bacaterus web banner retina

10 Fakta Don’t Look Up yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Don't Look Up merupakan film satir gelap yang digarap oleh sutradara Adam McKay. Film ini bercerita tentang usaha manusia untuk menghalangi komet yang akan menghancurkan Bumi.

Adam McKay adalah sutradara yang pernah membuat karya komedi satir seperti, Anchorman dan Step Brothers. Kali ini Adam McKay memutuskan untuk menggarap film dengan tema yang sedikit lebih serius.

Film besutan Adam McKay ini bertabur bintang. Di film ini kita akan menjumpai Leonardo DiCaprio, Jennifer Lawrence, Meryl Streep, bahkan sampai Ariana Grande.

Selain dari fakta yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi fakta Don’t Look Up yang menarik untuk diketahui. Berikut ini adalah fakta uniknya.

1. Awalnya Akan Didistribusikan oleh Paramount Pictures

1. Awalnya Akan Didistribusikan oleh Paramount Pictures

Film Don’t Look Up diproduksi oleh perusahaan Hyper Object Industries milik sutradara Adam McKay. Awalnya film ini akan didistribusikan oleh Paramount Pictures. Namun, beberapa bulan kemudian Paramount Pictures menjualnya pada Netflix.

Akuisisi ini bisa jadi keputusan yang terbaik untuk film tersebut. Faktanya, sejak dibeli oleh Netflix, Don’t Look Up berhasil bertengger di posisi ke-3 sebagai film Netflix yang paling banyak ditonton. Apalagi, di era pandemi ini, sangat susah untuk memprediksi kemungkinan sebuah film bisa menjadi film box office.

Dengan banyaknya film bertema superhero dan film serial seperti film-film Marvel yang meraup untung besar, kemungkinan Don’t Look Up akan sulit bersaing. Jika film ini gagal, tentunya akan terlihat tidak baik karena film ini bertaburan nama-nama besar Hollywood.

2. Rambut Timothee Chalamet Seharusnya Tidak Panjang

2. Rambut Timothee Chalamet Seharusnya Tidak Panjang

Dalam film Don’t Look Up, Timothee Chalamet berperan sebagai Yule. Yule bertemu dengan Kate (Jennifer Lawrence) saat dia dan temannya hendak mencuri minuman dari toko.

Kemunculan Timothee Chalamet di film tersebut porsinya memang hanya sedikit. Dia baru muncul di saat film mendekati akhir.

Karakter Yule diperlihatkan mempunyai rambut yang panjang. Ternyata rambut panjang ini bukanlah ide dari ini pihak produksi.

Syuting film ini tertunda selama berbulan-bulan karena lockdown saat pandemi Covid-19. Karena lockdown itulah Timothee jadi tidak bisa memotong rambutnya.

Saat sang sutradara melihat rambut Timothee, dia ternyata menyukainya. Jadilah karakter Yule memiliki rambut panjang.

3. Don’t Look Up Bukan Film tentang Kepahlawanan

Don’t Look Up Bukan Film tentang Kepahlawanan

Jika biasanya film-film bertema bencana alam atau akhir dunia akan memunculkan karakter pahlawan yang jadi penyelamat Bumi, tidak begitu dengan Don't Look Up.

Film ini hanya tentang beberapa orang biasa yang menemukan hal mengerikan yang akan terjadi. Mereka pun tidak berakhir sebagai pahlawan penyelamat. Bahkan boleh dibilang usaha mereka sia-sia dan tidak berhasil sama sekali.

Diceritakan Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) bersama dengan Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence), berusaha untuk memperingatkan akan kedatangan komet.

Mereka berbicara pada banyak orang termasuk Presiden Amerika Serikat, Janie Orlean (Meryl Streep), tapi mereka malah dituduh macam-macam.

Dr. Randall dan Kate sudah berusaha sebisa mereka, tapi komet itu akhirnya jatuh juga di lepas pantai Chili. Komet tersebut mengakibatkan bencana di seluruh dunia. Bahkan kedua tokoh tersebut beserta teman-temannya ikut terbunuh karena komet tersebut.

4. Bertabur Bintang Nominator Oscar

Bertabur Bintang Nominator Oscar

Don’t Look Up mungkin merupakan film non-superhero yang banyak diisi oleh bintang-bintang ternama Hollywood. Dalam film ini ada 8 bintang yang pernah dinominasikan untuk Oscar.

5 dari para bintang tersebut tak hanya pernah dinominasikan, bahkan sukses menggondol penghargaan tersebut. Mereka adalah Jennifer Lawrence, Leonardo DiCaprio, Meryl Streep, Cate Blanchett, dan Mark Rylance.

Mengingat banyaknya bintang ternama di film ini, pastinya sangat mengejutkan mengetahui para kritikus tidak terkesan dengan Don’t Look Up. Film ini mendapatkan rating 49/100 di Metacritic.

Beberapa kritikus film dari The Hollywood Reporter, Variety, National Review, juga Washington Examiner memberikan ulasan negatif untuk film ini.

5. Jennifer Lawrence Mengalami Kecelakaan Saat Syuting

5. Jennifer Lawrence Mengalami Kecelakaan Saat Syuting

Saat syuting Don't Look Up, Jennifer Lawrence mengalami kecelakaan. Sebuah kaca meledak di lokasi syuting dan mengenai Jennifer.

Setelah kecelakaan tersebut, maka produksi film pun dihentikan sehari. Adegan yang sengaja dibuat tersebut seharusnya menyebabkan kaca pecah dan bukan meledak.

Ledakan itu membuat pecahan kaca melayang dan mengenai daerah di dekat mata Lawrence. Kru film sangat terguncang dengan kecelakaan tersebut. Namun untunglah Jennifer Lawrence baik-baik saja setelah insiden tersebut.

6. Leonardo DiCaprio Benar-Benar Mempelajari Dinamika Orbital

6. Leonardo DiCaprio Benar-Benar Mempelajari Dinamika Orbital

Agar karakter yang diperankannya terlihat meyakinkan, Leonardo DiCaprio pun melakukan konsultasi dengan seorang astronom bernama Amy Mainzer. Dikabarkan Leonardo mempelajari Dinamika Orbital sampai 6 bulan lamanya.

Para aktor yang hebat memang selalu berusaha keras untuk memberikan yang terbaik dalam film yang dia bintangi. Tampaknya itulah yang dilakukan oleh Leonardo DiCaprio.

Meskipun usahanya tersebut tidak terlalu berdampak besar pada filmnya, tapi sebagian besar aspek sains dalam film tersebut tepat.

7. Gigi Jennifer Lawrence Patah Saat Syuting

7. Gigi Jennifer Lawrence Patah Saat Syuting

Jadi selain insiden dengan kaca yang mengenai mukanya, Jennifer Lawrence juga mengalami masalah lainnya. Gigi Jennifer Lawrence patah ketika syuting.

Namun, dirinya tidak bisa memperbaiki giginya tersebut karena syuting dilakukan saat puncak pandemi Covid-19. Protokol kesehatan yang ketat membuat Jennifer Lawrence harus syuting dengan gigi patah.

Untungnya kemajuan teknologi berhasil mengatasi masalah yang dihadapi oleh Jennifer. Gigi Jennifer Lawrence yang patah pun jadi tidak terlihat karena berhasil ditangani dengan proses editing.

Alhasil, gigi sang aktris pun terlihat normal. Tentunya kabar ini membuat fans Jennifer senang karena masalah itu tak terlalu besar sehingga dia tidak harus berhenti syuting.

8. Penggunaan Tas Birkin Merupakan Ide Jonah Hill

Penggunaan Tas Birkin M

Karakter Jason Orlean yang diperankan oleh Jonah Hill adalah seorang Kepala Staf Presiden. Dalam tas Birkin seharga sekitar 30.000 dolar AS yang dibawanya itu terdapat kode nuklir. Penggunaan tas itu merupakan ide dari Jonah Hill sendiri karena menurutnya itu hal yang menarik.

Ide menenteng tas Birkin yang berisi kode nuklir ini memang membuat karakter Jason Orlean jadi lebih menarik untuk diikuti. Penggunaan tas ini jadi semacam pembenaran untuk memperlihatkan betapa cerobohnya sang presiden.

Kode sepenting itu hanya dibawa di dalam tas seperti itu. Ini seperti menandakan bahwa sang presiden bisa dengan mudah memulai perang nuklir kapan saja.

9. Smartphone yang Digunakan adalah Produk yang Gagal di Pasaran

Smartphone yang Digunakan adalah Produk yang Gagal di Pasaran

Jika menyaksikan film Don’t Look Up, penonton akan melihat semua karakter menggunakan smartphone. Ponsel pintar yang digunakan dalam film ini adalah Hidrogen, ponsel keluaran perusahaan RED.

Perusahaan tersebut terkenal sebagai perusahaan pembuat kamera film. Ponsel pintar ini mengalami kegagalan besar ketika dirilis.

Film Don't Look Up menggunakan Hidrogen untuk memberi nuansa futuristik dan teknologi. Namun, penggunaan ponsel tersebut terasa aneh.

Biasanya product placement tujuannya untuk membantu mendongkrak pendapatan. Karena itu, biasanya film atau acara TV menggunakan produk yang populer agar menguntungkan kedua belah pihak.

10. Kostum Ariana Grande Mudah Terbakar

10. Kostum Ariana Grande Mudah Terbakar

Susan Matheson yang menjadi perancang kostum dalam film Don’t Look Up mengatakan bahwa kostum yang dikenakan oleh Ariana Grande sangat berbahaya. Kostum tersebut mudah terbakar sehingga mereka harus terus melindungi Ariana agar tidak mendekati kembang api.

Peran Ariana Grande dalam Don't Look Up dianggap sebagai salah satu penampilan terbaiknya. Meski pendapat tersebut masih diperdebatkan, tak bisa dipungkiri kalau penampilan Ariana Grande cukup mengesankan.

Adegan terbaik Ariana di film itu adalah saat dia tampil di atas panggung. Dalam film yang dipenuhi oleh karakter dengan selera fashion yang biasa-biasa saja, penampilan Ariana jadi terlihat menyegarkan.

Itulah fakta 10 menarik seputar film Don’t Look Up. Film ini dikatakan sebagai film berbahasa Inggris yang paling banyak ditonton di Netflix.

Sejak dirilis, film ini mendapatkan opini positif dari banyak ilmuwan iklim. Selain itu, film ini juga dinominasikan untuk 4 kategori di Golden Globe Award, salah satunya adalah Best Picture.

Don’t Look Up berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Original Screenplay pada penghargaan Writers Guild of America Awards yang ke-74. Menonton film ini bisa membuatmu berpikir tentang ancam-ancaman yang mungkin menyerang planet kita. Tertarikkah kamu untuk menonton film ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram