bacaterus web banner retina

8 Drama Terbaik Mark Pakin, Pangeran Dunia BL

Ditulis oleh Syuri K.N.

Mark Pakin Kunaanuwit adalah artis yang berada di bawah manajemen GMMTV. Sebelum terjun ke dunia entertainment, Mark merupakan pemain bulutangkis profesional, loh! Selain menjadi atlet, Mark juga punya bisnis Kunagi Studios di mana dia memproduksi barang-barang fashion seperti pakaian hingga aksesoris.

I Promised You the Moon, Bad Buddy, My School President, The Warp Effect, dan Moonlight Chicken adalah beberapa proyek drama yang dibintanginya. Ya, daftar drama yang diperankan Mark Pakin sudah cukup banyak sejak debutnya pada tahun 2021.

Orang-orang yang gemar menonton serial Thailand pasti sering berkomentar, "Orang ini ada di mana-mana, deh!" saking seringnya Mark nongol sebagai pemeran pembantu di drama populer. So, penasaran Mark ada di drama apa saja? Bacaterus sudah merangkumnya di bawah ini, check it out!

1. Only Friends

Only Friends mark pakin

Kisah Only Friends berpusat pada hubungan antar teman di kampus. Mereka adalah Boston (Neo Trai), Namchueam (Lookjun Bhasidi), 'Ray' Pakorn (Khaotung Thanawat), dan Mew (Book Kasidet), yang pertemanannya terlihat solid dari luar. Padahal, satu per satu dari mereka menyimpan hasrat terpendam.

Boston yang paling berjiwa bebas di antara semuanya. Dia senang melakukan one night stand, bahkan dia terobsesi dengan pacar sahabatnya sendiri, 'Top' Tanin (Force Jiratchapong). Namun, untuk pertama kalinya, Boston punya friend with benefit jangka panjang, yaitu dengan Nick (Mark Pakin).

Mereka pertama kali bertemu ketika ponsel Nick retak karena terjatuh, dan Nick kebetulan penjaga counter ponsel dan alat-alat komputer. Nick mengaku HP Boston perlu menginap untuk dibetulkan, padahal sebenarnya dia hanya ingin kepo isi ponsel tersebut. Sebab, Nick jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Boston.

Setelah HP Boston selesai diperbaiki, Nick mengobrak-abrik data di dalam ponsel tersebut dan menemukan banyak video dan foto 18+ yang modelnya tak lain dan tak bukan adalah Boston sendiri. Nick pun menawarkan mereka untuk berhubungan badan, tapi sebenarnya Nick jatuh cinta sungguhan pada Boston.

Sayang, Boston hanya menganggapnya casual partner saja, karena incaran utama Boston sebenarnya Top. Walau sering sakit hati, tapi Nick tetap setia setiap dipanggil oleh Boston untuk menghabiskan malam bersama. Walau begitu, kalian jangan kasihan dulu sama Nick, karena jujur dia agak creepy juga, seperti stalker!

Setelah berkali-kali berseliweran sebagai support role yang tidak terlalu penting, akhirnya Mark mendapatkan posisi salah satu pemeran utama juga dalam serial ini. Sejak awal, akting Mark memang tidak jelek. Tapi, di sini dia bisa membuktikan kualitas aktingnya kalau dia serius meniti karir di dunia pertunjukkan.

2. Moonlight Chicken

Moonlight Chicken

Walaupun hanya sebagai pemeran pembantu, tapi karakter Saleng yang diperankan Mark Pakin di sini sangat penting dalam plot, loh! Moonlight Chicken menceritakan tentang Jim (Earth Pirapat), pria sederhana yang menjalankan restoran nasi ayam Hainan sebagai pekerjaannya.

Suatu malam, dia melihat ada pembeli nasi Hainannya yang tertidur karena mabuk. Namanya adalah Wen (Mix Sahaphap), seorang art director di mall setempat. Wen yang berjiwa bebas mampu membuat Jim tidak terikat oleh aturan hidupnya yang alot.

Mereka menghabiskan malam panas bersama, tapi Jim memastikan kalau itu hanya akan menjadi one time thing saja. Namun, ternyata Wen menginginkan lebih, karena seiring mereka semakin mengenal satu sama lain, Wen jatuh cinta.

Sebenarnya Jim juga merasakan yang sama, tapi banyak hal yang perlu dia pikirkan, sehingga cinta tidak pernah ada di dalam pikirannya. Seperti keponakannya yang rebel, dan Saleng, pegawainya yang tampak tidak pernah memikirkan masa depan.

Saleng tinggal dengan pacarnya, Praew (View Benyapa), yang sama-sama dari golongan kelas pekerja. Konflik meningkat ketika Praew hamil, padahal Saleng tidak menghasilkan banyak uang hanya dengan bekerja di kedai Hainan milik Jim. Merasa iba akan hidup keduanya, Jim sering membantu mereka soal ekonomi.

Bahkan ketika Praew dan Saleng hendak menikah, Jim rela membobol tabungannya yang seharusnya dia gunakan untuk membayar asuransi mobil, untuk digunakan sebagai mahar pernikahan keduanya. Dalam drama pendek ini, perkembangan karakter Saleng merupakan salah satu yang saya apresiasi.

3. Last Twilight

Last Twilight mark pakin

Dalam drama Last Twilight, Mark Pakin berperan sebagai Night, kakak dari pemeran utamanya, Day (Sea Tawinan). Day dan Night hidup berkecukupan karena keluarga mereka kaya raya. Naas, kecelakaan merenggut kemampuan Day untuk melihat. Saat ini dia buta parsial, dan akan segera kehilangan penglihatannya secara total.

Night dan ibu mereka sibuk mencarikan orang yang bisa menjadi nanny Day, tapi tak ada satupun yang Day sukai. Hingga suatu hari, datang Mork, yang seorang montir urakan. Dia dipaksa oleh kenalannya untuk mengambil pekerjaan sebagai penjaga Day.

Walau ogah-ogahan, Mork tetap datang ke sesi wawancara karena embel-embel bayaran tinggi yang bisa dipakai untuk membayar hutangnya. Berbeda dari kandidat lainnya, Mork merupakan yang paling sembrono, tidak sopan, dan menjengkelkan. Night hampir saja memukuli Mork, kalau tidak ditahan oleh Day yang memilih Mork.

Rupanya Day menyukai Mork karena dia satu-satunya yang memperlakukan Day seperti orang normal, bukan orang cacat. Karena mereka menghabiskan begitu banyak waktu bersama, keduanya akhirnya membentuk ikatan yang kuat.

Ketika Day mengetahui bahwa dia memiliki waktu sekitar 180 hari sampai dia akan kehilangan penglihatannya yang tersisa, Mork (Jimmy Jitaraphol) dan Night harus mencari cara untuk melalui tantangan yang akan datang.

4. The Warp Effect

The Warp Effect

Tidak melulu BL, Mark Pakin juga eksis di drama The Warp Effect. Serial ini berpusat pada Alex (New Thitipoom), seorang dewasa muda yang hasratnya sedang membuncah. Pada tahun 2011, Alex yang saat itu baru berusia 17 tahun kurang percaya diri, sehingga orang-orang memanggilnya cupu.

Ibunya meninggal dalam sebuah kecelakaan, sehingga seluruh keluarganya yang tersisa hanya laki-laki saja. Sebelum meninggal, Alex berjanji pada sang ibu untuk menjaga keperjakaannya sampai saat yang tepat.

Tapi, teman-teman terdekatnya yaitu See-ew dan Nim, telah melepaskan keperjakaan mereka. Tidak ingin ditinggalkan sendirian, Alex datang ke pesta di rumah Jedi (Mark Pakin), mahasiswa paling terkenal yang memang doyan party, untuk menanggalkan status virgin-nya.

Dia sangat ingin melakukannya dengan Jean (Fah Yongwaree), seorang mahasiswi proaktif di kampus. Dengan keberanian yang Alex dapatkan dari alkohol, dia yakin telah melakukan itu dengan Jean. Namun, dia terbangun tanpa ingatan tentang malam tersebut.

Anehnya, dia merasa lebih dewasa dari sebelumnya. Apakah ini efek berhubungan intim? Ternyata bukan, teman-teman, Alex hanya terbangun di semesta lain di mana dia berusia 27 tahun dan seorang seksolog terkemuka! Sebenarnya apa yang terjadi, ya? Tonton saja dramanya untuk mendapatkan jawabannya!

5. My School President

My School President

Jadi anak kuliahan bisa, pekerja bisa, anak SMA imut-imut juga bisa. Memang, visual Mark Pakin adaptable banget, wajahnya yang ganteng dan awet muda membuat dia masih bisa memerankan karakter anak sekolahan.

Di drama ini, Mark Pakin tidak menjadi main protagonist, sebab karakter utamanya adalah Tinn (Gemini Norawit), yang merupakan presiden badan siswa. Diam-diam dia naksir Gun (Fourth Nattawat), ketua klub musik dan penyanyi utama band sekolah yang tidak pernah menghasilkan prestasi, Chinzhilla.

Tinn, yang merupakan putra kepala sekolah, menerima perintah untuk membubarkan ekskul yang tidak berkontribusi pada reputasi positif sekolah. Klub musik berada di urutan teratas dalam daftar tersebut, dan Tinn menjadi musuh utama Gun karena alasan ini.

Gun sangat berniat untuk menjaga klubnya tetap berjalan, sehingga dia bersedia melakukan apa saja, termasuk bersumpah untuk menjadi pelayan Tinn.

Ketika Tinn mengetahui Chinzhilla memiliki peraturan bahwa anggota band tidak diperbolehkan berkencan sampai band tersebut memenangkan Kontes Musik Hot Wave, dia bertekad untuk memastikan Chinzhilla berhasil memenangkan kompetisi.

Mark Pakin berperan sebagai Thiu, teman band Gun. Tanpa sepengetahuan kedua belah pihak, Thiu ternyata berhubungan dengan Por (Ford Arun), sahabat dekat Tinn. Hubungan antara Thiu dan Por yang harus dirahasiakan karena mereka dari pihak teman yang berbeda menambah bumbu komedi dalam drama anak sekolahan ini.

6. Bad Buddy

Bad Buddy

Sejak Pran (Nanon Korapat) dan Pat kecil, keluarga mereka telah bersaing ketat satu sama lain. Orang tua mereka selalu mencari cara untuk mengalahkan satu sama lain dalam setiap aspek kehidupan. Hal ini jadi diturunkan pada anak laki-laki mereka.

Seumur hidup Pran dan Pat (Ohm Pawat), mereka harus saling mengungguli satu sama lain, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Di kampus pun, kebetulan mereka mengambil jurusan yang memang sejak dulu selalu berkelahi, yaitu arsitektur dan teknik. Jadi, ya, selain di lingkungan rumah, Pran dan Pat sering adu jotos juga di kampus.

Pran dan Pat punya geng yang semuanya berdarah panas. Kalau bertemu, mereka pasti cekcok. Mark Pakin berakting sebagai Chang, teman dari Pat. Karena geng Pat dan geng Pran juga kedua orang tua mereka saling tidak menyukai, Pran dan Pat yang sudah membangun hubungan lebih dekat harus merahasiakan hubungan mereka.

7. Our Skyy 2

Our Skyy 2

Our Skyy 2 merupakan serial kontinuitas dari beberapa Y-series beken ciptaan GMMTV. Sebut saja A Tale of Thousand Stars, Star and Sky: Star in My Mind, The Eclipse, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang Mark Pakin kebanjiran job di drama antologi ini. Sebab, dia muncul di dua series sekaligus, yaitu Thiu dari My School President dan Chang dari Bad Buddy. Makanya, jangan aneh kalau ada orang yang nyeletuk, "Dia lagi, dia lagi." Soalnya, Mark Pakin memang sering jadi support role di drama populer.

Sinopsis untuk Our Skyy 2: My School President ini cukup unik, sebab ceritanya sama persis seperti parent story-nya. Akan tetapi, mereka berada di alam semesta yang sama sekali berbeda. Jika di cerita pertamanya Gun lah yang anak kepala sekolah, dan Tinn lah yang anak ekskul musik, di sini keduanya berganti posisi.

Selain Tinn dan Gun yang bertukar tempat, selebihnya semua sama, di mana Por dan Thiu harus merahasiakan hubungan mereka dari circle pertemanan masing-masing.

Kemudian, sinopsis untuk Our Skyy 2: Bad Buddy, waktunya berlatarkan sekitar dua tahun setelah peristiwa drama pertamanya. Saat ini Pat dan Pran CS sudah menginjak semester tiga.

Walau semua teman mereka sudah tahu soal hubungan Pat dan Pran, tapi keduanya memutuskan untuk berpura-pura telah putus, soalnya saat itu ibu Pran masih suka memata-matai dirinya di kampus. Pran tidak ingin hubungannya diketahui oleh sang ibu, dan teman mereka bukan tipe yang bisa menjaga rahasia (karena mereka sangat berisik).

Saat itu jurusan arsitektur dan teknik sudah tidak berantem lagi, tapi mereka memperebutkan ruang pentas untuk digunakan saat Festival Seni Kampus. Pran dan Pat sama-sama ingin menggunakan ruangan itu karena jurusan mereka akan melakukan pementasan drama.

Jadi, anak-anak arsi dan teknik 'berantem' lagi, termasuk Chang (Mark Pakin). Kira-kira siapa yang bakal menang kali ini, tim Pran atau tim Pat?

8. I Promised You the Moon

i promised you the moon mark pakin (1)

Drama Mark Pakin yang terakhir ada I Promised You the Moon. Ini merupakan ajang debut Mark di dunia akting. Di drama buatan LINE TV dan Nadao Bangkok ini, Mark berperan sebagai Mek, teman sekamar protagonis utamanya, Teh (Billkin Putthipong).

Karakternya, walau hanya guest star, tapi cukup melekat di benak saya. Visualnya khas 'anak kuliah' banget. Rambut gondrong berantakan, pakai kaos oblong seharian, dan cuek dengan sekitar bahkan roommate-nya sendiri. Dia muncul di episode 1 dan 4, di mana dia selalu 'galak' pada Teh.

Tapi, ketika Teh galau karena diputuskan Oh-aew (PP Krit), Mek jadi orang pertama yang menenangkan Teh, loh! Padahal selama menjadi teman sekamar di asrama kampus, mereka jarang banget berkomunikasi. Teh yang sudah dongkol duluan pada Mek memang lebih sering menginap di condo Oh-aew, jadi mereka hampir tidak pernah bertemu.

Walau begitu, Mek mengerti kalau Teh sedang patah hati. Dia bahkan memberikan advice pada Teh yang membuatnya semangat lagi.

Setelah kemunculan Mark Pakin sebagai Mek, keyword pencarian 'packet boy' ramai dicari di Twitter, karena saat pertama kali bertemu Teh, Mek sedang membuka paket. Ini menandakan kalau impact yang diberikan Mark cukup besar, padahal dia hanya bintang tamu saja.

Itu dia sederet drama yang telah Mark Pakin perankan. Sampai saat ini, Mark memang lebih banyak mendapatkan tawaran dalam drama BL, tapi semoga kedepannya dia bisa explore lebih banyak genre, ya. Kamu paling suka Mark Pakin di drama yang mana?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram