bacaterus web banner retina

7 Film Terbaik yang Diadaptas dari Novel Karya Jane Austen

Novel Jane Austen memiliki kisah yang abadi dan banyak diminati hingga kini. Ia mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam meramu kisah dengan kedalaman dan kerumitan karakter protagonis wanitanya.

Tak heran jika novelnya banyak diadaptasi ke layar lebar secara berulang-ulang. Bahkan ada beberapa novelnya yang diadaptasi menjadi TV mini seri.

Setiap adaptasi yang dibuat dari novel Jane Austen, tentunya tidak pernah membuat orang bosan. Justru sebaliknya, para penonton dibuat jatuh cinta dengan karakter-karakter yang terdapat dalam setiap film.

Berikut ini adalah beberapa film adaptasi dari novel Jane Austen yang akan membuat hatimu meleleh dan terpikat dengan pesona setiap karakternya.

1. Pride and Prejudice

film-novel-jane-austen-1_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Drama, Petualangan
  • Produksi: Focus Features, Universal Pictures, StudioCanal
  • Sutradara: Joe Wright
  • Pemeran: Keira Knightley, Matthew Macfadyen, Donald Sutherland, Rosamund Pike

Film Pride and Prejudice adalah satu adaptasi novel Jane Austen yang cukup ternama. Pride and Prejudice bercerita tentang lima saudara perempuan dari Keluarga Bennet yang masih lajang.

Kehidupan mereka menjadi semakin menarik dengan kedatangan Mr. Bingley (Simon Woods) dan sahabatnya Mr. Darcy (Matthew Macfadyen), yang berasal dari keluarga kaya raya.

Pride and Prejudice mungkin merupakan adaptasi novel Jane Austen yang paling banyak disukai. Filmya mampu menggambarkan karakter Elizabeth dan Mr. Darcy dengan sangat baik.

Di film ini diperlihatkan bagaimana Elizabeth dan Mr. Darcy yang awalnya saling tidak saling suka, perlahan-lahan berubah. Elizabeth dan Mr. Darcy akhirnya saling jatuh cinta satu sama lain.

Adaptasi Novel Pride and Prejudice karya Jane Austen ini memiliki beberapa Versi. Versi yang paling tua mungkin diadaptasi di film tahun 1940 yang dibintangi oleh Greer Garson dan Laurence Olivier.

Lalu, ada juga adaptasinya dalam bentuk Mini Seri TV yang dibuat BBC tahun 1995 yang dibintangi oleh Colin Firth dan Jennifer Ehle. Mini serinya sendiri dibuat dalam enam episode.

2. Sense and Sensibility

film-novel-jane-austen-2_
  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Drama, Percintaan
  • Produksi: Columbia Pictures, Mirages Enterprises
  • Sutradara: Ang Lee
  • Pemeran: Emma Thompson, Alan Rickman, Kate Winslet, Hugh Grant, Greg Wise

Film Sense and Sensibility merupakan film adaptasi dari novel karya Jane Austen di tahun 1811 dengan judul yang sama.

Film ini mengisahkan perjuangan dua orang saudara Elinor (Emma Thompson) dan Marianne (Kate Winslet) setelah kematian ayah mereka. Setelah kematian sang ayah, mereka hanya mendapatkan sedikit warisan karena ibu mereka adalah istri kedua.

Keluarga Dashwood akhirnya pindah ke Barton Cottage yang berada di Devonshire. Di tempat inilah keduanya memulai kisah cinta mereka.

Marianne bertemu dengan Colonel Brandon (Alan Rickman) seorang bujangan yang usianya 20 tahun lebih tua darinya. Lalu sang kakak Elinor, bertemu dengan Edward Ferrars (Hugh Grant) yang pernah bertunangan sebelumnya. 

3. Love and Friendship

film-novel-jane-austen-3_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Drama, Komedi, Percintaan
  • Produksi: Westerly Films, Blinder Films, Centre national du cinéma et de l'image animée
  • Sutradara: Whit Stillman
  • Pemeran: Kate Beckinsale, Chloë Sevigny, Xavier Samuel, Emma Greenwell

Love and Friendship merupakan film adaptasi dari novel epistolari karya Jane Austen yang berjudul Lady Susan tahun 1794. Filmnya mengisahkan seorang wanita yang baru saja menjanda, yaitu Lady Susan (Kate Beckinsale).

Ia sedang mencari suami untuk anaknya Frederica ( Morfydd Clark) dan juga dirinya sendiri. Ia ingin meredam rumor buruk yang mengatakan jika ia seorang wanita penggoda. 

Ia pun mulai berusaha mendekati Reginald de Courcy ( Xavier Samuel), yang merupakan adik dari saudara iparnya sendiri Catherine Vernon ( emma Greenwell).

Lady Susan juga mencoba menjodohkan anaknya, Frederica, dengan seorang pria kaya yang bodoh, Sir James Martin (Tom Bennet). Akankah semua rencananya berhasil? Lady Susan sendiri merupakan orang yang cerdas dan juga manipulatif.

4. Emma

film-novel-jane-austen-4_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama, Komedi, Percintaan
  • Produksi: Working Title Films, Blueprint Pictures, Focus Features
  • Sutradara: Autumn de Wilde
  • Pemeran: Anya Taylor-Joy, Johnny Flynn, Angus Imrie, Mia Goth

Emma merupakan Novel karya Jane Austen yang terbit di tahun 1815, kemudian diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama.

Filmnya sendiri menggambarkan kehidupan seorang wanita kaya bernama Emma (Anya Taylor-Joy) yang cerdas dan juga cantik. Sayangnya ia sering sekali ikut campur dengan percintaan orang lain. Dia sering menjodohkan teman-temannya dan selalu tidak berhasil.

Kebiasaan Emma menjodohkan orang, membuatnya tidak memiliki waktu untuk kisah cintanya sendiri. Saat ada pria, Mr. Knightley (Johnny Flynn) yang menaruh hati padanya, ia malah sibuk dengan percintaan orang lain. Ketika ia sadar akan cintanya, semuanya malah menjadi rumit.

Film adaptasi dari novel Emma ini tak hanya dibuat pada tahun 2020, ada beberapa versi adaptasi dari novel Emma karya Jane Austen ini. Film Emma pernah dibuat pada tahun 1996 dengan bintang utamanya Gwyneth Paltrow. Lalu pada tahun 2009 Novel Emma juga dibuat sebagai TV mini seri oleh BBC yang dibintangi oleh Romola Garai.

5. Mansfield Park

film-novel-jane-austen-5_
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: Drama, Komedi, Percintaan
  • Produksi: Arts Council of England, British Broadcasting Corporation (BBC), HAL Films
  • Sutradara: Patricia Rozema
  • Pemeran: Frances O'Connor, Hannah Taylor Go, Jonny Lee Miller, Alessandro Nivola

Film The Mansfield Park mengisahkan seorang gadis bernama Fanny Brice (Frances O'Connor). Ia berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ia dikirim untuk tinggal bersama bibinya yang merupakan keluarga Bertram yang kaya raya. Di tempat ini, ia Jatuh cinta dengan putra dari bibinya yang bernama Edmund (Jonny Lee Miller). 

Tinggal di Mansfield Park, Fanny sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari tiga sepupunya. Hanya anak keduanya yang bernama Edmund saja yang memperlakukannya dengan baik.

Kisah di film ini semakin menarik dengan kedatangan Henry dan Mary Crawford ke dalam kehidupan keluarga Bertram. Keduanya memiliki pesona yang membuat semua keluarga tertarik kecuali Fanny.

6. Persuasion

film-novel-jane-austen-7_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama, Aksi, Keluarga, Fantasi
  • Produksi: Clerkenwell Films, WGBH
  • Sutradara: Adrian Shergold
  • Pemeran: Sally Hawkins, Rupert Penry-Jones, Anthony Head, Tobias Menzies

Persuasion merupakan adaptasi novel Jane Austen tahun 1817 dengan judul yang sama. Kisahnya dimulai dengan Anne (Sally Hawkins) yang dibujuk keluarganya untuk memutuskan pertunangan dengan Kapten Frederick Wentworth (Rupert Penry-Jones). Keluarganya melihat bahwa Wentworth tidak memiliki prospek karena datang dari keluarga miskin.

Setelah beberapa waktu berlalu, Kapten Wentworth telah menjelma menjadi orang kaya dengan status yang tinggi di Angkatan Laut Kerajaan. Keduanya bertemu kembali di kediaman Musgrove di Bath. Wentworth yang hatinya telah tersakiti oleh Anne terlihat menjaga jarak dan tampak bersikap dingin.

Saat melihat sikap Wentworth, Anne percaya bahwa ia tidak akan pernah memaafkan ataupun mencintainya lagi. Tetapi sekalipun Wentworth bersikap dingin dan menjaga jarak, tetapi hatinya masih mencintai Anne. Akankah ia mampu untuk mengutarakan isi hatinya yang sejujurnya?

7. Northanger Abbey

film-novel-jane-austen-8_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Drama, Percintaan
  • Produksi: Granada Television, ITV Productions, WGBH
  • Sutradara: Jon Jones
  • Pemeran: Felicity Jones, JJ Feild, Julia Dearden, Geraldine James, Carey Mulligan

Northanger Abbey mengisahkan cerita dari seorang gadis yang bernama Catherine Morland (Felicity Jones) yang menyukai novel gotik dan memiliki imajinasi yang liar. Ia diundang keluarga Allen untuk berkunjung ke kediaman mereka di Bath. Di sana ia berteman dengan Isabella Thorpe (Carey Mulligan) dan kakaknya John Thorpe (Hugh O’Conor).

Pertemanannya dengan keluarga Thorpe membawanya ke Northanger Abbey. Tempat tersebut adalah kediaman Henry Tilney (JJ Feild), pria yang ia temui di pesta dansa di Bath. Dia sangat senang berada di Northanger Abbey karena tempatnya seperti tempat yang ada dalam imajinasinya. 

Imajinasinya yang liar membuatnya percaya bahwa Mrs. Tilney dibunuh oleh suaminya sendiri. Pemikirannya ini akhirnya memicu kesalahpahaman dengan Henry dan membuatnya harus meninggalkan Northanger Abbey di tengah malam. Pada akhirnya ia belajar dunia nyata tidak seromantis yang ada di dalam buku.

Itulah beberapa film yang diadaptasi dari novel Jane Austen yang banyak dikenal. Setiap adaptasi ini pastinya akan membuat kamu terpesona dengan setiap karakter yang terdapat dalam film adaptasi ini.

Novel yang diadaptasi menjadi sebuah film, tentunya memberikan cara baru bagaimana karya-karya Jane Austen dikenal banyak orang. Setiap kisahnya memberikan romantisme tersendiri yang membuat orang-orang mencintai karyanya.

Kira-kira karya adaptasi mana yang kamu sukai dari novel Jane Austen ini? Manakah yang lebih kamu suka? Novelnya atau adaptasi filmnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram