bacaterus web banner retina

8 Drama Terbaik Tonnam Piamchon: BL, Sci-Fi, Hingga Medis

Ditulis oleh Syuri K.N.

Nama Tonnam Piamchon Damrongsunthornchai mungkin memang belum terlalu dikenal secara luas. Akan tetapi, bagi Thai enthusiast, pasti pernah sekali-dua kali melihat wajahnya. Coba diingat-ingat lagi, siapa tahu Tonnam muncul di drama Thailand favoritmu, tapi kamu belum menyadari kehadirannya.

Tonnam adalah seorang aktor, penyanyi, dan rapper asal Negeri Gajah Putih. Untuk karir bernyanyinya, Tonnam bergabung dalam proyek boy group bernama KissboysTH.

dol group hasil ajang survival ini punya lima member, dan saya yakin kamu kenal beberapa atau bahkan semua anggotanya. Ada Saint Suppapong, Mean Phiravich, Peak Peemapol, Jo Kavinpat, dan Tonnam tentunya!

Sayang, penggemar hanya bisa sebentar saja melihat performance KissboysTH, karena mereka hanya proyek satu tahun saja. Setelah bubar, masing-masing anggota KissboysTH melebarkan sayapnya masing-masing. Untuk Tonnam, dia semakin sering berakting di layar kaca!

Ingin tahu apa saja drama yang diperankan oleh si unyu-unyu Tonnam? Mari simak daftarnya di bawah ini, ya.

1. Wish You Luck

Wish you luck

Menggabungkan tema boys' love dengan drama sih sudah biasa. Tapi, kalau digabung dengan sci-fi, survival, post apocalyptic, dan disaster, tentunya masih jarang banget ditemukan. Apalagi genre tersebut jarang diproduksi oleh sineas Thailand. Itulah mengapa kamu jangan sampai mengabaikan Wish You Luck.

Di drama pendek ini, Tonnam berperan sebagai aktor utamanya, yaitu Ken. Drama ini berlatarkan dunia yang hampir kiamat setelah sebuah meteor menghantam bulan, yang anehnya membuat para manusia satu per satu menghilang bagai debu seperti terkena Snap Thanos. Tapi, tentu saja drama ini tidak ada kaitannya dengan kisah Marvel, ya.

Ken sebenarnya terlahir beruntung. Dia selalu memiliki nasib baik, to the point setiap kali dia dalam masalah, selalu ada saja orang yang membantunya. Tapi, keberuntungan itu hanya untuk dirinya sendiri. Sementara kehadirannya membawa nasib sial bagi orang-orang di sekitarnya.

Contohnya, ketika Ken menyaksikan sendiri orang-orang berubah menjadi debu, dia seakan tidak dirisaukan oleh fenomena itu. Menyadari Bumi akan segera musnah, Ken berusaha kembali ke rumahnya di Chiang Mai, mencari tahu apakah masih ada orang yang selamat di sana.

Di Chiang Mai ternyata ada seorang pria muda seusianya, namanya Q (Title Teshin). Tampaknya, Q satu-satunya penyintas yang selamat di Chiang Mai, atau mungkin di Thailand, mungkin juga seantero dunia. Ken yang menganggap dirinya pembawa petaka untuk orang lain meminta Q untuk menjauh.

Akan tetapi, Q tidak mau, dia ingin terus bersama Ken sampai Bumi benar-benar kiamat. Q tidak ingin sendirian ketika hal itu terjadi. Maka, sebagai dua manusia terakhir di planet ini, Ken dan Q berjuang untuk bertahan hidup sembari kebingungan dengan perasaan mereka yang semakin dalam satu sama lain.

Selain konsep dan ide cerita yang unik, saya mau apresiasi CGI yang digunakan untuk proyek ini. Walau bukan dibuat sebagai film layar lebar atau Y-series, visual effect-nya sudah mendekati maksimal.

Cara pengambilan gambar, bagaimana set dibuat, hingga wardrobe dan riasan yang dipakai, semuanya pas sekali menggambarkan post apocalyptic world. Drama ini juga merupakan pertama kalinya Tonnam menjadi pemeran utama, jadi pastinya spesial banget buat Tonnam dan penggemarnya.

2. Triage

Triage

Apa kamu mengerti istilah triage? Kata tersebut merujuk pada proses pengobatan pasien dalam kondisi gawat darurat.

Tenaga kesehatan akan memilih mana pasien yang membutuhkan perawatan sesegera mungkin, dan mana pasien yang masalahnya tidak terlalu serius sehingga setiap pasien bisa mendapatkan perawatan yang maksimal dan tepat sasaran.

Nah, drama ini terinspirasi dari kondisi tersebut. Berlatarkan unit gawat darurat di suatu rumah sakit, dr Tin (Tae Darvid) yang berada di tahun ketiganya sebagai residen di sana. Dia harus menghadapi pasien yang datang dengan beragam penyakit setiap harinya.

Suatu hal yang aneh terjadi pada hari ke-18 sejak Tin bekerja. Ada kasus kecelakaan mobil milik mahasiswa bernama Tol (Tee Thanapon) yang terbalik dan ringsek. Tol yang masih bernapas dia dibawa ke ruang gawat darurat dalam kondisi kritis.

Dr Tin tidak berhasil menyelamatkan nyawa Tol, yang seharusnya menjadi hal yang lumrah terjadi di rumah sakit. Menariknya, semenjak itu, hidup dr Tin pun berubah drastis. Malam ketika Tol kecelakaan terus berulang, yang membuat Tin berkali-kali melakukan upaya penyelamatan.

Akhirnya Tin tersadar, kalau dia terjebak dalam lingkaran waktu, dan dia tidak akan bisa keluar dari siklus tersebut sampai berhasil mengubah hasil dari kehidupan Tol. Tin pun berusaha mengubah takdir, agar Tol tidak sampai naik mobil itu yang berakhir kecelakaan dan membahayakan nyawanya.

Siapa tahu kamu merasa familiar dengan ceritanya dan penasaran sumbernya dari mana, serial ini diangkat dari web novel berjudul sama karya Sammon_Scene.

Cerita medical dengan sentuhan fantasi sudah lumayan sering dibuat, terutama oleh Cina, Korea Selatan, dan juga Thailand. Tapi, bukan berarti Triage membosankan. IMDb pun memberi skor 8,2/10 untuk drama ini.

Lalu, di mana Tonnam Piamchon berada? Dia berperan sebagai dr Singharat atau yang lebih sering disapa Sing. Lagi-lagi, dia menempati peran sebagai supporting role. Ceritanya di sini dia ada hubungan khusus dengan salah satu rekan dokternya di rumah sakit, yaitu dr Gap (Aob Tanadol)!

3. Investigation of Love

Investigation of Love

Dalam Kisah yang menggugah hati ini, ada Pat (Linn Mashannoad), pengacara wanita dengan jiwa keadilan tinggi. Suatu hari saat menangani kasus, Pat bertemu dengan Wasu (Top Jaron) politisi muda yang bersemangat. Pertemuan pertama yang penuh tantangan itu menyisakan dendam di dalam hati keduanya.

Namun, takdir tampaknya memiliki rencana lain untuk mereka, karena nasib terus mempertemukan keduanya dalam situasi yang mengejutkan. Pat dan Wasu ditugaskan untuk mengungkap misteri di balik sosok berpengaruh yang dicurigai telah berbuat tindak kriminal.

Tugas ini membawa Pat dan Wasu menjadi rekan tim yang tidak bisa akur. Meskipun dimulai dengan perselisihan dan ketegangan, peristiwa mereka dalam menyelidiki kasus telah mengubah landasan hubungan keduanya.

Proses penggalian ke dalam dunia yang penuh intrik dan rahasia ini mengubah pandangan mereka satu sama lain. Dalam perjalanan yang tak terduga ini, Pengacara Pat dan Wasu mengerti bahwa dari ketidakcocokan bisa muncul kerjasama yang tak terduga. Perasaan yang tumbuh di tengah-tengah tugas juga menguji Wasu dan Pat.

Tonnam Piamchon berperan sebagai supporting role dalam kisah ini, yaitu Khomkrit. Dia menjadi rival love interest dari Wasu. Jadi, kita bakal melihat aksi Khomkrit sebagai pebinor alias perebut (calon) bini orang, teman-teman!

4. Love Upon a Time 

Love Upon a Time 

Tonnam Piamchon beberapa kali berakting di serial BL, tapi belum pernah menjadi pemeran utamanya. Kali ini pun, Tonnam berpartisipasi dalam Love Upon a Time Series sebagai supporting role. Walau begitu, kita bisa cukup sering melihatnya di layar kaca, sebab karakternya merupakan pelayan utama bangsawan yang menjadi main role.

Kisah Love Upon a Time menurut saya sangat menarik, sebab drama ini memasukkan time travel ke masa lalu. Drama yang dikenal juga dengan judul Phop Ter ini memboyong couple on-screen yang lagi naik daun: Net Siraphop dan James Supamongkon.

Net berperan sebagai Phop di masa lalu dan Tinnaphop di masa sekarang. Sementara James berperan sebagai Klao di masa lalu dan Nakhun di era modern. Cerita berpusat pada Nakhun, seorang mahasiswa biasa-biasa saja yang skeptis akan kepercayaan tak logis, seperti reinkarnasi.

Hingga pada suatu hari, Nakhun merasakan sendiri karma dari sikapnya selama ini, dia tiba-tiba saja terlepar ke masa lalu. Sekarang kurang lebih 400 tahun lalu dari linimasa Nakhun yang sebenarnya, di mana Thailand masih dikuasai oleh Kerajaan Ayutthaya.

Klao, yang wajah dan tubuhnya 100% mirip Nakhun, dikabarkan menghilang. Jadi, dengan adanya Nakhun di sana, Klao dianggap sudah ditemukan. Dia tidak bisa menjelaskan pada siapapun kalau dia bukan Klao. Pertama, tidak akan ada orang yang percaya, dan kedua, dia bisa dianggap gila.

Jadi, untuk saat ini, Nakhun memutuskan untuk berpura-pura sebagai Klao. Setelah ditelusuri, sepertinya Klao merupakan dirinya yang hidup di masa lalu sebelum bereinkarnasi menjadi Nakhun. Klao yang asli memang hilang, dan Nakhun mencoba memecah misteri hilangnya Klao, sambil mencari jalan kembali ke masa depan.

Nakhun sering sekali dibantu oleh pelayan utamanya (Tonnam Piamchon) yang polos dan baik hati. Semua terkendali, sampai datang Phop ke hadapan Nakhun. Phop adalah phi, seseorang yang lebih tua, yang menganggap Klao 'adik'nya. Dia satu-satunya orang yang tidak percaya bahwa Nakhun adalah Klao.

Jika fakta ini tersebar, kira-kira apa yang akan terjadi pada Nakhun, ya? Apa dia tidak akan bisa kembali ke eranya untuk selama-lamanya?

5. Love in the Air

sig Love in the Air

Kamu ngeh, tidak, ada Tonnam di serial BL terkenal berjudul Love in the Air? Memang, series yang diangkat dari novel berjudul Love Storm dan Love Sky ini mengisahkan drama cinta antara RainXPhayu dan PrapaiXSky. Sementara Tonnam diceritakan sebagai Sig, teman sekelas Rain.

Sewaktu saya menonton dan mengulas drama Love in The Air, saya belum kenal dengan Tonnam, tapi suda sudah notis dia. Sebab, karakternya yaitu Sig, merupakan bagian paling menggelitik dari drama tersebut.

Karakter Sig yang ceplas-ceplos tapi perhatian dengan teman-temannya membuat saya berpikir, sayang sekali karakternya hanya mendapat sedikit screen time saja. Anyway, buat yang belum tahu sinopsis Love in The Air, ceritanya berkutat di jurusan arsitektur sebuah kampus.

Rain (Noeul Nuttarat) berjodoh dengan Phayu (Boss Chaikamon), kakak kelasnya. Sementara Prapai (Fort Thitipong) berpasangan dengan Sky (Peat Wasuthorn), sahabat Phayu yang sudah bekerja. Sebelum kedua pasangan ini resmi jadian, Rain dan Prapai sering galau di kelas, dan Sig menjadi teman penyemangat mereka.

Walau kadang komentar yang dilontarkannya aneh-aneh dan tidak nyambung dengan situasi, tapi dia jadi pengusir kecanggungan di antara mereka. Dia juga jadi "tim hore" ketika kedua teman sekelasnya jadian dengan crush masing-masing. Pokoknya Sig itu positive vibes banget yang menceriakan suasana di mana pun dia berada.

6. The Yearbook

The Yearbook

Apakah kamu masih punya kenangan indah tentang teman-teman di buku tahunan-mu? Drama The Yearbook membawa penontonnya kembali pada awal tahun 2000-an, jadi kita bisa bernostalgia melihat situasi di Thailand pada tahun tersebut. Terjadi hal seperti pergantian ponsel ke smartphone, juga bagaimana para karakternya tumbuh.

Drama ini berpusat pada Phob (Man Supakrit) dan Nut (Title Teshin), kawan sejoli yang bersumpah untuk mengejar impian mereka bersama-sama. Sayang, ketika salah satu dari mereka gagal memenuhi janji tersebut, perselisihan muncul yang menyebabkan kerenggangan dalam hubungan mereka.

Setelah empat tahun, seorang teman yang menjauh itu kembali dengan fakta mengejutkan berkat buku tahunan sekolah mereka. Lalu, apa Phob dan Nut bisa mendapatkan kesempatan lagi untuk menjadi sahabat, atau mereka harus menerima kenyataan dan membiarkan semuanya tetap berada di buku tahunan sebagai kenangan?

Sama seperti proyek-proyek lainnya, Tonnam Piamchon masih menjadi pemeran pendukung saja, teman-teman. Tapi, karakternya yang bernama Note lumayan penting dalam cerita antara Phob dan Nut.

Note juga punya kisah hidupnya sendiri yang menarik untuk diikuti. Selain drama, cerita ini dikemas juga dalam layar perak sebagai The Yearbook Movie (2022).

7. Wish Me Luck

Wish me luck

Serial Wish Me Luck berbeda dengan Wish You Luck, ya. Walaupun seirama, tapi kedua drama ini tidak ada hubungannya sama sekali kecuali dua-duanya diperankan oleh Tonnam. Kalau Wish Me Luck berlatarkan cinta di wilayah perkantoran.

Kisahnya diangkat dari novel สุดที่รักษ์ Wish Me Luck karya BitterSweet. Itu, loh, yang membuat novel dan menulis naskah SOTUS & SOTUS S! Jadi, sudah bisa dipastikan cerita Wish Me Luck pasti seru dan binge-worthy-series, ya. Ada Rak (Fiat Patchata), seorang mahasiswa berusia 21 tahun yang sedang magang di perusahaan periklanan.

Perusahaan tersebut dipimpin oleh kepala eksekutif Khun Shine (Na Naphat). Tidak seperti jobdesk populer anak magang yang sering diceritakan orang-orang (re: membuat kopi untuk para pegawai), tugas Rak sehari-hari adalah membantu Shine membuat iklan. Ya, Rak langsung dipercaya oleh atasannya untuk mengerjakan real job.

Tentu saja Rak sangat bangga dengan pencapaiannya itu. Hingga suatu hari, konsep majalah yang sudah dibuat oleh perusahaan Shine tiba-tiba digunakan oleh pesaing industri. Masalahnya, konsep tersebut benar-benar plek ketiplek dengan yang sudah disusun oleh Shine dan bawahannya.

Jadi, muncullah kecurigaan bahwa di perusahaan Shine ada mata-mata dari rival bisnis! Pada awalnya Rak yang paling dicurigai Shine. Sebab, di antara karyawan lainnya, hanya Shine yang baru banget masuk ke kantor, kan? Tapi, Rak membantah dan dia berjanji akan membantu Shine menemukan siapa tikus yang menggerogoti jantung perusahaan.

Seiring waktu, perasaan antara bos dan karyawan magang itu pun jadi lebih lekat dan dalam. Tapi, jobdesk harus didahulukan sebelum urusan hati, bukan? Peran Tonnam Piamchon di sini adalah sebagai Thi, salah satu pegawai Shine yang di-suspect sebagai penyusup.

8. Dinosaur Love

Dinosaur Love

Drama ini diadaptasi dari novel Dinosaur Love (ไดโนซอร์รัก) karya Scriper. Diceritakan ada pasangan yang beken banget di kampus, mereka adalah Rak (Kong Montree) dan Mek (Peak Natchanon). Sayang, yang terlihat memperjuangkan hubungan hanya Rak, sementara Mek tampak tidak peduli.

Sebenarnya Mek adalah seorang aktor. Dia membintangi serial web bersama sahabat Rak, yaitu Kram (Sun Worrachid). Mek rupanya menyimpan rasa untuk Kram, padahal dia tahu betul Kram adalah teman baik pacarnya. Pada akhirnya, Kram dan Mek berselingkuh di belakang Rak, yang membuat Rak sangat sakit hati.

Rak tenggelam dalam rasa sakit dan kekecewaan selama bertahun-tahun. Pada suatu tahun ajaran baru, masuklah Dino (Pepper Pongpat), junior di kampus Rak. Dino jatuh cinta pada pandangan pertama pada Rak. Mengetahui keadaan rentan Rak yang masih sakit hati, Dino melihat ini sebagai kesempatan.

Dia terus menggoda Rak, mendekatinya secara langsung, hingga menyatakan perasaannya. Walau sering tidak digubris Rak, Dino tidak goyah. Dengan sabar dia menunggu katingnya membuka hati untuk berpacaran dengannya.

Sebenarnya peran Tonnam di serial ini adalah sebagai sutradara, gengs! Bangga banget, tidak, sih? Sudah bisa bernyanyi, nge-rap, akting, sampai di balik layar pun Tonnam mampu melakukannya. Oh iya, kamu juga bisa melihat Tonnam di drama ini. Dia muncul sebagai guest role dengan karakter bernama Hia.

Menariknya, semua tokoh Dinosaur Love muncul lagi di Buddy Line Y Animal, side story dari drama ini. Jadi, kalau kamu penasaran dengan kelanjutan ceritanya, make sure nonton keduanya, ya!

Well, itulah daftar drama yang diperankan oleh Tonnam Piamchon. Memang, dalam karir aktingnya dia lebih banyak menjadi pemeran pembantu. Semoga kedepannya Tonnam bisa lebih bersinar dan menjadi lead role, ya! Apakah serial yang bikin kamu nge-fan sama Tonnam?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram