bacaterus web banner retina

10 Drama Terbaik yang Dibintangi Ployphach Phatchatorn

Ditulis oleh Syuri K.N.

Ployphach Phatchatorn Thanawat a.k.a Ployphach atau Ploy telah membuktikan dirinya sebagai aktris yang harus diperhitungkan dalam dunia drama Thailand. Dengan bakatnya yang patut diacungi jempol, kehadiran Ploy selalu dinanti penggemarnya.

Mulai dari penggambaran karakter yang manis, menyayat hati, hingga yang lebih kompleks, sedikit demi sedikit Ploy meninggalkan jejak yang tidak terhapuskan di dunia lakorn. Ingin tahu apa saja drama yang sudah diperankan Ploy? Bacaterus membuat daftarnya di bawah ini.

1. Sweet Sensory

Sweet Sensory ss_

Seorang mantan koki, Khram (Gee Sutthirak) dulunya bekerja sebagai koki. Tapi, kini ia telah berhenti dan menjadi guru di sekolah memasak milik temannya. Suatu hari, ada seorang gadis tunanetra masuk kelasnya.

Gadis bernama Taem (Ployphach Phatchatorn) itu memiliki bakat dalam mencium aroma dan merasakan citarasa, melebihi siapapun juga. Drama yang berjudul lokal "เรื่องรักหลากรส" atau "Rueang Ra Lak Rot" ini memiliki total 8 episode dan berdurasi 50 menit.

2. Midnight Museum

Midnight Museum bam

Setelah menjadi pengunjung setia kafe tempat Dome (Gun Atthaphan) bekerja, di hari terakhir sebelum kafe itu ditutup Khatha (Tor Thanapob) akhirnya berinteraksi dengan Dome. Bukan mengobrol menanyakan nama atau basa-basi semacamnya, tapi Khatha menyodorkan kartu nama dan menawarkan pekerjaan pada Dome yang sekarang jobless.

Kartu nama itu berisi lokasi sebuah museum misterius yang berisi barang antik, koleksi pribadi milik Khatha. Di hari pertamanya bekerja, Dome dilarang masuki Zona 16. Tapi, karena dorongan rasa penasarannya—atau mungkin juga karena takdir—Dome masuk ke sana dan tidak sengaja membangkitkan sesuatu.

Segera setelah itu, artefak-artefak milik Khatha di Midnight Museum menghilang. Khatha memerintah Dome untuk mengembalikan semuanya ke tempat semula, tapi ternyata masalah lebih runyam dari apa yang terlihat.

Ployphach Phatchatorn berperan sebagai Bam, petugas kepolisian yang sering membantu Khatha dan Dome ketika mereka ada masalah. Bam memiliki hubungan romantis—walau belum berlabel—dengan Triphop (Foei Patara), salah satu kaki tangan Khatha. Kamu bisa menyaksikan serial ini di GMM 25 atau VIU.

3. Blacklist

Blacklist_

"Blacklist" (2019) merupakan drama yang memiliki multiple leads, di antaranya ada Nanon Korapat sebagai Traffic, Chimon Wachirawit sebagai Andrew, Ohm Pawat sebagai Highlight, Drake Sattabut sebagai Title, First Kanaphan sebagai Jim Bae, dann Frank Thanatsaran sebagai Buntad.

Ya, semua pemeran utama drama ini memang laki-laki muda dalam usia remaja. Mereka semua bersekolah di tempat yang sama, yaitu Akeanan. Sekolah ini dikenal sebagai sekolah terbaik di Thailand. Tapi, sekolah ini juga memiliki rahasia, loh..

Untuk mencari adiknya yang menghilang secara misterius, Traffic masuk ke sekolah tersebut. Setelah diam-diam melakukan investigasi sendirian, ada seorang guru yang mengundang Traffic juga beberapa murid lainnya ke dalam perkumpulan rahasia yang disebut Blacklist.

Tugas mereka adalah menyelidiki kasus-kasus aneh yang terjadi di lingkungan sekolah. Dan, anggotanya adalah karakter-karakter yang saya sebutkan sebelumnya.

Sekolah ini bukan all boys school, karena ada siswi-siswinya juga. Antara lain Melon (Prim Chanikarn), Phukkad (Love Pattranite), Carrot (View Benyapa), Orange (Prigkhing Sureeyares), Laila (Piploy Kanyarat), dan Cupcake (Ployphach Phatchatorn).

4. The Eclipse

The Eclipse sani_

Sedikit mirip dengan "Blacklist" (2019), "The Eclipse" berlatarkan sekolah yang sangat beken. Dianggap paling mumpuni mencetak murid dengan lulusan terbaik dalam segala aspek adalah kelebihan dari Suppalo, sekolah terkemuka khusus anak lelaki. Karena itu, peraturan sekolah sangatlah ketat.

Komite yang diambil dari murid-murid terbaik dibentuk untuk mengawasi para murid lainnya agar disiplin. Ada rumor yang mengatakan, bahwa Sekolah Suppalo dikutuk. Bahwa, setiap gerhana matahari terjadi dan juga pada waktu sebelum-sesudahnya, para siswa yang berkelakuan buruk akan mendapatkan ganjarannya.

Namun, di mana ada aturan, tentu akan ada pihak yang ingin melanggarnya. Sekelompok siswa yang menamakan diri mereka 'The World Remembers' bersatu untuk menantang otoritas sekolah dan menuntut hak-hak mereka. Kepala siswa prefek, Akk (First Kanaphan), dan teman-temannya, ditugaskan untuk menghadang kelompok pemberontak tersebut.

Di waktu berdekatan, ada murid baru di sekolah yang gerak-geriknya mencurigakan. Namanya Ayan (Khaotung Thanawat). Akk menaruh perhatian lebih pada Ayan, karena anak laki-laki itu perilakunya sangat aneh dan sering menantang norma-norma sekolah.

Ya, pada dasarnya Ayan tidak mendaftar ke Suppalo untuk menjadi murid teladan. Ia ingin melakukan investigasi atas pamannya, Dika, yang bunuh diri. Setelah membaca diari sang paman, Ayan menemukan clue, yaitu Sekolah Suppalo.

Ployphach Phatchatorn berlakon sebagai Khru Sani, guru muda yang sangat dekat dengan anak-anak. Wat Wasuwat (AJ Chayapol), teman dekat Akk, sangat mengagumi dan juga menyukai ibu guru Sani. Kisah Sani dan Wat muncul juga di "Our Skyy 2: The Eclipse" (2023).

5. Case Partners

Case Partners_

Tiga tahun lalu, Charlie (Mek Jirakit) dan Saeree (Golf Anuwat) mendirikan firma hukum kecil bersama-sama dengan tujuan mulia, yakni membantu orang-orang yang membutuhkan. Setelah mendirikan firma hukum mereka, Charlie menjadi sukarelawan di Namibia selama 3 bulan, namun ia malah tinggal di sana selama 3 tahun.

Setelah kembali ke Thailand, Charlie sangat kecewa karena Saeree hanya mau mengerjakan kasus yang menghasilkan banyak uang saja. Ia juga selalu menolak jika kliennya miskin. Namun, karena sebuah insiden, mereka setuju untuk terus bekerja sama lewat bantuan Namwan (Ployphach Phatchatorn), karyawan magang mereka.

Namwan sebenarnya anak orang kaya, tapi ia menyembunyikan latar belakang keluarganya kepada orang lain. Dengan 'bantuan tersembunyi' dari Saeree yang terlihat serakah di permukaan, ketiganya berusaha membantu orang-orang yang butuh dibantu dalam menyelesaikan masalah mereka.

6. Dark Blue Kiss

Manow Dark Blue Kiss

Ployphach Phatchatorn juga turut memeriahkan lineup "Dark Blue Kiss the Series", loh! Karakternya di sini bernama Manow. Ia diceritakan memiliki kisah asmara dengan Rain yang diperankan oleh Pluem Pongpisal. Tapi, penonton "Kiss" series pasti tahu kalau drama ini berfokus pada Pete (Tay Tawan) dan Kao (New Thitipoom).

7. Club Sapan Fine

Club Sapan Fine_

Berjudul lokal "คลับสะพานฟาย" dan berjudul Bahasa Inggris "Dumb Club," serial ini terdiri dari 8 kisah cinta bodoh yang berakhir dengan rasa sakit dan air mata. Diambil dari cerita nyata yang diceritakan di radio, semua kisah diceritakan kepada DJ Title dalam programnya yang berjudul "Club Sapan Fine."

Ployphach Phatchatorn muncul di episode 7: "Khrai Mai Fai, Pro-fai". Ia menjadi pemeran utamanya, yakni Ploy. Ia beradu akting dengan Best Nathasit sebagai Pete. Ketujuh sub-judul lainnya adalah "Resident Thief", "Love Must be Stubborn", "Mystery Number", "The Love We Miss", "Love Recharge", "Karmic Pair", dan "Undecided".

8. 46 Days

46 Days_

Tahukah kamu? Ploy menjadi sangat beken setelah berakting di drama "46 Days" (2021) ini, loh..! Serial ini bercerita tentang Ying Ying (Baifern Pimchanok), idola internet yang sudah tidak populer lagi. Sebab, ia dicap pembohong oleh para penggemarnya. Padahal dengan menjadi selebgram adalah cara ia menyambung hidup.

Bukan hanya untuk dirinya sendiri saja, tapi juga Noina (Mild Lapassalan), sahabat kecilnya. Noina pengangguran yang punya banyak hutang. Bahkan ia juga berhutang pada Ying Ying. Suatu hari, Noina pergi ke peramal yang mengatakan kalau ia akan segera menikah. Melihat siapa kandidat terbaik, Noina memilih Dokter Korn (Nonkul Chanon).

Masalahnya, dalam 46 hari ke depan, Korn akan segera menikah dengan kekasihnya, Wisa (Ployphach Phatchatorn), seorang net idol alias selebgram. Fun fact, Ying Ying dan Noina mengetahui rahasia gelap Wisa, dan berniat menghancurkan pernikahan mereka.

9. Part of Love

Part of Love (2015)

Drama berjudul Thai "พาร์ทออฟเลิฟ รัก+เกรียน นักเรียน 4 ภาค" ini diisi oleh jajaran aktor dan aktris seperti August Vachiravit (memerankan Icon), Pineare Pannin (memerankan Fahsai), Ployphach Phatchatorn (memerankan Phumkhao), Nont Tanont (memerankan Auto), serta Fifa Premanan (memerankan Punyai).

Fakta menarik tentang "Part of Love", drama ini adalah sitcom alias situasi komedi pertama yang ditayangkan di televisi Thailand, loh! Dengan sinematografi layaknya serial, tapi bumbu komedi yang kental, ceritanya hadir dalam sudut pandang masing-masing karakter.

Ddengan kosakata lokal Thailand, cinta dan hubungan di kalangan remaja, inspirasi dan spiritual pemuda Thailand, serial ini sangat menarik untuk dinikmati.

Oh, ya, karena bertemakan musik, jadinya para karakter memang beberapa kali bernyanyi dan memainkan alat musik. Beberapa aktornya memang musisi betulan, jadi pas dengan karakternya.

10. Autumn Destiny

Autumn Destiny

Ini sebenarnya serial Thailand, tapi sepertinya drama tahun 2010 ini sangat ter-influence oleh Korea Selatan. Sehingga judulnya mirip dengan "Autumn in My Heart" (2000), dan nama karakternya menggunakan nama Korea. Drama ini memiliki judul bahasa Korea "같은 태양 아래 지평선".

Dikisahkan Ji Joon, wanita muda dari keluarga kaya, diperkenalkan dengan Jun Su (Kim Eli) oleh bibinya, Wayupa (May Feungarom). Wayupa ingin Ji Joon menikahi Jun Su. Tapi, Ji Joon (Ployphach Phatchatorn) bertemu dan jatuh cinta pada Kim Min Ho (Mario Maurer), seorang pria dari keluarga miskin.

Tentu saja karena perbedaan kasta, cinta Min Ho dan Ji Joon tidak akan pernah disetujui oleh keluarganya. Untuk bisa bersama orang yang dicintainya, Ji Joon harus mengkhianati keluarga dan tunangannya.

Ya, itulah daftar drama yang diperankan oleh Ployphach. Perempuan yang sudah berakting sejak kecil ini sering mendapatkan peran utama maupun peran pendukung.

Setiap karakternya memang rata-rata sama, gadis cantik yang lugu dan polos. Tapi, ada pula beberapa karakternya yang menantang dan beda dari proyek-proyek Ploy sebelumnya. Apa lakorn Ployphach favoritmu?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram