bacaterus web banner retina

10 Fakta Jujutsu Kaisen untuk Lebih Memahami Universe-nya

Tidak salah jika kita menyebut Jujutsu Kaisen adalah salah satu anime shounen terbaik di masa ini. Adaptasi animenya mencapai peringkat tinggi dan banyak digemari.

Jujutsu kaisen diilustrasikan oleh Gege Akutami, dan pertama kali dirilis pada tahun 2018 silam. Penggarapan anime satu ini dipasrahkan pada studio anime MAPPA dan mulai tayang di MBS, Jepang. 

Jujutsu Kaisen mendapat banyak pujian untuk plot, karakter dan sentuhan mitologi yang disematkan ke dalam kisahnya. Kombinasi itu menjadikan Jujutsu Kaisen menjadi salah satu anime bergenre horror fantasi yang punya daya pikat tertentu.

Nah, sebelum kamu menonton serial animenya, baiknya kamu menyimak artikel satu ini. Ada beberapa fakta tentang Jujutsu Kaisen yang menarik untuk disimak. 

1. Makna di Balik Nama Jujutsu Kaisen 

fakta-jujutsu-kaisen-1_

Mari kita mulai dengan menguak makna di balik nama Jujutsu Kaisen. Judul tersebut jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti pertarungan sihir.

Nah, konstruksi lengkap dari cerita yang diangkat oleh Akutami adalah pertarungan para dukun atau penyihir di Jujutsu Kaisen dan bagaimana mereka menggunakan kekuatan sihir tersebut sebagai senjata. 

Akutami menggambarkan vitalitas emosi dan sihir dalam sebuah pertarungan melawan kekuatan kutukan jahat. Dengan gaya penceritaan yang khas, perjalanan Yuji dan teman-temannya mendapatkan jari-jari Sukuna banyak ditunggu oleh para penggemarnya. 

2. Premis Cerita yang Menggambarkan Garis Tipis Antara Baik dan Jahat

fakta-jujutsu-kaisen-2_

Jujutsu Kaisen tidak menampilkan kisah-kisah lama di mana protagonis kita, Yuji Itadori, melawan iblis yang punya kutukan besar dan berhasil menang. Selain itu, ada juga kisah sang protagonis yang memperjuangkan kebaikan demi menjaga kedamaian banyak orang. 

Akutami juga menuturkan bahwa ia percaya bahwa tidak ada yang tahu kebenaran pasti tentang baik dan jahat. Menurutnya, ia percaya di dunia ini ada orang baik dan orang jahat. Namun, seseorang harus mencari jalannya sendiri untuk menemukan jahat atau baik dalam dirinya. 

3. Penjahat yang Mirip Thanos 

fakta-jujutsu-kaisen-3_

Mahito, penjahat yang ditampilkan dalam anime satu ini punya karakter yang unik. Bukan sekadar penjahat yang mampir dan kemudian hilang seketika, melainkan salah satu penjahat utama yang punya peran besar dalam perkembangan cerita Jujutsu Kaisen. 

Jika diperhatikan lebih dalam, Mahito punya karakter yang mengingatkan kita pada Thanos, karakter dalam Infinity War garapan Marvel. Akutami mengungkapkan bahwa ia menghindari karakter klise dari mahluk jahat yang menjadi baik secara diam-diam. 

Dalam diri Mahito, kita bisa melihat bagaimana Akutami berusaha melakukan hal berbeda dari kebanyakan cerita. Ia membandingkan karakter Mahito dengan Thanos dan menemukan adanya kemiripan dengan karakter dari dunia Marvel tersebut. 

4. Sistem Sihir yang Terinspirasi Dari Hunter X Hunter dan World Trigger 

fakta-jujutsu-kaisen-4_

Bukan sebuah kesalahan jika kamu menemukan adanya kesamaan dengan sistem sihir yang diusung oleh Jujutsu Kaisen dengan Hunter X Hunter dan World Trigger. Pasalnya Akutami mengaku memang mendapatkan ilham untuk sistem sihir di anime garapannya dari dua serial anime populer itu. 

Sistem sihir di anime ini bekerja dengan energi terkutuk, lalu para penyihir menjadikannya senjata untuk melindungi diri dan melawan musuh.

Ia juga menjelaskan bagaimana emosi dan penyihir di Jujutsu Kaisen mempengaruhi para penyihir layaknya energi manusia di kehidupan nyata. Ia dengan jelas menjelaskan bahwa ide sistem sihir tersebut diambil dari Hunter X Hunter. 

Akutami menambahkan sistem sihir lainnya diambil dari satu karakter sihir dalam World Trigger, di mana di dalam anime tersebut energi sihir disalurkan lewat kemampuan yang unik. Jadi, tidak heran jika kita akan menyaksikan kombinasi dua sistem sihir yang diusung oleh Hunter X Hunter dan World Trigger dalam Jujutsu Kaisen. 

5. Memiliki Light Novel 

fakta-jujutsu-kaisen-5_

Sebuah manga yang sukses biasanya mempunyai adaptasi anime dan beberapa novel ringan. Terkadang dibuat pula spin-off yang menambah variasi cerita. Jujutsu Kaisen rupanya tidak mau menyia-nyiakan hype yang tengah dirasakannya. 

Seperti sebuah tradisi, maka Jujutsu Kaisen pun merilis light novel yang berjudul Jujutsu Kaisen: Soaring Summer and Returning Autumn dan Jujutsu Kaisen: The Path of Roses at Dawn. Light novel pertama mengisahkan lini masa Yuji yang memfokuskan kematian sementaranya dan juga acara khusus yang diadakan di Sekolah Suster Kyoto.

Sementara itu, light novel kedua mengikuti kehidupan Nobara saat ia pergi berbelanja dan bertemu dengan pengguna kutukan yang sangat kuat. Di dalam novel tersebut mengisahkan bagaimana momen me-time yang biasa dilakukannya menjadi momen baku hantam yang melelahkan. 

6. Gege Akutami Mengagumi Togashi Yoshihiro 

fakta-jujutsu-kaisen-6_

Animator Jujutsu Kaisen dikenal sebagai pengagum sosok Togashi Yoshihiro. Ia melihatnya sebagai sosok yang menginspirasinya membuat anime. Togashi dikenal sebagai penulis manga populer, salah duanya adalah Hunter x Hunter dan Yu Yu Hakusho. 

Rasa kagum Akutami terlihat dari kutipan dan penggalan cerita Togashi, trik licik karakternya dan teknik yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini sang tokoh.

Ia pernah berucap bahwa salah satu bab dari Yu Yu Hakusho, yakni Bab Black Saga, paling banyak mempengaruhi ide ciptaannya. Ia banyak menggunakan elemen dari bab di dalamnya untuk anime garapannya di seri Jujutsu Kaisen. 

7. Karakter Jujutsu Kaisen Terinspirasi dari Beberapa Animator Populer 

fakta-jujutsu-kaisen-7_

Akutami adalah seorang animator yang menghargai karya orang lain. Ia tidak segan melayangkan pujian dan mengaku terinspirasi dari karakter ciptaan mangaka lain. Animator yang mendapat tempaan ilmu klasik dari sekolah seni ini telah banyak menikmati karya-karya dari mangaka populer Jepang. 

Secara tidak langsung, referensi yang dimilikinya semakin bertambah dan membuat idenya bervariasi. Dalam penciptaan karakter Jujutsu Kaisen, Akutami mendapatkan inspirasi dari karakter ciptaan animator populer.

Beberapa di antaranya adalah Masashi Kasumoto pencipta Naruto, Yusuke Murata pencipta Eyeshield 21 dan One Punch Man, juga dari Kubo Tite yang menciptakan Bleach

8. Akhir Ceritanya Sudah Direncanakan 

fakta-jujutsu-kaisen-8_

Akhir dari kisah sebuah anime acapkali menjadi penentu penilaian terhadap anime tersebut. Dan agaknya tidak mudah untuk menciptakan akhir cerita yang memuaskan banyak penggemar. Akhir cerita dalam sebuah serial anime membutuhkan banyak perhitungan dan perencanaan yang matang. 

Selain itu, ada banyak yang menjadi pertimbangan, misalnya saja efektivitas kisahnya dan keputusan waktu yang diangkat. Jujutsu Kaisen adalah salah satu anime yang kisah akhirnya sudah direncanakan jauh-jauh dari oleh penciptanya.

Akutami membocorkan bahwa ending dari anime ini sudah direncanakan dan teka-teki plus teori dari fans akan terjawab tuntas di akhir cerita. 

9. Karakter Itadori Yuji Terinspirasi dari Kakak Gege Akutami 

fakta-jujutsu-kaisen-9_

Yuji Itadori merupakan protagonis dalam universe Jujutsu Kaisen. Karakter utama dalam dunia sihir Jujutsu itu didasari oleh kakak kandungnya sendiri yang mempunyai karakter bertolak belakang dengan dirinya. 

Menurut pengakuan Akutami, sang kakak hampir selalu hebat dalam segala bidang, misalnya olahraga, akademik dan permainan. Sifat-sifat tersebut dapat kita lihat dari karakter Yuji, terutama kemampuannya dalam berolahraga.

Jadi, secara tidak langsung karakter Yuji merupakan gabungan antara sifat-sifat kakaknya yang hampir segala bisa dan sifatnya yang murah hati dan penolong. 

10. Ceritanya Terinspirasi Dari Film Horror Amerika Dan Evangelion

fakta-jujutsu-kaisen-10_

Dilihat dari keseluruhan cerita, Jujutsu Kaisen tidak benar-benar original. Anime ini adalah perpaduan dari elemen-elemen horor seperti Human’s Scares For Death, Lovecraftion Horror, dan Freudian Hulks. Selain itu, Akutami memadukan elemen tersebut dengan film Evangelion. Bagian ini terlihat dari citra alkitab dan konflik antara manusia dan Tuhan. 

Menyoal suasana mencekam yang diciptakan dalam anime ini, Akutami menuturkan bahwa dirinya mendapat ide setelah menyaksikan film horor seperti Hereditary, Get Out dan beberapa film horor Amerika lainnya. 

Nah, itulah 10 fakta yang menarik untuk diketahui dari Jujutsu Kaisen, salah satu anime Shounen populer Jepang. Perjalanan Yuji di dunia sihir menjadi bagian yang paling menarik. MAPPA berhasil menghidupkan karakter Yuji, remaja slengean yang punya potensi besar untuk menjadi salah satu penyihir hebat yang diakui Jujutsu High.

Dengan visual grafis yang estetik dan pertarungan yang epik, membuat anime ini tampak memukau. Selain itu, di dalamnya terdapat unsur humor segar yang membuat kita tertawa. Jika kamu menyukai anime bergenre fantasi supranatural, agaknya kamu tidak akan melewatkan Jujutsu Kaisen.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram