Bacaterus / Film Action / 20 Film Action Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

20 Film Action Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sih moviegoers yang tidak suka dengan film action? Pameran adegan-adegan pemicu adrenalin tingkat tinggi yang disuguhkan oleh para bintang action dengan dukungan kerja stuntman yang nekat pasti akan memanjakan mata kita selain memacu detak jantung lebih cepat.

Para aktor yang berperan di dalam film bergenre ini kemudian akan selalu di cap sebagai aktor tangguh spesialis film-film action. Sebut saja nama Arnold Schwarzenegger, Sylvester Stallone, Bruce Willis, Jason Statham dan Dwayne Johnson.

Sekalipun mereka pernah berakting dalam film-film bergenre lain, yang kebanyakan berjenis comedy, tetapi ketika mereka kembali ke habitatnya sebagai bintang action, film mereka selalu disambut ramai oleh penonton.

Dalam sejarah perfilman Hollywood, sejak era film bisu sudah banyak film yang berbasis adegan action, meski dalam skala kecil. Kemudian ketika genre western mulai menjamur, semakin banyak film action dengan gaya cowboy lengkap dengan serunya desingan peluru dari hasil baku tembak para jagoan berkuda ini.

Di era 1970an, muncul film-film action dengan basis kebut-kebutan mobil yang dilakukan oleh kerja para stuntman, seperti dalam film Bullit (1968) dan The French Connection (1971). Dengan semakin majunya peralatan dan perangkat perfilman di era 1980an, adegan baku tembak dan ledak-ledakan semakin terlihat realistis, baik secara visual maupun secara sound audio-nya, seperti Lethal Weapon 2 (1989) dan Beverly Hills Cop (1984).

Masuk ke era 1990an, penggunaan special-effects yang semakin canggih juga mendukung kedahsyatan adegan-adegan ledakan, seperti dalam Bad Boys (1995) dan True Lies (1994).

Sejak suksesnya The Matrix (1999), seni bela diri Asia mulai merambah Hollywood, sehingga bintang-bintang action asal Hong Kong pun mulai mendapat tempat disana, seperti Jackie Chan, Jet Li dan Chow Yun Fat yang cukup sukses dengan film-film Hollywood-nya di era 2000-an.

Dan sejak era 2000an hingga sekarang, ragam seni bela diri dari seluruh dunia sudah banyak ditampilkan di film-film action, meski ada beberapa yang masih mendapat porsi sedikit.

Sebut saja pameran adegan parkour yang diperagakan David Belle di Brick Mansions (2014) yang merupakan remake dari film Prancis, District 13 (2004). Lalu ada Tony Jaa dengan Muaythai-nya yang diperagakan di Skin Trade (2014) setelah populer dengan film Thailand, Ong-Bak (2003).

Indonesia juga patut bangga dengan banyaknya pujian dan penghargaan terhadap film The Raid (2011) dan The Raid 2 (2014) yang dianggap sebagai salah satu film action terbaik dunia dan melambungkan para aktornya untuk kemudian berperan di film-film produksi Hollywood.

Berikut ini kami pilihkan 20 film action terbaik produksi Hollywood. Dalam daftar ini, kami sisihkan film-film superhero yang mayoritas adalah film action juga, dan film-film science-fiction/action, comedy-action dan adventure-action yang sudah pernah kami bahas di artikel-artikel lainnya, sehingga terfokus pada film-film action murni dengan kelengkapan elemen pemacu adrenalinnya.

1. Die Hard Series

Die Hard

  • Tahun Rilis: 1988 – 2013
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: John McTiernan; Renny Harlin; Len Wiseman; John Moore
  • Pemeran: Bruce Willis, Alan Rickman, Bonnie Bedelia, Reginald VelJohnson, William Atherton
  • Perusahaan Produksi: Gordon Company, Silver Pictures, Cinergi Pictures, Giant Pictures, TSG Entertainment

Film yang merupakan adaptasi dari novel Nothing Lasts Forever yang diterbitkan di tahun 1979 ini, awalnya akan diperankan oleh Frank Sinatra sebagai kelanjutan karakternya di film The Detective (1966) yang merupakan adaptasi novel pertama dari Roderick Thorp. Tetapi Frank Sinatra menolaknya.

Kemudian naskah hendak diubah untuk diperankan oleh Arnold Schwarzenegger sebagai kelanjutan film Commando (1985), tetapi Arnold menolaknya juga. Akhirnya peran utama diserahkan kepada Bruce Willis yang saat itu lebih dikenal sebagai comedian serial televisi.

Dengan suksesnya film ini, akhirnya Bruce Willis berubah menjadi bintang action hingga saat ini dan melanjutkan karakter yang sama di 4 film sequel-nya, yaitu Die Hard 2 (1990), Die Hard with a Vengeance (1995), Live Free or Die Hard (2007) dan A Good Day to Die Hard (2013).

Yang menarik dari serial film Die Hard ini adalah karakter John McClane yang nekat dan tidak kenal lelah untuk melawan teroris yang mengancam, meski dia hanya seorang diri dan harus babak belur untuk menggagalkan rencana sang teroris.

2. James Bond Films

James Bond Movies

  • Tahun Rilis: 1962 – Now (25 Film)
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Terence Young; Guy Hamilton; Lewis Gilbert; Peter R. Hunt; John Glen; Martin Campbell; Lee Tamahori; Marc Foster; Sam Mendes; Cary Joji Fukunaga, dll.
  • Pemeran: Sean Connery, George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan, Daniel Craig
  • Perusahaan Produksi: Eon Productions

James Bond merupakan sebuah karakter fiksi yang diangkat dari buku karangan Ian Fleming. Karakter agen rahasia MI6 ini sudah menghasilkan puluhan film. Aktor pemeran James Bond-nya sendiri sudah berganti-ganti. Film perdananya tayang di layar lebar pada tahun 1962 dengan judul “Dr. No”. Kala itu, pemeran Bond di film tersebut adalah Sean Connery.

Ada sekitar 25 film James Bond yang sudah tayang. Setiap penayangannya, film-film Bond selalu meledak di pasaran. Meskipun aktor pemeran Bond berganti-ganti, tapi toh masyarakat tetap antusias menontonnya.

Film terbaru James Bond berjudul “No Time To Die” dengan Daniel Craig sebagai pemeran Bond-nya. Daniel Craig sendiri menjadi salah satu pemeran Bond favorit dari masa ke masa. Craig aktif mengisi peran di 5 film James Bond, “Casino Royale” (2006), “Quantum of Solace” (2008), “Skyfall” (2012), “Spectre” (2015), dan “No Time To Die” (2020).

Jika ingin mengisi waktu luang, semua film James Bond ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Film ini berisi aksi laga agen rahasia yang jenius. Tak lupa ada juga “Bond Girl”, gadis-gadis cantik yang mendampingi atau mengencani James Bond selama ia menjalankan misinya.

3. Rambo Franchise

Rambo

  • Tahun Rilis: 1982 – 2019 (5 Film)
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Ted Kotcheff; George P. Cosmatos, Peter MacDonald; Sylvester Stallone; Adrian Grunberg
  • Pemeran: Sylvester Stallone, Brian Dennehy, Richard Crenna, Paz Vega, Sergio Peris-Mencheta
  • Perusahaan Produksi: Carolco Pictures, Millennium Media, Balboa Productions, Templeton Media

Sejak kemunculan film perdananya pada tahun 1982, tokoh Rambo memang menjadi sangat populer. Film “First Blood” adalah film pertama karakter Rambo yang mendapat banyak apresiasi dari masyarakat. Boleh dibilang bahwa film-film Rambo digemari sekaligus dicibir.

Film-film Rambo digemari karena menyajikan aksi seru yang memicu adrenalin. Sementara cibiran untuk film-film Rambo lebih disebabkan karena ada banyak adegan yang tak masuk akal. Misalnya, Rambo bisa memenangkan pertempuran seorang diri ketika melawan musuh dalam jumlah banyak. Padahal, Rambo adalah manusia biasa, bukan pahlawan super yang punya kekuatan khusus.

4. John Wick Films

John Wick

  • Tahun Rilis: 2014 – Now (3 Film)
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Sutradara: Chad Stahelski
  • Pemeran: Keanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie Allen, Willem Dafoe, Riccardo Scamarcio, Ian McShane, Ruby Rose, Halle Berry
  • Perusahaan Produksi: Thunder Road Pictures, 87Eleven Productions, MJW Films, DefyNite Films

John Wick (Keanu Reeves) adalah pembunuh bayaran yang pensiun. Namun, sebuah tragedi menyebabkan Wick kembali lagi ke dunia lamanya. Tragedi itu menyebabkan anjing pemberian almarhumah istrinya dibunuh dan mobil kesayangannya, Ford Mustang, diambil oleh penjahat.

Kembalinya John Wick untuk membalas dendam ini cukup menggemparkan dunia kejahatan. Apalagi sebagian penjahat yang terlibat baru mengetahui siapa John Wick yang sebenarnya. Akan tetapi, selain membalas dendam, John Wick juga harus menyelamatkan nyawanya sendiri. Pasalnya, ada seorang bos penjahat kelas kakap yang juga menginginkan kematian Wick.

5. Mission Impossible Series

Mission Impossible Series

* sumber: www.denofgeek.com

  • Tahun Rilis: 1996 – Now (6 Film)
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Brian De Palma, John Woo, J. J. Abrams, Brad Bird, Christopher McQuarrie
  • Pemeran: Tom Cruise, Jon Voight, Dougray Scott, Philip Seymour Hoffman, Simon Pegg, Rebecca Ferguson, Henry Cavill
  • Perusahaan Produksi: Cruise/Wagner Productions, Skydance Productions, TC Productions, Bad Robot Productions

Film pertama “Mission Impossible” rilis pada tahun 1996. Sejak saat itu, film-filmnya terus diproduksi hingga kini mencapai lebih dari 5 judul film. Tokoh sentral di film ini adalah Ethan Hunt (Tom Cruise), seorang agen rahasia yang dituduh berkhianat sehingga ia harus bersembunyi. Namun di dalam persembunyiannya Ethan tetap melakukan misi-misi berbahaya.

Aksi keren Ethan Hunt dalam menjalankan setiap misinya ini memang menarik untuk ditonton. Jika kamu pecinta film aksi, jangan lewatkan semua seri “Mission Impossible”. Kamu bakal dibuat deg-degan melihat aksi-aksi nekat dan berbahaya yang dilakukan oleh Ethan Hunt.

6. The Bourne Series

The Bourne

  • Tahun Rilis: 2002 – 2016
  • Genre: Action, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Doug Liman; Paul Greengrass; Tony Gilroy
  • Pemeran: Matt Damon, Franka Potente, Joan Allen, Brian Cox, Tommy Lee Jones, Alicia Vikander
  • Perusahaan Produksi: –

Diangkat dari novel best-seller karya Robert Ludlum yang menceritakan petualangan Jason Bourne sebagai salah seorang mantan agen CIA yang mengalami lupa ingatan dan hendak dibunuh oleh agensi tersebut karena konspirasi di dalamnya. Matt Damon memerankan karakter ini di ketiga filmnya, yaitu di sequel The Bourne Supremacy (2004) dan The Bourne Ultimatum (2007) yang merupakan film terbaik dari ketiga serial ini.

Meski lupa ingatan, kemampuan berkelahi, militer dan spionase yang dimilikinya tidak hilang, sehingga semua musuh yang hendak membunuhnya bisa ditaklukkan olehnya, meski harus berkelahi hanya menggunakan koran sebagai senjatanya. The Bourne Legacy (2012) menceritakan karakter lain yang masih memiliki hubungan dengan Jason Bourne.

7. Kill Bill 1 & 2

Kill Bill

  • Tahun Rilis: 2003 – 2004 (2 Film)
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Sutradara: Quentin Tarantino
  • Pemeran: Uma Thurman, David Carradine, Daryl Hannah, Michael Madsen
  • Perusahaan Produksi: A Band Apart

Film besutan sutradara nyentrik Quentin Tarantino ini memamerkan seni bela diri samurai khas Jepang. Uma Thurman berperan sebagai “The Bride”, mantan pembunuh bayaran yang menuntut balas kepada tim dan boss-nya yang sudah berkhianat kepadanya.

Perlu diingat, film ini mengumbar banyak adegan kekerasan tingkat tinggi beserta puncratan darah dimana-mana. Tetapi ada satu segmen dimana adegan perkelahian brutal itu ditampilkan dalam bentuk animasi dan ada juga yang tanpa warna, alias hitam-putih.

Selain mengurangi kadar kesadisannya, hal ini juga ternyata menambah nilai cinematography film action yang dibagi menjadi dua film dan dirilis secara kontinyu di tahun 2003 dan 2004.

Banyak elemen-elemen silat klasik yang dihadirkan, menurut sang sutradara hal ini sebagai tribute untuk film-film silat dan kung fu klasik Hong Kong dan Jepang zaman dahulu.

Maka tidak aneh jika tokoh utamanya mengenakan kostum kuning dengan strip hitam di sampingnya yang hampir serupa dengan kostum yang pernah dipakai oleh Bruce Lee di salah satu filmnya. Kemudian hadirnya David Carradine, seorang aktor veteran yang pernah sukses dengan serial televisi sukses, Kung Fu.

8. Fallen Series

Fallen Series

* sumber: www.empireonline.com

  • Tahun Rilis: 2013 – 2019 (3 Film)
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: Antoine Fuqua, Babak Najafi, Ric Roman Waugh
  • Pemeran: Gerard Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman, Piper Perabo, Danny Huston, Robert Foster
  • Perusahaan Produksi: Millennium Films, Nu Image, G-BASE, Gramercy Pictures

“Olympus Has Fallen” menjadi seri pertama “Fallen” yang langsung masuk ke dalam jajaran box office. Selama penayangannya, film tersebut berhasil meraih pendapatan hingga 170 juta dolar. Film ini menceritakan tentang misi penyalamatan Amerika Serikat dari ancaman bom nuklir. Tak hanya itu saja, seorang mantan pengawal presiden juga berupaya melindungi presiden yang dihormatinya dari ancaman teroris.

Sukses dengan “Olympus Has Fallen”, seri ini berlanjut hingga “London Has Fallen” dan “Angel Has Fallen”. Seri “Fallen” pantas masuk dalam jajaran film aksi Hollywood terbaik karena diisi dengan aksi-aksi menegangkan dan dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris ternama di dunia perfilman Hollywood.

9. Kingsman Franchise

Kingsman Franchise

  • Tahun Rilis: 2015 – Now
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Sutradara: Matthew Vaughn
  • Pemeran: Taron Egerton, Colin Firth, Mark Strong, Samuel L. Jackson
  • Perusahaan Produksi: –

Film action yang mengusung plot detektif mungkin sudah biasa. Namun, tunggu dulu sampai Anda menyaksikan dua film Kingsman. Kedua film Kingsman ini terbilang sukses dan diadaptasi dari komik karya Mark Millar dan Dave Gibbons.

Kingsman: The Secret Service berfokus pada kisah Eggsy (Taron Egerton) yang direkrut oleh Galahad (Colin Firth) untuk menjadi seorang agen dalam organisasi mata-mata, yakni Kingsman. Peralatan yang digunakan para agen Kingsman begitu canggih dan bisa berupa benda yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Berbagai aksi di film Kingsman ini membuat kita tidak bosan untuk menontonnya. Apalagi, peralatan canggih ala agen Kingsman akan membuat kita terus berdecak kagum.

Sementara itu, di Kingsman: The Golden Circle kita akan disuguhkan berbagai aksi yang tergolong lebih sadis dan ekstrem. Apalagi Eggsy harus menghadapi seorang villain berbahaya bernama Poppy dan dihadapkan pada kenyataan bahwa Galahad masih hidup dan mengalami amnesia akut.

10. Mad Max: Fury Road

Mad Max Fury Road

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: George Miller
  • Pemeran: Tom HardyCharlize Theron, Nicholas Hoult
  • Perusahaan Produksi: Kennedy Miller Mitchell

Berlatar belakang padang pasir, Mad Max: Fury Road adalah film yang menggambarkan saat dunia runtuh dan orang-orang menjadi gila. Manusia menjadi liar dan berusaha hidup dengan menggunakan caranya masing-masing karena tak ada lagi hukum yang menaungi kehidupan manusia.

Max (Tom Hardy) adalah pria yang hidupnya dipenuhi berbagai aksi berbahaya. Max mencoba bertahan hidup dari kejaran orang-orang pimpinan Immortan Joe (Hugh Keays-Byrne). Dalam usahanya untuk memberontak, Max bertemu dengan Furiosa (Charlize Theron), wanita yang juga memberontak agar bisa menemukan kehidupan yang lebih layak.

Berhasilkah Max dan Furiosa memberontak pada Immortan Joe, seorang pemimpin kejam penguasa padang gurun?

11. Fast and the Furious Franchise

Fast and the Furious Franchise

  • Tahun Rilis: 2001 – Now
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Sutradara: Rob Cohen; John Singleton; Justin Lin; James Wan; F. Gary Gray; David Leitch
  • Pemeran: Vin Diesel, Paul Walker, Michelle Rodriguez, Sung Kang, Jordana Brewster, Dwayne Johnson, Tyrese Gibson, Ludacris, Jason Statham, Gal Gadot
  • Perusahaan Produksi: Original Film, Relativity Media, One Race Films

Film kebut-kebutan mobil modifikasi ini merupakan salah satu serial film action terbaik dengan pameran keahlian para stuntman-nya dalam mengendarai mobil berkecepatan tinggi, adegan-adegan berbahaya dan tentu saja dipenuhi banyak adegan ledakan disana-sini. Vin Diesel dan Paul Walker adalah 2 aktor utama di serial ini yang hampir selalu ada di setiap filmnya.

Film pertamanya yang dirilis pada tahun 2001 sukses secara komersial dan menjadi pondasi yang kokoh bagi cerita di film-film selanjutnya. 2 Fast 2 Furious (2003) yang hadir tanpa Vin Diesel tampil “memble” secara kualitas tetapi lumayan secara pendapatan.

The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006) yang sama sekali tidak menceritakan karakter Vin Diesel dan Paul Walker, tampil di bawah performa dua film pertamanya dan sempat mengancam kelangsungan serial ini. Semua cast film pertamanya kembali berkumpul di Fast & Furious (2009) dengan misi menghentikan peredaran heroin.

Fast Five (2011) sering dianggap sebagai film terbaik di serial ini dengan semua kelengkapan elemen film action dan kehadiran Dwayne Johnson ke dalam cast yang sudah ada. Fast & Furious 6 (2013) tampil dengan kadar action yang lebih tinggi ditambah dengan kehadiran bintang action asal Indonesia, Joe Taslim.

Furious 7 (2015) adalah penampilan terakhir Paul Walker di serial ini karena dirinya tewas dalam kecelakaan sebelum syuting film dirampungkan. Akibatnya, sisa adegan yang menampilkan Paul Walker digantikan oleh kakak dan adiknya dibantu dengan CGI untuk menyamakan wajahnya.

Di film ini, kadar action semakin ditingkatkan dengan hadirnya Jason Statham sebagai musuh utama. Bisa dipastikan serial ini akan terus dibuatkan kelanjutannya. Ditunggu saja.

12. The Equalizer

The Equalizer

* sumber: abcnews.go.com

  • Tahun Rilis: 2014 – 2018 (2 Film(
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Sutradara: Antoine Fuqua
  • Pemeran: Denzel Washington, Chloë Grace Moretz, Marton Csokas, Pedro Pascal
  • Perusahaan Produksi: Columbia Pictures, Village Roadshow Pictures, Escape Artists

“The Equalizer” menceritakan tentang kisah seorang pensiunan Defense Intellegence Agency (DIA), Robert McCall (Denzel Washington). Robert menikmati masa pensiunnya dengan menjadi pekerja di toko serba ada. Profesinya saat ini memang berbanding terbalik dengan profesi lamanya yang selalu berkutat dengan kekerasan dan pertumpahan darah.

Sebagai pribadi yang ramah, Robert berkawan dengan siapapun. Ia juga berkawan dengan seorang gadis bernama Teri (Chloë Grace Moretz). Namun, persahabatannya dengan Teri justru membawa Robert ke dalam petaka. Dengan maksud membela Teri yang sering dipukuli oleh anggota mafia, Robert membunuh mafia tersebut.

Pada akhirnya, Robert tidak bisa lari dari masalah. Ia harus menghadapi sekelompok mafia yang ingin membalas dendam. Mau tak mau, Robert harus kembali ke aksi yang sering ia lakukan saat masih berprofesi sebagai agen DIA.

13. The Hunt for Red October

The Hunt for Red October

  • Tahun Rilis: 1990
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: John McTiernan
  • Pemeran: Sean Connery, Alec Baldwin, Scott Glenn
  • Perusahaan Produksi: Mace Neufeld Productions, Nina Saxon Film Design

Kisah fiktif tentang perang dingin antara USA dan Uni Soviet ini diangkat dari novel best-seller karya Tom Clancy yang memperkenalkan karakter seorang analis CIA, Jack Ryan, yang di film ini diperankan oleh Alec Baldwin.

Ceritanya sendiri mengetengahkan tentang kapal selam Soviet yang dipimpin oleh kaptennya, yang diperankan oleh Sean Connery, dengan menyimpan tanda tanya, apakah dia akan menyerang atau menyerah?

Setting film yang mayoritas berada di dalam kapal selam semakin menambah rasa mencekam bagi penonton, terutama yang memiliki phobia ruangan sempit. Di ajang Academy Award, film ini berhasil membawa pulang Oscar dari kategori Best Sound Editing.

Karena kesuksesan film ini dan karakter Jack Ryan, akhirnya dibuatkan beberapa film lanjutan, yaitu Patriot Games (1992), Clear and Present Danger (1994), The Sum of All Fears (2002) dan Jack Ryan: Shadow Recruit (2014).

14. The Fugitive

The Fugitive

  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Sutradara: Andrew Davis
  • Pemeran: Harrison Ford, Tommy Lee Jones, Sela Ward
  • Perusahaan Produksi: Kopelson Entertainment

Dr. Richard Kimble dituduh membunuh istrinya. Dia harus menemukan sang pembunuh sambil menghindari juga kejaran dari tim U.S. Marshals yang dipimpin oleh Deputy Samuel Gerard. Harrison Ford yang karirnya sedang berada di puncak adalah faktor utama kesuksesan film yang diangkat dari serial televisi era 1960an.

Posisinya sebagai sosok tertuduh dan tidak memiliki keahlian bela diri, harus mampu terus menghindar dari kejaran pihak berwajib selagi dia harus menemukan sang pembunuh istrinya.

Segala cara yang terlintas di otaknya dikerahkan semua, meski harus pontang-panting, berlari-lari dan terluka. Ada sebuah adegan yang cukup mendebarkan, yaitu dimana sang dokter harus terjun dari ketinggian bendungan beraliran deras karena sudah terjepit akibat kejaran sang agen pemerintah.

The Fugitive adalah salah satu film action yang berhasil masuk sebagai nominator Oscar di kategori Best Picture, meski gagal meraihnya. Setidaknya, akting Tommy Lee Jones yang meyakinkan sebagai sang deputy membuatnya meraih Oscar dari kategori Best Supporting Actor dan kemudian melanjutkan perannya dalam film U.S Marshals (1998).

15. The Rock

The Rock

  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Action, Adventure, Thriller
  • Sutradara: Michael Bay
  • Pemeran: Sean Connery, Nicolas Cage, Ed Harris
  • Perusahaan Produksi: Hollywood Pictures, Don Simpson/Jerry Bruckheimer Films

Film ini mempertemukan aktor senior Sean Connery dengan Nicolas Cage yang sedang naik daun saat itu. Disutradarai oleh Michael Bay, tempo dan ritme film ini berjalan dengan cepat dan taktis sehingga penonton seolah-olah tidak berhenti dipacu adrenalinnya, terutama dengan setting di penjara terisolasi Alcatraz.

Kedua aktor ini memerankan seorang residivis yang dahulunya adalah seorang kapten Angkatan Udara dan seorang ahli kimia FBI yang mencoba menyusup dan melumpuhkan pasukan militer yang membelot dari pemerintah dan menguasai penjara Alcatraz yang berencana menyerang San Francisco dengan gas beracun. The Rock masuk nominasi Oscar di kategori Best Sound Mixing.

16. Dunkirk

Dunkirk

* sumber: www.empireonline.com

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Drama, History, War
  • Sutradara: Christopher Nolan
  • Pemeran: Tom Hardy, Fionn Whitehead, Damien Bonnard, Lee Armstrong, Harry Styles
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Syncopy, Dombey Street Productions

Menggabungkan genre aksi, perang, dan sejarah, “Dunkirk” merupakan film yang diambil dari kisah nyata misi penyelamatan 400 ribu tentara di masa perang dunia. Film yang disutradarai oleh Chistopher Nolan ini mendapat apresiasi yang baik dari kritikus film. “Dunkirk” juga merupakan film yang dibintangi oleh sejumlah aktor ternama.

Misi penyelamatan tentara Inggris dan Perancis ini diceritakan dalam tiga sudut pandang yang berbeda, yakni dari darat, laut, dan udara. Seperti film-film Nolan pada umumnya, jalan cerita “Dunkirk” memang sedikit membingungkan tapi mampu membuat para penonton terhipnotis untuk tetap menonton dan lambat laun memahami makna yang disampaikan.

17. Atomic Blonde

Atomic Blonde

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Thriller
  • Sutradara: David Leitch
  • Pemeran: Charlize Theron, James McAvoy, John Goodman
  • Perusahaan Produksi: Sierra/Affinity, Denver and Delilah Productions, Chickle the Cop Productions, TGIM Films, 87Eleven Productions

Jika kamu menyukai film-film action bertema detektif atau agen rahasia seperti James Bond, kamu pasti bakal menyukai Atomic Blonde. Film yang satu ini menawarkan aksi agen MI6 wanita bernama Lorraine Broughton. Walaupun agen MI6 dalam film ini wanita, tapi ada banyak adegan laga yang tak kalah seru. Charlize Theron dianggap sukses memerankan sosok Lorraine tersebut.

Atomic Blonde bercerita tentang Lorraine yang mendapat tugas mencari daftar agen yang diselundupkan ke Jerman Barat. Untuk menjalankan misi ini, Lorraine harus bekerja sama dengan kepala Stasiun Berlin, David Percival. Lorraine tidak bisa mempercayai siapapun dalam menjalankan misinya karena ia harus berhadapan dengan orang-orang jahat yang tak segan menghabisi nyawanya.

18. Taken Franchise

Taken

  • Tahun Rilis: 2008 – 2014 (3 Film)
  • Genre: Action, Adventure, Crime
  • Sutradara: Pierre Morel; Olivier Megaton
  • Pemeran: Liam Neeson, Maggie Grace, Famke Janssen, Leland Orser
  • Perusahaan Produksi: EuropaCorp, Canal+, M6 Films, NBC

I will look for you, I will find you, and I will kill you.” Dialog Liam Neeson dalam percakapan telepon di film “Taken” ini menjadi sangat populer dan banyak dibuat menjadi meme. Taken sendiri merupakan franchise film di Amerika yang sudah memproduksi 3 judul. Liam Neeson berperan sebagai tokoh utama yang merupakan mantan agen rahasia, Bryan Mills.

“Taken” menceritakan tentang penculikan putri mantan agen rahasia oleh sindikat perdagangan manusia saat sang gadis sedang dalam perjalanan ke Paris. Bryan yang merupakan mantan agen rahasia tidak berpikir dua kali untuk pergi ke Paris demi mencari putrinya.

19. Sicario

Sicario

* sumber: howardforfilm.com

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Sutradara: Denis Villenueve
  • Pemeran: Emily Blunt, Josh Brolin, Benicio Del Toro, Jon Bernthal
  • Perusahaan Produksi: Lionsgate, Black Label Media, Thunder Road Pictures

Bercerita tentang agen FBI yang menjalankan tugas untuk memberantas kartel-kartel narkoba Meksiko, “Sicario” adalah satu film aksi Hollywood yang seru. Tokoh sentral dalam film ini adalah Kate Macer (Emily Blunt), agen FBI wanita yang bertugas menjalankan misi tersebut.

Tak mudah bagi Kate untuk menangkap gembong narkoba kelas kakap ini. Apalagi Kate curiga jika salah satu anggota yang bekerja dengannya adalah bagian dari bisnis obat-obatan terlarang tersebut. Nyawa Kate sebagai agen FBI terancam tatkala gembong narkoba tersebut tak tinggal diam dan melawan.

20. Baby Driver

Baby Driver

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Sutradara: Edgar Wright
  • Pemeran: Ansel Elgort, Jon Bernthal, Jon Hamm, Lily James
  • Perusahaan Produksi: TriStar Pictures, Media Rights Capital, Big Talk Productions, Working Title Films

Baby Driver adalah film action-crime yang menyabet beberapa penghargaan. Film ini menempati urutan teratas box office sampai berminggu-minggu. Menurut Bacaterus, Baby Driver menawarkan alur cerita film action yang berbeda dari yang lain.

Sinopsis film ini bermula dari keterlibatan Baby (Ansel Elgort) yang bekerja pada kelompok penjahat yang dipimpin Doc (Kevin Spacey). Baby memiliki kelainan pada telinganya sehingga pendengarannya sangat peka. Selain itu, Baby juga dikenal sebagai sopir handal yang mampu menghindari kejaran polisi-polisi yang memburu komplotan penjahat Doc.

Sampai suatu ketika Baby bertemu Deborah (Lily James) dan jatuh cinta padanya. Ketika Baby memutuskan untuk resign dari pekerjaannya, Doc justru mengancam akan menghabisi orang-orang yang ia kasihi.

Itulah 20 film action terbaik yang juga beberapa diantaranya telah menjadi serial atau franchise karena kesuksesan film pertamanya. Dengan semakin majunya teknologi special-effects dan keahlian para stuntman, bisa jadi ke depannya akan lebih banyak film-film action yang memiliki tingkat dan kadar oktan yang lebih dahsyat dari film-film ini.

Kita harapkan bintang-bintang action dari seluruh dunia bisa lebih banyak mendapat tempat di perfilman Hollywood, sehingga akan banyak menambah ragam ilmu bela diri di dalam film, juga bisa memperkenalkan seni bela diri itu sendiri ke dunia internasional. Bisa dibayangkan jika Jason Statham, Tony Jaa dan Iko Uwais disatukan dalam sebuah film? Pasti akan dahsyat filmnya. Kita tunggu saja.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *