Bacaterus / Film Barat / 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Angelina Jolie

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Angelina Jolie

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Februari 2019

Dikenal sebagai artis cantik yang memiliki bibir seksi, Angelina Jolie juga memiliki kemampuan akting yang sangat baik. Artis ini sudah membintangi puluhan judul film dan dinilai berhasil membawakan peran yang berbeda-beda. Wanita kelahiran 4 Juni 1975 ini memiliki sejumlah film box office yang sukses di kancah perfilman.

Memulai debutnya sebagai aktris di tahun 1982, ternyata Jolie sukses meningkatkan kemampuan perannya sampai saat ini. Dari puluhan film yang sudah ia bintangi, Bacaterus akan merangkum 10 film Angelina Jolie terbaik sepanjang masa.

10 Film Terbaik Angelina Jolie

1. Girl, Interrupted [1999]

Girl, Interrupted Film Angelina Jolie

Girl, Interrupted adalah film Angelina Jolie yang mengantarkannya mendapatkan piala Oscar. Meskipun tidak mendapatkan peran utama, akting Jolie dalam film psikologi-thriller ini cukup mencuri perhatian. Film ini menceritakan tentang Susanna Kaysen (Wynona Ryder) yang harus tinggal di rumah sakit jiwa lantaran mengidap borderline personality disorder.

Di rumah sakit jiwa, Susanna bertemu dengan Lisa Rowe (Angelina Jolie), seorang gadis sociopath yang memiliki pengaruh besar terhadap pasien dan perawat di sana. Film ini diangkat dari kisah nyata Susanna Kaysen. Susanna menjadi penulis sekaligus karakter dalam film yang menceritakan tentang pengalamannya tinggal di rumah sakit jiwa selama 18 bulan ini.

2. Changeling [2008]

Changeling

Suka film drama misteri? Changeling adalah film bergenre drama misteri yang pasti Anda sukai. Dalam film yang disutradarai Clint Eastwood ini, Jolie didapuk sebagai peran utamanya.

Sinopsis Changeling bercerita tentang single parent bernama Christine Collins (Angelina Jolie) yang hidup berdua bersama putranya, Walter Collins (Gattlin Griffith). Kesibukan Mrs. Collins sebagai pegawai di perusahaan telekomunikasi membuatnya tidak memiliki banyak waktu untuk Walter.

Suatu hari Walter menghilang dan Mrs. Collins mencari Walter ke mana-mana. Setelah melapor kepada polisi, beberapa minggu kemudian Mrs. Collins mendapat kabar bahwa putranya telah ditemukan di stasiun. Ketika dipertemukan dengan anak yang diduga adalah Walter, Mrs. Collins sadar bahwa anak itu bukan Walter. Namun, polisi justru bersikeras menyuruh Mrs. Collins mengakui anak itu sebagai anaknya.

Karena Mrs. Collins bersikukuh tidak mengakui anak itu sebagai anaknya, polisi menduga Mrs. Collins memiliki gangguan jiwa. Akhirnya, wanita malang itu dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Di rumah sakit jiwa, Mrs. Collins menyadari ada sesuatu yang disembunyikan oleh pihak kepolisian dan membuat dirinya menjadi korban.

3. Wanted [2008]

Wanted

Dalam film Wanted, Jolie berperan sebagai trainer seksi yang melatih kelompok pembunuh. Di sini ia beradu peran dengan James McAvoy dan Morgan Freeman.

Wanted menceritakan tentang pria biasa bernama Wesley (James McAvoy) yang baru mengetahui fakta bahwa ayahnya yang telah lama hilang adalah seorang pembunuh. Fox (Angelina Jolie) menemui Wesley dan mengajaknya bergabung ke markas persaudaraan, tempat para pembunuh kelas kakap berkumpul.

Di markas tersebut, Wesley bertemu dengan Sloan (Morgan Freeman) yang menginginkan Wesley untuk meneruskan jejak sang ayah. Sloan ingin Wesley menyelesaikan sebuah misi yang tidak pernah bisa diselesaikan oleh Ayah Wesley yang telah meninggal.

4. A Mighty Heart [2007]

A Mighty Heart

Salah satu film Angelina Jolie yang paling bagus adalah A Mighty Heart. Akting Jolie mendapat banyak pujian dari para kritikus film. A Mighty Heart juga masuk dalam beberapa nominasi Golden Globe.

Diangkat dari kisah nyata, A Mighty Heart menceritakan tentang kisah Daniel Pearl, jurnalis Wall Street Journal, yang diculik oleh teroris jaringan Al-Qaeda. Peran Jolie sebagai Mariane Pearl, istri Daniel, membuat penonton ikut terbawa suasana.

Mariane yang saat itu tengah hamil, kebingungan mencari suaminya yang tak kunjung pulang. Tidak hanya diam dan menunggu kabar dari kepolisian, Mariane turut berjuang untuk menyelamatkan suaminya. Dalam kisah nyata, Daniel Pearl tewas dibunuh teroris. Sementara Omar Sheikh, salah satu teroris yang menculik Daniel, berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati.

5. Salt [2010]

Salt

Film bergenre thriller ini akan membuat Anda tegang sekaligus penasaran. Ya, Salt adalah film yang mengisahkan tentang wanita bernama Evelyn Salt (Angelina Jolie) yang diduga bekerja sebagai agen ganda. Pada awalnya, Salt dikenal sebagai anggota CIA.

Sampai suatu hari seseorang bernama Orlov (Daniel Olbrychski) muncul dan mengatakan bahwa Salt adalah seseorang yang memiliki misi untuk membunuh presiden Rusia. Menyadari bahwa dirinya berada dalam bahaya, Salt melarikan diri.

Di saat yang bersamaan, Orlov juga kabur dari CIA dan semakin menguatkan dugaan bahwa Salt memang terlibat dalam misi itu. Lantas, siapakah Salt sebenarnya? Apa rencana yang dimiliki Salt terhadap Amerika maupun Rusia?

6. The Good Shepherd [2006]

The Good Shepherd

Walaupun tidak masuk dalam kategori film box office, The Good Shepherd adalah film Angelina Jolie yang wajib untuk ditonton. Film ini berkisah tentang kehidupan seorang anggota CIA di abad ke-19, saat di mana CIA masih baru berdiri.

Dalam film ini, Jolie berperan sebagai Margaret Russell, istri dari anggota CIA yang menjadi tokoh sentral di film ini, Edward Wilson (Matt Damon). Dengan kata lain, The Good Shepherd menceritakan tentang sejarah CIA yang penuh gejolak. Romantisme dan konflik rumah tangga antara Edward dan Margaretha juga menjadi “bumbu” tersendiri yang membuat film ini semakin menarik.

7. Mr. & Mrs. Smith [2005]

Mr. & Mrs. Smith

Hubungan Angelina Jolie dengan Brad Pitt yang sempat menjadi couple goals ini memang sudah berakhir. Namun, kedekatan mereka berdua terjadi ketika syuting film Mr. & Mrs. Smith di tahun 2004 lalu. Di film ini, Pitt dan Jolie dipasangkan sebagai suami istri, yaitu John dan Jane Smith.

Sepasang suami istri ini hidup normal layaknya pasangan lain. Mereka berdua adalah pembunuh bayaran, tapi keduanya merahasiakan hal tersebut satu sama lain. Konflik jadi semakin panas ketika kedua organisasi rahasia tempat John dan Jane bekerja saling bertentangan. Alhasil, keduanya mengemban misi untuk saling membunuh.

8. Maleficent [2014]

Maleficent

Dari sekian banyak film Angelina Jolie, Maleficent adalah film fantasi garapan Disney yang membuat Jolie menjadi karakter yang dibenci sekaligus dicintai. Jolie berperan sebagai Maleficent, seorang ratu penyihir baik hati yang kemudian menjadi dingin dan berusaha membalaskan dendamnya.

Maleficent ingin membalaskan dendamnya pada keturunan seorang raja yang pernah menghancurkan kerajaannya. Setelah bertemu dengan putri sang raja, Aurora (Elle Fanning), Maleficent yang tadinya ingin membalas dendam menjadi luluh. Ia merasa telah menemukan sesuatu dalam diri Aurora yang bisa memberikannya kebahagiaan di masa depan.

9. Lara Croft: Tomb Raider [2001]

Lara Croft Tomb Raider

Lara Croft: Tomb Raider adalah salah satu film Angelina Jolie yang dibenci tapi tetap dicintai. Film ini mendapatkan rating yang rendah, tapi pesona Jolie sebagai Lara Corft dalam film ini memang tidak bisa diremehkan begitu saja. Bahkan, Alicia Vikander yang juga berperan sebagai Lara Croft dalam Tomb Raider (2017) juga diklaim tidak bisa menandingi totalitas Jolie.

Film ini sendiri diangkat dari game dengan judul yang sama. Lara Croft adalah karakter utama di dalam game yang menemukan artefak pengendali waktu. Tugas Lara Croft adalah menghentikan niat jahat organisasi rahasia yang berusaha memiliki artefak tersebut.

10. The Bone Collector [1999]

The Bone Collector

Satu lagi film psikologi-thriller yang dibintangi oleh Jolie. Film ini mengisahkan tentang Lincoln Rhyme (Denzel Washington), ahli forensik lumpuh yang mendapat tugas untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai. Si pembunuh selalu meninggalkan tulang belulang korbannya di tempat-tempat tertentu.

Dalam memecahkan kasus ini, Lincoln dibantu oleh seorang polisi berbakat, Amelia Donaghy (Angelina Jolie). Lantaran sering bersama, Amelia jatuh cinta kepada Lincoln. Tanpa mereka sadari, si pembunuh berantai yang cerdas mulai mengincar dan meneror polisi. Bahkan, Lincoln yang mulai berhasil menemukan titik terang kasus pembunuhan berantai ini juga tak luput dari incaran si pembunuh.

Semua film Angelina Jolie yang ada di daftar ini memang sangat layak untuk ditonton. Bila Anda ingin merekomendasikan judul film Angelina Jolie lainnya, sebutkan judul dan alasan mengapa Anda menyukai film tersebut di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar