bacaterus web banner retina

15 Drama Terbaik Yeom Hye Ran, Spesial Karakter Pendukung

Ditulis oleh Suci Maharani R

Seorang aktris tidak harus menjadi pemeran utama untuk menunjukkan kualitas aktingnya. Banyak aktris-aktris berbakat yang hanya tampil sebentar sebagai pemeran pendukung atau cameo, tetapi mampu meninggalkan kesan yang mendalam pada penonton. Salah satunya adalah Yeom Hye Ran, aktris asal Korea Selatan yang sering muncul di berbagai drama-drama populer.

Meskipun perannya kecil, ia selalu menampilkan bakat aktingnya dengan luar biasa dan mencuri perhatian. Oleh karena itu, saya menganggap Yeom Hye Ran sebagai spesialis karakter pendukung dengan akting memukau. Tidak hanya satu, tetapi hampir di semua drama yang dibintanginya Yeom Hye Ran selalu jadi show stealer.

Berikut ini adalah daftar drama-drama terbaik yang pernah dibintangi oleh Hye Ran yang telah Bacaterus rangkum dan patut kamu tonton!

1. Hospital Playlist 1

Hospital Playlist 1

Hospital Playlist sudah meriah karena dibintangi oleh deretan aktor papan atas Korea Selatan. Tapi, kemunculan Yeom Hye Ran di episode pertamanya berhasil membuat hati para penonton terenyuh. Jadi cameo, Yeom Hye Ran memerankan karakter seorang ibu dari pasien bernama Min Yeong. 

Anak perempuannya adalah pasien dari dokter Ahn Jung Won (Yoo Yeon Seok), salah satu dokter anak di rumah sakit. Sebagai ibu, ia sangat teliti dan waspada dengan kesehatan sang putri. Tidak jarang ia melakukan protes kepada dokter jaga dan perawat karena dirasa tidak kompeten saat merawat putrinya. 

Dia berusaha untuk menyelamatkan sang putri, tetapi nyawa Min Yeong tidak dapat ditolong lagi meski peralatan medis yang digunakan sangat canggih. Dokter Ahn Jung Won pun berusaha memberikan penjelasan kepada Ibu Min Yeong, meskipun sulit, dia harus bisa menerima kenyataan pahit tersebut. 

Buat kamu yang belum pernah menonton Hospital Playlist, drama medis ini punya premis yang berbeda lho. Berbagai kemelut rumah sakit yang rumit dibuat lebih ringan dengan tambahan komedi dan musikal. Saya yakin kamu akan nyaman saat menonton drama satu ini.

2. The Glory

The Glory_

The Glory kayak disebut sebagai drama paling fenomenal yang pernah dibintangi oleh Yeom Hye Ran. Berkat akting memukaunya, Yeom Hye Ran dinominasikan sebagai “Best Supporting Actress” di Baeksang Arts Awards, sayang ia tidak berhasil memenangkan penghargaan tersebut

Perannya dalam drama ini adalah Kang Hyeon Nam, sosok tangan kanan yang membantu Moo Dong Eun (Song Hye Kyo) untuk membalaskan dendamnya. Kang Hyeon Nam bekerja di rumah Presiden Yayasan Semyeong sebagai asisten rumah tangga mereka. 

Tugasnya cukup mudah tapi beresiko tinggi, karena Kang Hyeon Nam harus memata-matai kegiatan Park Yeon Jin (Lim Ji Yeon) dan gengnya. Hasilnya memang tidak mengecewakan, informasinya selalu valid dan sangat membantu upaya Moo Dong Eum untuk menghancurkan para perikasnya semasa SMA. 

Tentu saja, pekerjaan Kang Hyeon Nam ini tidak dilakukan dengan cuma-cuma. Sebagai balasan atas berbagai informasi yang diberikannya, Moo Dong Eum akan membantunya untuk membunuh suaminya. Rupanya, Kang Hyeon Nam adalah korban kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh suaminya dan ia ingin mengakhiri penderitaannya lewat Moo Dong Eum.

Fyi, saat menulis karakter Kang Hyeon Nam, penulis Kim Eun Sook langsung teringat dengan Yeom Hye Ran. Dia berusaha keras agar karakter ini hanya diberikan kepada Yeom Hye Ran. Pemikirannya memang tidak salah karena Yeom Hye Ran tampil dengan akting dan penjiwaan karakter yang memukau.

3. The Uncanny Counter Season 2

The Uncanny Counter Season 2_

Kisah para Counters ternyata masih berlanjut, tugas Choo Mae Ok (Yeom Hye Ran) pun bakal lebih berat dari sebelumnya. Di episode perdana The Uncanny Counter Season 2, Choo Mae Ok melakukan aksi heroik saat berupaya menyelamatkan para pekerja konstruksi dan anak-anak yang jadi korban iblis jahat. 

Dia berusaha menghentikan pengemudi bus anak yang dirasuki oleh iblis. Membawa dua pipa besi, usahanya untuk menghentikan sopir bus hampir berhasil. Namun, dalam upayanya ini beberapa pekerja konstruksi terluka parah sehingga ia pun harus menyembuhkan mereka dengan kekuatannya. 

Dari sini sudah terbayang dong, sekeren dan sehebat apa aksi dari ibu para Counters ini? Aksi yang lebih gila akan dihadapi oleh Choo Mae Ok dan timnya, karena mereka bakal berhadapan dengan musuh yang lebih kuat dari sebelumnya. 

4. Lawless Lawyer

Lawless Lawyer_

Dalam drama Lawless Lawyer, Yeom Hye Ran layaknya anjing peliharaan yang setia pada tuannya. Memerankan karakter bernama Nam Soon Ja, ia bekerja sebagai asisten dari Cha Moo Sook (Lee Hye Young), hakim senior yang dihormati tetapi punya banyak perangai busuk. 

Sebenarnya Naa Soon Ja bukalah asisten resmi dari hakim Cha Moo Sook, tetapi ia sangat setia pada tuannya. Dia tahu apa yang disukai dan tidak disukai oleh Cha Moo Sook. Wanita ini dapat diandalkan, terutama untuk melakukan berbagai pekerjaan kotor, seperti korupsi hingga pembunuhan. 

Tentu saja, semua yang dilakukan oleh Nam Soon Ja tidak selalu berdasarkan kesetiaan. Pada akhirnya ia mengakui, bahwa semua perbuatan buruknya ini dilakukan agar anak perempuannya, jaksa Kang Yeon Hee mendapatkan nasib yang lebih baik. 

Memerankan karakter penjahat, akting dan emosi yang diberikan oleh Yeom Hye Ran memang tidak ada duanya. Saya yakin, selama menonton Lawless Lawyer kamu akan emosi tiap kali sosok Nam Soo Ja muncul dengan kesombongannya. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menonton dramanya? 

5. Mask Girl

Mask Girl_

Karakter Yeom Hye Ran di drama thriller dan misteri ini adalah seorang ibu tunggal bernama Kim Kyung Ja. Menghidupi anaknya seorang diri memang hal yang sulit, akan tetapi Kim Kyung Ja berusaha menjalaninya dengan bahagia. Semua ini dilakukannya demi anak laki-lakinya yang bernama Joo Oh Nam (Ahn Jae Hong).

Berangan-angan Joo Oh Nam kelak bisa menjadi dokter yang sukses, Kim Kyung Ja tidak segan mengambil banyak pekerjaan paruh waktu. Ia pernah jadi pembantu rumah tangga, pengantar makanan, sopir taxi hingga kini berhasil memiliki restorannya sendiri. 

Namun, semua impiannya hancur ketika Kim Kyung Ja mengetahui bahwa putra semata wayangnya tewas mengenaskan. Tidak ada lagi kelembutan dalam dirinya, hanya dendam untuk membalaskan kematian Joo Oh Nam yang ada dalam hati dan pikirannya. 

Kisah menyedihkan ini adalah penggalan cerita yang dapat kamu temukan saat menonton Mask Girl. Sebenarnya fokus utamanya mengisahkan kehidupan seorang wanita bernama Kim Mo Mi (Lee Han Byeol), yang menjalani dua kehidupan yang berbeda. 

Di siang hari Kim Mo Mi hanyalah pegawai kantoran biasa dengan wajah yang menyeramkan. Sementara di malam hari, Kim Mo Mi menjelma jadi Mask Girl, selebriti internet yang seksi dan memiliki banyak penggemar.

Sialnya, identitas Kim Mo Mi sebagai Mask Girl membuatnya terlibat dalam banyak konflik. Salah satunya saat ia nekat membunuh Joo Oh Nam, rekan kerjanya di kantor yang ternyata juga penggemar berat Mask Girl. Aksi brutalnya ini membuat Kim Mo Mi harus berhadapan dengan Kim Kyung Ja, ibu kandung Joo Oh Nam, yang ingin balas dendam atas kematian anak tersayangnya.

6. Prison Playbook

Prison Playbook

Lagi-lagi memerankan karakter seorang ibu, peran Yeon Hye Ran dalam Prison Playbook adalah sosok ibu yang sangat tegas dan lugas. Wanita ini memiliki kedai iga pedas yang populer dan seorang anak laki-laki bernama Yoo Han Yang. Namun, anaknya ini sangat sulit diatur dan kini jadi tahanan dalam kasus pengedaran dan pemakaian narkoba. 

Dalam penyelidikan dan persidangan, Yoo Han Yang dinyatakan bersalah dan mendapatkan hukuman 10 bulan penjara. Sebenarnya hukuman ini cukup ringan dan tidak sesuai dengan dugaannya. Sebagai ibu, dia tidak merasa keberatan jika anak laki-lakinya harus mendekam di penjara. 

Baginya, Yoo Han Yang memang layak untuk mendapatkan pelajaran atas perilaku dan perbuatan buruknya. Dalam Prison Playbook, Yeom Hye Ran adalah sosok emak-emak yang garang dan patut diacungi jempol. Padahal dia adalah wanita kelas atas, tapi sangat taat dengan hukum dan aturan.

7. The Uncanny Counter

The Uncanny Counter_

The Uncanny Counter adalah drama supernatural dan kriminal yang mengisahkan sekelompok pahlawan super yang disebut dengan nama “Counters.” Para Counters diketahui memiliki bakat dan kekuatan yang berbeda-beda yang membuatnya bisa bertahan saat melawan para roh dan iblis jahat. 

Hidup di bumi, para Counters harus menyembunyikan identitas mereka dengan menyamar sebagai karyawan di restoran bakmi. Dengan penyamaran ini mereka dapat menjalankan tugasnya, tanpa khawatir ada manusia yang menyadari kehadiran mereka sebagai manusia super. 

Yeom Hye Ran memerankan karakter bernama Choo Mae Ok, yaitu seorang Counter yang menyamar jadi koki restoran bakmi. Dalam timnya, Choo Mae Ok bagaikan sosok ibu yang kerap memberikan nasihat dan melindungi anggotanya, termasuk si maknae So Moon (Cho Byeong Gyu). 

Choo Mae Ok menjadi seorang Counters pasca ia dirasuki oleh roh Su Ho. Sejak saat itu Choo Mae Ok memiliki beberapa kekuatan super, salah satunya adalah kemampuan untuk menyembuhkan dalam waktu singkat.

8. Goblin

Goblin

Ingat dengan bibi Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang kasar dan menyebalkan? Nah, sosok ini diperankan oleh Yeom Hye Ran lho. Dalam Goblin, Yeom Hye Ran memerankan karakter pendukung bernama Ji Yeon Sook, yaitu bibi kandung Ji Eun Tak. 

Semenjak ibu kandung Ji Eun Tak Meninggal, dia berada di bawah asuhan bibinya yang sangat menyebalkan ini. Ji Yeon Sook selalu memperlakukan Ji Eun Tak sesuka hatinya, bahkan tidak segan untuk berlaku kasar. 

Bahkan, Ji Yeon Sook berupaya untuk mencuri uang asuransi milik ibu Ji Eun Tak. Dia selalu menekan Ji Eun Tak untuk menyerahkan buku tabungan kakaknya, tapi sebelum itu Ji Yeon Sook dan kedua anaknya malah terkena batunya. 

Mereka ditangkap polisi karena tuduhan mencuri dua emas batang yang tersimpan di laci Go Eun Tak. Ternyata, semua ini adalah akal-akalan Kim Shin (Gong Yoo) untuk membuat bibi dan keponakan Ji Eun Tak kapok.

9. Alchemy of Soul

Alchemy of Soul_

Para pecinta K-drama pasti tahu dengan drama romantis dan fantasi berjudul Alchemy of Soul. Drama yang diarahkan Park Joo Hwan ini populer banget, karena ide ceritanya yang fresh dan deretan pemeran utamanya jempolan. 

Penasaran dengan alur ceritanya? Berlatar di sebuah negara fiksi bernama Daeho, Jang Wook (Lee Jae Wook) adalah putra dari keluarga terhormat, tetapi memiliki masa lalu yang menyedihkan. Suatu hari Jang Wook bertemu dengan seorang gadis bernama Mu Deok, yang ternyata dirasuki oleh roh pembunuh legendaris bernama Nak Soo. 

Awalnya hubungan mereka hanyalah murid dan guru, hingga perlahan-lahan cinta muncul di hati mereka. Tapi, ada banyak rintangan yang harus dilalui Jang Wook dan Mu Deok untuk mempertahankan cinta mereka.

Ada yang sudah menonton Alchemy of Soul? Apakah kamu sadar, kalau Yeom Hye Ran muncul sebagai cameo dan mendominasi opening di episode perdananya? Dia terlihat membantu seorang wanita dan anak laki-lakinya dengan memberikan mereka makan. Namun, tujuan utamanya adalah membiarkan dua orang yang malang itu jadi santapan putranya yang dirasuki setan.

10. Juvenile Justice

Juvenile Justice

Oh Seon Ja (Yeon Hye Ran) adalah pemilik sekaligus pengurus Pusat Rehabilitasi Pureum, yaitu rumah penyuluhan untuk anak-anak pelaku kejahatan. Awalnya Oh Seon Ja mengurus yayasan ini bersama suaminya, namun dua tahun lalu sang suami harus pindah ke luar negeri karena pekerjaannya. 

Kini, Oh Seon Ja mengurus Pusat Rehabilitasi Pureum bersama kedua anak perempuannya. Pusat Rehabilitasi Pureum menjadi rumah rehabilitasi anak pertama yang bekerjasama dengan Pengadilan Yeonhwa. 

Sebagai penyuluh dan tutor, Oh Seon Ja memiliki prestasi dan bersertifikasi lho. Ia selalu memiliki cara untuk menangani berbagai kenakalan anak dan tahu cara terbaik untuk mendekati mereka. Semua ini dilakukannya karena Oh Seon Ja peduli pada anak-anak dan kehadiran mereka bagaikan obat karena di masa lalu ia pernah kehilangan bayinya. 

Jadi cameo di Juvenile Justice, Yeon Hye Ran bakal memberikan beberapa kejutan. Pusat Rehabilitasi Pureum memiliki banyak rahasia, tipu daya dan misteri yang nantinya bakal bikin kamu tercengang.

11. The K2

The K2_

Dalam The K2, karakter yang diperankan Yeon Hye Ran mungkin terlihat remeh. Dia memerankan seorang pembantu rumah tangga yang bekerja di sebuah rumah mewah untuk menjaga Anna (Im Yoona); anak perempuan dari calon presiden.

Awalnya ia hanya menjalankan tugasnya untuk membersihkan rumah dan membuatkan makanan untuk Anna. Selama beberapa waktu, dia tidak pernah saling sapa atau berbicara dengan Anna. 

Hanya setelah Kim Je Ha (Ji Chang Wook) menjadi bodyguard Anna, hubungan mereka jadi lebih dekat. Perlahan-lahan Anna mulai membuka diri dan mau berbicara dengan orang lain.

The K2 adalah drama aksi dan psikologi yang sangat direkomendasikan. Drama ini menyuguhkan berbagai kasus kejahatan yang kejam, tipu daya, intrik, kehidupan yang menyedihkan dan kisah cinta yang manis. Selain itu, dari sisi akting, hingga sinematografi dan scoring-nya tidak pernah gagal menusuk hati.

12. Live

Live_

Live adalah drama romantis dan komedi yang mengambil latar kehidupan para polisi muda di Korea Selatan. Kembali memerankan karakter seorang ibu, wanita ini adalah sosok ibu yang sangat suportif untuk putranya yang bernama Yeom Sang Soo (Lee Kwang Soo). 

Yeom Sang Soo sebenarnya tipe cowok mainstream, dia punya mimpi tapi tidak semua impian dapat dikabulkan. Namun, Yeom Sang Soo sangat optimis dengan mimpinya menjadi seorang pejabat publik. Usai menjalani wajib militer, Yeom Sang Soo memutuskan untuk mendaftar ke kepolisian. 

Jadi petugas dengan jabatan yang rendah, Yeom Sang Soo kerap dihadapkan dengan “kesialan.” Bayangkan saja, hampir seluruh kasus yang ditanganinya selalu membuatnya kesulitan, sampai-sampai Sang Soo harus berkonflik dengan atasannya sendiri. 

Yeom Sang Soo punya impian, menjadi polisi hebat dan dapat diandalkan. Namun, berbagai ketidakberuntungan yang terus didapatkannya membuat pekerjaannya terasa sulit. Setidaknya, Sang Soo punya rekan yang sama gigihnya dengan dirinya, yaitu Han Jung Oh (Jung Yu Mi), polisi wanita yang penuh semangat dan ambisius.

13. Dear My Friends

Dear My Friends_

Kim Soon Young (Yeom Hye Ran) terlena dengan cinta, sehingga ia tidak mengindahkan perkataan ibunya dan memutuskan menikah dengan kekasihnya. Namun, Kim Soon Young akhirnya sadar bahwa tidak semua cinta selalu berakhir dengan kebahagiaan. 

Inilah kisah cintanya yang tidak pernah bahagia dengan pernikahannya. Dia jadi korban kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh suaminya sendiri, pria yang sangat dicintainya. 

Kim Soon Young tidak berani mengatakan permasalahannya pada sang ibu, ia malu dan merasa tidak pantas untuk kembali padanya. Sang ibu, Moon Jeong Ah (Na Moon Hee), mungkin terlihat ketus, kasar dan tidak peduli padanya. Kenyataannya, ia menangis karena tidak rela anak perempuannya disakiti dan hancur. 

Dalam Dear My Friends, Yeom Hye Ran hadir sebagai karakter pendukung. Namun, aktingnya dijamin bikin penonton terenyuh. Kita dapat melihat, rasa sakit, sedih, takut dan bingung, ketika seorang wanita jadi korban kekerasan dalam rumah tangga dan tidak tahu apa yang harus ia lakukan.

14. Mystic Pop-up Bar

Mystic Pop-up Bar_

Dengan dandanan badass seperti yang kamu lihat dalam foto, siapa yang menyangka kalau dia adalah God of the Underworld yang dikenal dengan nama Yeomradaewang? Inilah karakter yang diperankan oleh Yeom Hye Ran dalam drama Mystic Pop-up Bar

Jadi dewa di dunia modern, dandanannya sebagai seorang dewa memang nyentrik tetapi cocok dengan kepribadiannya yang tegas. Sebagai penguasa Underworld, Yeomradaewang memiliki kekuasaan yang sangat besar. Bahkan, dialah yang memberikan hukuman 500 tahun kepada Weol Ju (Hwang Jung Eum).

Adapun Mystic Pop-up Bar bercerita tentang Weol Joo, seorang wanita pemarah yang menjalankan kafe misterius, yaitu Verbena Pojangmacha (tempat minum di luar ruangan). Wanita ini memiliki kekuatan supernatural, dimana dia dapat mengunjungi mimpi para pelanggannya dan bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah mereka.

Weol Ju yang sudah hidup selama ratusan tahun sedang menjalani hukuman dari God of the Underworld. Wanita ini harus menyelesaikan dendam dari 100.000 jiwa untuk mendapatkan kedamaian.

15. When the Camellia Blooms

When the Camellia Blooms

Yeom Hye Ran membawa pulang dua piala bergengsi dari KBS DRama Awards 2019, yaitu sebagai “Best Supporting Actress” dan “Best Couple” bersama aktor populer Korea Selatan Oh Jung Se. Padahal, dalam drama ini Yeom Hye Ran hanya didapuk sebagai pemeran pendukung saja lho.

Hye Ran berperan sebagai Hong Ja Young, dia adalah pengacara yang cerdas dan istri dari Gyu Tae (Oh Jung Se), dan pemilik tanah yang ditempati Dong Baek (Gong Hyo Jin). Kepribadian Hye Ran ini memang kurang baik karena sebagai istri, ia tidak pernah menghormati Gyu Tae selayaknya suami pada umumnya. 

Di mata Ja Young, Gyu Tae tidak lebih dari sosok suami yang tidak berguna. Sementara dirinya, punya karir, uang dan kedudukan yang jauh lebih tinggi dari sang suami. Hal inilah yang membuat rumah tangga mereka tidak pernah bahagia. 

Saat menonton When the Camellia Blooms, kamu akan menemukan sosok single mother yang hebat dan inspiratif seperti Oh Dong Baek yang diperankan oleh Gong Hyo Jin. Di sisi lainnya, ada sosok ibu rumah tangga dan wanita karir yang menyebalkan seperti Hong Ja Young. Menarik untuk ditonton, bukan?

Inilah beberapa rekomendasi drama terbaik yang dibintangi oleh Yeom Hye Ran yang sudah Bacaterus rangkum. Saya pribadi menyukai penampilannya di drama The Glory dan Dear My Friends, karena aktingnya bikin merinding dan kagum. Kalau kamu, drama mana nih yang bikin penasaran?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram