bacaterus web banner retina

Inilah 6 Fakta Penting di Balik Pembuatan Film Men in Black 3

Men in Black 3 (2012) menjadi salah satu film yang kerap ditayangkan di berbagai televisi nasional Indonesia. Masih dibintangi oleh Will Smith dan Tommy Lee Jones, film ini menjadi petualangan terakhir bagi keduanya sebagai Agen J dan Agen K.

Sayangnya film garapan Barry Sonnenfeld ini tidak sesukses dua film sebelumnya, padahal sudah bergabung dengan Marvel Comics. Meskipun begitu, Men in Black 3 (2012) ini memiliki berbagai karakter alien yang lebih beragam dan unik dari sebelumnya.

Selain alien yang lebih beragam, film ini menghadirkan lebih banyak cameo yang diisi oleh selebriti hingga atlet yang sangat terkenal di dunia. Belum lagi soal rumor bergabungnya Mark Wahlberg dalam film ini, yang sempat berhembus kencang di tahun 2010.   

Selain beberapa fakta diatas, sebenarnya masih ada beberapa fakta menarik dibalik pembuatan film Men in Black 3 (2012). Penasaran dong? Untuk mengetahui jawaban lebih lengkap, kamu bisa membacanya di artikel di bawah ini.

1. Comeback Will Smith Setelah Hiatus

fakta-men-in-black-3-2_

Mungkin tidak banyak yang tahu, bahwa Men in Black 3 (2012) menjadi pemecah masa hiatus Will Smith. Pasca membintangi Seven Pounds (2008), Will Smith memutuskan untuk hiatus dan tidak menerima tawaran apapun.

Seven Pounds (2008) adalah salah satu film yang sulit untuk dilupakan oleh Will Smith. Bahkan demi membintangi film ini, Smith rela kehilangan berat badan demi mendalami perannya.

Smith mengakui film ini telah mengubah banyak hal dalam dirinya, makanya ia membutuhkan waktu untuk beristirahat. Smith ingin menikmati hidup bersama keluarganya dan mengapresiasi kebahagiaan dalam hidupnya.

Tanpa disadari, aktor ini sudah hiatus setidaknya empat tahun dan hal ini menjadi waktu terlamanya tidak tampil di layar lebar.

Pada 2010, Columbia Pictures mengkonfirmasi bahwa Will Smith akan kembali memerankan Agen J di Men in Black 3 (2012).

Keputusan ini ternyata tidak diambil dengan sembarangan lho, pasalnya saat itu Smith mendapatkan dua tawaran film yang menjanjikan. Pertama Men in Black 3 (2012) atau bermain dalam film berjudul City That Sailed yang disutradarai oleh Shawn Levy.

2. Will Smith Ingin Putranya Mendapatkan Peran

fakta-men-in-black-3-3_

Dalam pembuatan Men in Black 3 (2012), Will Smith dan sutradara Barry Sonnenfeld disebut-sebut sempat berselisih faham. Setelah diusut, ternyata hal ini dikarenakan Smith menginginkan putranya untuk mendapatkan peran dalam film ini. Smith berpikir, bahwa Jaden sangat cocok untuk memerankan karakter putra dari Kolonel James Darrell Edwards.

Karakter anak ini adalah Jay ketika masih anak-anak, yang ternyata ditolak oleh sang sutradara. Sonnenfeld berpikir, bahwa peran ini terasa lebih cocok jika diperankan oleh aktor muda bernama Cayen Martin.

Pilihannya memang tepat, buktinya Cayen Martin berhasil memberikan scene yang mengharukan, padahal screentime yang dimilikinya sangat singkat.

3. Mark Wahlberg Hampir Menjadi Agen K

fakta-men-in-black-3-4_

Seperti yang kita ketahui, Men in Black 3 (2012) mengambil kisah mengenai Agen J dan Agen K yang kembali ke masa lalu.

Ketika Will Smith ingin putranya menjadi karakter dirinya di masa muda, maka untuk versi muda Agen K, beberapa nama sempat diisukan akan tampil. Salah satunya adalah Mark Wahlberg, yang santer terdengar akan memerankan karakter agen Kay versi muda.

Pemilihan Mark Wahlberg sebagai Agen Kay bukan asal lho. Pasalnya mereka menimbang dari gaya akting, fisik, hingga tingkat kemiripan wajahnya.

Aktor Amerika itu disebut sangat sempurna untuk memerankan karakter Tommy Lee Jones versi muda. Sayangnya entah kenapa hal ini tidak terjadi. Malah peran ini akhirnya diberikan kepada Josh Brolin.

Setelah bersusah payah mencari pemeran yang tepat, Josh Brolin berhasil menunjukkan bahwa dirinya mampu memerankan karakter Agen Kay versi muda.

Hal ini terbukti dengan kemampuan akting dan pemahaman karakternya yang benar-benar mirip dengan Agen Kay versi Tommy Lee Jones. Bahkan para kritikus juga memberikan apresiasi, bahwa keduanya terlihat sangat mirip dan suara mereka yang dikatakan sangat mirip.  

4. Produksi Filmnya Sempat Tertunda

fakta-men-in-black-3-5_

Sama seperti kasus yang dialami selama pembuatan Men in Black 1 dan 2, ternyata untuk membuat Men in Black 3 (2012) tidaklah mudah.

Hal ini berawal ketika Colombia Picture kehilangan David Koepp yang memutuskan pergi dan menulis skenario untuk Spider-Man (2002). Alhasil mereka harus mencari penulis skenario lain, yang akhirnya dilakukan oleh Etan Cohen.

Selain itu, mereka berupaya keras membujuk Will Smith dan Tommy Lee Jones untuk kembali bergabung dalam film ini. Sialnya mereka syuting dalam keadaan skenario yang belum rampung.

Alhasil seluruh produksi film sempat tersendat untuk beberapa waktu. Akibat dari penundaan ini, Alec Baldwin yang awalnya memerankan Chief X memutuskan untuk mundur dari proyek film ini.

Gangguan lainnya adalah mereka membutuhkan waktu lama untuk membuat berbagai efek dan makeup para alien. Alasannya karena film ini tidak hanya berlatar modern, tapi memiliki latar di tahun 1969.

Mereka harus membuat gambar hitam putih yang realistis, sehingga ada beberapa hal yang harus dikorbankan. Salah satunya harus membuang banyak karakter alien di markas MIB untuk scene 60-an.

5. Jemaine Clement Duduk di Kursi Rias Selama Empat Jam

fakta-men-in-black-3-6_

Memerankan karakter Boris the Animal, Jemaine Clement harus duduk lebih dari empat jam di ruang makeup. Meski terlihat simpel, ternyata karakter alien yang diperankannya membutuhkan banyak waktu untuk di buat.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh Rick Baker ketika hadir dalam Comic-Con, di mana ia banyak membicarakan mengenai karakter alien dalam Men in Black 3 (2012).

Dibalik penampilan Boris the Animal yang agak old school, terdapat berbagai hal tersembunyi dari sosok alien itu. Menurut Rick Baker, hal utama dari karakter ini adalah bagian mata dan giginya yang agak menyeramkan. Untuk mendapatkan hal ini, mereka membutuhkan waktu yang lama untuk merias area mata dan bagian mulut Jemaine.

6. Cameo-nya Orang-Orang Hebat di Dunia

fakta-men-in-black-3-7_

Hal hebat lainnya yang tidak boleh sampai terlewatkan untuk dibahas adalah kenyataan bahwa Men in Black 3 (2012) ini bertabur cameo hebat.

Tidak hanya berasal dari kalangan selebriti saja, tetapi atlet hingga anggota keluarga para pemeran utamanya juga ikut berpartisipasi. Sebut saja salah satu pemain basket terkenal asal Cina yaitu Yao Ming, yang menjadi alien di latar belakang markas MIB.

Jada Pinkett Smith juga muncul sebagai salah satu tamu dalam scene pesta pabrik di tahun 1967. Nama-nama terkenal lainnya juga ikut hadir lho, sebut saja Bill Gates, Lady Gaga, Tim Burton, hingga David Beckham hadir sebagai alien di markas MIB. Namun yang paling lucu, Rick Baker si makeup artis juga ikut muncul sebagai cameo dan berperan sebagai alien.

Inilah beberapa fakta menarik dari film Men in Black 3 (2012) yang dibintangi oleh Will Smith dan Tommy Lee Jones. Film ini memang menghabiskan biaya produksi yang sangat fantastis, untungnya cukup sukses meski mendapatkan respon yang beragam. Selain itu, film ini masih berhasil masuk dalam jajaran film berpenghasilan tinggi di tahun 2012.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram