Bacaterus / Film Animasi / 10 Film Animasi DC Universe Terbaik Hingga Saat Ini

10 Film Animasi DC Universe Terbaik Hingga Saat Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

DC Comics sebagai salah satu studio dan perusahaan komik terbesar di dunia dengan berbagai macam proyeknya, baik dalam perilisan komik, serial televisi, video games dan film layar lebar, tidak melewatkan juga untuk adaptasi film animasinya.

Rentetan film animasi ini tidak berseri, tetapi lebih merupakan film lepas dengan durasi maksimal 90 menit dan diperuntukkan untuk penonton remaja, bahkan di dua film terakhirnya dengan rating R untuk penonton dewasa.

Karakter para superhero DC Comics memang tampil lebih dewasa dan gelap jika dibandingkan dengan para superhero dari Marvel Comics yang terkesan lebih diperuntukkan bagi konsumsi seluruh anggota keluarga. Rentetan film-film animasi DC Comics ini mulai dirancang dan diwujudkan ketika film Batman Begins dan dua sequel-nya sukses besar.

Untuk lebih mengakomodir kisah-kisah para superhero DC Comics ini, maka dibuatlah proyek yang juga melibatkan banyak superhero lainnya, tidak hanya Batman dan Superman saja. Berikut ini kami sajikan pembahasan tentang sepuluh film terbaik dari DC Universe.

10 Film Animasi DC Universe Terbaik

1. Wonder Woman [2009]

Wonder Woman

Princess Diana harus menangkap kembali seorang dewa perang yang berhasil melarikan diri dari Pulau Amazon adalah kisah yang diangkat oleh film ini dari komik “Gods and Mortals” terbitan 1987 dan merupakan film keempat dari DC Universe Animated Movies.

Suara Wonder Woman diisi oleh Keri Russell dan ikut diramaikan juga oleh aktor-aktris top Hollywood lainnya sebagai pengisi suara, antara lain Alfred Molina, Rosario Dawson dan Oliver Platt. Dirilis dalam format video, film ini mendapat respon positif karena adegan action dan humor yang cukup menarik.

2. Justice League: Crisis on Two Earths [2010]

Justice League Crisis on Two Earths

Versi baik dari Lex Luthor dari bumi paralel datang ke dimensi Justice League untuk meminta bantuan melawan musuh-musuhnya di dimensinya.

William Baldwin sebagai Batman dan Mark Harmon sebagai Superman mendapat respon positif karena keberhasilan mereka mengisi suara kedua karakter superhero pujaan DC Comics dalam film ini. Ceritanya sendiri cukup seru dan membuat film video ini sempat diputar di beberapa bioskop di USA secara terbatas.

3. Batman: Under the Red Hood [2010]

Batman Under the Red Hood

Terdapat sebuah misteri di Kota Gotham dan Batman harus berhadapan langsung dengan musuh misterius, yang menamakan dirinya Red Hood. Karenanya, luka lama terbuka kembali dan misteri yang sudah lampau semakin terlihat jelas.

Dianggap sebagai salah satu film terbaik dari DC Universe Animated Movies, film ini menampilkan Bruce Greenwood sebagai Batman dan Neil Patrick Harris sebagai Nightwing. Film ini dipuji karena mampu menguak sisi psikologis Batman lebih dalam.

4. Superman/Batman: Apocalypse [2010]

Superman Batman Apocalypse

Meski dengan judul duet Superman dan Batman, film ini lebih memberikan fokus cerita kepada Supergirl yang ditemukan Batman dan memiliki hubungan darah dengan Superman. Ternyata kejadian ini mengundang datangnya Darkseid, sang alien perusak ke Bumi.

Kevin Conroy yang biasa mengisi suara Batman dalam serial kartun televisinya, kali ini dipercaya kembali mengisi suara superhero favoritnya dengan didampingi oleh Tim Daly sebagai Superman dan Summer Glau sebagai Supergirl yang mendapat banyak respon positif karena mampu mengisi suara Supergirl dengan sangat baik.

5. Batman: Year One [2011]

Batman Year One

Kembalinya Bruce Wayne dan Letnan James Gordon ke Kota Gotham, membuat hidup mereka bersinggungan dalam ranah hukum. Mereka saling bertentangan secara hukum, meski memiliki tujuan yang sama untuk kebaikan dan keamanan penduduk Kota Gotham.

Pemilihan Bryan Cranston sebagai Letnan James Gordon dianggap sangat tepat dan mampu memberikan jiwa tersendiri pada karakternya, berbeda dengan Batman yang diisisuarakan oleh Ben McKenzie. Eliza Dushku yang sudah lama tidak terdengar kabarnya, menyumbangkan suaranya sebagai Catwoman.

6. Justice League: Doom [2012]

Justice League Doom

Justice League yang terdiri dari Superman, Batman, Wonder Woman, Green Lantern dan Cyborg, kali ini harus menghadapi musuh yang tahu banyak tentang kelemahan mereka dan berhasil menjebak mereka dalam situasi yang berbahaya. Misteri siapa musuh mereka itu baru diungkap di penghujung film. Dan jawabannya tentu akan mengagetkan para penonton.

Kevin Conroy kembali sebagai Batman dan Tim Daly sebagai Superman mampu menghidupkan kembali karakter superhero favorit penonton di film ini. Kisahnya yang penuh misteri mampu mengundang rasa penasaran yang tinggi.

7. Batman: The Dark Knight Returns [2012]

Batman The Dark Knight Returns

Inilah film terbaik DC Universe Animated Movies yang dibagi menjadi dua film yang menceritakan kembalinya Batman setelah 10 tahun tidak beraksi. Menghadirkan para musuh abadinya dengan lengkap, The Joker dan Two-Face, Batman dibantu oleh Robin dan James Gordon bahu-membahu memutar otak dan menguras tenaga demi menekuk dua tokoh kriminal bermental psikopat ini.

Pujian lebih banyak ditujukan kepada para pengisi suara yang mampu menghidupkan karakter masing-masing, terutama Michael Emerson sebagai The Joker.

8. Justice League: The Flashpoint Paradox [2013]

Justice League The Flashpoint Paradox

Petualangan Justice League kali ini dipandang dari perspektif Flash yang juga menjadi tokoh utama. Setelah mengalami sebuah kejadian aneh, Flash terbangun di dunia paradox, dimana Justice League tidak pernah ada, Batman ternyata adalah Thomas Wayne, Wonder Woman bersama pasukan Amazonnya menguasai tanah Britania, dan masih banyak lagi.

Flash harus sesegera mungkin keluar dari alternate timeline ini dan kembali ke dunianya sembari menghentikan pertikaian diantara para anggota Justice League yang saling bermusuhan. Film ini menuai pujian karena berpegang teguh dengan kisah komik yang menjadi sumber cerita film ini.

9. Justice League: War [2014]

Justice League War

Kelompok superhero ini kembali lagi dalam format semula yang tidak mengandung dunia dimensi lain atau dunia dalam alternative timeline yang cukup memusingkan kepala ketika menontonnya. Kali ini mereka berhadapan dengan alien Darkseid yang memiliki kekuatan besar dan bermaksud memusnahkan umat manusia.

Keseluruhan karakter di film ini, diisisuarakan oleh aktor-aktris baru yang belum pernah terlibat satupun proyek DC Universe Animated Movie ini, sehingga memberikan nuansa baru yang lebih segar. Keseimbangan antara action dan humornya cukup membuat perbedaan dari film-film sebelumnya.

10. Batman: Assault on Arkham [2014]

Batman Assault on Arkham

Dalam petualangan Batman kali ini, dia harus kembali berhadapan dengan para musuh besarnya, seperti The Joker, Penguin, Riddler, Harley Quinn dan rekan-rekannya yang tergabung dalam Suicide Squad. Malah fokus cerita lebih kepada mereka dibandingkan Batman yang hanya menjadi seperti supporting actor saja.

Film ini cukup seru karena kehadiran Suicide Squad memang sudah ditunggu penampilannya oleh para fans DC Comics, dan kisah mereka kali ini tidak mengecewakan para penggemarnya.

Meski mayoritas film langsung dirilis untuk Home Video, hanya Batman: The Killing Joke [2016] saja yang dirilis secara luas di bioskop-bioskop di USA, tetapi rentetan film DC Universe Animated Movies ini tampil sangat kuat dengan cerita yang diangkat secara baik dari sumber komik yang pernah dirilis oleh DC Comics.

Tetap dengan kesan gelap ala DC Comics, nuansa itu selalu melekat dan berhasil meninggalkan kesan yang cukup mendalam bagi para penonton. Masih akan banyak film lagi yang akan dirilis dari proyek ini hingga tahun 2022 nanti.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *