Superhero Pintar, Inilah 7 Fakta The Flash yang Super Cepat

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

The Flash adalah salah satu superhero DC Comics karya Gardner Fox dan Harry Lampert. Dia pertama kali hadir di Flash Comics edisi perdana yang terbit pada Januari 1940.

The Flash termasuk bagian penting dari DC Comics dan aksinya menjadi pelengkap di setiap kelompok superhero yang dia ikuti. Selain itu, dia juga memiliki banyak musuh yang juga membuat sebuah kelompok untuk melawannya.

Agar lebih mengenal sosok The Flash lebih dekat, berikut kami suguhkan fakta-fakta seputar superhero tercepat yang hingga kini sudah berada pada generasi kelimanya.

1. Terdiri dari Beberapa Generasi

Fakta The Flash_Terdiri dari Beberapa Generasi_

Berbeda dengan superhero lainnya, The Flash memiliki beberapa alter-ego. Hal ini terjadi karena di setiap generasinya, sosok The Flash dijalani oleh orang yang berbeda. Setidaknya hingga kini, sudah ada 5 orang yang pernah mengenakan kostum dan memiliki kekuatan The Flash.

The Flash pertama adalah mahasiswa bernama Jay Garrick, yang menjadi The Flash di tahun 1938. Dia pernah menjalani karier singkat sebagai pemain football kampus. Dia menggunakan kostum merah dengan celana biru dan helm seperti caping dari bahan logam.

The Flash berikutnya adalah Barry Allen, staf forensik kepolisian. Dia dikenal sangat santai dalam menjalani hidup, sering terlambat datang kerja, dan membuat kekasihnya sering kesal karenanya. Setelah mendapat kekuatan super, dia menamakan dirinya sebagai The Flash karena mengikuti sosok idolanya, yaitu Jay Garrick.

The Flash ketiga adalah Wallace Rudolph “Wally” West, keponakan Iris West. Setelah Iris menikah dengan Barry Allen, Wally sering mengikuti Barry bekerja di laboratoriumnya.

Wally pun mendapat kekuatan super di tempat ini. Setelah Barry tewas terbunuh, Wally menjadi penggantinya sebagai The Flash dengan menggunakan kostum yang hampir sama.

The Flash keempat adalah Bartholomew Henry “Bart” Allen II yang merupakan cucu Barry. Bart menderita penuaan dan dibesarkan di mesin virtual reality hingga Iris mengeluarkannya dengan bantuan The Flash.

Bart mulai hidup secara normal dan menjuluki dirinya sebagai Impulse. Setelah ditembak oleh Deathstroke, Bart berganti kostum dan menjadi Kid Flash.

Setelah Wally dan keluarganya menghilang ke semesta lain, Bart mengambil alih nama The Flash beserta kostumnya. Tapi sayangnya, dia dibunuh oleh Rogues.

Di abad ke-31, Bart dibangkitkan oleh Brainiac 5 untuk melawan Superboy-Prime dan Legion of Super-Villains. Dia kemudian kembali ke masa lalu dan menuntaskan misinya yang belum sempat dia selesaikan.

The Flash terbaru adalah seorang wanita keturunan Cina bernama Avery Ho. Dia baru tampil di beberapa komik saja. Avery Ho mendapat kekuatan di Central City, kota yang sama di mana para The Flash mendapat kekuatannya.

Kemudian dia bergabung ke Justice League of China untuk melawan China White. Setelah Barry Allen menghilang, dia direkrut oleh Justice League Incarnate untuk menjadi The Flash.

2. Asal-Usul Kekuatannya

Fakta The Flash_Asal-Usul Kekuatannya_

Meskipun memiliki kecepatan super seperti kilat, namun asal-usul kekuatan The Flash bukanlah karena disambar kilat atau petir. Setiap sosok The Flash di setiap generasi memiliki asal-usul kekuatan berbeda, namun pada hasilnya kekuatan yang mereka miliki sama.

Jay Garrick mendapat kekuatannya karena menghirup uap air dalam jumlah yang banyak akibat terjadinya sebuah ledakan di laboratorium tempatnya bekerja. Setelahnya, dia menjadi metahuman dengan kecepatan lari yang luar biasa. Karena Jay adalah seorang atlet football kampus, kemampuan larinya berkembang secara maksimal.

Barry Allen yang bekerja sebagai staf forensik di kepolisian, di suatu malam petir menyambar tempatnya bekerja di mana dia kemudian basah kuyup oleh berbagai bahan kimia. Setelahnya, dia menjadi metahuman dan memiliki kekuatan super. Barry kemudian menggunakan kostum seperti yang dikenakan oleh Jay Garrick, idolanya.

Wally West mendapat kekuatan ketika berkunjung ke laboratorium Barry di mana dia ketumpahan cairan kimia yang membuatnya tersetrum listrik. Karena Barry masih menyandang nama The Flash, Wally menggunakan julukan Kid Flash.

Dalam sebuah pertempuran di mana Kid Flash tergabung di Teen Titans, Wally terkena tembakan dan membuat tubuhnya melemah.

Wally mengambil alih julukan The Flash setelah Barry tewas. Setelah terkena ledakan energi anti materi dalam sebuah pertempuran, penyakitnya sembuh dan kekuatannya bertambah. Wally menggunakan kostum warisan Barry setelah menjadi The Flash.

Bart Allen berbeda dengan The Flash lainnya. Dia mendapatkan kekuatan sejak lahir karena merupakan anak Don Allen, sang Tornado Twins, dan Meloni Thawne.

Bart pertama kali memakai nama Impulse dan menderita percepatan metabolisme, sehingga dia cepat menua. Namun, setelah kakinya ditembak oleh Deathstroke, dia mendapat kekuatan baru dan pulih dari penyakitnya.

Dan yang terakhir, Avery Ho, terjebak di sebuah badai yang pernah menyambar Godspeed di Central City. Namun, dia memulai karier superhero-nya di Cina bersama Justice League of China dan berlanjut ke Justice League Incarnate.

3. Memiliki Banyak Kemampuan Super

Fakta The Flash_Memiliki Banyak Kemampuan Super_

The Flash dari berbagai generasi memiliki kekuatan super yang banyak, namun semuanya bersumber pada satu kemampuan, yaitu kecepatan lari yang tinggi. Dengan kemampuannya ini, The Flash mampu menolong banyak warga kota yang diancam oleh para supervillain secara cepat dalam satu waktu.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram