Bacaterus / Film Keluarga Indonesia / 5 Film Animasi Terbaik dari Indonesia yang Layak Ditonton

5 Film Animasi Terbaik dari Indonesia yang Layak Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 April 2019

Ada yang suka film animasi? Film animasi Indonesia bisa jadi bukan jenis film yang populer. Mungkin kebanyakan orang nggak tahu banyak soal film animasi Indonesia. Bukan karena nggak ada, tetapi memang nggak banyak. Bukan juga karena kekurangan talenta, karena banyak sekali animator Indonesia yang bertalenta kelas dunia.

Kendala utama pembuatan film animasi adalah dana. Biayanya mahal sementara pasarnya belum cukup menjanjikan. Biaya pembuatan yang mahal jadi faktor utama kenapa film animasi Indonesia nggak banyak.

Berapa banyak film animasi Indonesia yang kamu tahu? Untuk melengkapi pengetahuan kamu, Bacaterus akan mengulas beberapa film animasi Indonesia paling keren. Barangkali kamu belum pernah menontonnya dan jadi tertarik untuk menontonnya.

1. Meraih Mimpi [2009]

Meraih Mimpi

Film animasi Indonesia yang berjudul Meraih Mimpi adalah film animasi 3D luntuk layar lebar pertama yang dibuat oleh anak bangsa. Rilis tahun 2009 dimana pada era itu industri animasi kita belum seperti sekarang. Langkah berani yang patut diapresiasi. Meskipun film ini merupakan versi lokalisasi dari versi bahasa Inggrisnya yang berjudul Sing to the Dawn.

Awalnya dari sebuah novel berjudul sama karya penulis Myanmar, Minhong Fo yang pertama kali diterbitkan 1975 dan sangat populer di Singapura. Film Meraih Mimpi  diproduksi di Indonesia oleh studio animasi bernama Infinite Frameworks yang berbasis di Batam.

Ceritanya tentang Dana, gadis yang tinggal di desa kecil di Batam. Desanya dikuasai oleh tuan tanah yang kejam. Penduduk desa nggak sadar kalau Dana ingin mengusir mereka karena dia ingin membangun kota dan perhotelan seperti Las Vegas di sana.

Dana dan adiknya terjun ke dalam perjuangan untuk menyelamatkan desa mereka. Pada waktu yang sama, Dana merasa sedih karena dipaksa menuruti tradisi patriarkis kampungnya dengan dijodohkan oleh Ayahnya. Dalam perjuangannya Dana dibantu oleh banyak binatang lucu yang bisa berbicara.

2. Battle of Surabaya [2015]

Battle of Surabaya

Mungkin kamu pernah mendengar film animasi Indonesia yang satu ini? Pada tahun rilisnya, film ini memang banyak diperbincangkan orang. Nggak cuma ini, film ini juga sempat memenangi dan menjadi nominasi pada festival film internasional bergengsi. Salah satunya, Most People’s Choice Award pada ajang International Movie Trailer Festival 2013.

Film ini menceritakan tentang petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi para pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran bersejarah 10 November 1945.

Musa dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan Bung Tomo. Berbagai peristiwa dilalui Musa selama menjadi kurir. Kehilangan orang-orang terkasih menjadi konsekuensi akan tugas mulia yang dijalaninya.

Battle of Surabaya terinspirasi dan diadaptasi dari peristiwa bersejarah. Bisa dikategorikan sebagai film fiksi sejarah. Selain terdapat tokoh nyata, juga terdapat tokoh-tokoh fiksi yang sengaja dibuat untuk memperkuat cerita. Cocok ditonton kalau kamu ingin mencari hiburan sekaligus menambah wawasan sejarahmu.

Mau nonton film sejarah lainnya? Cek artikel film sejarah Indonesia ini, ya!

3. Knight Kris [2017]

Knight Kris

Film animasi Indonesia yang satu ini juga punya publikasi yang bagus. Selain karena keterlibatan Deddy Corbuzier yang berperan sebagai produser, juga karena pengisi suaranya merupakan nama-nama besar. Salah satunya, Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo.

Kamu suka wayang? Film ini mengadaptasi banyak hal dari dunia perwayangan. Kisahnya tentang Bayu yang menemukan sebuah kris menancap kuat di dalam sebuah candi kuno. Didorong oleh rasa penasaran, Bayu mencabutnya.

Setelah mencabut kris itu, terjadi keajaiban pada Bayu. Dia memperoleh kesaktian dan menjadi seorang kesatria yang punya kekuatan super. Namun ternyata, kris itu juga merupakan segel untuk raksasa kejam bernama Asura.

Raksasa yang sudah terkurung selama ribuan tahun itu kini bangkit kembali. Dia siap untuk menyebarkan teror ke seluruh umat manusia. Ditemani Rani, sepupunya dan seekor kera tua bernama Empu Tandra, Bayu harus menghadapi Asura dan para prajurit bayangan.

4. Si Juki the Movie [2017]

Si Juki the Movie

Awalnya dari sebuah komik yang sukses di pasaran. Banyaknya orang yang menyukai karya ini membuat si Juki berkembang dari sebuah komik menjadi film animasi Indonesia yang nggak kalah sukses. Karakter Juki pada komik mendapat perhatian di kalangan pembacanya sehingga dianggap layak untuk dihidupkan menjadi karakter animasi.

Si Juki adalah seorang selebriti yang lagi ada di puncak ketenaran. Dia polos, lucu, dan berani beda sehingga dicintai banyak orang. Dia melakukan sebuah kesalahan yang membuat semuanya berbalik. Si Juki menjadi musuh nomor satu di mata masyarakat.

Di saat yang sama, sebuah meteor jatuh mengancam untuk menghancurkan Indonesia. Lalu, seorang ilmuwan muda yang berbakat bernama Erin meminta bantuan Juki untuk menghentikan meteor itu. Mereka sama-sama sempat gagal dalam menjalankan misi negara, namun kemudian mereka mencoba lagi dengan cara mereka sendiri.

5. Petualangan Si Adi [2013]

Petualangan Si Adi

Kamu percaya nggak kalau anak SMK bisa bikin film animasi yang berkualitas? Kalau nggak percaya, kamu harus buktikan sendiri dengan menonton film animasi Indonesia yang berjudul Petualangan si Adi.

Kisahnya tentang Adi, seorang anak SMK yang mandiri dan punya banyak teman. Dia tinggal dengan kakek Sumbo karena Ibunya meninggal saat melahirkan Adi. Sementara itu Ayahnya yang bernama Kokar pergi merantau dan menjadi sosok yang jahat.

Kokar punya kekuatan yang didapat dari seekor naga luar angkasa. Naga itu adalah peliharaan Raja yang jahat di planetnya. Anak buahnya, Garok dan Nero pernah menjadi teman karib kakek Sumbo. Sebelum meninggal, kakek Sumbo mewariskan robot B10 dan sembilan pusaka yang harus dicari Adi karena itulah senjata yang dapat digunakan Adi untuk melawan musuhnya.

Film dengan genre aksi-komedi ini berdurasi 90 menit. Kemdikbud mendukung penayangan film ini mulai dari pengembangan sampai eksekusi akhir. Film ini menjadi suatu bukti kalau anak SMK juga bisa berkarya. Kolaborasi beberapa SMK bisa menghasilkan film animasi yang layak ditayangkan di layar lebar.

Ada yang menarik buat kamu? Atau mungkin kamu mau menambahkan film animasi Indonesia paling keren versi kamu yang belum tertulis? Silakan berbagi di kolom komentar yang sudah disediakan ya, berbagi nggak akan membuat kamu merugi. Bukankah pengetahuan yang kamu dapatkan selama ini berasal dari orang-orang yang berbagi?

Kalau kamu penggemar film animasi, mungkin kamu merasa kalau kualitas film animasi Indonesia masih kalah oleh Hollywood atau Jepang. Namun, percayalah menonton film animasi Indonesia merupakan bentuk dukungan yang tak ternilai harganya. Dengan dukungan itu, para penggiat film animasi Indonesia akan berproses menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Semuanya pasti butuh proses untuk mencapai satu titik tertentu. Film animasi Indonesia yang sudah diproduksi hingga hari ini adalah bagian dari proses itu. Dukungan kamu, akan berarti banyak untuk mereka yang sedang berjuang memajukan industri animasi supaya bisa bersaing dengan industri animasi di luar negeri. Jadi, marilah dukung terus karya anak bangsa!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar