bacaterus web banner retina

10 Fakta Menarik Film Parasite Karya Sutradara Bong Joon-ho

Parasite adalah salah satu film Korea Selatan yang berhasil membius penonton dengan plot cerita yang cukup menarik. Film karya sutradara Bong Joon-ho berkisah tentang kehidupan kelam dua keluarga dengan status sosial berbeda. Dibintangi sederet aktor dan aktris papan atas Korea, film Parasite menjadi salah satu film populer tahun 2019.

Fakta menarik apa yang terdapat dalam film ini? Yuk, simak ulasan menarik yang telah Bacaterus rangkum tentang film ini dalam artikel di bawah. Seperti apa itu? Simak ulasannya berikut ini ya!

Baca juga: 9 Film Terbaik Besutan Sutradara Korea Bong Joon-Ho

1. Film Peraih Oscar

Film Peraih Oscar

Meraih penghargaan di ajang Oscar adalah sebuah prestasi yang cukup membanggakan. Parasite sendiri mencatat sejarah di ajang penghargaan Oscars 2020 sebagai film berbahasa asing pertama yang telah berhasil memenangkan piala untuk kategori Film Terbaik atau 'Best Picture'.

Film ini berhasil mengalahkan beberapa pesaingnya seperti 1917, Jojo Rabbit, The Irishman, Little Women, Marriage Story, Once Upon a Time…in Hollywood, Ford v Ferrari, dan Joker.

Selain meraih 'Best Picture', film yang mengangkat kisah kehidupan Kim Ki-taek ini juga memenangkan beberapa kategori lain seperti 'Best Director', 'Best Original Screenplay', dan 'Best International Film'.

2. Terinspirasi Kehidupan Sang Sutradara

Terinspirasi Kehidupan Sang Sutradara

Jalan cerita dari film Parasite diketahui terinspirasi dari kehidupan sutradara sendiri. Bermula saat Bong Joon-ho masih duduk di bangku kuliah, dimana dirinya sempat bekerja sebagai tutor untuk anak-anak dari pasangan kaya yang tinggal di Seoul.

Saat itu, ia membayangkan seorang guru privat seperti dirinya memiliki niat licik untuk mempekerjakan seluruh keluarganya yang miskin dengan cara manipulatif. Ide tersebut kemudian dituangkan ke dalam kehidupan dua keluarga yang memiliki ketimpangan sosial.

Kepiawaian Bong dalam mengeksekusi jalan cerita menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton maupun kritikus film. Tidak heran bila kemudian film tersebut mendapat sambutan yang besar dari masyarakat dunia.

3. Menyimpan Banyak Makna dan Simbol dalam Tiap Adegan

Menyimpan Banyak Makna dan Simbol dalam Tiap Adegan

Kepiawaian Bong dalam menyelipkan makna dalam setiap adegan memang patut mendapatkan acungan jempol. Bong Joon dianggap cukup berhasil menyampaikan pesan dan kritik sosial bahkan hanya dari poster filmnya, dimana terdapat perbedaan yang cukup jelas berupa sensor yang membedakan strata antara dua keluarga.

Selain itu, terdapat simbol sebuah batu yang dipercaya beberapa pihak sebagai simbol awal kehidupan. Simbol lain yang dianggap cukup bermakna dapat dilihat melalui sajian 'ramdon', dimana makanan tersebut identik sebagai makanan kelas bawah.

Namun, penambahan daging sapi segar membuat hidangan tersebut menjadi layak bagi kelas atas. Hal tersebut dianggap cukup menggambarkan dengan jelas kesenjangan ekonomi antara si kaya dan miskin melalui makanan sehari-hari.

4. Para Pemain Tidak Tahu Jalan Cerita

Para Pemain Tidak Tahu Jalan Cerita

Fakta menarik dari film ini adalah ketidaktahuan para pemain mengenai jalan cerita film ketika ditawari oleh sang sutradara. Meski begitu, para aktornya seperti Choi Woo-sik, Song Kang-ho, dan Park So-dam cukup antusias menyambut tawaran tersebut.

Kepercayaan mereka pada proyek yang dikerjakan Bong membuat mereka bersedia bahkan tanpa mengajukan banyak pertanyaan.

Pengalaman Bong Joon-ho dengan para pemain di proyek sebelumnya membuat mereka jauh lebih siap menerima tantangan. Hal itu dapat dilihat dari chemistry yang terjalin antara pemain yang ditampilkan dalam film ini.

5. Dibuat Mini Series

Dibuat Mini Series

Sukses mencuri perhatian dunia, sutradara Bong Joon-ho bersama dengan Adam McKay, yang dikenal lewat film The Big Short dan Succession berencana mengembangkan film Parasite dalam bentuk mini seri yang akan tayang di layanan streaming HBO.

Beberapa nama besar Hollywood seperti Tilda Swinton sempat digadang-gadang menjadi salah satu pemeran. Tilda Swinton sendiri sebelumnya telah bekerja sama dengan Bong Joon untuk film Snowpiercer, yang rilis tahun 2013.

Selain itu, nama aktor besar seperti Mark Ruffalo, yang kita kenal sebagai Hulk di film Marvel Studio pun disebut akan mengambil bagian dari film mini seri Parasite.

6. Rumah dalam Tangki Air

 Rumah dalam Tangki Air

Salah satu hal yang cukup mencuri perhatian dari film ini adalah keberadaan dua rumah yang menjadi tempat tinggal kedua keluarga. Kedua rumah tersebut diketahui dibangun di awal film.

Uniknya, tempat tinggal keluarga Kim adalah sebuah tangki air yang disulap oleh kru film menjadi sebuah rumah dua lantai dengan bantuan special effect.

Bong Joon menyebut bahwa rumah keluarga Kim sebenarnya hanya memiliki satu lantai. Namun, berkat bantuan green screen. Rumah tersebut terlihat memiliki dua lantai. Bong sendiri menyebut sekitar 480 adegan dalam film diambil dengan menggunakan special effect. Meski demikian, sedikit penonton yang akan menyadari hal tersebut.

7. Berubah Judul

Berubah Judul

Sebelum dirilis dengan judul Parasite, film ini memiliki judul awal The Décalcomanie. Ide Parasite sendiri muncul saat sutradara menyunting hasil akhir film. Décalcomanie adalah istilah dari bahasa Perancis untuk menyebut gambar pada sisi kertas dengan menggunakan sebuah tinta.

Ketika kertas tersebut kemudian dilipat, maka akan terbentuk pola gambar yang serupa. Namun, sebenarnya kedua gambar tersebut berbeda satu sama lain. Hal ini dianggap bisa menjelaskan sesuatu tentang kedua belah keluarga ini. Sekilas keduanya memang terlihat sangat mirip, bahkan mungkin identik, akan tetapi mereka sendiri memang berbeda.

8. Kolaborasi Keempat Bong Joon-ho dan Song Kang-ho

Kolaborasi Keempat Bong Joon-ho dan Song Kang-ho

Bong Joon-ho dan Song Kang-ho diketahui sempat bekerja sama untuk beberapa proyek film sebelumnya, mulai dari Memories of Murder (2003), The Host (2006), dan Snowpiercer (2013). Parasite sendiri menjadi proyek ke empat yang mempertemukan keduanya.

Song Kang-ho sendiri adalah aktor yang cukup lama malang melintang di industri perfilman Korea Selatan. Keduanya diketahui memiliki hubungan yang cukup dekat. Bong  sendiri menilai  kemampuan Song yang cukup baik dalam melakukan berbagai adegan unik.

Dalam sebuah sesi wawancara Bong sempat mengatakan bahwa kemungkinan film tersebut tidak akan berlanjut bila aktor kelahiran Busan tersebut menolak tawarannya untuk bermain di film Parasite.

9. Pencapaian Luar Biasa

Pencapaian Luar Biasa

Parasite telah berhasil mencapai box office dunia. Film ini telah berhasil meraup keuntungan sekitar, $263,4 juta Amerika Serikat dari biaya produksi sebesar $11,8 juta dolar.

Selain pendapatan yang besar, film Parasite juga berhasil meraih sejumlah penghargaan mulai dari Palme d'Or di Festival Film Cannes hingga akhirnya bergelar film terbaik di ajang Academy Awards. Sambutan penonton dan kritikus perfilman yang cukup baik menambah deretan prestasi yang berhasil diraih oleh film tersebut.

Padahal, sejak awal film dirilis Bong tidak terlalu berharap dengan berbagai penghargaan internasional maupun mendapat penghasilan fantastis untuk karyanya. Mengingat plot cerita yang dihadirkan olehnya dianggap tidak biasa.

10. Alergi Moon-gwang Terinspirasi dari Teman Bong Joon-ho

Alergi Moon-gwang Terinspirasi dari Teman Bong Joon-ho

Cerita dibalik alergi Persik Moon-gwang juga berhasil menarik perhatian penonton. Banyak pihak yang mempertanyakan bagaimana Bong bisa menemukan ide tersebut. Mengingat banyak orang yang mengira bahwa alergi buah persik yang dialami Moon-gwang hanya sebuah candaan.

Padahal, kenyataannya alergi tersebut memang benar ada. Hal tersebut pernah dialami oleh teman semasa kuliah Bong. Dimana saat itu, seseorang melempar buah persik kepada temannya, yang akhirnya membuat seluruh tubuh temannya tersebut menjadi merah.

Demikianlah 10 Fakta menarik film Parasite karya sutradara Bong Joon-ho, yang berhasil Bacaterus rangkum khusus untuk kamu. Kehadiran film peraih Oscar ini memang menambah daftar tontonan menarik bagi penonton. Nah, kira-kira hal unik apa lagi yang kamu ketahui tentang film ini? Tulis komentarmu di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram