9 Fakta Narco Saints (2022), Drama yang Terinspirasi Kisah Nyata

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Drama original Netflix dari Korea terus bermunculan tahun ini. Ide cerita yang disuguhkan sangat beragam dan semua memiliki daya tarik berbeda-beda.

Narco Saints (2022) menambah panjang perbedaan tersebut. Drama dengan jumlah 6 episode ini terinspirasi berdasarkan peristiwa nyata tentang bandar narkoba dari Korea Selatan yang beroperasi di Suriname.

Dipercayakan pada aktor-aktor bernama besar seperti Ha Jung Woo dan Hwang Jung Min, drama ini gak akan mengecewakanmu!

Selain itu fakta Narco Saints (2022) juga jadi informasi yang sangat menarik disimak. Salah satunya mengenai keberadaan pemain film Dune (2022) di drama ini. Penasaran siapa aktor yang dimaksud? Simak uraiannya yuk!

1. Drama Kriminal Adaptasi Kisah Nyata

Drama Kriminal Adaptasi Kisah Nyata

Ada banyak sumber ide yang menginspirasi seorang sutradara menciptakan sebuah film atau drama. Belakangan cerita-cerita hits dari webtoon semakin banyak divisualkan menjadi sebuah tontonan.

Lalu bagaimana dengan drama yang terinspirasi dari kisah nyata? Nyatanya, memang ada beberapa drama yang premisnya berangkat dari kejadian nyata; dan Narco Saints (2022) adalah salah satunya.

Drama 6 episode dengan genre kriminal ini terinspirasi dari kisah Jo Bong Haeng. Dia merupakan  gembong narkoba asal Korea yang beroperasi di Suriname. Jo atau Cho didakwa atas tuduhan penyelundupan obat terlarang tahun 2011 lalu.

Menurut The Korea Times yang dilansir dari beberapa situs, Jo dicurigai mempekerjakan orang-orang Korea untuk menyelundupkan kokain dalam jumlah besar dari Amerika Selatan ke Eropa.

Jo Bong Haeng membentuk jaringan perdagangan narkoba di Suriname yang bersekongkol dengan kartel narkoba terbesar di Amerika Latin pada tahun 1990-an.

Menurut catatan, Jo Bong Haeng menyelundupkan 48,5 Kg kokain pada tahun 2004 hingga 2005. Jika diperkirakan kokain tersebut bernilai $ 140 Juta.

Sepak terjang Jo akhirnya berakhir tahun 2009 sebab dia ditangkap di Brasil dan diekstradisi ke Korea Selatan. Sosok Jo Bong Haeng bisa kamu lihat di drama ini dalam karakter Jeon Yohan yang diperankan oleh Hwang Jung Min.

2. Kisah Pebisnis Ikan Pari Jadi Informan BIN

Kisah Pebisnis Ikan Pari Jadi Informan BIN

Narco Saints (2022) tidak menjanjikan premis yang baru. Bagi drama ber-genre kriminal, plot-nya tidak terlalu mengejutkan. Ia menceritakan tentang seorang ayah dari dua anak yang nekat pergi ke Suriname untuk berbisnis ikan pari.

Dengan niat mencari penghasilan yang lebih banyak, dia malah terjebak dalam skema kotor pengedar narkoba. Kang In Gu dipenjara dan kehilangan sahabat satu-satunya. Dia kemudian mendapat tawaran dari seorang agen BIN untuk bekerjasama sebagai informan.

Tugasnya menjadi mata-mata untuk bandar narkoba yang sudah merusak hidupnya. Dari sini petualangan seru seorang Kang In Gu tersaji sampai episode akhir.

3. Profesi Pastor Sengaja Dipilih Sutradara

Profesi Pastor Sengaja Dipilih Sutradara

Fakta Narco Saints (2022) selanjutnya yaitu cerita di balik pemilihan karakter Pastor yang diperankan Hwang Jung Min. Menurut pengakuan sutradara Yoon Jing Bon, dia ingin menambahkan efek dramatis pada jalan cerita drama yang dibuatnya.

Pilihannya jatuh pada menghadirkan sosok Pastor sebagai karakter utama. Pastor dalam drama ini tentu saja tidak sama dengan pastor lainnya.

Yoon sengaja menciptakan karakter tersebut sebagai kedok yang dipakai seorang bandar narkoba. Tujuannya dia ingin membuat cerita semakin menarik sebab sudah menciptakan karakter yang terhormat, tetapi sebenarnya penuh muslihat.

4. Karya Sutradara Film The Spy Gone North (2018)

Karya Sutradara Film The Spy Gone North (2018)

Drama dengan sederet bintang papan atas ini disutradarai oleh Yoon Jong Bin, yaitu sosok di balik kesuksesan film spy berjudul The Spy Gone North (2018). Ia sekaligus menjadi drama pertama yang dia buat karena Yoon lebih banyak menyibukkan diri dengan projek film.

The Spy Gone North (2018) sendiri dibintangi salah satunya oleh Hwang Jung Min. Dil film tersebut Hwang berperan sebagai mata-mata Korea Utara yang diberi tugas menyelidiki tentang nuklir.

Jika Narco Saints (2022) adalah proyek kedua antara Yoon Jong Bin dan Hwang Jung Min, beda halnya dengan Ha Jung Woo.

Drama ini merupakan kerjasama Yoon dengan Ha Jung Woo untuk yang ke lima kali. Keduanya sudah kerja bareng sejak pembuatan film The Unforgiven (2005) lalu.

Mereka kemudian bertemu lagi dalam tiga film lainnya dan Narco Saints (2022) ini. Ha Jung Woo tampaknya selalu jadi pilihan pertama sutradara Yoon Jong Bin.

5. Diisi Jajaran Bintang Kelas A

Diisi Jajaran Bintang Kelas A_

Fakta Narco Saints (2022) paling tidak terbantahkan adalah kenyataan bahwa drama Korea original Netflix ini digawangi para bintang atau aktor kelas A.

Mereka adalah para chungmuro yang kualitasnya tidak perlu diragukan. Hwang Jung Min sebagai pemeran Jeon Yohan terkenal sebagai salah satu aktor yang film-filmnya selalu laris manis di pasaran.

Bersama Song Kang Ho dan Oh Dal Su mereka tergabung dalam klub The 100 Million Viewers Club, yaitu klub berisi aktor sukses yang filmnya ditonton jutaan orang.

Selain Hwang Jung Min, ada Ha Jung Woo yang sama-sama berada di puncak kesuksesan. Ada pula Park Hae Soo, Jo Woo Jin, dan Yoo Yeon Seok.

6. Syuting Dilakukan di Republik Dominika

Syuting Dilakukan di Republik Dominika

Dengan latar belakang Negara Suriname, proses pengambilan gambar Narco Saints (2022) memerlukan trik tersendiri. Pihak produksi sampai harus melakukan syuting di Republik Dominika untuk mendapatkan suasana yang serupa. Sayangnya, syuting di negara tersebut tidak diizinkan terlalu lama karena wabah Covid-19.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram