Bacaterus / Film Artis Korea / 10 Drama Terbaik Gong Hyo Jin, Sang Ratu Komedi Romantis

10 Drama Terbaik Gong Hyo Jin, Sang Ratu Komedi Romantis

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 September 2019

Gong Hyo Jin, pernah dengar nama tersebut? K-drama lovers pasti tahu sama aktris berbakat yang satu ini. Kalau ada yang belum kenal dan masih asing, yuk kenalan sama noona/unnie Gong Hyo Jin. Gong Hyo Jin Lahir di Sinwoldong, Distrik Gangseo, Seoul, Korea Selatan pada 4 April 1980.

Saat masih muda, ia memiliki passion dan mimpi menjadi fashion designer. Untuk mewujudkan mimpinya, ia pergi ke Australia, namun kembali lagi ke Korea Selatan karena adanya krisis keungan yang terjadi di Asia pada tahun 1997.

Setelah berada di Korea, Gong Hyo Jin mencoba menjalani karirnya menjadi seorang model dan kemudian berlanjut ke dunia seni peran. Gong Hyo Jin sendiri sudah sangat lama menggeluti profesinya sebagai aktris. Ia debut atau memulai karirnya pada tahun 1999 dalam sebuah film bergenre horor berjudul “Memento Mori”. Sejak saat itu, sudah banyak judul film dan drama yang dibintangi olehnya hingga saat ini.

Rata-rata drama yang dibintangi oleh Gong Hyo Jin memiliki rating yang bagus, hal ini tentu saja menunjukkan bahwa Gong Hyo jin sangat mahir dalam bidang yang digelutinya. Hal ini dibuktikan dengan prestasinya sebagai pemenang Best New Actress di Baeksang Arts Awards 2001, Pemenang Excellence Award Actress di MBC Drama Awards 2007 dan masih banyak lagi.

Gong Hyo Jin dijuluki sebagai ratunya drama genre komedi romantis karena sering membintangi drama dengan genre komendi romantis dan telah berhasil memainkan perannya dengan sangat baik. Penasaran dengan kemampuan akting Gong Hyo Jin? Berikut ini ada 10 judul drama terbaik Gong Hyo Jin yang telah dirangkum Bacaterus.com.

1. Sang Doo, Let’s Go to School

Sang Doo, Let’s Go to School (Copy)

Sang Doo, Let’s Go to School bercerita tentang Cha Sang Doo—Jung Ji Hoon (Rain)—pria berusia 27 tahun yang kembali bersekolah untuk bertemu cinta pertamanya Chae Eun Hwan (Gong Hyo Jin). Sang Doo dan Eun Hwan berpisah sejak keluarga Eun Hwan mengalami kebangkrutan.

Saat debitur menyita aset-aset Eun Hwan, Sang Doo membantu, namun ia justru tidak sengaja terlibat dalam pertikaian dan menyebabkan seseorang terluka hingga koma. Karena melukai seseorang, Sang Doo harus dipenjara dan saat itu ia kehilangan kontak dengan Eun Hwan.

Setelah keluar dari penjara, ia menyadari bahwa orang tua angkatnya juga mengabaikannya. Ia kemudian menjadi sedikit nakal untuk bertahan hidup. Waktu berlalu, akhirnya ia menemukan keberadaan Eun Hwan yang menjadi guru di sebuah sekolah. Sang Doo pun memutuskan untuk bersekolah lagi di tempat Eun Hwan bekerja.

Setelah bisa bersekolah lagi, Sang Doo tidak melewatkan kesempatannya untuk kembali meraih perhatian cinta pertamanya Eun Hwan. Walaupun memiliki cerita yang sebenarnya memilukan, namun tetap menyenangkan menyaksikan drama ini. Sebab ceritanya dibalut dengan genre komedi dan romantis juga. Sang Doo, Let’s Go to School tayang di KBS setiap senin dan selasa sejak 15 September hingga 4 November 2003, serta memiliki 16 episode.

 2. Snowman

Snowman bercerita tentang seorang gadis bernama Seo Yeon Wook (Gong Hyo Jin) yang menjadi yatim piatu karena kecelakaan mobil yang dialami orang tuannya. Setelah kehilangan orang tua, Yeon Wook tinggal bersama kakaknya Seo Yeo Jeong (Ho Jae Hyon). Keduanya harus berusaha keras bertahan hidup dan menghadapi dunia yang rumit.

Setelah beranjak dewasa, Yeon Wook bingung untuk menentukan mimpinya. Ia kemudian berhasil menjadi seorang polisi wanita dengan bantuan dan support dari kakak iparnya—Han Pil Sung diperankan oleh Oh Yeon Su. Perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Han Pil Sung membuat Yeon Wook menyimpan rasa untuk iparnya tersebut.

Yeon Wook menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Pil Sung sejak lama dan mengetahui bahwa rasa suka pada iparnya adalah sebuah kesalahan. Setelah menyadari kesalahnnya, ia mulai mengubur perasaannya dan mulai move on. Agar bisa move on, ia menjalin hubungan dengan Cha Seung Joon (Kim Rae Woon) seorang atlit pemain Hoki Es.

Snowman memiliki 20 episode yang ceritanya ditulis oleh Kim Do Woo. Drama ini bergenre drama, romantis, dan keluarga. Tayang di MBC setiap Rabu dan Kamis sejak 8 Januari hingga 6 Maret 2003. 

3. Biscuit Teacher and Star Candy

Biscuit Teacher and Star Candy (Copy)

Biscuit Teacher and Star Candy bercerita tentang kehidupan Na Bori (Gong Hyo Jin) seorang wanita yang ingin menjadi Guru di SMA tempat ia bersekolah dulu. Karena catatan buruk miliknya sebagai siswi pengacau dan gemar berkelahi lantas tidak membuatnya mudah untuk meraih keinginanya.

Namun, dengan kerja keras dan usahanya yang gigih pada akhirnya ia diterima sebagai seorang guru pengganti di SMAnya dulu. Hari-hari Na Bori sebagai seorang guru tidak dengan mudah dapat ia lewati. Hal ini dikarenakan ia dihadapkan dengan seorang siswa bernama Park Tae In (Gong Yoo) yang selalu berbuat onar, usil, dan selalu mendatangkan masalah padanya.

Namun karena ketangguhan dari seorang Na Bori yang ingin terus mengabdi kepada almamaternya dan agar ia dapat selalu dekat dengan pria yang ia taksir sejak lama—Ji Hyun Woo (Kim Da Hyun) seorang guru kesenian—ia mampu melalui hari-hari penuh drama dalam hidupnya dalam menghadapi Park Tae In.

Genre dari Biscuit Teacher and Star Candy adalah drama, komedi, romantis dan bertema sekolah atau latar belakangnya adalah kegiatan dan masalah-masalah yang ada di sekolah. Sesuai dengan genre-nya, drama ini dibalut dengan adegan romantis yang lucu. Selain itu, Biscuit Teacher and Star Candy juga dikenal dengan nama Hello My Teacher memiliki 16 episode, mulai tayang pada 13 April hingga 2 Juni 2005 di SBS setiap hari Rabu dan Kamis.

4. Thank You

Thank You (Copy)

Thank You bercerita tentang seorang ibu tunggal bernama Lee Young Shin (Gong Hyo Jin) yang memiliki seorang anak penderita HIV AIDS bernama Lee Bom (Seo Shin Ae). Keduanya tinggal di sebuah pulau kecil—Pureun-do. Perjuangan Lee Young Shin sebagai ibu tunggal sungguh tidak mudah, ditambah lagi ia harus merawat dan menjaga anaknya yang menderita penyakit mematikan serta berusaha untuk merahasiakan kenyataan tersebut dari orang-orang tersebut dan anaknya sendiri.

Penyakit HIV yang diderita oleh Lee Bom ditularkan melalui transfusi darah yang terinfeksi. Seorang dokter—cha Jimin (Choi Gang Hee)—secara tidak sengaja memberikan darah yang terinfeksi kepada Lee Bom untuk menyelamatkan nyawa anak tersebut. Karena kesalahan itu, Cha Jimin merasa bersalah dan ingin meminta maaf atas kesalahannya kepada Lee Bom.

Namun karena ia menderita sebuah penyakit ia belum sempat meminta maaf hingga ia wafat. Sebelum wafat, Cha Jimin sempat meminta bantuan sang pacar—dokter ahli bedah bernama Min Gi Seo (Jang Hyuk)—untuk menyampaikan permohonan maafnya pada Keluarga Lee Young Shin.

Min Gi Seo pun mencari keberadaan dan tempat tinggal Lee Bom. Setelah bertemu, ia mulai menyampaikan permintaan maaf dari kekasihnya dengan memperhatikan keadaan Lee Bom setiap harinya. Thank You merupakan drama sederhana tentang kehidupan keluarga kecil dengan lika-liku dan masalahnya namun mampu membuat penonton hanyut dalam ceritanya.

Thank You ditulis oleh Lee Kyung Hee dengan genre melodrama, keluarga, komedi, romantis dan kesehatan. Drama ini memiliki 16 episode ditayangkan oleh MBC sejak 21 Maret hingga 10 Mei 2007 setiap hari Rabu dan Kamis.

5. Pasta

Pasta (Copy)

Pasta adalah drama yang bertema makanan sesuai dengan judulnya yakni merujuk pada sebuah bahan makanan yang berasal dari Italia. Drama ini memiliki 20 episode dengan genre komedi romantis, tayang di MBC sejak 4 Januari hingga 9 Maret 2010 setiap hari Senin dan Selasa.  Dalam Pasta, Gong Hyo Jin berperan sebagai Seo Yoo Kyung seorang asisten koki di sebuah restoran kelas atas bernama La Sfera.

Bercerita tentang Seo Yoo Kyung yang sangat berharap untuk diangkat menjadi asisten koki pasta di La Sfera setelah bekerja selama 3 tahun. Namun harapannya sedikit pupus dengan datangnya Choi Hyun Wook (Lee Sun Kyung) yang menjabat sebagai kepala koki baru di La Sfera. Hyun Wook adalah salah satu koki berbakat yang ada di Korea, selain itu ia juga tampan dan berwibawa namun menyebalkan menurut Seo Yoo kyung.

Di hari pertama kerja, Hyun Wook memecat semua koki perempuan yang ada di La Sfera. Alasan pemecatan sangat sederhana, sejak awal ia tidak ingin ada perempuan di dapur tempat ia bekerja. Tidak terima dengan keputusan tersebut, Seo Yoo kyung mengajukan banding, ia mengajukan permintaan untuk tetap bekerja dengan janji akan melakukan apapun yang diminta atau diperintahkan oleh Choi Hyun Wook.

Choi Hyun Wook menyetujui hal tersebut dan Seo Yoo Kyung bisa terus menjadi koki di La Sfera. Di samping itu, ini merupakan kesempatan bagus bagi Seo Yoo Kyung untuk belajar lebih dan meningkatkan kemampuan dengan mempelajari semua hal yang dikerjakan oleh Choi Hyun Wook hingga suatu saat nanti ia layak menjadi seorang koki pasta yang handal.

6. The Greatest Love

The Greatest Love (Copy)

The Greatest Love ditulis oleh Hong Mi Ran dan Hong Jung Eun. Tayang di MBC sejak 4 Mei hingga 23 Juni 2011 setiap hari Rabu dan Kamis, serta memiliki 16 episode. Bergenre komedi romantis, The Greatest Love bercerita tentang Gu Ae Jung (Gong Hyo Jin) seorang mantan personil girlgroup bernama “Kukbo Sonyeo” yang sempat berjaya pada masanya. Namun keberuntungan tidak terus berpihak pada girlgroup ini.

18 bulan setelah debut, Kukbo Sonyeo bubar dengan alasan yang tidak jelas. Sejak saat itu, kepopuleran Ae Jung pun merosot meski ia tetap mempertahankan kepopulerannya. 10 tahun pun berlalu, ia hanya dikenal sebagai selebriti dengan posisi kelas D atau yang berada paling bawah dari list terbaik.

Hal itu tidak membuatnya menyerah begitu saja, ia tetap menerima tawaran di televisi dan radio untuk mempertahankan karirnya hingga ia bertemu dangan Dok Ko Jin (Cha Seung Won). Dok Ko Jin adalah seorang aktor tampan dengan citra sempurna di mata publik. Pada kenyataanya, Dok Ko Jin adalah pria yang egois, sombong dan angkuh.

Secara tidak sengaja, Ae Jin mengetahui rahasia Dok Ko Jin—memiliki kepribadian tidak baik dan tentang penyakit dari Dok Ko Jin.  Ae Jin membeberkan rahasia tersebut di salah satu siaran televisi. Sejak saat itu, keduanya mulai terlibat dalam hubungan yang sangat rumit dan penuh dengan pertengkaran.

7. The Master’s Sun

The Master’s Sun (Copy)

 The Master’s Sun bergenre komedi romantis, horror, misteri dan supranatural. Sesuai dengan genrenya, drama ini agak sedikit seram—ada jumpscare dan penampakan hantunya. Tapi tenang, walaupun seram kisahnya dibalut dengan komedi dan ada romantisnya juga jadi seramnya tidak terlalu terasa.

Drama ini ditulis oleh Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran, memiliki 17 episode, tayang di SBS setiap hari Rabu dan Kamis sejak 7 Agustus hingga 3 Oktober 2013.

The Master’s Sun bercerita tentang Tae Gong Sil—Gong Hyo Jin (Sun)—seorang wanita yang bisa melihat hantu. Ia memiliki kekuatan tersebut setelah mengalami kecelakaan. Karena bisa melihat hantu, ia mulai merasa tidak nyaman, terganggu dan ketakutan dengan hantu—ada yang meminta bantuan ada juga yang iseng sengaja menakutinya—yang dilihatnya.

Hingga ia bertemu dengan Joo Joong Won—So Ji Sub (Master)—seorang konglomerat, CEO sebuah perusahaan bernama Kingdom yang bergerak dibidang perhotelan dan market place. Jo Joong Won digambarkan sebagai seseorang yang sombong, angkuh, kaku, tidak ramah dan egois.

Meskipun demikian, Jo Joong Won adalah satu-satunya orang yang bisa membuat hantu yang dilihat Gong Sil menghilang ketika Gong Sil menyentuh Joong Won. Mengetahui hal tersebut, Gong Sil lalu mencari berbagai cara agar dapat selalu berada di sisi Joong Won.

Setelah dapat terus berada di dekat Joong Won, Gong Sil bisa sedikit merasa lega. Tentu saja hal tersebut tidak gratisan, harus ada keuntungan untuk Joong Won Juga. Oleh sebab itu, Gong Sil membantu Joong Won memecahkan kasus penculikannya semasa kecil sebagai balasan agar ia terus bisa ada di dekat Joong Won.

 8. It’s Ok, This is Love

It’s Ok, This is Love (Copy)

It’s Ok, This is Love bercerita tentang seorang psikiater bernama Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) yang punya fobia pada suatu hubungan intim dan selalu negatif terhadap hal-hal yang berkaitan dengan cinta. Hingga ia bertemu dangan Jung Jae Yeol (Jo In Sung) seorang penulis novel dan penyiar radio yang tampan, keren, percaya diri namun sedikit sombong.

Jung Jae Yeol juga memiliki trauma yang parah hingga menyebabkan ia memiliki Obsessive Compulsive Disorder—gangguan yang mendorong seseorang untuk berpikir berlebihan dan memaksakan kehendaknya. Selain itu, ia juga menderita Schizophrenia—gangguan yang membuat seseorang melihat dan merasakan kehadiran dari yang dihayalkannya tampak seperti nyata.

Keduanya memiliki trauma serta fobia yang berasal dari masa lalu mereka yang kurang menyenangkan. Ji Hae Yeol mendapatkan fobia tersebut setelah melihat ibunya berselingkuh dengan pria lain saat masih kecil dan hal tersebut sangat mempengaruhi mentalnya hingga dewasa. Jang Jae Yeol mendapatkan traumanya karena semasa kecil ayahnya sering melakukan kekerasan kepadanya dan ibunya, hal ini berdapak buruk baginya hingga ia dewasa.

Ji Hae Soo dan Jang Jae Yeol bertemu atas bantuan dari Jo Dong Min (Sung Dong Il) yang juga merupakan seorang psikiater. Setelah Hae Soo dan Jae yeol bertemu, keduanya terikat dalam suatu hubungan romantis. Kedekatan mereka membawa mereka pada proses penyembuhan dari setiap penyakit yang mereka derita.

It’s Ok, This is Love ditulis oleh No Hee kyung, bertujuan untuk mengajak penonton mengerti dan memahami tentang orang-orang yang memiliki penyakit serupa. Mereka butuh didengar bukan dihakimi, mereka masih bisa sembuh meski butuh waktu yang tidak sebentar. Drama ini bergenre komedi romantis, pengobatan, dan melodrama. Tayang di SBS setiap Rabu dan Kamis sejak 23 Juli hingga 11 September 2014.

9. The Producers

The Producers (Copy)

The Producers bercerita tentang perjuangan para produser handal nan kreatif pada sebuah acara televisi. Sesuai dengan judulnya, drama ini menunjukkan gambaran persiapan di balik layar sebuah acara. Berisi momen, kegiatan dan masalah yang biasa dihadapi oleh produser dan krunya.

Baik buruknya suatu acara berkaitan dengan persiapan yang telah dirangkum dan disiapkan sedemikan rupa oleh sang produser. Kerja keras dari produser dan kru lah yang membuat penonton sekalian dapat menikmati sebuah tayangan televisi.

Drama ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris kawakan Korea Selatan seperti; Cha Tae Hyun Sebagai Cha Tae Mo—produser program tv bernama 2 Days & 1 Night. Kim Soo Hyun sebagai Baek Seung Chan—producer baru sebuat Variety Show. Lee Ji Eun (IU)—sebagai idol bernama Cindy. Sedangkan Gong Hyo Jin berperan sebagai Tak Ye Jin—produser dari program musik bernama Music Bank.

The Producers tidak hanya menampilkan kegiatan broadcast saja, namun juga ada kisah romantis dan bagian yang memacu gelak tawa. Bergenre komedi romantis, drama ini mampu menyihir penonton dengan kisahnya. Tayang di KBS2 setiap Jumat dan Sabtu sejak 15 Mei hingga 20 Juni 2015 serta memiliki 12 episode.

10. Jealousy Incarnate

Jealousy Incarnate (Copy)

Jealousy Incarnate atau Don’t Dare to Dream bercerita tentang Pyo Nari (Gong Hyo Jin), seorang pembawa berita cuaca di SBS news. Pyo Nari adalah seorang wanita yang memiliki keinginan menjadi pembawa berita malam, namun keinginannya tersebut tidak dengan mudah dapat ia raih. Ia harus bekerja keras untuk bisa mewujudkan keinginannya tersebut, termasuk dengan menuruti setiap perintah dari sang produser.

Dalam drama ini, Gong Hyo Jin ditemani oleh aktor Jo Jung Suk berperan sebagai Lee Hwa Sin seorang pembawa berita tampan dan pintar yang sudah ditaksir oleh Pyo Nari selama 3 tahun belakangan. Namun, rasa suka Pyo Nari tidak bertahan lama karena ia terpincut oleh pesona dan ketulusan dari Go Jung Won (Go Kyung Pyo). Go Jung Won adalah pria tampan, berkarisma, tajir, baik hati dan sangat mencintai Pyo Nari.

Jealousy Incarnate bergenre komedi romantis, drama, dan broadcast. Drama ini memiliki 24 episode yang ditulis oleh Seo Sook Hyung. Tayang di SBS sejak 24 Agustus dan berakhir pada 10 November 2016.

Itulah 10 drama yang dibintangi oleh Gong Hyo Jin. Kebanyakan dari drama yang dibintangi Gong Hyo Jin bergenre komedi dan romantis jadi tidak heran kalau dia dijuluki Ratunya Komedi Romantis.

Nah, dari ke 10 judul drama ini kira-kira sudah berapa yang ditonton? Yuk, bagi pendapat kalian tentang 10 drama ini di kolom komentar, ya! Buat yang belum nonton, semoga kalian jadi tertarik untuk menontonnya setelah membaca artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar