bacaterus web banner retina

10 Drama Mirip Thirty, Nine, Kisah Persahabatan Para Wanita

Ketagihan dengan keseruan persahabatan Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee dalam drama Thirty, Nine (2022)? Kenyataannya drama-drama yang memotret persahabatan para wanita yang hangat, menyenangkan dan menggemaskan memang nagih!

Ada banyak nilai-nilai tentang saling menghargai, melindungi dan bersyukur yang disuguhkan. Drama tentang persahabatan para wanita yang kami rekomendasikan melalui artikel ini tidak kalah haru dan hangat dengan Thirty, Nine (2022).

Apa saja judul drama yang dimaksud? Berikut ini drama mirip Thirty, Nine (2022) yang bisa membuatmu rindu pada indahnya persahabatan.

1. Reply 1988 (2015)

Reply 1988 (2015)

Selain bercerita tentang persahabatan lima remaja geng Ssangmun-dong, Reply 1988 juga menampilkan kisah persahabatan tiga ibu yang lucu dan hangat. Persis dengan Thirty, Nine (2022) kamu akan melihat tiga wanita dewasa dengan latar belakang berbeda.

Mereka bersahabat karena sudah cukup lama hidup bertetangga. Saat suami dan anak-anak mereka beraktivitas, Mama Cheetah, ibu Deok Sun dan ibu Sun Woo menghabiskan waktu untuk ngobrol sembari melakukan banyak hal bersama.

Mereka saling berbagi cerita tentang anak-anak sampai rahasia rumah tangga yang paling intim. Sebagai keluarga paling kaya, Mama Cheetah kerap membantu dua sahabatnya jika mereka sedang kesulitan uang.

Sebaliknya dua mama lain, penuh semangat mendukung Mama Cheetah mengejar impiannya menjadi penyanyi. Ibu-ibu geng Ssangmun-dong ini juga memperlihatkan dinamika berumahtangga yang bermacam-macam.

Baca Juga: 10 Drama Korea yang Mengangkat Tema tentang Keluarga

2. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

2. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016)

Drama mirip Thirty, Nine (2022) karena sama-sama memotret persahabatan para wanita adalah Weightlifting Fairy Kim Bok Joo (2016).

Kim Bok Jo merupakan putri seorang mantan atlet angkat besi yang terinspirasi mengikuti jejak ayahnya. Bakat alami Bok Jo sebagai atlet semakin terasah ketika dia berkuliah dan mengambil program olahraga.

Selama menjalani program-program pelatihan, Kim Bok Jo menjalin persahabatan dengan Lee Sun Ok dan Jung Nan Hee. Mereka punya banyak kesamaan, terutama soal hobi makan dan semangat mencapai cita-cita.

Ketiganya juga berbagi banyak hal termasuk cerita tentang cinta pertama sampai patah hati pertama. Saat Bok Jo membutuhkan Nan Hee dan Sun Ok selalu ada untuknya.

3. Avengers Social Club (2017)

Avengers Social Club (2017)
  • Tahun Rilis: Oktober 2017
  • Genre: Drama, Comedy, Friendship
  • Produksi: JS Pictures
  • Sutradara: Kwon Seok Jang, Kim Sang Ho
  • Pemeran: Lee Yo Won, Ra Mi Ran, Myung Se Bin, Lee Jun Young
  • Jumlah Episode: 12

Avengers Social Club (2017) sama-sama akan memuaskanmu dengan kisah persahabatan tiga wanita dewasa. Mereka adalah Kim Jung Hye, Hong Do Hee dan Lee Mi Sook.

Ketiganya datang dari latar belakang yang berbeda. Jung Hye adalah putri dari pemilik perusahaan besar yang tidak bahagia dengan pernikahannya.

Hong Do Hee sendiri merupakan wanita tangguh yang membesarkan dua anak sendirian dengan berjualan ikan di pasar tradisional.

Sementara Lee Mi Sook berjuang membangun rumah tangga yang bahagia bersama suaminya, seorang profesor di sebuah universitas. Ketiganya bergabung dalam Bok-Ja Club dan mulai saling membalas dendam untuk masalah masing-masing.

4. Age of Youth (2016)

Age of Youth (2016)

Age of Youth (2016) atau Hello, My Twenties (2016) juga akan menghiburmu dengan kisah persahabatan para wanita. Kali ini kamu akan bertemu dengan girl squad penghuni Belle Epoque yang punya latar belakang dan masalah berbeda.

Drama ini sedikit banyak memotret kegelisahan atau isu yang dihadapi generasi muda di Korea sana. Yoon Jin Myung, Jung Ye Eun, Song Ji Won, Kang Yi Na dan Yoo Eun Jae merupakan sekelompok mahasiswa yang tinggal di sebuah rumah bersama.

Mereka membawa masalah yang berbeda-beda, tapi saling menguatkan dan berbagi kesedihan sehingga beban yang berat pun seketika terasa ringan.

5. Work Later, Drink Now (2021)

Work Later, Drink Now (2021)
  • Tahun Rilis: Oktober 2021
  • Genre: Comedy, Slice of Life, Drama
  • Produksi: Bon Fantasy
  • Sutradara: Kim Jung Sik
  • Pemeran: Lee Sun Bin, Han Sun Hwa, Jeong Eun Ji, Choi Si Won
  • Jumlah Episode: 12

Trio alkoholik bertemu di sebuah bar saat pesta dansa perguruan tinggi. Mereka lalu bersahabat dan menjadi teman mabuk yang solid. Kamu akan menemukan persahabatan yang asyik antara Kang Ji Gu, Han Ji Yeon dan An So Hee.

Mereka datang dari latar belakang berbeda tetapi disamakan oleh satu hobi yang sama, yakni alkohol. Ji Gu dikenal sebagai sosok yang tidak suka berbasa-basi sekaligus menjadi penjaga dua sahabatnya ketika mereka mulai sembrono.

Sementara itu Han Ji Yeon adalah satu-satunya di antara mereka yang memiliki pendidikan tinggi, sedangkan An So Hee merupakan sosok keibuan yang bimbang antara karir dan cinta.

6. Be Melodramatic (2019)

Be Melodramatic (2019)
  • Tahun Rilis: Agustus 2019
  • Genre: Romantic Comedy, Slice of Life
  • Produksi: Samhwa Networks
  • Sutradara: Lee Byeong Heon, Kim Hye Young
  • Pemeran: Chun Woo Hee, Jeon Yeo Been, Han Ji Eun, Ahn Jae Hong
  • Jumlah Episode: 16

Pada 2019 lalu drama Be Melodramatic (2019) juga mengusung tema persahabatan tiga wanita. Drama mirip Thirty, Nine (2022) ini menyuguhkan cerita yang sama-sama realistis karena memuat konflik-konflik yang dekat dengan keseharian.

Kamu akan melihat mereka mengalami banyak masalah seperti kesedihan pasca kehilangan, dipecat dari pekerjaan, hamil lalu dibuang sampai gangguan mental.

Im Jin Woo, Lee Eun Jung dan Hwang Han Joo adalah tiga sahabat wanita berusia 30 tahun yang selalu ada untuk membantu masing-masing. Jin Woo dan Han Joo memutuskan tinggal bersama Eun Jung karena mereka tahu sang sahabat mengalami depresi dan mencoba bunuh diri.

7. Search: WWW (2019)

Search: WWW (2019)

Drama mirip Thirty, Nine (2022) selanjutnya yaitu Search: WWW (2019). Drama karya penulis Kwon Do Eun ini sama-sama bercerita tentang kehidupan tiga wanita di akhir usia 30 tahun mereka, yaitu Bae Ta Mi, Cha Hyeon dan Song Ga Kyeong.

Mereka bekerja di dua perusahaan teratas yang saling bersaing: Unicon dan Barro. Tiga wanita bersahabat itu punya kepribadian yang tangguh, mandiri tetapi bisa saling mengandalkan jika salah satu membutuhkan bantuan.

Selain persahabatan mereka yang solid, drama ini juga menceritakan tentang kehidupan pribadi ketiganya, terutama soal cinta dan hubungan mereka dengan para pria. 

8. Because This Is My First Life (2017)

Because This Is My First Life (2017)
  • Tahun Rilis: Oktober 2017
  • Genre: Romance Comedy
  • Produksi: Studio Dragon
  • Sutradara: Park Joon Hwa
  • Pemeran: Lee Min Ki, Jung So Min, Esom, Park Byung Eun
  • Jumlah Episode: 16

Yoon Ji Ho bekerja sebagai penulis skenario. Dia harus meninggalkan rumah karena tidak bisa tinggal dengan kakak lelakinya yang baru saja menikah. Ji Ho kemudian menyewa kamar dengan harga terjangkau milik Nam Se Hee; seseorang yang dia pikir wanita.

Hubungan keduanya menjadi rumit ketika Ji Ho menandatangani kontrak pernikahan selama dua tahun dengan Nam Se Hee.

Di antara masalah-masalah yang dihadapi Ji Ho dia punya dua sahabat yang selalu bersedia membantunya. Mereka adalah Woo Soo Ji dan Yang Ho Rang.

Dengan sifatnya yang tangguh, Soo Ji siap melawan siapa pun yang mengacaukan dua sahabatnya. Mereka berbagi masalah dan pandangan tentang cinta serta pernikahan.

9. One More Happy Ending (2016)

Because This Is My First Life (2017)
  • Tahun Rilis: Januari 2016
  • Genre: Romance Comedy
  • Produksi: -
  • Sutradara: Kwon Sung Chan
  • Pemeran: Jang Na Ra, Jung Kyung Ho, Yoo In Na, Kwon Yul
  • Jumlah Episode: 16

Sekelompok wanita yang dulu merupakan anggota girl-group generasi pertama terkenal, harus menjalani hidup berbeda di usia mereka yang sudah menginjak 30-an.

Han Mi Mo, Baek Da Jung, Go Dong Mi, Hong Ae Ran dan Goo Seul Ah pernah tergabung dalam girl-group bernama Angels. Sayang mereka harus retak karena keegoisan salah satu anggotanya.

Mi Mo muak dengan keegoisan Seul Ah sebagai anggota paling populer yang kejam. Perkelahian mereka pun akhirnya membuat Angels bubar.

Kisah Mi Mo dan Seul Ah adalah salah satu konflik dari persahabatan yang disuguhkan drama ini. Selain itu kamu juga akan merasakan kehangatan dari kedekatan mereka.

10. The One and Only (2021)

The One and Only (2021)_
  • Tahun Rilis: Desember 2021
  • Genre: Melodrama
  • Produksi: KeyEast, JTBC Studios
  • Sutradara: Oh Hyun Jong
  • Pemeran: Ahn Eun Jin, Kim Kyung Nam, Kang Ye Won, Park Soo Young
  • Jumlah Episode: 16

Drama mirip Thirty, Nine (2022) berikutnya termasuk yang paling baru karena tayang pada Desember tahun lalu. Jika kamu banyak terharu dan menangis menonton kisah persahabatan Mi Jo, Chan Young dan Joo Hee, drama ini juga tak kalah kelam.

Ia bercerita tentang tiga wanita yang bertemu di rumah sakit, yaitu Pyo In Sook, Kang Se Yeon dan Seong Mi Do. Ketiganya menderita penyakit serius dan bersiap menghadapi hari-hari terakhir. Namun, sebelum kematian mereka berniat menyelesaikan urusan penting. Dalam perjalanan ketiganya menjadi bersahabat.

Sepuluh drama mirip Thirty, Nine (2022) di atas bisa kamu pilih jika ketagihan menonton drama dengan cerita-cerita persahabatan para wanita yang unbeatable.

Kamu tinggal pilih berdasarkan genre atau para pemain yang disukai. Sudah siap menyaksikan ‘kegilaan’ dan keharuan wanita-wanita yang saling bersahabat?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram