Bacaterus / Film Disney / 10 Film Animasi Terbaik dari Disney untuk Semua Usia

10 Film Animasi Terbaik dari Disney untuk Semua Usia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

The Walt Disney Company telah berdiri sejak 16 Oktober 1923, dan dalam perjalanannya perusahaan ini terkenal memproduksi film-film animasi dengan kualitas yang mumpuni. Maka tidak heran jika seluruh karyanya dapat diterima baik di industri hiburan. Terlebih lagi, setiap film kartun Disney yang ditayangkan di layar sinema selalu menguntungkan karena mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Walaupun pasar animasi sejatinya ditujukan untuk anak-anak, namun cerita kartun dari Disney mampu menggaet penonton dari segala jenis usia. Selain visual animasinya yang sinematik, kartun asal Amerika Serikat ini selalu memikat hati karena diisi dengan soundtrack yang merdu untuk diperdengarkan.

Kira-kira apa saja film animasi Disney yang seru untuk ditonton? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini ya. inilah 10 film animasi terbaik dari Disney yang dapat kamu ikuti kisahnya.

1. Big Hero 6 (2014)

Big Hero 6

Hiro Hamada adalah seorang anak jenius yang memiliki ketertarikan untuk bergabung di universitas yang sama dengan kakaknya, Tadashi Hamada. Hiro kemudian berhasil masuk ke dalam universitas tersebut karena sukses menciptakan sebuah temuan baru berupa micro robot. Akan tetapi, sebuah tragedi mengenaskan membuat Tadashi meninggal seketika dan membuat Hiro terpukul berat dalam kesedihan.

Setelahnya itu, tanpa sengaja Hiro mengaktifkan robot karya kakaknya yang bernama Baymax. Sang robot membantunya untuk sembuh dari rasa kesedihan. Hiro lalu menemui teman-temannya untuk membantunya dalam mencari seorang pria bertopeng misterius. Orang tersebut diyakini penyebab kakaknya meninggal serta dia juga telah mencuri temuan micro robot yang diciptakan oleh Hiro sendiri.

2. Wreck-It Ralph (2012)

Wreck-It Ralph

Wreck-It-Ralph adalah tokoh penjahat dalam sebuah game yang diprogram untuk menghancurkan sebuah hunian bernama Niceland. Ulahnya tersebut selalu mendapat perlawanan dari karakter pahlawan bernama Fix-It-Felix Jr dan palu ajaibnya. Felix selalu mendapatkan sebuah medali emas dalam setiap game dan menjadi sosok yang paling disukai dari karakter- karakter lain dalam game tersebut.

Sementara itu, Ralph hanya menjadi seorang karakter “penjahat” yang kurang disukai oleh yang lainnya. Kesal karena hal itu, ia pun ingin membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi pahlawan. Ia pun beralih ke game yang lain untuk mencari tempat sebagai seorang “hero”. Dalam petualangannya, ia pun masuk ke arena balap mobil Sugar Rush dan bertemu dengan seorang anak kecil bernama Vanellope von Schweetz

3. The Lion King (1994)

The Lion King

Film The Lion King menceritakan tentang Simba, seorang singa muda yang akan menggantikan ayahnya, Mufasa, sebagai raja baru di Pride Lands. Rencana tersebut tidak berjalan lancar, Pamannya yang bernama Scar membunuh Mufasa dan menyalahkan Simba atas kejadian tersebut. Simba pun lari dan berada dalam pengasingan. Ia kemudian bersahabat dengan Timon dan seorang babi hutan bernama Pumbaa.

Selama dalam masa pengasingan, Simba bertemu dengan teman masa kecilnya, Nala, dan seorang cenayang bernama Rafiki. Keduanya berhasil menguatkan hati dan mental untuk kembali pulang. Simba yang kini beranjak dewasa telah menjadi kuat dan beranjak pergi ke tempat asalnya. Ia kemudian menantang Scar untuk mengakhiri kejahatannya sekaligus mengambil kembali tempatnya sebagai raja.

4. Zootopia (2016)

Zootopia

Seekor kelinci perempuan bernama Judy Hopps sangat berambisi untuk menjadi polisi. Beranjak dewasa, ia berhasil lulus dari akademi kepolisian dan ditugaskan ke Zootopia. Tempat tersebut merupakan sebuah kota besar yang dihuni berbagai macam binatang lainnya. Namun, sesampainya di sana ia diremehkan karena memiliki postur tubuh yang imut dan kecil, tidak seperti polisi yang tangguh dan kuat.

Saat bertugas menjadi petugas tilang, Judy bertemu dengan seekor rubah bernama Nick yang berhasil mengelabuinya. Selepas masalah tersebut, kepala kepolisian lalu menantangnya untuk menyelesaikan sebuah kasus dalam waktu 48 jam. Jika kasusnya gagal, maka ia harus keluar dari kepolisian. Judy lalu menemui Nick kembali untuk meminta bantuannya. Petualangan mereka berdua pun kemudian dimulai.

5. Aladdin (1992)

Aladdin

Aladdin adalah seorang pemuda miskin yang jatuh hati kepada seorang putri bernama Jasmine. Saat pertama kali bertemu dengannya di sebuah pasar, ia langsung ditangkap oleh para penjaga sang tuan putri. Seketika juga, Aladdin harus masuk penjara walaupun Jasmine telah meminta kepada para penjaga untuk melepaskannya. Jika ia ingin bebas, Aladdin harus menemui dengan Jafar untuk melepaskannya.

Ketika berada di penjara, Aladdin bertemu dengan seorang pria tua yang menyuruhnya untuk melarikan diri ke sebuah gua yang penuh dengan harta karun. Ia berhasil kabur dan sampai ke tempat tujuan. Di sana, Aladdin bertemu dengan karpet ajaib yang hidup dan memerintahkannya untuk mencari lampu ajaib.

Ia lalu mulai menggosok lampu tersebut, dan tiba-tiba sesosok jin biru raksasa muncul serta memberitahu Aladdin bahwa dia akan memenuhi tiga permintaannya. Setelah meninggalkan gua yang runtuh, Aladdin memutuskan menjadi seorang pangeran untuk mendapatkan hati gadis pujaannya, Putri Jasmine.

6. Frozen (2013)

Frozen

Elsa dan Anna merupakan dua orang putri bangsawan dari kerajaan Arendelle. Sang kakak, Elsa, ternyata memiliki kekuatan sihir untuk menciptakan salju dan es. Suatu ketika, ia dinobatkan menjadi seorang Ratu guna menggantikan posisi kedua orangtuanya. Di hari tersebut, Elsa yang belum mampu mengontrol kemampuan sihirnya secara tidak sengaja menciptakan salju abadi yang menutupi seluruh Arendelle.

Elsa yang merasa bersalah kemudian mengasingkan diri menuju Gunung Utara. Sementara itu, Anna, mulai merasa kehilangan akan sosok kakaknya tersebut. Ia pun memutuskan melakukan pencarian untuk menemukan keberadaannya.

Dalam perjalanannya, Anna bertemu dengan seorang pria gunung bernama Kristoff serta manusia salju Olaf. Ketiganya lalu sepakat bersama-sama untuk menemukan Elsa agar musibah salju abadi yang menimpa Arendelle dapat segera berakhir.

7. Mulan (1998)

Mulan

Akibat adanya ancaman peperangan, pemerintah kerajaan lalu menetapkan kebijakan wajib militer. Maka dari itu, tiap keluarga harus mengirim seorang pria untuk menjadi seorang prajurit. Dalam keluarga Fa, satu-satunya pria adalah ayah dari Mulan yang sudah menjadi veteran perang. Melihat kondisi ayahnya, Mulan memutuskan untuk menyamar menjadi seorang pria dan pergi ke medan pertempuran.

Melihat kondisi tersebut, Keluarganya mengirimkan seekor naga kecil bernama Mushu untuk membantu Mulan saat bertempur. Mulan bersama teman-temannya lalu berada di tempat peperangan di bawah komando Kapten Li Shang. Walaupun pada akhirnya identitas aslinya terbongkar, ia berhasil melewati berbagai masalah dan menyelamatkan kaisar serta seluruh dinasti dari ancaman yang lebih berbahya lagi.

8. Tangled (2010)

Tangled

Seorang wanita tua bernama Gothel berhasil menculik putri kerajaan bernama Rapunzel. Ia lalu menyembunyikannya di menara tertinggi yang tersembunyi di balik goa. Hanya Gothel yang mengetahui bahwa rambut berwarna keemasan milik Rapunzel dapat membuatnya awet muda. Gothel pun selalu melarang Rapunzel untuk tidak memotong rambutnya agar kekuatan miliknya tidak hilang.

Saat Rapunzel beranjak 18 tahun, ia meminta kepada Gothel untuk mengizinkannya keluar dari menara. Namun, wanita tersebut menolak permintaannya. Sampai di suatu hari, seorang buronan kerajaan bernama Flynn Rider mencuri sebuah mahkota dan bersembunyi di menara Rapunzel. Sang putri pun kaget dan memukuli pencuri tersebut dengan panci.

Saat Flynn pingsan, Rapunzel menyembunyikan mahkota curiannya. Ia kemudian membuat kesepakatan dengannya untuk membawanya pergi keluar dari menara dan melihat lentera terbang. Rapunzel lalu akan membayarnya dengan mengembalikan barang curian dari Flynn. Sang pencuri pun setuju, dan berhasil membawa Rapunzel untuk pertama kalinya lepas dari tempat tinggal di menara.

9. Beauty and the Beast (1991)

Beauty and the Beast

Awal cerita dimulai saat seorang peri marah kepada seorang pangeran muda dan mengutuknya menjadi sesosok makhluk mengerikan. Para pelayannya pun ikut kena sihir dengan menjadi perabot rumah tangga. Sang peri lalu memberikan mawar kepadanya sebagai pertanda nasibnya di masa yang akan datang.

Peri tersebut kemudian mengatakan jika pada ulang tahunnya yang ke-21 kelopak mawar terakhir akan jatuh. Apabila sebelum kelopak mawar terakhir jatuh, dia bisa mencintai seseorang dan cintanya dibalas, maka ia dan pelayan-pelayannya akan berubah menjadi manusia. Namun kalau yang terjadi sebaliknya, mereka tidak akan dapat menjadi manusia lagi.

Hingga akhirnya pada suatu hari, istana tempat tinggalnya kedatangan seorang perempuan cantik bernama Belle. Beast kemudian perlahan-lahan menyukainya, dan menyadari jika Belle adalah wanita yang ia cintai dan satu-satunya harapan untuk merubahnya kembali menjadi manusia.

10. Moana (2016)

Moana

Sedari kecil Moana sangat antusias dengan legenda yang tersebar di pulau Pasifik Selatan Oceania. Sementara itu, sang nenek, Gramma Tala mempunyai penglihatan yang mengatakan bahwa cucunya akan mengarungi samudera luas dan menjelajahi lautan seperti leluhurnya. Saat berusia dewasa, Moana memutuskan meninggalkan desanya untuk mencari jati dirinya yang sebenarnya.

Namun, langkah tersebut tidak disetujui oleh ayahnya yang merupakan kepala suku dari desa tempat tinggalnya. Moana bertekad menjelajahi lautan untuk mencegah desanya dari kutukan. Ia diharuskan untuk bertemu dengan manusia setengah dewa dari Pasifik Selatan yang bernama Maui. Apabila dirinya berhasil menemukannya, Maui mampu membantunya untuk menyelamatkan desanya.

Tentunya rekomendasi 10 film di atas belum cukup untuk mengakomodir banyaknya film animasi lainnya dari Disney. Namun, tidak ada salahnya juga jika kamu ingin memulai menontonnya dari rekomendasi yang telah Bacaterus berikan ya. Jika kamu punya daftar pilihan lainnya jangan sungkan memberikan pendapatnya di kolom komentar ya. Selamat menyaksikan! Kunjungi juga artikel film animasi terbaik non-Disney ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *