bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Animasi / Daftar Film Animasi Terbaik dari Disney untuk Semua Usia

Daftar Film Animasi Terbaik dari Disney untuk Semua Usia

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 27 Maret 2021

The Walt Disney Company telah berdiri sejak 16 Oktober 1923, dan dalam perjalanannya perusahaan ini terkenal memproduksi film-film animasi dengan kualitas yang mumpuni. Maka tidak heran jika seluruh karyanya dapat diterima baik di industri hiburan. Terlebih lagi, setiap film kartun Disney yang ditayangkan di layar sinema selalu menguntungkan karena mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Walaupun pasar animasi sejatinya ditujukan untuk anak-anak, namun cerita kartun dari Disney mampu menggaet penonton dari segala jenis usia. Selain visual animasinya yang sinematik, kartun asal Amerika Serikat ini selalu memikat hati karena diisi dengan soundtrack yang merdu untuk diperdengarkan.

Kira-kira apa saja film animasi Disney yang seru untuk ditonton? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini ya. Inilah daftar film animasi terbaik dari Disney yang dapat kamu ikuti kisahnya.

2020 - Sekarang

Seperti yang kita tahu, memasuki tahun 2020, banyak sekali film yang akhirnya menunda penayangannya karena penyebaran virus Covid19 yang melumpuhkan banyak sekali industri, salah satunya industri perfilman.

Meski demikian, beberapa sineas masih tetap kekeuh untuk meluncurkan karyanya untuk menghibur banyak orang yang stuck harus terus berada di rumah sampai entah kapan. Penasaran apa saja Film Animasi Terbaik di rentang tahun ini?

1. Black Beauty

Black Beauty_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Ashley Avis
  • Pemain & Pengisi Suara: Mackenzie Foy, Kate Winslet, Claire Forlani

The gorgeous girl, Mackenzie Foy is back! Film ini mengisahkan tentang Jo Green (Mackenzie) yang baru saja kehilangan anggota keluarganya. Berduka dan murung, Jo yang tinggal bersama Pamannya ini tidak mau berbuat apa-apa selain merenung sendirian membuat Pamannya menjadi khawatir. Beberapa hari kemudian, Paman Jo membawa kuda baru yang akan dirawatnya. Kuda ini dikenal sangat ekstrem dan susah dibuat menjadi jinak.

Jo yang melihat kuda tersebut lantas mencoba untuk mendekatinya. Seperti ada ikatan, kuda tersebut mala mau dan tidak takut untuk dipegang oleh Jo, padahal sudah berhari-hari Paman Jo dan teman-temannya mencoba untuk membuat kuda itu jinak tapi tidak bisa. Usut punya sut, kuda itu pun ternyata baru saja kehilangan semua keluarganya. Jo memberi nama kuda itu Black Beauty, cerita selanjuntya pun bakal buat kali banjir air mata, saking terharunya.

2. Star Girl

Stargirl_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Musical, Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Julia Hart
  • Pemain: Grace VanderWaal, Graham Verchere

Film ini menceritakan tentang Leo (Graham Verchere), seorang anak lelaki yang masih duduk di bangku SMP. Dia merasa sendirian setelah Ayahnya meninggal. Untuk selalu mengingatnya, Leo selalu menyimpan dasi motif landak. Suatu ketika ada seorang gadis bernama Stargirl Caraway (Grace VanderWall). Ia merupakan gadis dengan segala atributnya yang ceria, bahkan kepribadiannya yang manis dan talentanya yang baik dalam bermusik membuat dirinya terkenal oleh seisi sekolah.

Penasaran akan Stargirl, Leo pun mencoba untuk mendekatinya, mencoba untuk berteman dengannya. Berhasil! Leo dan Stargirl pun mulai berteman bahkan berpacaran. Hidup Leo kini tidak sendiri, Leo juga tidak menjadi pendiam. Aura positif yang diberikan oleh Stargirl membuat Leo hidup lebih baik. Bukan Leo saja, tapi seisi sekolah! Siapa sih sebenarnya Stargirl ini?

3. Timmy Failure: Mistakes Were Made

Timmy Failure_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Tom McCharty
  • Pemain & Pengisi Suara: Winslow Fegley, Ophelia Lovibond, Craig Robinson

Film ini diangkat dari buku anak-anak berjudul sama karya Stephan Pastis yang rilis tahun 2013 silam; menceritakan tentang seorang anak lelaki bernama Timmy Failure (Winslow Fegley) yang hidup dengan imajinasinya yang luar biasa. Ia mempunyai teman imajinasi bernama Total, seekor beruang kutub yang konon terdampar di kota Portland akibat lelehnya es di kampung halaman beruang tersebut.

Mereka tidak bisa dipisahkan, semua kegiatan dilakukan bersama termasuk menjadi seorang detektif ulung versi Timmy dan Total. Kasus-kasus yang ditangani duo Timmy dan Total pun tentu saja kasus ringan seperti hilangnya tas teman sekelas Timmy. Suatu kali, segway milik Ibunya mendadak raib, mengetahui hal tersebut, Timmy dan Total memulai penyelidikannya kembali.

4. Clouds

Clouds_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Biographical, Musical, Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Justin Baldoni
  • Pemain: Fin Argus, Sabrina Carpenter, Madison Iseman

Film ini diangkat dari sebuah novel berjudul Fly a Little Higher: How God Answered a Mom's Small Prayer in a Big Way karya Laura Sobiech; menceritakan tentang seorang anak lelaki bernama Zach Sobiech (Fin Argus) yang sedang berjuang melawan kanker tulang yang di deritanya sembari mengejar mimpinya untuk menjadi musisi yang dikenal sebelum waktunya di dunia habis.

Awalnya pengobatannya berhasil, namun beranjak 17 tahun. Kankernya ternyata sudah menyebar dan ia di diagnosa oleh dokter hanya memiliki harapan hidup selama 6 bulan lagi. Zach bersama rekannya Sammy (Sabrina Carpenter) akhirnya membuat album musik mengingat hidup Zach sudah tidak lama lagi. Alasan kenapa Zach membuat lagu adalah supaya ia tidak membuat sedih orang lain yang ada di dekatnya, ia menganggap perpisahannya lebih baik dibuat menjadi sebuah lagu berjudul Clouds karyanya sendiri.

5. Safety

Safety_Poster (Copy)
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Biographical, Sports, Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Reginald Hudlin
  • Pemain: Jay Reeves, Thaddeus J. Mixson, Corinne Foxx

Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Ray ElRathbey (Jay Reeves), ia merupakan mahasiswa baru di Clemon University. Ia berusaha sebisa mungkin untuk diterima disana dan mengejar untuk jadi bagian dari Clemson Tiger; sebuah klub football terbeken di kampusnya. Ia mengejar beasiswa juga untuk tetap berada disana dan mendapatkan apa yang ia inginkan.

Suatu ketika, Ray kaget karena Ibunya jatuh sakit dan harus dirawat dan adiknya, Famharr ElRathbey (Thaddeus J. Mixson) menjadi terlantar dan hampir dirawat oleh kenalan keluarga mereka yang adalah seorang pengedar. Tidak mau masa depan adiknya jadi buruk, ia akhirnya menyelinapkan adiknya ke kampus karena tida lagi memiliki keluarga. Mampukah rahasia itu terjaga selama Ray berada di kampus untuk mengejar sekolah dan karirnya sebagai pemain football?

1 234
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram