Bacaterus / Film Animasi / 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik yang Mesti Ditonton

10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik yang Mesti Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu salah satu penggemar film animasi? Film yang identik dengan film anak-anak ini banyak disukai bukan hanya oleh anak-anak, namun juga oleh pencinta film dari berbagai kalangan dan usia. Simak 10 film animasi terbaik yang bisa kamu jadikan referensi tontonan berikut ini ya!

1. Monster Inc. (2001)

Monster Inc. (2001)

Monster Inc. adalah film animasi hasil kerjasama Pixar Animation Studios dan Disney Pictures. Film yang diproduseri oleh Pete Docter ini mengisahkan kehidupan James P. Sullivan (Sully) raksasa biru yang berbulu, dengan sahabatnya monster bermata satu bernama Mike Wazowski.

Keduanya bekerja di sebuah pabrik yang memroses teriakan anak-anak, Monster Inc. Mereka bertugas untuk masuk dan bersembunyi di bawah tempat tidur atau di dalam lemari anak-anak, agar anak-anak tersebut ketakutan dan mengeluarkan teriakan.

Suatu ketika, ada anak manusia (Boo) yang mengikuti Sully ke dunia monster tanpa sepengetahuannya. Boo menimbulkan kekacauan di Monster Inc. Sully dan Mike kemudian berusaha menyembunyikan Boo, agar tidak diketahui monster lain. Namun, ada Randal yang selalu ingin membuat Sully dan Mike kesulitan.

Randall terus mengejar Boo dan Sully, sehingga akhirnya mereka terasingkan ke alam bebas. Namun pada akhirnya, Boo bisa dikembalikan ke kamarnya. Peristiwa ini memberikan banyak perubahan pada cara kerja dan sistem yang ada di Monster Inc., termasuk untuk kehidupan Sully dan Mike.

2. Finding Nemo (2003)

Finding Nemo (2003)

Kebanyakan kita pasti sudah tak asing lagi dengan cerita klasik dari film animasi Finding Nemo. Karakternya yang berkesan, ceritanya yang menyentuh, serta visualisasi petualangan lautan yang memukau, membuat Finding Nemo layak untuk dimasukkan dalam daftar film animasi terbaik.

Finding Nemo mengikuti kisah seorang ikan badut bernama Marlin yang sangat protektif terhadap anaknya bernama Nemo. Mereka terpisah saat Nemo dibawa jauh dengan kapal penangkap ikan, dan berakhir di sebuah akuarium yang dimiliki seorang dokter gigi.

Marlin yang tak henti mencari Nemo, bertemu dengan ikan biru yang ramah namun pelupa bernama Dory. Dory membawanya berpetualang mengarungi lautan dan memberikan Marlin pengalaman baru yang penuh tantangan, untuk menemukan anaknya Nemo.

Kesuksesan film Finding Nemo terbukti dengan penghargaan Academy Awards yang diterimanya dalam kategory Best Animated Feature. Film ini juga menjadi film dengan pendapatan tertinggi di tahun 2013 dengan total pendapatan sekitar 871 juta dolar.

3. Wall-E (2008)

Wall-E (2008)

Wall-E adalah film animasi yang berkisah tentang sebuah robot pemadat sampah yang tinggal sendiri di planet bumi yang sepi. Setelah bertahun-tahun mengumpulkan sampah, kini tujuan hidupnya berubah setelah sebuah kapal ruang angkasa AXIOM mengirim robot pencari bernama EVE ke planet bumi.

Ketika EVE menyadari bahwa Wall-E tidak sengaja menemukan kunci planet ini, EVE kemudian kembali ke luar angkasa untuk memberitahu manusia tentang hal ini. Sementara Wall-E mengejar EVE melintasi galaksi, menjadikan sebuah petualangan seru dan kocak.

Dalam petualangannya, Wall-E ditemani seekor hewan yakni kecoa peliharaan dan sekelompok robot pahlawan yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Wall-E mendapat cukup banyak penghargaan, termasuk dari Golden Globe Awards kategori Best Animated Feature Film.

4. Up (2009)

Up (2009)

Up mempertemukan seorang pria tua yang keras kepala Tn. Fredrickson, dengan seorang anak pramuka yang ceria dan penuh semangat bernama Russel. Up berawal dari cerita Tn. Fredrickson yang tidak ingin menjual rumahnya kepada perusahaan properti.

Ia kemudian mengejutkan semua orang ketika membawa rumahnya terbang menggunakan ribuan balon. Ternyata Tn. Fredrickson tak sendirian, di luar rumah ada Russel yang tidak sengaja ikut terbawa. Mereka kemudian melakukan petualangan seru untuk mencapai sebuah tempat bernama Paradise Fall.

Di tengah perjalanan Tn. Fredrickson menemukan bahwa ada pemangsa yang lebih berbahaya daripada yang mereka bayangkan sebelumnya.

Selain menyuguhkan kisah petualangan seru dan menghibur, Up juga menampilkan kisah sedih dan haru saat kilas balik kehidupan Tn. Fredrickson dan istrinya Ellie yang telah meninggal. Up terbukti sukses secara global dengan memenangkan 2 kategori dalam Academy Awards.

5. Toy Story 3 (2010)

Toy Story 3 (2010)

Melanjutkan kesuksesan 2 film Toy Story sebelumnya, Toy Story 3 lebih fokus pada Woody, Buzz Lightyear, dan mainan Andy lainnya, yang secara tidak sengaja didonasikan ke sebuah tempat pengasuhan anak atau day care.

Andy yang saat ini berusia 17 tahun akan meninggalkan rumah untuk memulai masa perkuliahan. Woody dan kawan-kawan berusaha secepat mungkin kembali ke rumah sebelum Andy pergi. Beberapa mainan baru ikut terlibat dalam petualangan Andy, termasuk pasangan barbie yakni Ken.

Toy Story 3 merupakan film animasi Pixar kedua (setelah Up) yang menerima penghargaan dalam Academy Awards kategory Best Picture. Film ini juga merupakan film animasi pertama yang meraup penjualan sekitar 1 juta dolar, menjadikannya film dengan pendapatan tertinggi tahun 2010.

6. Inside Out (2015)

Inside Out (2015)

Inside out mengisahkan kesulitan Riley, seorang remaja yang melalui banyak hal dalam hidupnya. Berawal dari ayahnya yang harus pindah bekerja ke kota San Fransisco, Riley mulai merasa kehidupannya tak lagi sama.

Dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, Riley dibimbing oleh emosinya Joy, Sadness, Fear, Anger, dan Disgust. Mereka hidup di markas besar dalam pikiran Riley, membantu Riley dalam kehidupannya sehari-hari.

Joy, yang merupakan emosi terpenting dari Riley, menjaga hal-hal positif saat terjadi kekacauan di markas besar. Namun, tak semua bisa diselesaikan oleh Joy. Terkadang Sadness dan Anger juga bisa menyelesaikan masalah dalam hidup Riley, begitu pula dengan Fear dan Digust.

Inside Out layak masuk film animasi terbaik karena konsep film, skenario, juga tema filmnya. Film ini menerima beragam penghargaan, mulai dari Academy Awards, BAFTA Awards, hingga Golden Globe Award kategori Best Animated Feature.

7. Zootopia (2016)

Zootopia (2016)

Zootopia menggambarkan keadaan sebuah kota metropolis yang sangat modern dengan penduduk dari berbagai jenis hewan mamalia, mulai dari tikus terkecil hingga gajah terbesar. Ketika Judy Hopps, seorang anggota polisi baru datang ke Zootopia, dia mengalami sedikit kesulitan dalam memecahkan sebuah kasus.

Judy selalu dianggap remeh karena dia berbeda dari rekannya yang kebanyakan merupakan hewan mamalia besar dan kuat. Dengan tekad untuk membuktikan diri, Judy mengambil kesempatan untuk memecahkan sebuah kasus.

Dalam hal ini, mau tidak mau ia harus bekerjasama dengan seorang serigala yang bekerja sebagai penipu ulung, dan berbicara sangat cepat bernama Nick Wilde. Zootopia terbilang sukses dan merupakan film dengan pendapatan tertinggi ke-4 di tahun 2016 dan ke-44 sepanjang masa.

8. Coco (2017)

Coco (2017)

Coco mengikuti kisah seorang anak remaja usia 12 tahun bernama Miguel, yang tidak sengaja tersesat di dunia kematian. Miguel yang memiliki hobi bermusik ini, dilarang untuk menjadi musisi oleh keluarganya karena alasan masa lalu yang ternyata keliru.

Awalnya Miguel ingin menjadi musisi seperti idolanya, Ernesto de la Cruz. Saat mencoba mengambil sebuah gitar keramat milik idolanya, Miguel kemudian tersesat di dunia kematian. Dunia yang penuh warna dan peristiwa yang misterius.

Dari sini Miguel memulai perjalanan seru dan menegangkan, yang kemudian menuntunnya dalam menemukan fakta-fakta baru mengenai sejarah keluarganya.

Film Coco terinspirasi dari hari besar di Meksiko yang biasa disebut Day Of The Dead, dimana orang-orang membawa makanan untuk anggota keluarganya yang sudah meninggal. Coco memenangkan berbagai penghargaan yaitu Academy Awards, BAFTA Awards, Golden Globes Awards dalam kategori Best Animated Film.

9. Spider-Man: Into The Spider Verse (2018)

Spider-Man: Into The Spider Verse (2018)

Film animasi ini mengisahkan seorang remaja Brooklyn, Miles Morales yang melintasi dunia pararel. Di dunia pararel, Miles menemukan lebih dari satu Spiderman. Ia akhirnya bekerja sama dengan semua Spiderman tersebut untuk melawan suatu ancaman yang membahayakan semua realitas.

Spider-Man: Into The Spider Verse merupakan film animasi non DisneyPixar pertama yang memenangkan Academy Awards kategori Best Animated Feature sejak tahun 2011. Film sekuelnya direncanakan rilis di tahun 2022. Film spinoff juga sedang dalam tahan pengembangan.

10. Klaus (2019)

Klaus (2019)

Klaus bercerita tentang seorang murid laki-laki bernama Jesper yang dianggap sebagai murid paling buruk di sekolahnya yaitu sebuah akademi pos. Jesper kemudian ditempatkan di sebuah pulau dingin di daerah kutub utara.

Jesper melihat bahwa penduduk di daerah ini tidak pernah bicara satu sama lain karena adanya perselisihan. Jesper yang hampir menyerah kemudian bertemu dengan seorang guru lokal dari daerah tersebut, serta seorang tukang kayu bernama Klaus.

Klaus tinggal sendirian di sebuah kabin yang dipenuhi banyak mainan buatan tangannya. Persahabatan mereka kemudian mengubah kehidupan di daerah tersebut. Penduduk yang saling menyapa dan murah hati, keceriaan, keajaiban dan kegembiraan akhirnya mewarnai kehidupan mereka.

Film Klaus sendiri memenangkan 7 kategori dalam Annie Awards, dan merupakan film Netflix pertama yang masuk nominasi Academy Awards kategori Best Animated Feature.

Itulah beberapa film animasi terbaik yang bisa jadi pilihan untuk ditonton saat akhir pekan. Selain dari daftar film di atas, sebenarnya masih banyak film animasi terbaik lain yang bisa kamu jelajahi lebih jauh. Film animasi manakah yang menjadi favorit kamu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *