bacaterus web banner retina

10 Drama Korea yang Mirip Through the Darkness (2022)

Drama Through The Darkness (2022) sukses mencuri perhatian. Banyak penonton, khususnya peminat drama-drama thriller merasa puas dengan ceritanya. Dibintangi oleh Kim Nam Gil, Jin Seon Kyu dan Kim So Jin, drama berjumlah 12 episode ini diadaptasi dari novel fiksi karya profiler pertama Korea Selatan, Kwon Il Yong dan penulis Go Na Moo.

Dengan jumlah episode yang sedikit, Through The Darkness (2022) sukses membuat orang-orang kesal karena ceritanya terlalu pendek. Nah! Jika kamu termasuk yang kesal karena itu, beberapa drama mirip Through The Darkness (2022) berikut ini bisa menjadi tontonan lain yang gak kalah cerdas. Apa sajakah judul yang dimaksud? Ini dia rekomendasinya!

1. Signal (2016)

Signal (2016)

Park Hae Young merupakan letnan polisi sekaligus profiler yang tidak percaya pada instansinya karena di masa lalu polisi tidak menyelidiki kasus penculikan temannya.

Hae Young lebih banyak menggunakan kemampuan untuk mencari tahu perihal kehidupan seorang artis lalu menjualnya ke para wartawan. Suatu hari Hae Young terpergok oleh detektif Cha Soo Hyun. Dia lalu dilaporkan atas tuduhan penguntitan.

Pulang dari kantor polisi Hae Young mendengar suara yang ternyata berasal dari walkie-talkie tua. Suara asing yang Hae Young dengar rupanya adalah suara seorang detektif di masa lalu bernama Lee Jae Han.

Hae Young tidak memedulikannya sampai kemudian dia mendengar Jae Han menyebut-nyebut kasus penculikan teman kecilnya. Percakapan antara dua detektif dari dua waktu berbeda itu pun mulai terjadi melalui transmisi dari walkie-talkie tersebut.

2. Stranger (2017)

Stranger-2017_

Drama mirip Through The Darkness (2022) selanjutnya ini masih terus banyak dibicarakan. Stranger (2017) musim pertama yang dilanjut dengan musim kedua pada Agustus 2020 bercerita tentang kerjasama seorang Jaksa bernama Hwang Si Mok yang kehilangan kemampuan berempati dan bersosial karena kondisi medis tertentu.

Ketika menginvestigasi kasus pembunuhan, Si Mok bertemu seorang letnan polisi sekaligus profiler bernama Han Yeo Jin. Dari penyelidikan tersebut mereka justru mendapati masalah lain yang lebih pelik karena melibatkan korupsi para petinggi dan jasa wanita penghibur untuk penguasa.

3. Tunnel (2017)

Tunnel-2017_

Salah satu drama kebanggaan OCN ini memiliki cerita yang mirip dengan Through The Darkness (2017) karena sama-sama menghadirkan profiler dalam kasus yang diselidiki. Tahun 1986, Park Hwang Ho sedang menyelidiki kasus pembunuhan berantai yang semua korbannya adalah wanita. Pada setiap korbannya, pembunuh itu meninggalkan jejak atau kode.

Kwang Ho hampir menangkap si pembunuh di sebuah terowongan. Nahas, dia dipukul hingga pingsan. Begitu tersadar, Kwang Ho heran karena dirinya sudah berada di tahun 2016. Berada di tiga puluh tahun kemudian, Kwang Ho memiliki rekan baru, Kim Seon Jae. Keduanya bekerjasama dengan seorang profiler bernama Profesor Shin Jae Yi untuk mengungkap kasus pembunuhan yang belum selesai.

4. Memorist (2020)

Memorist (2020)

Drama mirip Through The Darkness (2022) selanjutnya adalah Memorist (2020). Bedanya, profiler yang akan kamu temui di sini adalah seorang wanita muda yang pekerja keras dan bertekad menangkap kasus pembunuhan oleh seorang pembunuh berantai. Profiler bernama Han Sun Mi terlihat dingin dan senang menyendiri. Di balik itu dia punya keinginan mengungkap kasus besar yang mengubah hidupnya.

Untuk menyelidiki kasus tersebut, Sun Mi bekerjasama dengan Dong Baek, seorang pemuda berkemampuan khusus yang direkrut kepolisian karena dapat membaca ingatan orang lain. Dong Baek memang istimewa karena dia hanya perlu menyentuh orang lain untuk membaca pikirannya.

5. Hello Monster (2015)

Hello Monster (2015)
  • Tahun Rilis: Juni 2015
  • Genre: Thriller, Crime, Legal, Procedural
  • Produksi: CJ E&M
  • Sutradara: Noh Sang Hoon, Kim Jin Won
  • Pemeran: Seo In Guk, Jang Nara, Choi Won Young, Park Bo Gum
  • Jumlah Episode: 16

Jika di Through The Darkness (2022) kamu selalu dibuat terpesona oleh penampilan Song Ha Young saat menganalisis perlaku kriminal, di drama ini giliran Lee Hyun yang menunjukkan kemampuannya. Lee Hyun adalah profiler yang kehilangan ingatan masa kecil. Suatu hari dia memutuskan kembali ke Korea. Tanpa disadari, Detektif Cha Ji An sudah lama menyelidikinya.

Ayah Lee Hyun dibunuh dan saudara lelakinya menghilang secara misterius. Cha Ji An mendalami kasus tersebut hingga ia menuju pada satu nama, Lee Joon Young. Lee Hyun juga mulai menyelidiki kasus itu dan menemukan satu hal mengejutkan, bahwa saudara lelakinya yang hilang diduga sebagai pembunuh berantai.

6. Special Affair Team TEN (2011)

Special Affair Team TEN (2011)
  • Tahun Rilis: November 2011
  • Genre: Thriller, Crime, Legal, Procedural, Mystery
  • Produksi: MBC C&I
  • Sutradara: Lee Seung Young
  • Pemeran: Joo Sang Wook, Jo An, Kim Sang Ho, Choi Woo Shik
  • Jumlah Episode: 9

Dari judulnya drama ini bercerita tentang tim unit investigasi kriminal yang menangani kejahatan paling kejam di Korea Selatan. Motto mereka adalah “No more unsolved cases”.

Para detektif itu terdiri atas Yeo Ji Hoon, penyidik utama dari tim unit spesial. Dia membawahi seorang profiler bernama Nam Ye Ri, seorang polisi veteran berintuisi tajam bernama Baek Do Shik dan detektif baru yang membuat Ji Hoon terkesan, Park Min Ho.

Ji Hoo yang sekaligus bertugas sebagai criminologist-profiler terkenal dengan gayanya yang aneh. Dia percaya untuk menangkap ‘monster’ dirinya harus menjadi ‘monster’. Tim lalu bekerjasama menyelesaikan masalah-masalah rumit, termasuk pembunuhan berantai yang terkenal sadis.

7. Tell Me What You Saw (2020)

Tell Me What You Saw (2020)
  • Tahun Rilis: Februari 2020
  • Genre: Thriller, Suspense, Drama
  • Produksi: H House
  • Sutradara: Kim Sang Hoon
  • Pemeran: Jang Hyuk, Choi Soo Young, Jin Seo Yeon, Jang Hyun Sung
  • Jumlah Episode: 16

Through The Darkness (2022) mendapat banyak pujian, tapi sudahkah kamu nonton Tell Me What You Saw (2020)? Jika suka dengan drama terbaru Kim Nam Gil tersebut, dijamin akan suka juga dengan drama satu ini. Tell Me What You Saw (2020) bercerita tentang seorang profiler jenius bernama Oh Hyun Jae.

Kepiawaiannya dalam menganalisis para penjahat, mengantarkan pelaku kriminal itu ke penjara. Sayang, karena hal itu pula dia kehilangan tunangannya. Bom yang seharusnya ditujukan untuknya, malah membuat kekasih hatinya tewas.

Sejak itu, Hyun Jae tak ingin lagi menjadi profiler. Hingga lima tahun kemudian, dia diminta kembali bergabung dalam penyelidikan sebuah kasus pembunuhan berantai karena kasus tersebut mirip dengan yang pernah diselesaikannya.

8. Chimera (2021)

Chimera (2021)
  • Tahun Rilis: Oktober 2021
  • Genre: Thriller, Crime, Drama
  • Produksi: JS Pictures
  • Sutradara: Kim Do Hoon
  • Pemeran: Park Hae Soo, Lee Hee Joon, Kim Soo Hyun, Nam Gi Ae
  • Jumlah Episode: 16

Drama mirip Through The Darkness (2021) selanjutnya berjudul Chimera (2021). Dibintangi duo aktor hebat, Paek Hae Soo dan Lee Hee Joon, drama OCN berjumlah 16 episode ini bercerita tentang pencarian pembunuh berantai yang memiliki cara unik dalam membunuh korban-korbannya. Dia menggunakan zat-zat kimia dan reaksi yang ditimbulkan agar korbannya tewas terbakar api.

Detektif Cha Jae Hwan bertekad mengusut pembunuh berantai yang menewaskan senior sekaligus orang terdekatnya dengan cara keji. Dia bekerjasama dengan Eugene Hathaway, ahli kimia sekaligus profiler dari FBI. Eugene terkenal tenang dan detail karena dia bisa mengidentifikasi kepribadian seseorang hanya dari barang-barang yang digunakan.

9. Criminal Mind (2017)

Criminal Mind (2017)
  • Tahun Rilis: Juli 2017
  • Genre: Thriller, Crime, Drama
  • Produksi: Taewon Entertainment
  • Sutradara: Yang Yoon Ho, Lee Jung Hyo
  • Pemeran: Lee Joon Gi, Son Hyun Joo, Moon Chae Won
  • Jumlah Episode: 20

Mengadaptasi serial Amerika terkenal, Criminal Minds, drama Korea procedural yang dibintangi Lee Joon Gi ini bercerita tentang sekelompok profiler yang tergabung dalam NCI atau National Criminal Investigation. Mereka berusaha mengusut pelaku yang bertanggung jawab atas peledakan bom di sebuah rumah sakit yang menewaskan beberapa anggota SWAT.

Kematian beberapa anggota SWAT membuat ketua tim NCI, Kang Ki Hyung, terguncang. Belum selesai di sana, Ki Hyung harus kembali bekerja mengusut kasus pembunuhan berantai. Di sana dia bertemu Kim Hyun Joo, profiler dan mantan pasukan SWAT yang terkenal keras, kurang sabar dan tempramen. Meski begitu, kemampuannya sangat hebat. Hyun Soo sangat detail dan berinsting kuat.

10. Crime Puzzle (2021)

Crime Puzzle (2021)
  • Tahun Rilis: Oktober 2021
  • Genre: Thriller, Crime, Drama
  • Produksi: -
  • Sutradara: Go Jae Hyun
  • Pemeran: Yoon Kye Sang, Go Ah Sung, Yoon Gyung Ho, Song Sun Mi
  • Jumlah Episode: 10

Drama mirip Through The Darkness (2022) selanjutnya adalah Crime Puzzle (2021). Hanya berjumlah 10 episode, ia mengisahkan kehidupan seorang Han Seung Min, psikolog forensic sekaligus profesor dan kekasihnya, Yo Hee, yang sama-sama berprofesi sebagai profiler. Hubungan keduanya yang tampak baik-baik saja tetiba berubah.

Seung Min mengaku membunuh ayah Yo Hee dan beberapa orang lainnya. Akibatnya dia dipenjara dengan hukuman penjara seumur hidup. Sebagai kekasih dan profiler, Yo He tidak percaya begitu saja. Menurutnya Seung Min bukan seorang yang sampai hati melakukan hal tersebut. Saat mewawancarai Seung Min, Yo Hee seperti mendapatkan beberapa potongan teka-teki.

Beberapa pilihan drama mirip Through The Darkness (2022) di atas akan memanjakan para pecinta drama thriller, apalagijika kamu sedang sulit move on dari kejeniusan Ha Young saat menganalisis perilaku kriminal. Para profiler dalam drama-drama tersebut sama-sama pintar dan detail. Kamu boleh coba nonton yang menurutmu paling menarik lebih dulu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram