bacaterus web banner retina

20 Film Thailand Terbaru yang Harus Ditonton di Tahun 2022

สวัสดีคุณเป็นอย่างไรบ้าง, Hayooo, ngerti gak tuh artinya? Hehehe, Sawadika semua apa kabar? Nah ini dia arti tulisan Thailand tadi. Oh iya, ngomong-ngomong soal Thailand, kali ini Bacaterus akan bawain kalian list film Thailand paling baru yang cocok banget buat nemenin weekend kamu nanti.

Engga melulu soal cinta-cintaan dan horror kok, film Thailand baru kali ini lumayan variatif. Ada komedi, drama dan thriller. Tapi yang pasti ada unsur komedi dari semua itu.

Tidak ngebosenin, film Thailand selalu menghadirkan cerita yang bisa dibilang fresh dan relate banget sama kehidupan kita sehari-hari. Ini kenapa baik film dan drama Thailand lagi digemari sama anak-anak muda. Bahkan sampai ada loh yang berharap aktor dan aktrisnya jadian beneran di kehidupan nyata karena kelewat uwu. Sebagus apa sih emang filmnya, sini..sini… ikutin terus ulasannya.

1. AI Love You

AI Love You_

Salah satu film Thailand yang paling dinantikan di tahun ini, tentu saja AI Love You (2022) wajib berada di urutan paling atas.

Alasannya, karena film ini menjadi reuni Baifern Pimchanok dan Mario Maurer dalam satu frame lagi. Pasca film Crazy Little Things Called Love (2010), Keduanya memang jarang sekali bekerjasama baik dalam iklan apalagi drama atau film.

AI Love You (2022) mengisahkan Dob (ai) yang memprogram dirinya untuk masuk ke tubuh seorang pria bernama Bobby. Ternyata Dob hanya ingin mengungkapkan perasaan cintanya pada Lana (Baifern Pimchanok). Namun hal ini membuat Lana bingung, pasalnya wanita ini tidak tahu siapa yang sebenarnya ia cintai.

2. Anatomy of Time

Anatomy of Time_

Telah melakukan penayangan pertamanya di Venice Film Festival tahun 2021, Anatomy of Time (2001) baru akan dirilis di Thailand awal tahun 2022. Selama penayangannya di Italia, film besutan sutradara Jakrawal Nilthamrong ini berhasil menarik perhatian.

Pasalnya, film yang mengisahkan pengorbanan seorang ibu ini, mampu membuat para penonton tersentuh. Sebab, film ini menunjukkan bagaimana seorang wanita paruh baya merelakan hidupnya hanya untuk merawat suaminya yang terbaring di ranjang.

Seorang mantan komandan militer yang dipermalukan dengan tuduhan pemberontakan komunis Thailand. Kisah ini diperlihat dengan apik, dari sudut pandang seorang anak yang melihat penderitaan orang tuanya.

3. Cracked

Cracked_

Cracker (2022) sepertinya menjadi film yang sangat dinantikan oleh para fans dari Nichkhun 2PM. Film yang katanya akan mulai tayang di bulan Februari ini, mengambil genre horor dan thriller.

Adapun film ini mengisahkan berbagai kejadian aneh yang datang dari sebuah lukisan misterius. Awalnya Ruja (Pat Chayanit Chansangavej) mewarisi satu koleksi lukisan misterius dari ayahnya.

Melihat bahwa lukisan ini masih layak untuk dijual, ia meminta Tim (Nichkhun) seorang seniman untuk memperbaiki lukisannya. Namun semakin mereka berhubungan dengan lukisan ini, berbagai macam kejadian aneh selalu mengitarinya.

Ternyata lukisan ini memiliki kisah kelam, pasalnya lukisan ini dimiliki oleh seorang seniman lukis terkenal yang memutuskan untuk bunuh diri.

4. Fast and Feel Love

Fast and Feel Love_

Menjadi karya selanjutnya dari sutradara indie sukses di Thailand, Fast and Feel Love (2022) diperkirakan akan tayang di tahun 2022. Apalagi film ini tidak bisa disebut sebagai film remeh lho, karena ada Urassaya Sperbund yang terdaftar sebagai salah satu pemeran utamanya.

Salah satu aktris paling populer di Thailand ini akan beradu akting dengan Nat Kitcharit, yang sukses lewat drama After Dark (2020). Sayangnya sampai sekarang masih belum ada kejelasan mengenai jalan cerita Fast and Feel Love (2022).


Tapi sejak tahun lalu, sang sutradara sudah mengumumkan bahwa film ini sedang dalam proses produksi. Selain itu satu-satunya spoiler untuk filmnya, kisahnya berdasarkan daily life ketika seseorang sudah memasuki usia 30-an.

5. Love Destiny: The Movie

Love Destiny The Movie_

Jika kamu seorang penggemar drama Thailand, pasti sudah tidak asing dengan drama berjudul Love Destiny (2018). Setelah ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya, akhirnya Love Destiny: The Movie siap ditayangkan di tahun 2022.

Masih disutradarai oleh Ping Adisorn Trisirikasem, kisahnya masih seputar kelahiran Karakte dan Det di awal Kerajaan Rattanokosin. Hal paling penting, baik Pope Thanawat Wattanaputi dan Bella Ranee Campen masih dipercaya sebagai pemeran utamanya.

Meski begitu, ada desas-desus soal kehadiran beberapa karakter baru yang diperankan aktor populer Thailand. Sebut saja Non Chanon, Ice Paris, Pookie Paweenut, and Kik Suwatjanee, yang katanya siap bergabung dengan film ini.

6. Once in Memory: Love at First Sight

Once in Memory Love at First Sight_

Industri film Thailand nampaknya lagi sangat antusias dalam membuat film atau drama bertema cinta LGBT. Hal ini bisa kita perhatikan dari jajaran film dan drama Thailand terbaru yang notabene memang didominasi dengan genre serupa.

Dalam mengangkat tema kisah cinta sejenis ini Thailand juga tidak ragu-ragu dalam mengusung setting sekolahan. Seperti di “Once in Memory: Love at First Sight”, setting yang dipakai adalah cinta di antara siswa sekolahan.

Kong adalah siswa populer di sekolahnya. Ia berasal dari kelas Seni. Namun kehadiran seorang siswa dari kelas seni ternyata mampu mencuri perhatian Kong. Bisakah Kong membuat siswa tersebut jatuh cinta kepadanya?

7. 2gether: The Movie

2gether The Movie_

Siapa sih yang belum pernah mendengar “2gether: The Series” yang jadi trending topic dimana-mana? Ya, series yang mengusung tema kisah cinta sejenis itu nggak hanya populer di Thailand, tapi juga cukup beken di Jepang, lho! Kepopulerannya tersebut membuat drama serial tersebut akhirnya dibuat versi layar lebarnya.

2gether: The Movie” mengisahkan tentang Tine, mahasiswa sekaligus pemandu sorak berparas tampan di kampusnya. Di sisi lain, ada Sarawat, cowok populer di kampus yang terlibat aktif dalam klub sepak bola dan musik. Lalu ada Green yang mengejar Tine tapi perasaannya tak terbalas. Merasa terganggu dengan Green, akhirnya Tine meminta Sarawat untuk pura-pura berkencan.

Dari yang awalnya sekedar berpura-pura, ternyata cinta hadir di antara mereka berdua. Melalui berbagai proses, Tine dan Sarawat mulai menjalani hubungan cinta yang serius.

8. Ghost Lab

Ghost Lab_

“Ghost Lab” sudah bisa kamu saksikan di Netflix. Film horor ini berfokus pada cerita ambisi dua dokter untuk membuktikan keberadaan hantu secara ilmiah. Wee dan Gla adalah dua dokter yang terbilang masih sangat muda. Sejak kecil Gla memang memiliki ketertarikan terhadap dunia supranatural. Setelah berprofesi menjadi dokter pun, ketertarikan yang dimiliki Gla masih tetap sama.

Suatu hari, Gla mengungkap keinginannya untuk membuktikan keberadaan hantu pada sahabatnya, Wee. Alih-alih menentang, Wee justru mendukung keinginan sahabatnya itu.

Mereka berdua mulai melakukan berbagai penelitian, mulai mengawasi penampakan melalui CCTV sampai melakukan ritual untuk mendatangkan makhluk astral. Tak hanya membahayakan keselamatan diri mereka berdua, obsesi mereka untuk membuktikan keberadaan makhluk astral juga bisa mengancam karier mereka sebagai dokter.

9. My Boss Is a Serial Killer

My Boss Is a Serial Killer_

Kehidupan karyawan di sebuah perusahaan mulai carut marut tatkala mereka mengetahui bahwa bosnya adalah mantan pembunuh berantai. Para karyawan ini pun dilanda ketakutan, takut akan menjadi korban pembunuhan bosnya.

Film yang mengusung genre komedi-thriller ini menyajikan berbagai adegan yang mengundang tawa. Namun, terkadang sesekali ada juga unsur ketegangan yang diberikan.

10. Haunted Tales

Haunted Tales_

Film horor Thailand yang mengusung beberapa cerita pendek memang sudah sangat biasa, sebut saja “4bia” atau “3 A.M.” Di tahun 2021 ini ada sebuah film horor Thailand dengan sejumlah cerita pendek di dalamnya, yakni “Haunted Tales.”

Daya jual film ini terletak pada aktor Mark Prin yang diusung menjadi pemeran utamanya. “Haunted Tales” sendiri merupakan film horor pertama bagi Mark Prin. Jadi, kalau kamu penasaran dengan akting Mark Prin, silakan saja menonton film ini.

11. Bookworm Beauty

Bookworm Beauty_

An merupakan seorang gadis berpenampilan culun yang memiliki otak cerdas. Walaupun cerdas, tapi di sekolah ia tidak memiliki banyak teman lantaran penampilannya memang tidak menarik.

Suatu hari, An menemukan buku berjudul “The Book of Love” di sebuah toko buku tua. Di dalam buku tersebut An tidak mendapati tulisan apapun. Namun ia tetap membeli buku tersebut.

An berusaha memecahkan kode yang terdapat pada buku itu. Jika kode tersebut berhasil dipecahkan, maka buku tersebut bisa mengabulkan semua keinginannya.

12. Get Rid of the Excessive Boss

Get Rid of the Excessive Boss_

Seorang gadis muda yang selalu bersemangat memiliki karier yang sangat bagus. Ia juga memiliki kekasih yang diyakini sangat mencintainya. Namun, semua hal indah itu tiba-tiba harus terenggut darinya ketika ia menginjak usia 25 tahun.

Gadis ini harus berhenti dari kerjaan yang sangat membanggakannya. Belum lagi, sang kekasih yang sangat dipercaya ternyata berselingkuh di belakangnya. Bagai sudah jatuh tertimpa tangga, ia juga didiagnosis menderita limfoma. Hidupnya seolah hancur dalam waktu sehari saja.

Bukan terpuruk, gadis ini tetap ceria dan optimis. Ia juga bertemu dengan Winwin, pria yang membuatnya merasa beruntung. Nah, apakah gadis ini akan survive melewati berbagai cobaan hidup? Temukan jawabannya dalam “Get Rid of the Excessive Boss.”

13. The Con-Heartist

Perkenalan antara Tower (Nadech Kugimiya) dan Ina (Pimchanok Leuwisetpaiboon) terjadi dengan sangat konyol. Tower yang seorang penipu ulung berusaha menipu Ina, mantan bankir.

Berkat track record Ina sebagai mantan bankir, ia berhasil menggagalkan aksi Tower. Namun siapa sangka jika dari cara perkenalan yang tidak biasa itu Ina justru meminta bantuan Tower untuk mengerjai mantan pacarnya.

Sebelumnya Ina ditipu oleh Petch (Thiti Mahayotaruk), mantan pacarnya yang usianya beberapa tahun lebih muda. Petch menipu Ina dengan nilai uang yang cukup besar. Akibatnya, Ina jadi terlilit hutang. Dengan bantuan si penipu mahir, Tower, akankah Ina berhasil mendapatkan kembali uang yang tidak dipertanggung jawabkan oleh Petch itu?

14. One for the Road

One for the RoadSumber: nme.com

“One for the Road” adalah kisah persahabatan tentang dua orang pemuda bernama Boss dan Aood. Boss tinggal di New York dan bekerja sebagai bartender di sebuah klub kelas atas. Boss amat menikmati kehidupannya di New York. Sampai suat malam seorang kawan lamanya di Thailand, Aood, menelpon dirinya dan meminta Boss untuk mengunjunginya.

Boss yang mengetahui bahwa Aood menderita kanker stadium akhir menyetujui untuk pulang. Setibanya di Thailand, Boss dan Aood melakukan perjalanan menyusuri tempat-tempat di Thailand yang memiliki memori bagi mereka berdua. Film yang penuh haru ini juga akan mengungkap alasan di balik putusnya persahabatan Boss dan Aood.

15. The Maid

“The Maid” berhasil menjadi salah satu film horor terbaik buatan Thailand yang rilis di saat pandemi COVID-19. Meskipun hanya tayang di kanal streaming seperti Netflix, film ini berhasil mencuri perhatian banyak orang, terutama penikmat film horor.

Film ini menceritakan tentang seorang asisten rumah tangga (ART) yang baru bekerja di sebuah rumah mewah. Sehari-hari, ART bernama Joy (Ploy Sornarin) itu bertugas mengurus putri tunggal majikannya yang bernama Nid. Keanehan demi keanehan mulai terjadi sejak hari pertama Joy menginjakkan kaki di rumah tersebut. Seperti ada entitas yang berusaha menebar teror sekaligus mengungkap rahasia gelap dari majikannya itu.

“The Maid” memadukan unsur horor dengan sentuhan psikopat. Film ini juga bisa dikatakan memiliki plot twist yang nggak bisa kamu tebak sebelumnya.

16. Classic Again

Classic AgainSumber: movieden.net

Diadaptasi dari sebuah film Korea fenomenal berjudul “The Classic”, “Classic Again” juga menjadi salah satu film Thailand terbaru yang wajib untuk kamu tonton.

Plot film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Bota (Ranchrawee Uakoolwarawat) yang tidak sengaja menemukan surat-surat cinta ibunya di masa lalu. Dari surat-surat tersebut Bota mengetahui bahwa sang ibu dulu pernah mencintai seorang laki-laki lain selain ayahnya. Sayangnya, cinta yang manis tersebut tak bisa bersatu lantaran sang ibu dijodohkan dengan ayah Bota.

17. Pee Nak 2

Pee Nak 2 (Copy)

Cerita Pee Nak 2 masih berotasi pada kuil Thamma Nakanimitr, sebuah kuil angker yang ditempati beberapa biksu. Dalam film Pee Nak pertama; Ballon (Withawat Rattanaboonbaramee) sesumbar mengatakan bahwa kalau dirinya memenangkan lottere, dia akan menjadi biksu.

Terbukti, akhirnya Balloon mengajak dua temannya First (James Bhuripat) dan Nhong (Paisarnkulwong) untuk membantunya

Kocak, mereka malah memilih kuil yang terletak di pedalaman tanpa tahu sejarahnya. Disana ada hantu penunggu kuil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan biksu. Balloon, First dan Nhong yang inosen tidak mengerti apa-apa mulai diganggu. Gangguan yang mereka terima bukan gangguan biasa. Sudah mulai membahayakan nyawa mereka.

Ternyata mereka diganggu oleh hantu yang suka berubah wujud menjadi biksu. Hantu ini akan membunuh mereka sebelum mereka diangkat menjadi biksu. Akhirnya upaya Balloon menjadi biksu berubah menjadi upaya menyelamatkan diri dari kuil tersebut bersama First dan Nhong. Jauh dari kata seram meski banyak jumpscare, cerita film ini sudah pasti mengocok perut kalian.

18. Low Season

Low Season (Copy)

Lin (Ploypailin Thangpraporn) adalah seorang gadis manis yang disukai banyak orang. Dia memiliki kekasih bernama Tor (Kidakarn Chatkaewmanee), seorang penyanyi terkenal dengan fans berjibun. Menjalani hubungan sebagai kekasih seorang penyanyi terkenal ternyata tidak semudah yang Lin bayangkan. Akhirnya hubungan Lin dan Tor kandas setelah Tor selingkuh dengan aktris yang dianggap lebih cantik.

Sakit hati, akhirnya Lin pergi ke sebuah pedesaan di Utara Thailand. Berharap dia tidak bertemu siapapun karena ingin menenangkan diri. Namun rencananya tidak semulus yang dibayangkan. Ternyata di tempat itu juga banyak orang yang ‘melarikan diri’ dari patah hati; sama seperti apa yang dilakukan Lin. Tak sengaja, ia bertemu dengan Pud (Mario Maurer), seorang penulis scenario cerita hantu.

Hubungan Lin dan Pud semakin dekat. Namun Lin yang memiliki kemampuan bisa melihat orang mati menjadi terganggu karena hantu-hantu yang ada di sekitar Lin bisa mengganggu hubungannya dengan Pud. Namun sebaliknya, Pud malah senang bertemu dengan Lin.

Pud diam-diam menjadikan Lin sebagai main character untuk scenario barunya. Lin & Pud jatuh cinta ditengah problematika hantu-hantu tersebut.

19. Happy Old Year

Happy Old Year (Copy)

Membuang semua barang yang penuh kenangan. Rasanya berat sekali ya rasanya? Meski usang, barang-barang tersebut punya cerita yang super lengkap. Entah itu cerita, senang atau sedih.

Ini yang dirasakan oleh Jean (Chutimon), sepulangnya dari Swedia, dia ingin merombak seluruh isi rumahnya menjadi gaya minimalis. Selain dijadikan rumah ‘baru’ Jean juga ingin menyulap rumah itu sekaligus jadi kantornya.

Namun keinginan Jean tidak bisa dilakukan mengingat banyaknya barang-barang peninggalan sang Ayah yang sudah meninggal. Ibu Jean tidak mau membuang barang itu, sedangkan Jean bersikukuh untuk membuang barang-barang tersebut. Proses panjang untuk merapikan barang-barang penuh kenangan ini malah membuat Jean teringat akan barang-barang yang diberikan mantannya, Aim (Sunny).

Bukannya merapikan dan membereskan seluruh barang-barangg tersebut, kini Jean malah tenggelam dalam perasaan masa lalunya bersama Aim. Aim seakan hadir dekat dengan Jean saat membuka satu per satu barang kenangan mereka. Meski sakit hati mengetahui Aim sudah dengan perempuan lain, Jean tetap senang mengenang kenangan bersama Aim.

20. Bangkok Dark Tales

Bangkok Dark Tales (Copy)

Film Bangkok Dark Tales disutradarai oleh 3 sutradara yang mengangkat 3 cerita juga. Kalian kalau sempat menonton 4bia, nah, kurang lebih isi ceritanya seperti itu. Dibagi atas beberapa plot (Omnibus) yang akhirnya saling terkait satu sama lain. Untuk level keseraman, tidak usah ditanya lagi. This is Thai’s movie that we’re talkin’ about! Kapan film Thai setengah-setengah bikin film horror?

Scream Office: Bercerita soal Gam, seorang pekerja yang harus menghabiskan waktu malam tahun barunya dengan lembur di kantor. Gam bekerja hanya berdua dengan rekannya. Dia harus sesegera mungkin menyelesaikan pekerjaannya sebelum tahun berganti. Namun saat dirinya asyik menyelesaikan tugasnya, dia tahu kalau teman kerja yang menemaninya saat itu sebenarnya sudah meninggal.

Haunted House: Bee dan Anne adalah sepasang sahabat yang baru saja tiba di Bangkok. Menikmati riuh rendahnya suasana Bangkok menjadi hal yang dari dulu dinantikan mereka berdua. Saat butuh penginapan, Bee dan Anne ditawari penginapan murah namun berhantu. Bee & Anne santai saja menanggapi. Namun, apa yang terjadi selanjutnya membuat Bee & Anne berpikir untuk segera keluar dari tempat itu.

Th 5th Cinema: Nonton di bioskop merupakan hal yang lumrah bagi kita semua. Tapi bioskop yang khusus untuk hantu? Hmmm… Celaka, Oil yang sedang kencan buta dengan lelaki paruh baya tidak sengaja masuk ke bioskop yang sudah pasti penuh dengan penonton… Yang merupakan hantu. Awalnya tidak tahu, mereka akhirnya menyadari sesuatu yang ganjal. Bisakah mereka keluar dari sana hidup-hidup?

Itu tadi 20 film Thailand terbaru buat kalian pecinta cerita-cerita keren dari negeri Gajah Putih. Dibintangi artis dan aktor kece, membuat semua film di atas makin oke banget buat ditonton. Nah, buat kaum hawa udah yakin banget deh pasti bakal teriak-teriak sendiri pas aktor ganteng pujaannya tampil jadi pemeran utama; sebut aja si ganteng Mario Maurer dan Naphat Slangsomboon. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram