Bacaterus / Film Disney / 10 Film Animasi Disney Terbaik dari Kisah Dongeng

10 Film Animasi Disney Terbaik dari Kisah Dongeng

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Walt Disney adalah sosok entrepreneur yang mendedikasikan hidupnya untuk dunia anak. Film-film yang diproduksinya, baik animasi atau live-action, semuanya memiliki pesan moral yang baik untuk anak-anak dari waktu ke waktu.

Dia pun membangun theme park yang hingga saat ini masih sangat ramai dikunjungi oleh para keluarga dari seluruh dunia. Tidak terhitung berapa kekayaan yang diwariskan ke anak-cucunya saat ini yang niat awalnya hanya ingin membahagiakan seluruh anggota keluarganya.

Kembali ke dunia film animasi, Walt Disney Pictures menghadirkan banyak kisah dan karakter kesayangan anak-anak, antara lain Mickey Mouse, Donald Duck, Winnie the Pooh dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, Walt Disney Pictures juga rajin mengangkat kisah-kisah dongeng populer untuk diterjemahkan ke dalam dunia animasi.

Dongeng-dongeng ini adalah kisah-kisah yang terkenal dan berasal dari beberapa negara. Bisa dari Amerika, Eropa bahkan Asia. Berikut ini kami pilihkan 10 film animasi dongeng terbaik yang pernah diproduksi oleh Walt Disney Pictures.

1. Snow White and the Seven Dwarfs [1937]

Snow White and the Seven Dwarfs

Film ini adalah film animasi klasik pertama yang pernah diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Diangkat dari dongeng Jerman karya Grimm Bersaudara, proses produksinya dilakukan secara gotong-royong oleh para sineas dan animator Disney saat itu. Tercatat 6 sutradara yang mengarahkan film ini yang dibagi tugasnya untuk beberapa adegan.

Kisahnya sendiri sudah sangat familiar, di mana Snow White dibuang ke hutan oleh ratu jahat karena kecemburuan akan kecantikannya yang akhirnya membuat Snow White bersahabat dengan tujuh Dwarf yang akhirnya membantu Snow White untuk kembali mendapatkan posisinya di kerajaan.

Setelah penayangannya, kepopuleran film animasi Disney ini banyak membawa perubahan dalm budaya di Amerika, seperti wahana di theme park, video game dan pentas musical Broadway.

2. Cinderella [1950]

Cinderella

Bisa dibilang, film ini adalah penyelamat Walt Disney Pictures dari kebangkrutan. Pasca Perang Dunia 2, distribusi film-film Disney tidak ada yang bisa merambah Eropa, hanya berputar di Amerika saja. Ditambah lagi dengan perilisan film-film yang kurang berkesan bagi moviegoers saat itu.

Hingga akhirnya Disney mengadaptasi dongeng populer Eropa yang ditulis oleh sastrawan Prancis Charles Perrault, Cendrillion. Pengubahan nama karakter utamanya menjadi Cinderella, membuat nama tersebut lebih sering dipakai hingga sekarang dan menjadi sangat populer di dunia.

Berkisah tentang penderitaan anak gadis yang diasuh oleh ibu tiri dan dua putrinya yang jahat. Tetapi seorang peri menjadikannya seorang putri untuk semalam yang mampu menawan hati sang pangeran. Kisah ini sangat populer, sehingga kemudian banyak diadaptasi kembali ke dalam film-film lainnya.

3. Sleeping Beauty [1959]

Sleeping Beauty

Film ini menggabungkan 2 dongeng menjadi satu kisah, yaitu The Sleeping Beauty karya Charles Perrault dan Little Briar Rose karya Grimm Bersaudara. Dunia sihir sangat berperan besar di kisah ini, dimana sang putri disihir oleh peri jahat untuk tertidur dan hanya bisa bangun jika dicium oleh cinta sejatinya.

Peran yang mudah bagi sang putri (karena hanya tidur hampir sepanjang durasi film) dan tugas yang berat bagi sang pangeran untuk menyelamatkan cinta sejatinya. Kemasan kisah yang menarik dengan pameran sihir yang fantastis untuk ukuran masa itu, tidak langsung membuat film ini populer saat itu.

Bahkan dengan gagalnya film ini membuat Disney mengambil kebijakan untuk berhenti memproduksi kisah-kisah dongeng ke dalam film yang membuat film ini adalah film animasi dongeng terakhir di masa hidup Walt Disney. Tetapi saat ini, Sleeping Beauty diakui sebagai salah satu film animasi legendaris dan selalu masuk daftar film-film terbaik di berbagai media.

4. The Little Mermaid [1989]

The Little Mermaid

Setelah beberapa produksi yang gagal di era 1970an hingga pertengahan 1980an, The Little Mermaid mengawali kebangkitan Walt Disney Pictures di era moden yang sering disebut sebagai Disney Renaissance.

Diangkat dari dongeng Denmark karya Hans Christian Andersen, film ini bercerita tentang putri duyung yang ingin menjadi manusia karena dia sudah jatuh cinta kepada seorang pria. Film ini juga sekaligus menjadi pelengkap dari misteri putri duyung yang hingga saat ini masih diperbincangkan oleh masyarakat.

Setelah kesuksesan penayangannya yang berhasil menjadi box-office, kemudian hadir pula pentas Broadway, buku bergambar, mainan, video game dan pernak-pernik lainnya berdasarkan karakter Ariel, sang putri duyung.

5. Beauty and the Beast [1991]

Beauty and the Beast

Inilah film animasi dongeng terbaik di antara yang terbaik sejauh ini. Seluruh elemen yang ditampilkan sangat komplit dan dipuji oleh para kritikus film sedunia dan meraup keuntungan yang berlimpah serta penghargaan dari ajang-ajang festival film bergengsi.

Merupakan adaptasi dari dongeng Prancis karya Jeanne-Marie Leprince de Beaumont, bercerita tentang seorang pangeran yang berubah menjadi monster karena kutukan atas kelakuan buruknya dan dia harus berusaha untuk mendapatkan cinta sejatinya agar bisa kembali sebagai manusia.

Lagu yang dilantunkan oleh duet Celine Dion dan Peabo Bryson berhasil meraih Academy Award dan Grammy Award yang nantinya tradisi ini terus dilanjutkan lewat berbagai film animasi Disney berikutnya.

6. Aladdin [1992]

Aladdin

Sudah banyak berkutat dengan dongeng-dongeng Eropa, kali ini Disney melirik dongeng populer dari Timur Tengah yang termaktub di kumpulan Kisah 1001 Malam, Aladdin. Dunia cinta yang penuh keajaiban dengan bantuan jin baik hati seketika menjadi populer di seluruh dunia dan banyak muncul film dengan kisah serupa bahkan di dunia pertelevisian Indonesia dengan hadirnya serial Jin dan Jun.

Penghargaan yang berhasil diraih film ini mayoritas berasal dari lagu soundtrack-nya yang berjudul “A Whole New World” yang turut berperan mengangkat kepopuleran film ini yang kemudian juga hadir dalam bentuk buku cerita bergambar, video game, icon figure dan pentas Broadway.

7. Pocahontas [1995]

Pocahontas

Kali ini, Disney ke tanah Amerika dan mengangkat dongeng Pocahontas dan sedikit rangkaian sejarah invasi dan kolonisasi bangsa Eropa ke benua Amerika. Bercampurnya dongeng dan sejarah membuat cerita yang menarik bagi mayoritas penikmat film tetapi memunculkan kritikan dari para ahli sejarah tentang fakta-fakta yang kurang akurat yang dihadirkan di film ini.

Mungkin kritikan tersebut salah tempat, karena ini bukan film sejarah tetapi film dongeng untuk anak-anak. Lagi-lagi, penghargaan yang diraih oleh film ini berasal dari soundtrack-nya, “Colors of the Wind”, yang dinyanyikan oleh Vanessa Williams.

8. Mulan [1998]

Mulan

Rasanya belum lengkap jika Disney belum mengangkat dongeng dari benua Asia yang juga kaya akan dongeng dan mitologi. Kemudian diproduksilah Mulan, kisah dari China tentang perjuangan seorang wanita yang menyamar sebagai pria agar bisa masuk militer dan berperang demi kerajaannya.

Kisahnya sendiri yang memang sudah bagus diimbuhi dengan tampilan animasi yang jempolan dengan mengangkat budaya China secara maksimal. Tidak heran, karena Disney mengutus para animatornya ke China agar mendapatkan nuansa Negeri Tirai Bambu tersebut dengan baik.

Di film animasi Disney ini, Eddie Murphy berhasil mencuri perhatian sebagai naga kecil nan cerewet yang membantu perjuangan Mulan. Karakter ini kemudian diulanginya kembali ketika berperan sebagai keledai cerewet di film Shrek.

9. Tangled [2010]

Tangled

Menurut catatan perfilman, Tangled adalah film animasi dengan bujet terbesar hingga saat ini, yaitu sebesar 260 juta dollar. Produksinya sendiri memakan waktu selama 6 tahun dengan menggabungkan penggunaan computer-generated imagery ke dalam animasi tradisional yang biasanya menggunakan non-photorealistic rendering untuk menciptakan dan menjaga kecerahan pewarnaan.

Alan Menken diundang untuk memproduksi musiknya setelah dia berpisah dari Disney di akhir 1990an lalu. Film ini dimaksudkan sebagai jalan untuk mmbangkitkan kembali animasi tradisional Disney yang mulai turun karena kalah bersaing dengan animasi CGI yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan film lainnya, meski Disney juga memiliki Pixar Studios untuk menjawab tantangan itu.

Dan ternyata misi ini berhasil dengan kesuksesan film yang diangkat dari dongeng Rapunzel karya Grimm Bersaudara, dengan raihan box-office dan sambutan hangat dari para kritikus.

10. Frozen [2013]

Film animasi disney Frozen

Siapa sih yang tidak tahu lagu “Let It Go” yang dinyanyikan oleh Idina Menzel? Sangat seringkan kita melihat anak-anak memakai tas, membawa buku, atau termos air bergambar karakter Frozen? Ya, film ini sangat popular di seluruh dunia dan dianggap sebagai film Disney terbaik di masa setelah berakhirnya era Disney Renaissance.

Diangkat dari dongeng The Snow Queen karya Hans Christian Andersen, seluruh karakter di film ini sangat loveable dan adegan-adegannya sangat memorable. Pesan moral yang ditampilkan pun tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu Disney sedang menggodok naskah untuk kelanjutan kisah dongeng Ratu Es ini yang belum diketahui tanggal pasti perilisannya.

Itulah 10 film animasi produksi Walt Disney Pictures yang mengangkat kisah-kisah dongeng dari berbagai benua untuk diperkenalkan kepada seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak di dunia. Meski tidak utuh mengangkat kisahnya secara keseluruhan karena adanya beberapa perubahan yang dimaksudkan sebagai nilai komersil dan ciri khas Disney, film-film diatas mayoritas mengusung formula yang sama.

Berbagai formula tersebut di antaranya adalah karakter utamanya menderita di awal film dan bahagia pada akhirnya, salah satu atau kedua orang tua karakter utama sudah meninggal, tema seputar pencarian cinta sejati, memiliki lagu-lagu soundtrack yang bagus dan animasi background yang sangat detil mengangkat budaya asal dongeng tersebut.

Lalu kapan Disney akan mengangkat dongeng-dongeng dari Indonesia seperti Sangkuriang, Malin Kundang atau dongeng lainnya yang banyak bertebaran di seluruh daerah di Indonesia? Kita hanya bisa berharap.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *