bacaterus web banner retina

16 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Novel Stephen King

Hayo, ada yang sudah nonton film It yang tayang pada pertengahan tahun 2017? Film tersebut berkisah tentang kumpulan anak yang menamai diri mereka sendiri sebagai The Losers’ Club, terkenal dengan tokoh makhluk bernama Pennywise.

Makhluk itu sering kali mengambil bentuk manusia, tepatnya seorang badut sirkus lengkap dengan make up, rambut kribo, dan hidung merahnya. Namun, jika kalian tahu bahwa film ini diangkat dari novel laris karya Stephen King, sudah pasti plotnya tidak akan cerah-ceria. Yup, akan horor jadinya!

Tahu, tidak? Tak hanya It saja film yang diangkat dari novel-novel Stephen King, lho. Sudah cukup banyak produser film yang tertarik untuk mengadaptasi cerita-cerita kreatif yang bikin merinding milik sang novelis. Nah, di sini, Bacaterus akan membahas 16 film adaptasi terbaik dari si raja horor. Yuk, simak!

1. The Shawshank Redemption

the shawshank redemption
  • Tahun Rilis: 1994
  • Genre: Drama
  • Produksi: Castle Rock Entertainment
  • Sutradara: Frank Darabont
  • Pemeran: Tim Robbins, Morgan Freeman, Bob Gunton

Kehidupan di penjara mungkin memang jauh dari kebahagiaan, terlebih jika terpaksa dijebloskan ke dalamnya padahal kita sama sekali tidak bersalah. Setidaknya, itulah yang dialami oleh Andy Dufresne, tersangka kasus pembunuhan yang sama sekali tidak dilakukannya.

Sayangnya, bukti-bukti tak tersangkal membuat Andy terpaksa harus menjalani tahun-tahun tanpa kebebasan.

Namun, meski tidak terima dan marah pada segala, Andy melalui hari-harinya dengan sudut pandang dan cara yang unik. Ia berbaur dan mendapatkan teman-teman narapidana lain, dengan latar belakang dan cerita mereka masing-masing.

Kesuraman dan kerasnya kehidupan sangat tergambar dan terasa dalam film ini, membuat penonton secara tidak sadar bersimpati pada mereka yang mungkin benar-benar bersalah. Dalam penjara Shawshank itulah, penonton ditunjukkan cara-cara mereka mendapatkan pengampunan mereka masing-masing.

Meskipun tidak mengambil judul yang sama dengan yang diusung Stephen King dalam salah satu novellanya Different Seasons, yaitu Rita Hayworth and the Shawshank Redemption, film ini sukses memborong 7 nominasi Piala Oscar dan menduduki posisi nomor 1 dalam peringkat Top Rated Movies di IMDb, dengan rating 9,3.

2. Carrie

carrie
  • Tahun Rilis: 1976
  • Genre: Horror
  • Produksi: Red Bank Films
  • Sutradara: Brian De Palma
  • Pemeran: Sissy Spacek, Piper Laurie, Amy Irving

Sebelum Chloe Moretz berperan sebagai anak perempuan pendiam yang terasing, Sissy Spacek sudah lebih dahulu mengangkat karakter Carrie ke layar lebar. Film yang ini adalah versi orisinal dari remake-nya di tahun 2013; diangkat dari novel Stephen King berjudul sama.

Seperti yang tertera di judulnya, film ini berkisah tentang seorang gadis bernama Carrie. Ia memang tampak pendiam, canggung, dan sulit bergaul dengan teman-temannya. Namun, jangan salah, diam-diam begitu, Carrie memiliki bakat rahasia. Ia bisa menggerakkan benda hanya dengan pikirannya. Carrie memiliki bakat telekinesis.

Dibesarkan oleh ibunya yang sangat religius, Carrie cukup ketakutan jika bakat yang dimilikinya adalah kekuatan sihir. Namun, setelah ia membaca banyak buku ilmiah, ia percaya bahwa ia bukan penyihir.

Sayangnya, ibunya tidak mau mendengar. Teman-teman di sekolahnya pun tetap menganggapnya aneh dan kerapkali mengganggunya. Meski biasanya Carrie tahan dengan gangguan teman-temannya, kesabarannya tetap ada batasnya.

Film ini berhasil masuk 2 nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik (Sissy Spacek sebagai Carrie) dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Piper Laurie sebagai Margaret ibu Carrie). Selain itu, Piper Laurie juga dinominasikan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik versi Golden Globe.

3. Stand by Me

stand by me
  • Tahun Rilis: 1986
  • Genre: Adventure, Drama
  • Produksi: Columbia Pictures, Act III,
  • Sutradara: Rob Reiner
  • Pemeran: Wil Wheaton, River Phoenix, Corey Feldman

Meskipun berkarakter anak-anak, film ini menyuguhkan banyak hal yang justru bisa jadi relevan juga untuk orang dewasa.

Para bocah 12 tahun yang berusaha untuk mencari penyebab kematian seorang anak di wilayah tempat tinggal mereka ini melalui perjalanan panjang untuk mengenal diri masing-masing dan diri mereka sendiri. Tema perjalanan beranjak dewasa sangat kental tertuang dalam plotnya.

Sebab ceritanya yang sarat akan makna dan pelajaran, meskipun tidak seperti film anak-anak di pasaran Hollywood pada umumnya, Stand By Me mampu mendobrak stereotip film berkarakter ‘geng anak-anak’.

Ia menempati posisi nomor 194 dalam daftar Top Rated Movies versi IMDB. Selain itu, Piala Oscar pun meliriknya hingga masuk nominasi untuk film adaptasi terbaik.

4. Misery

misery
  • Tahun Rilis: 1990
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Castle Rock Entertainment, Nelson Entertainment
  • Sutradara: Rob Reiner
  • Pemeran: James Caan, Kathy Bates, Richard Farnsworth

Familier dengan kata ‘fangirl’ atau ‘penggemar perempuan’? Biasanya, kalau penggemar, tentu ada idolanya. Tidak jarang para penggemar sangat terobsesi dan mau melakukan apa saja demi mempertahankan idolanya. Nah, Annie Wilkes pun seperti itu. Sayangnya, ia dilengkapi dengan atribut menyeramkan lainnya.


Paul Sheldon, seorang penulis sukses, nyaris mati kedinginan di tengah badai salju. Ketika ia tengah meregang nyawa, Annie Wilkes menemukannya dan membawanya ke kediaman wanita itu.

Sejak awal, kesan Paul terhadap Annie memang tidak bagus-bagus amat. Ia justru curiga pada Annie. Namun, lantaran masih membutuhkan perawatan dan tidak bisa berbuat banyak, Paul pun mau tak mau menerima perawatan Annie.

Usut punya usut, Annie adalah salah satu penggemar berat buku-buku karangan Paul. Annie sangat menggemari Paul sampai ia mungkin tidak mau melepaskan Paul dari sisinya.

Penampilan meyakinkan dari Kathy Bathes sebagai Annie mampu membuat penonton merasa tercekam oleh sifat karakternya, sehingga tak aneh jika penghargaan Oscar dan Golden Globe pun menobatkannya sebagai pemenang untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik.

5. The Shining

the shining
  • Tahun Rilis: 1980
  • Genre: Drama, Horror
  • Produksi: Warner Bros., Hawk Films
  • Sutradara: Stanley Kubrick
  • Pemeran: Jack Nicholson, Shelley Duvall, Danny Lloyd

Hereeee’s Johnny! Siapa yang familier dengan seruan itu? Kalimat ikonis yang dilontarkan oleh Jack Torrance, sang pemeran utama, lekat kaitannya dengan film kedua adaptasi novel Stephen King ini.

Jack Torrance dikisahkan sebagai seorang penulis yang terserang writer’s block (fase mandek seorang penulis), akhirnya menerima tawaran pekerjaan untuk menjaga sebuah hotel bernama hotel Overlook.

Jack dengan istrinya Wendy dan anaknya Danny akhirnya pindah dan tinggal di hotel itu selama musim dingin. Sayangnya, sesuatu yang misterius diam-diam menghantui keluarga kecil tersebut.

The Shining diusung-usung sebagai salah satu film horor klasik arahan sutradara ternama Stanley Kubrick. Pastinya, hal ini menjadi daya tarik dan nilai plus tersendiri. Namun, tahukah bahwa sang penulis asli novel justru disebut membenci film Kubrick?

Memang, seperti adaptasi pada umumnya, beberapa bagian novel diganti ataupun dihilangkan demi apropriasi, tetapi bukan hanya itu yang jadi alasan mengapa King membenci film klasik tersebut.

Selain karena naskah film arahannya yang tidak digubris sama sekali oleh Kubrick, banyak aspek di dalam film yang tidak disukai ataupun disetujui oleh Stephen King, salah satunya karena inti cerita dalam novel yang dinilainya justru tidak tergambar sama sekali dalam film adaptasi.

Meski begitu, karena hype yang ditimbulkan film ini, Stephen King sendiri mengakui bahwa The Shining arahan Kubrick memang akan lebih dan selalu diingat kebanyakan orang.

6. The Dead Zone

Film Adaptasi Novel Stephen King_The Dead Zone_
  • Tahun Rilis: 1983
  • Genre: Drama, Horror, Thriller, Sci-Fi
  • Produksi: Dino De Laurentiis Corporation
  • Sutradara: David Cronenberg
  • Pemeran: Christopher Walken, Brooke Adams, Tom Skerritt

Johnny Smith terbangun dari koma dan memiliki kemampuan untuk melihat masa depan dari orang yang dia sentuh.

 Ketika dia menghadiri kampanye calon presiden, dia bersalaman dengan salah satu calonnya yang ternyata memiliki rencana jahat terkait serangan nuklir. Johnny memang memiliki kemampuan melihat masa depan, tapi mampukah dia mengubahnya?

Berdasarkan novel karya Stephen King yang terbit di tahun 1979, film ini menampilkan pengarahan terbaik dari David Cronenberg dan akting memikat dari Christopher Walken. Nuansa mencekam dengan beberapa tampilan visual yang unik, membuat film ini sebagai salah satu film adaptasi novel Stephen King terbaik.

7. It

It
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Horror
  • Produksi: New Line Cinema, RatPac-Dune Entertainment, Vertigo Entertainment
  • Sutradara: Andy Muschietti
  • Pemeran: Bill Skarsgård, Jaeden Martell, Finn Wolfhard

Sinopsis & Review It

Sebelum booming seperti sekarang, film adaptasi terakhir ini sudah diangkat ke dalam drama miniseri televisi berjudul sama, dengan Tim Curry sebagai si ikonis Pennywise.

Namun, meskipun sudah pernah ditayangkan sebelumnya, film remake versi sutradara Andy Muschietti ini tidak menyurutkan minat penonton untuk berbondong-bondong nobar di bioskop.

Yup, seperti yang sudah disebutkan di pengantar sebelumnya, film ini bercerita tentang sebuah ‘geng’ anak-anak yang bertualang menghadapi Pennywise si Badut Menari. Awalnya, Bill-lah yang pertama kali dikenai masalah. Adiknya Georgie menghilang begitu saja, tanpa jejak, tanpa apa-apa.

Ketika gengnya, The Losers’ Club, akhirnya mengetahui bahwa Pennywise-lah dalang di balik kejadian-kejadian menyeramkan di kota kecil mereka, keenam kawan sepermainan tersebut bergotong royong memburunya dan memecahkan misteri kehadirannya.

Nah, daftar rekomendasi film di atas sangat cocok untuk kalian penggemar horor yang tidak suka baca buku, tapi suka menonton. Kalau tertarik untuk mengetahui dan mendalami cerita dalam film lebih jauh, tidak ada salahnya baca si inspirasinya itu sendiri, lho, alias baca bukunya.

8. The Green Mile

the green mile
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Crime, Drama, Fantasy
  • Produksi: Castle Rock Entertainment, Darkwoods Productions, Warner Bros.
  • Sutradara: Frank Darabont
  • Pemeran: Tom Hanks, Michael Clarke Duncan, David Morse

Sinopsis & Review The Green Mile

Film yang dibintangi Tom Hanks ini berkisah tentang problema para sipir penjaga narapidana hukuman mati ketika dipertemukan oleh seorang pria tertuduh kasus pembunuhan dan pemerkosaan.

Lantaran bukti yang nyaris tidak terelakkan, publik percaya bahwa pria bernama John Coffey tersebut benar-benar bersalah. Namun, di balik itu semua, tidak diketahui bahwa Coffey memiliki sebuah bakat unik.

Selain menceritakan perjalanan dan hubungan antara Coffey serta para sipir, film ini juga menceritakan tentang narapidana-narapidana lain sebelum mereka diantar ke kursi listrik, tempat mereka akan dihukum mati.

Nuansa yang gelap serta mencekam membuat penonton berdebar, tetapi juga prihatin dengan karakter-karakter di dalamnya. Tak ayal film ini masuk 4 nominasi Piala Oscar sekaligus.

9. Dolores Claiborne

Film Adaptasi Novel Stephen King_Dolores Claiborne_
  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Drama, Thriller, Crime, Mystery
  • Produksi: Castle Rock Entertainment, Columbia Pictures
  • Sutradara: Taylor Hackford
  • Pemeran: Kathy Bates, Jennifer Jason Leigh, Christopher Plummer

Film drama psikologis yang menegangkan ini berdasarkan novel Stephen King yang diterbitkan pada tahun 1992. Kathy Bates sekali lagi menampilkan performa akting yang sangat baik, setelah sebelumnya tampil apik di film Stephen King lainnya, Misery.

Cerita film ini lebih menekankan kepada hubungan antara seorang ibu dan putrinya ketika dia dituduh telah melakukan pembunuhan. Kombinasi akting Kathy Bates dan Jennifer Jason Leigh sangat padu. Sehingga mereka berhasil masuk nominasi Best Actress dan Best Supporting Actress di ajang Saturn Awards.

10. 1408

Film Adaptasi Novel Stephen King_1408_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Horror, Fantasy, Mystery
  • Produksi: Dimension Films
  • Sutradara: Mikael Hafstrom
  • Pemeran: John Cusack, Samuel L. Jackson, Mary McCormack

Seorang penulis yang memiliki sifat sinis dan skeptis bernama Michael Enslin menyewa kamar 1408 di The Dolphin Hotel. Kamar ini dikenal memiliki kekuatan supranatural dan Enslin ingin membuktikannya.

Manajer hotel Gerald Olin sudah memberi peringatan agar dia mengurungkan niatnya saja, tapi Enslin tetap bersikukuh dan menemukan banyak keanehan dan keganjilan selama di dalamnya.

Film horror psikologis ini berdasarkan cerita pendek karya Stephen King yang diterbitkan pada tahun 1999. Dianggap sebagai salah satu adaptasi terbaik dari karya sang maestro, film ini lebih menampilkan tensi psikologis karakternya daripada nuansa horor supranatural di sekitarnya.

11. Cat’s Eye

Film Adaptasi Novel Stephen King_Cat’s Eye_
  • Tahun Rilis: 1985
  • Genre: Comedy, Horror, Thriller
  • Produksi: International Film Corporation
  • Sutradara: Lewis Teague
  • Pemeran: Drew Barrymore, James Woods, Alan King

Tiga cerita horor terpisah dihubungkan oleh kehadiran seekor kucing liar yang melintas dalam kehidupan para karakternya.

Kisah film ini berdasarkan dua cerita pendek karya Stephen King dari koleksi Night Shift dan satu cerita yang khusus dibuat untuk film. Kali ini ada nuansa komedi yang sedikit disuntikkan, sehingga membuat film antologi ini tampil sedikit konyol.

12. The Mist

Film Adaptasi Novel Stephen King_The Mist_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Horror, Thriller, Sci-Fi
  • Produksi: Darkwoods, The Weinstein Company
  • Sutradara: Frank Darabont
  • Pemeran: Thomas Jane, Marcia Gay Harden, Laurie Holden

Sebuah badai aneh yang menimbulkan kabut tebal menyelimuti sebuah kota kecil. Warga kota berkumpul di sebuah supermarket dan berlindung dari serangan makhluk haus darah yang belum terlihat wujudnya.

Film horor bernuansa fiksi ilmiah ini merupakan adaptasi dari novel karya Stephen King yang terbit pada tahun 1980. Padahal, Frank Darabont sendiri sebenarnya ingin menggarap film ini sejak era 1980an.

Berkat kesabaran dan kepiawaiannya dalam menciptakan atmosfer misterius, film ini tampil sangat menegangkan. Bahkan hal ini diakui sendiri oleh Stephen King.

Meski termasuk film bertema monster, ceritanya sendiri lebih menitikberatkan kepada perasaan dan tindakan yang dilakukan oleh warga kota. Dan akhir filmnya menghadirkan twist yang sangat miris sekaligus memilukan.

13. Christine

Film Adaptasi Novel Stephen King_Christine_
  • Tahun Rilis: 1983
  • Genre: Horror, Thriller
  • Produksi: Columbia Pictures, Delphi Premier Productions, Polar Film
  • Sutradara: John Carpenter
  • Pemeran: Keith Gordon, John Stockwell, Alexandra Paul

Film horror thriller supranatural ini dirilis berdekatan dengan penerbitan novelnya. Hal ini terjadi karena popularitas Stephen King yang sedang tinggi. Bercerita tentang sebuah mobil Plymouth Fury yang memiliki pemikiran sendiri dan berhati jahat. Mobil ini mempengaruhi pemiliknya untuk berbuat jahat pula.

Disutradarai oleh sineas spesialis horor membuat atmosfer film ini begitu mencekam, meski ceritanya sedikit absurd. Tapi secara keseluruhan, film ini cukup menghibur.

14. The Running Man

Film Adaptasi Novel Stephen King_The Running Man_
  • Tahun Rilis: 1987
  • Genre: Action, Thriller, Sci-Fi
  • Produksi: TAFT Entertainment Pictures, Keith Barish Productions
  • Sutradara: Paul Michael Glaser
  • Pemeran: Arnold Schwarzenegger, Maria Conchita Alonso, Yaphet Kotto

Film action ini menceritakan tentang para tahanan yang harus terus berlari dari para pembunuh profesional dalam sebuah acara TV.

Berdasarkan novel Stephen King yang terbit di tahun 1982, film ini sempat mendapat tuduhan plagiat dari produser film Perancis Le Prix du Danger (1983). Dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, film bernada satir ini menampilkan pilihan kostum yang menggelikan.

15. Doctor Sleep

Film Adaptasi Novel Stephen King_Doctor Sleep_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Horror, Thriller, Fantasy
  • Produksi: Intrepid Pictures/Vertigo Entertainment Production
  • Sutradara: Mike Flanagan
  • Pemeran: Ewan McGregor, Rebecca Ferguson, Kyliegh Curran

Film horor supranatural ini adalah sekuel dari The Shining (1980). Diceritakan Danny Torrance sudah dewasa dan menyembunyikan kemampuan supranaturalnya dengan selalu mabuk. Menyadari hidupnya kian terpuruk, dia pindah ke kota lain untuk memulai kehidupan baru.

Dia berteman dengan Abra, gadis kecil yang memiliki kemampuan supranatural yang sama. Abra merasakan keberadaan sekelompok manusia pemakan jiwa yang mengancam kehidupan anak kecil pemilik “shine”.

Mereka berdua pun mengakhiri petualangan keji kelompok True Knots ini di Overlook, hotel yang menghantui Dan di masa kecil dahulu.

Berdasarkan novel Stephen King yang diterbitkan pada tahun 2013, sutradara Mike Flanagan melakukan kompromi dari perbedaan novel dan film The Shining dengan mengubah akhir cerita film ini berbeda dengan di novel aslinya.

Akting Rebecca Ferguson dan Kyliegh Curran menuai banyak pujian sehingga mereka mendapat beberapa penghargaan dari ajang festival film internasional.

16. Firestarter

Film Adaptasi Novel Stephen King_Firestarter_

Film thriller fiksi ilmiah ini adalah adaptasi dari novel Stephen King yang terbit di tahun 1980 dan remake dari film produksi 1984.

Firestarter bercerita tentang seorang gadis cilik yang memiliki kemampuan pyrokinesis, telepati dan telekinesis yang didapatnya dari keturunan. Karena kemampuan ini, dirinya diburu oleh pihak militer pemerintah untuk dijadikan bahan eksperimen.

Didukung oleh rumah produksi spesialis horor, Blumhouse, film ini menampilkan banyak perbedaan dari novel maupun film lamanya.

Sayangnya, justru perbedaan ini meninggalkan banyak celah dalam ceritanya, sehingga memiliki akhir cerita yang mengecewakan. Meski begitu, beberapa adegan aksinya cukup mengagumkan dan akting Ryan Kiera Armstrong sangat menjanjikan.

Apa kalian punya rekomendasi film adaptasi dari novel Stephen King lainnya yang tidak tercantum dalam daftar? Yuk, bagikan di kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram