bacaterus web banner retina

8 Fakta The Silent Sea (2021) yang Menarik untuk Diketahui

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

The Silent Sea (2021) akhirnya rilis! Setelah lama ditunggu-tunggu, serial yang mempertemukan Gong Yoo dan Bae Doona ini bisa disaksikan di Netflix mulai 24 Desember 2021. Sebanyak 8 episode, The Silent Sea (2021) akan menyuguhkan sebuah cerita sci-fi dan thriller yang mendebarkan tentang perjalanan 11 orang ke luar angkasa, tepatnya ke Bulan.

Selain merupakan drama comeback Bae Doona setelah hiatus selama 2 tahun, beberapa fakta The Silent Sea (2021) lainnya cukup menarik untuk disimak. Gong Yoo juga punya rahasia yang akan dibagi terkait perannya di serial ini. Penasaran? Simak yuk!

Baca juga: 10 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Asyik untuk Ditonton

1. Diadaptasi dari Film Pendek

Diadaptasi dari Film Pendek

Beberapa serial dari Korea Selatan umumnya diadaptasi dari webtoon atau novel, kali ini cukup berbeda karena The Silent Sea (2021) diambil dari sebuah film pendek karya sang sutradara sendiri, Choi Hang Yong. Choi membuat film pendek berjudul The Sea of Tranquility sebagai karya kelulusannya di universitas.

Menariknya pada tahun 2014 film pendek ini mendapat perhatian di Mise-en-scène Short Film Festival ke-13. The Sea of Tranquility berdurasi sekitar 37 menit. Aktor dan beberapa kru yang terlibat seperti produser dan penulis mengungkapkan kekaguman mereka terhadap karya Choi.

Jung Woo Sung sebagai produser berpendapat bahwa gagasan pada film pendek buatan Choi terasa spektakuler. Sementara itu menurut penulis Park Eun Kyo, naskah pada The Sea of Tranquility mampu memancing rasa penasaran.

2. Jung Woo Sung Terlibat Sebagai Produser Eksekutif

Jung Woo Sung Terlibat Sebagai Produser Eksekutif

Fakta The Silent Sea (2021) yang satu ini cukup menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, Jung Woo Sung yang selama ini dikenal sebagai aktor, sebentar beralih profesi menjadi executive producer. Sebelumnya aktor kelahiran 1978 ini juga pernah memproduseri film berjudul Don’t Forget Me (2015). Dalam film tersebut Jung juga bermain sebagai karakter utama.

Menjadi Produser Eksekutif untuk The Silent Sea (2021) Jung mendapat banyak pujian dari aktor-aktor yang terlibat. Jung Woo Sung yang pernah dikabarkan berpacaran dengan Lee Ji Ah ini dinilai rajin datang ke lokasi melihat proses syuting. Dia bahkan memerhatikan hal-hal detail yang ada di lokasi.

Jung disebut-sebut membawa sapu untuk memastikan tidak ada jejak aktor di set, melainkan jejak astronot. Sebagai aktor, Jung seperti mengetahui betul bagaimana cara menjaga para pemainnya agar dapat bermain dengan maksimal. Bae Doona dan Gong Yoo memujinya sebagai produser yang rajin.

3. Rahasia di Balik Tato Leher Gong Yoo

Rahasia di Balik Tato Leher Gong Yoo

Kemunculan Gong Yoo di The Silent Sea (2021) memang menarik perhatian. Bukan hanya dari segi akting tetapi juga penampilan, terutama tato bergambar simbol unit yang tercetak di bagian lehernya.

Selama ini Gong Yoo lebih banyak berperan dalam drama-drama romance yang menuntutnya untuk berpenampilan clean dan rapi, khusus untuk The Silent Sea (2021) dia ingin mengubah citra tersebut.

Mendalami karakter yang akan dimainkan, Gong Yoo merasa bahwa Han Yun Jae adalah seseorang yang menjalani hidup dengan keras dan berat. Maka dari itu dia ingin memperlihatkannya melalui penampilan luar dan Gong Yoo pun memilih membuat tato di bagian leher. Idenya ini tentu saja dia diskusikan lebih dulu dengan tim make up dan kostum.

Selain tato sebagai perlambang hidup yang keras dan berat, Gong Yoo juga membuat kulitnya agak sedikit lebih coklat. Potongan rambut yang biasa rapi pun dibuat cepak. Potongan rambut tersebut umum di dunia militer; mengingat latar belakang karakter Han Yun Jae adalah lulusan militer.

4. Kostum Seberat 8,5 Kg

Kostum Seberat 8,5 Kg

Demi menunjang realitas pada alur ceritanya, kostum luar angkasa yang dipakai para pemain The Silent Sea (2021) dibuat secara khusus. Tim sudah berusaha menciptakan kostum seringan mungkin tapi ternyata beratnya masih tetap lumayan. Tanpa tabung dan helm, Bae Doona mengungkapkan bahwa pakaian yang mereka kenakan seberat 8,5 Kg.

Dengan fakta itu para pemain membutuhkan waktu untuk beradaptasi agar terbiasa memakainya sehingga tidak mengganggu konsentrasi saat syuting berlangsung. Bae Doona mengaku kesulitan bernapas dan merasa tercekik saat pertama kali memakainya dan butuh waktu untuk membiasakan diri.

5. Tampilan Set Dikonsep Matang

Tampilan Set Dikonsep Matang

Jika kamu sudah nonton The Silent Sea (2021) setting drama ini harus diakui sangat memukau. Staf mampu menciptakan suasana yang hening, gelap dan hampa dengan cahaya yang hanya menyinari permukaan dengan sangat meyakinkan. Untuk mendapatkan suasana yang seperti itu, tim produksi sengaja menciptakan Pangkalan Balhae.

Menggunakan bantuan LED full screen, suasana di Bulan terasa nyata. Menurut Choi setidaknya ada lima studio yang digunakan untuk proses pengambilan gambar serial ini. Luasnya sendiri mencapai 8.300 meter persegi. Tampilan set yang meyakinkan tersebut merupakan hasil kerja keras selama masa dua tahun pra-produksi dan satu tahun pasca-produksi.   

6. Dibintangi Sederet Aktor Ternama

Dibintangi Sederet Aktor Ternama

Beberapa hal membuat The Silent Sea (2021) ditunggu-tunggu para pencinta drama atau film Korea. Salah satu yang tidak bisa dipungkiri adalah deretan para bintang yang bermain di dalamnya. Memamerkan Gong Yoo, Bae Doona, Lee Joon, Kim Sun Young dan Lee Moo Saeng sejak jauh-jauh hari harus diakui bikin penasaran dan excited.

Seperti yang kita tahu nama-nama tersebut adalah jaminan kualitas yang bisa ditawarkan oleh produk drama atau film dari Korea Selatan. Nama Gong Yoo tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Dua kali meraih penghargaan bergengsi dalam Baeksang Art Awards dan Blue Dragon Film Awards rasanya cukup untuk menjabarkan kemampuan beraktingnya.

Bae Doona yang selalu total dalam setiap berlakon sebelumnya juga sudah mengoleksi beberapa judul drama dan film dengan sukses. Sebut saja serial Kingdom (2019-2020) yang sama-sama produk original Netflix.

Di sisi lain Lee Joon yang pernah mencuri perhatian melalui aktingnya di serial Heard It Through the Grapevine (2015) juga menjanjikan penampilan yang memuaskan.

Kerjasama nama-nama tersebut tentu menjadi kombinasi yang sayang dilewatkan. Dengan karakter masing-masing yang sangat kuat mereka berhasil menciptakan chemistry di sepanjang episode. Kapan lagi melihat Gong Yoo, Bae Doona dan Lee Joon berada dalam satu frame, kan?

Baca Juga: Sinopsis dan Review Drama Korea The Silent Sea (2021)

7. Drama Korea Bertema dengan Latar Bulan

7. Drama Korea Bertema dengan Latar Bulan

Fakta The Silent Sea (2021) yang menarik selanjutnya adalah ia merupakan serial Korea Selatan pertama dengan tema perjalanan ke Bulan. Di awal tahun kita sudah diajak melakukan perjalanan ke luar angkasa bersama Kapten Jang dan Tae Ho dalam serial Space Sweeper (2021), di akhir tahun giliran kita dibawa ke Bulan oleh Kapten Han Yun Jae dan kawan-kawan.

Sutradara Choi Hang Yong mengatakan dengan yakin bahwa The Silent Sea (2021) adalah serial Korea Selatan yang pertama mengangkat tema semacam ini.

Film atau serial dengan latar luar angkasa sudah ada beberapa tetapi yang menggambarkan keadaan di bulan, The Silent Sea (2021) yang pertama. Agar lebih meyakinkan, staf melakukan observasi lebih lanjut mengenai wujud permukaan bulan dari data-data yang dimiliki NASA sebelum menciptakan set.

8. Genre yang Diinginkan Gong Yoo

Genre yang Diinginkan Gong Yoo

Gong Yoo yang berperan sebagai Kapten Han Yun Jae rupanya sangat antusias membintangi serial ini. Aktor kelahiran 1979 ini langsung tertarik begitu membaca naskah yang disodorkan. Singkatnya dia merasakan ada imajinasi dan tema yang sempurna. Genre yang dimiliki The Silent Sea rupanya juga yang dia inginkan.

Masih menurut Gong Yoo, dilansir dari berbagai sumber, dia sangat menyukai The Silent Sea dari berbagai aspek sehingga tidak ada alasan untuk menolak tawaran yang diberikan padanya. Gong Yoo bahkan bisa membayangkan bagaimana serial ini terbangun hanya dari membaca naskahnya.

Beberapa fakta The Silent Sea (2021) di atas cukup menarik disimak di samping ceritanya sendiri. Bagaimana pun demi sebuah karya yang bagus, tim produksi, termasuk aktor, pasti melakukan upaya-upaya terbaiknya.

Mulai dari membangun set hingga lima studio sampai Gong Yoo yang membuat kulitnya menjadi agak coklat untuk perannya di serial ini. Masih belum penasaran untuk nonton?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram