Inilah 7 Fakta Menarik dari Film Om Shanti Om (2007)

Ditulis oleh Suci Maharani R

Bagi para pencinta film Bollywood pasti sudah tidak asing lagi dengan film berjudul Om Shanti Om (2007). Film garapan Farah Khan ini memang berhasil menggebrak bioskop di seluruh dunia, pasalnya film sukses banget secara komersial.

Dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Deepika Padukone, sudah dipastikan filmnya pasti seru dan wajib untuk ditonton. Namun tahukah kamu, ternyata Farah Khan ternyata membuat skrip Om Shanti Om (2007) sejak tahun 80an?

Fakta ini memang belum banyak yang tahu, apalagi ada banyak sekali tantangan yang harus dilaluinya untuk menggarap film ini. Terutama untuk pemeran utama wanitanya, yang terus saja memunculkan nama-nama terkenal sebelum Deepika Padukone terpilih.

Kali ini Bacaterus akan mencari tahu mengenai fakta-fakta menarik dibalik pembuatan film Om Shanti Om (2007). Mau tahu ada apa saja? Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, kamu wajib banget untuk membacanya di bawah ini.

1. Skenarionya Dibuat dalam 2 Minggu

Skenarionya Dibuat dalam 2 Minggu

Percaya atau tidak, ternyata Farah Khan sudah menulis skenario film Om Shanti Om (2007) hanya dalam waktu dua minggu lho.

Bagaimana bisa? Sebenarnya Farah Khan memiliki ide cerita untuk film ini sejak ia menggarap koreografi untuk film Bombay Dreams (2004).

Berbagai pengalaman dan pemikirannya ia tuangkan dalam sebuah tulisan yang ia sebut sebagai diarinya. Draft awal yang ia buat terinspirasi dari berbagai film di tahun 70 hingga 80-an, yang bisa dikatakan penuh adegan dramatisir.

Semua ini dikerjakan oleh Farah hanya dalam waktu dua minggu saja, tapi draftnya sudah cukup matang. Lalu untuk skenario finalnya dikerjakan oleh Farah Khan bersama dengan Mushtaq Sheik dan Mayur Puri.

2. Budget Besar dan Bertabur Bintang

Budget Besar dan Bertabur Bintang

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu daya tarik utama film Om Shanti Om (2007) adalah hadirnya banyak selebriti ternama Bollywood. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lagu Deewangi Deewangi jadi lagu termahal dan termewah di India.

Bayangkan saja, berbagai selebriti papan atas seperti Salman Khan, Priyanka Chopra, Kajol, Rani Mukherjee hingga Amitabh Bachchan.

Dikutip dari Wikipedia, biaya produksi Om Shanti Om (2007) mencapai angka yang fantastis yaitu ₹30 crore. Biaya ini digunakan untuk membangun set dan berbagai efek visual yang digunakan dalam lagu Dhoom Tana.

Belum lagi berbagai kostum dan mobil mewah yang sempat terlihat di film ini, film ini memanjakan para penonton dengan kualitas terbaiknya.

3. Deepika Padukone Menjadi Shanti

Deepika Padukone Menjadi Shanti

Setelah berhasil menggaet ShahRukh Khan, tugas Farah Khan selanjutnya adalah mencari sosok Shanti. Setelah berusaha mencari sosok yang tepat, Farah Khan mendapatkan rekomendasi dari Malaika Arora untuk memilih Deepika Padukone.

Sejak pertama bertemu dengan Deepika, Farah terpesona dengan kecantikan khas India yang ada padanya. Untuk mendapatkan ciri khas aktris tahun 80-an, Deepika rajin menonton film-film karya aktris populer di masa tersebut.

Contohnya karakter Hema Malini di film Dreamy Girl (1977) yang membuatnya dijuluki sebagai “Dream Girl”. Karakter tersebut memang pas dengan karakter Shanti yang akan diperankannya di film Om Shanti Om (2007).

Film ini juga menjadi pembuktian akan bakatnya, pasalnya film ini menjadi kerjasama pertamanya dengan ShahRukh Khan dan Farah Khan.

Benar saja, Deepika berhasil membuat banyak orang terpukau dengan penampilannya sebagai Shanti dan Shandy. Kemistrinya dengan ShahRukh Khan yang klop banget, membuat keduanya kerap dipasangkan di berbagai film populer. 

4. A.R Rahman Gagal Jadi Komposer Utamanya

A.R Rahman Gagal Jadi Komposer Utamanya

Selain penampilan ShahRukh Khan dan Deepika Padukone, salah satu hal yang paling disukai oleh banyak orang tentunya lagu-lagunya. Namun dibalik kesuksesan soundtrack filmnya, ternyata ada perselisihan yang hampir tidak terdengar.

Sebelum duo Vishal dan Shekhar menggarap soundtrack originalnya, ada nama A.R Rahman yang awalnya akan menggarap soundtrack originalnya.

Namun A. R Rahman terlibat perselisihan dengan pihak T-Series, sehingga kerjasama ini akhirnya gagal total.

Kedua belah pihak berselisih pendapat mengenai pembagian hak cipta, karena A.R Rahman ingin hak cipta dibagi rata. Antara dirinya sebagai komposernya dan sang penulis lirik lagu, yang tidak disetujui oleh T-Series.

Hal ini sempat disayangkan oleh banyak penggemar, pasalnya karya-karya A.R Rahman sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Untungnya pihak Om Shanti Om (2007) dinilai memiliki selera musik yang baik dan pas dengan filmnya. Hasilnya juga tidak mengecewakan, soundtrack film ini berhasil meraih banyak sekali penghargaan bergengsi di India.

5. Shakira Gagal Debut di Bollywood

Shakira Gagal Debut di Bollywood

Satu lagi fakta dari film Om Shanti Om (2007) yang mungkin tidak kamu ketahui dan cukup mind blowing. Ternyata Farah Khan sempat meminta Shakira untuk menjadi salah satu pengisi soundtrack film garapannya ini.

Bagaimana Farah Khan bisa memiliki koneksi untuk berhubungan dengan Shakira? Ternyata bukan Farah yang berusaha mendekati Shakira justru sebaliknya.

Tepatnya pada tahun 2006, Shakira menampilkan lagu hitsnya “Hips don’t lie” di ajang Video Music Awards. Ternyata penampilan Shakira di acara tersebut dibuat dari tangan dingin Farah Khan, yang membuat koreografi dan memilih busananya.

Dari perkenalan singkat ini, Farah Khan berpikir untuk mengajak Shakira bekerjasama lagi di film Om Shanti Om (2007).

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram