow ini memang mampu menghadirkan cerita yang membius penikmatnya. Ghost in the Shell memiliki latar dunia di masa depan ketika tubuh manusia dan teknologi seolah kehilangan batasnya.

Salah satu film dari franchise ini yang bisa Anda jadikan tontonan pilihan adalah Ghost in the Shell (1995) yang berfokus pada kasus Puppet Master. Grafik yang cenderung klasik namun tetap nyaman dipandang, cerita yang menawan, dan juga disertai oleh musik gubahan Kawai Kenji yang memasukan unsur musik tradisional Jepang memperkuat keindahan film ini.

2. Akira (1988)

* sumber: www.deviantart.com

Cerita berfokus pada Shotaro Kaneda, seorang pimpinan geng motor yang nantinya akan terlibat dengan hal-hal berbahaya, melibatkan terorisme dan militer yang menampilkan aksi-aksi menantang. Tidak hanya itu, film ini juga menampilkan simbol-simbol agama Buddha dan pemikiran-pemikiran filosofis yang mendalam. Efek yang digunakan juga cenderung baik meski diproduksi pada tahun 80an.

Film ini telah banyak menginspirasi film-film fiksi ilmiah modern. Akira adalah anime ber-genre cyberpunk lainnya yang memiliki kualitas yang mumpuni. Anime ini berlatar di kota futuristik Neo Tokyo yang telah berkembang setelah adanya perang nuklir di tahun 1988.

Adapun kondisi kota pada saat itu menjadi kota yang liar dan dihuni oleh banyak kriminal. Akira sendiri mengacu pada seorang anak yang memiliki kekuatan super dan menjadi objek penelitian militer dalam eksperimen mengenai evolusi manusia.

3. Princess Mononoke (1997)

* sumber: www.flickeringmyth.com

Dalam perjalanan mencari pengobatan, ia terjebak di tengah konflik antara Lady Eboshi beserta penduduk Kota Besi dengan Princess Mononoke yang merupakan penghuni hutan dan dibesarkan oleh serigala.

Film ini mengambil tema lingkungan yang membenturkan antara kebutuhan manusia dalam membentuk peradaban melalui cara yang cenderung mengeksploitasi alam dengan para penghuni alam liar yang digambarkan ganas namun hanya bertujuan mempertahankan kehidupan dan habitatnya.

Princess Mononoke merupakan salah satu film anime dari studio Ghibli yang yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Film ini berfokus pada Ashitaka, pejuang muda yang menerima kutukan setelah menghadapi makhluk yang menyerang desanya.

4. Fullmetal Alchemist: The Sacred Star of Milos (2003)

* sumber: www.deviantart.com

Film ini berfokus pada tugas Edward dan Alphonse yang mengejar seorang penjahat yang melarikan diri dari penjara. Pengejaran mereka berakhir pada situasi yang rumit dan berhubungan dengan Milos yang telah diinvasi oleh pasukan wilayah lain. Film anime ini menampilkan aksi menegangkan dan cerita menarik mengenai alkimia yang memadukan antara sihir dengan ilmu pengetahuan.

Sesuai dengan judulnya, Fullmetal Alchemist bercerita mengenai kehidupan para ahli alkimia serta berfokus pada Edward dan Alphonse yang menggunakan besi untuk mengganti anggota tubuhnya yang hilang akibat sebuah ritual.

Serial anime Fullmetal Alchemist menjadi salah satu anime dengan rating tertinggi. Anime ini juga merambah ke layar lebar termasuk dalam salah satu filmnya yakni The Sacred Star of Milos yang merupakan spins off dari serial anime Fullmetal Alchemist: Brotherhood.

5. Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works (2010)

* sumber: www.cdjapan.co.jp

Salah satu film yang perlu dipertimbangkan ialah Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works. Film ini lebih berfokus pada penggalian masa lalu Archer, servant milik Tohsaka Rin yang belum diketahui asal usul maupun nama aslinya. Tidak hanya itu, film ini juga menampilkan kekuatan Gilgamesh yang merupakan servant kelas archer lainnya. Film ini menawarkan cerita yang unik dan aksi yang mampu membuat penonton terpukau dengan kekuatan hebat para servant.

Fate menjadi salah satu novel visual  yang telah diadaptasi ke dalam banyak media dan sudut pandang cerita  yang berbeda. Penampilan para pejuang yang melegenda dalam franchise ini merupakan salah satu keunikan yang menarik minat banyak orang. Sebut saja King Arthur, Gilgamesh, Alexander the Great, Diarmuid hingga Lancelot. Pejuang-pejuang tersebut menjadi servant bagi manusia yang terlibat dalam perang perebutan holly grail yang dianggap bisa mengabulkan keinginan.

6. Sword of Stranger (2007)

* sumber: nefariousreviews.com

Film ini didominasi oleh peperangan antara pasukan berpedang yang sangat intens. Konflik berdarah tidak bisa dihindari oleh para tokohnya. Sword of Stranger merupakan salah satu film animasi yang terdaftar dalam berbagai festival film internasional. Film Sword of Stranger mendapatkan respon yang positif karena aksi yang benar-benar menegangkan sekaligus cerita yang menarik dan tetap masuk akal.

Sword of Stranger disutradarai oleh Masahiro Ando dan diproduksi oleh Studio Bones. Film ini berlatar pada masa Sengoku dan bercerita mengenai seorang bocah laki-laki bernama Kotaro yang secara misterius diincar oleh prajurit berpedang. Dalam persembunyian, ia bertemu berbagai karakter dan menemukan banyak hal.

7. Cowboy Bebop: Knocking on Heaven’s Door (2001)

* sumber: www.ricedigital.co.uk

Film Cowboy Bebop ini berkaitan erat dengan episode 22 dan 23 dari serial Cowboy Bebop. Cerita berfokus pada usaha protagonis dalam menghentikan teroris yang hendak menghapus populasi manusia di Mars. Film ini menghadirkan aksi-aksi yang menyenangkan dan menawan dalam bentuk peperangan antar kapal luar angkasa maupun antar karakter dengan koreografi yang mumpuni. Seperti pada serial Cowboy Bebop, film ini juga tetap mengangkat tema tentang mimpi dan kematian.

8. Berserk: The Golden Arc (2012-2013)

* sumber: www.zerochan.net

Anda bisa menyaksikan 3 film yang terdiri dari Golden Arc I, II dan III. Ketiga film ini merangkum serial anime Berserk dengan tampilan visual dan penggambaran yang tidak sama persis sehingga mampu menjelaskan keseluruhan plot dengan yang cara yang segar. Film ini dipenuhi oleh penggambaran kekejaman manusia maupun monster yang benar-benar penuh dengan konflik berdarah dan pertempuran.

Penggambaran karakter yang kompleks, cerita yang menarik dan aksi yang mendebarkan membuat film ini menjadi sangat menantang sekaligus memiliki kesan suram dan menakutkan. Serial Berserk termasuk ke dalam tontonan yang cukup brutal dan vulgar dalam menampilkan visual sadisnya manusia dan makhluk-makhluk di sekitarnya.

Serial ini berfokus pada Guts, seorang petarung dengan pedang besar yang diliputi oleh dendam dan kebencian. Hal ini didasari oleh pembantaian sadis terhadap seluruh rekannya dalam pasukan tentara bayaran yang dikorbankan oleh sahabat sekaligus pimpinan mereka sendiri, Griffith.

9. Boruto: Naruto the Movie (2015)

* sumber: stmed.net

Serial Naruto menjadi salah satu anime paling populer di dunia termasuk di Indonesia. Adapun Boruto merupakan film yang berfokus pada kehidupan anak Naruto dan Hinata. Dalam film ini, digambarkan perjalanan Boruto sebagai seorang ninja yang memiliki hubungan rumit dengan ayahnya yang sangat sibuk setelah menjadi hokage.

Sementara itu, karakter sentral pada film maupun serial sebelumnya, yakni Naruto dan Sasuke, harus berhadapan dengan lawan yang sangat berbahaya. Perkembangan kehidupan di Konoha di masa yang lebih modern dan perkembangan para karakter serial Naruto dalam film ini menjadi elemen menyegarkan yang menjadikan Boruto sebagai sebuah evolusi yang baik dari serial Naruto.

10. Redline (2009)

* sumber: wallpapers4u.net

Film yang diproduksi oleh studio Madhouse ini menceritakan sebuah ajang balap antar galaksi yang benar-benar populer. Setiap peserta diperbolehkan memodifikasi kendaraan mereka dengan berbagai kemampuan super canggih.

Tidak hanya itu, satu-satunya ketentuan adalah keharusan mencapai garis finish yang tentu saja menjadikan ajang balapan tersebut menjadi sangat intens dan brutal. Film Redline memiliki alur yang cepat dan karakter yang menarik, akibatnya penonton akan disuguhi oleh aksi yang benar-benar intens.

Film-film di atas merupakan beberapa film anime aksi yang layak menjadi daftar tontonan Anda. Perpaduan antara aksi yang menantang dan berbagai elemen cerita yang menarik mampu disuguhkan oleh film-film di atas. Walau demikian, tentu saja masih banyak film anime aksi yang bisa menjadi pilihan. Jika Anda memiliki saran, Anda bisa menambahkan beberapa rekomendasi pada kolom komentar. Selamat menyaksikan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar