bacaterus web banner retina

20 Drama Korea Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2022

Drama Korea selalu menjadi pembahasan yang menarik. Jalan cerita yang menarik, paras aktor dan aktrisnya yang rupawan, dan totalitas crew dalam membuat dramanya membuat serial drama Korea semakin diminati. Bahkan, penggemar drama Korea di negara kita jumlahnya sudah cukup banyak, lho.

Buat kamu yang baru saja menggandrungi drama Korea atau tergolong fans drakor sejak zaman baheula, tentu kamu tak ingin ketinggalan informasi mengenai drakor yang baru rilis di negaranya.

Nah, Bacaterus akan memberi update mengenai judul drama-drama Korea terbaru yang wajib banget kamu tonton. Enjoy!

1. Glitch

glitch_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Thriller, Mystery
  • Produksi: Studio 329
  • Sutradara: Roh Deok
  • Pemeran: Jeon Yeo Been, Nana, Lee Dong Hwi, Ryu Kyung Soo
  • Jumlah Episode: 10 Episode

Drama Korea terbaru tahun 2022 yang satu ini ide ceritanya cukup segar. Ia mengisahkan upaya Hong Ji Hyo menemukan kekasihnya yang tiba-tiba hilang dalam kilatan cahaya misterius pada suatu malam. Untuk mencari sang kekasih, Ji Hyo meminta bantuan komunitas pengamat UFO.

Upayanya ini membawa Ji Hyo semakin dekat dengan rahasia misterius lainnya. Lantas bisakah Ji Hyo menemukannya?

Berperan sebagai Ji Hyo, gadis dari keluarga kaya yang mencari kekasihnya dengan bantuan komunitas UFO, Glitch (2022) tawarkan sesuatu yang baru. Dibintangi Jeon Yeo Been, Nana, Lee Dong Hwi dan Ryu Kyung Soo, ia siap menemanimu dengan segala teka-tekinya.

2. Suriname

suriname_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Thriller, Crime, Drama
  • Produksi: Moonlight Film, Perfect Storm Film Inc.
  • Sutradara: Yoon Jong Bin
  • Pemeran: Ha Jung Woo, Hwang Jung Min, Jo Woo Jin, Park Hae Soo, Yoo Yeon Seok
  • Jumlah Episode: 6 Episode

Suriname atau The Accidental Narco (2022) menjadi satu dari sekian banyak drama Korea terbaru tahun 2022 yang ikut meramaikan persaingan. Tidak tanggung-tanggung, aktor besar kelas A Korea Selatan seperti Hwang Jung Min dan Ha Jung Woo juga turut dilibatkan.

Masing-masing berperan sebagai Jeon Yo Hwan dan Kang In Gu.Suriname (2022) mengisahkan perburuan bandar narkoba bernama Jeon Yo Hwan dari Korea Selatan yang beroperasi di Amerika Selatan.

Perburuan yang dilakukan NIS tersebut melibatkan pengusaha bernama Kang In Gu. Bisnis yang dimulai dengan harapan baik ternyata menjebaknya dalam dunia gelap narkoba. Berhasilkah pemimpin NIS yang diperankan Park Hae Soo menangkapnya?

3. Money Heist: Korea – Joint Economic Area

money heist korea_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Heist, Crime Drama
  • Produksi: BH Entertainment, Zium Content
  • Sutradara: Kim Hong Sun
  • Pemeran: Yoo Ji Tae, Park Hae Soo, Jeon Jong Seo, Lee Won Jong
  • Jumlah Episode: 12 Episode

Tak kalah bikin penasaran, drama Korea terbaru tahun 2022 ini juga banyak ditunggu-tunggu. Ketenaran serial Money Heist dari Spanyol menginspirasi sutradara Kim Hong Sun untuk membuat ulang ceritanya ke dalam drama versi Korea.

Kim Hong Sun juga mengadaptasi nama-nama karakter yang kadung melekat pada serial tersebut. Dalam Money Heist Korea, peran Profesor dipercayakan pada Yoo Ji Tae. Dia adalah otak perencanaan perampokan ambisius yang terjadi di Korean Peninsula.

Untuk memuluskan aksinya, dia butuh bantuan dari orang-orang yang ahli berstrategi dan jenius. Setiap anggota yang direkrut menggunakan nama kota sebagai kode. Bagaimana Profesor memimpin tindak kriminal berisiko tinggi ini?  

4. The Sound of Magic

the sound of magic_

Ji Chang Wook identik dengan drama-drama action dan romance, tapi di dramanya paling baru ini dia juga mencoba sesuatu yang baru.

The Sound of Magic (2022) ceritanya diadaptasi dari sebuah Webtoon berjudul Annarasumanara, tentang seorang gadis siswi SMA yang malang karena sudah menanggung beban hidup sejak belia.

Kedua orangtuanya pergi entah kemana, sehingga siswi bernama Yoon A Yi itu harus kerja keras menghidupi adiknya.

Walau begitu, Yoon A Yi tetap berprestasi di sekolah. Satu keinginan A Yi adalah cepat besar agar dia dapat bekerja lebih mapan. Hingga suatu hari, dia bertemu sosok penyihir yang misterius. Penyihir itu menghibur Yoon A Yi dengan kemampuannya.

5. Bloody Heart

drama korea terbaru_Bloody Heart_
  • Tahun Rilis: April 2022
  • Genre: Historical Drama, Romance
  • Produksi: GnG Production
  • Sutradara: Yoo Young Eun
  • Pemeran: Lee Joon, Kang Han Na, Jang Hyuk, Park Ji Yeon
  • Jumlah Episode: 16

Bloody Heart (2022) menjadi drama saeguk tahun 2022 yang akan membuat suasana hatimu sendu sejak episode pertama.

Dibintangi Lee Joon, Kang Han Na dan Jang Hyuk, drama ini bercerita tentang seorang raja yang kehilangan kekuasaannya atas tahta bahkan cinta karena satu orang yang haus kekuasaan.

Putra Mahkota Lee Tae terpaksa menikahi wanita lain karena agenda seorang dewan kerajaan agar dapat menjadi raja. Sementara itu, wanita yang dia cintai beserta keluarganya menjadi sasaran orang-orang serakah.


Untuk melindungi wanita tersebut, Lee Tae menyembunyikan identitas aslinya dan bersedia menikah dengan orang lain. Akankah Lee Tae menemukan kebahagiaannya?

6. Monstrous

drama korea terbaru_Monstrous_
  • Tahun Rilis: April 2022
  • Genre: Thriller, Drama, Horror, Supernatural
  • Produksi: Climax Studio
  • Sutradara: Jang Kun Jae
  • Pemeran: Koo Kyo Hwan, Shin Hyun Been, Kwak Dong Yeon, Nam Da Reum
  • Jumlah Episode: 6

Jung Ki Hoon, seorang arkeolog terbiasa mencari fenomena-fenomena supernatural. Dia kini menerbitkan majalan okultisme dan memiliki saluran youtube khusus cerita-cerita aneh.

Suatu hari bersama mantan istrinya, Lee Soo Jin, Ki Hoon menghadapi fenomena menakutkan setelah meneliti Gwibul atau patung Budha yang dirasuki roh jahat.

Lee Soo Jin merupakan seorang arkeolog yang patah hati setelah kematian anak tunggalnya. Dia pergi ke Jinyang lalu mengalami fenomena misterius tersebut. Bisakah Lee Soo Jin dan Ki Hoon mengatasi fenomena ini? Bisakah mereka selamat? 

7. Love All Play

drama korea terbaru_Love All Play_
  • Tahun Rilis: April 2022
  • Genre: Drama, Romance, Sport Drama
  • Produksi: Blitzway Studios
  • Sutradara: Jo Woong
  • Pemeran: Park Ju Hyun, Chae Jong Hyeop, Park JI Hyun, Kim Mu Jun
  • Jumlah Episode: 16

Love All Play atau Going to You at a Speed of 493 km (2022)merupakan drama bertema olahraga yang kental dengan nuansa romantis khas percintaan anak muda yang manis.

Disutradarai oleh Jo Woong, ia mengisahkan hubungan dua anak muda berbakat yang menggeluti bulutangkis sebagai pilihan hidup. Park Tae Yang dan Park Tae Jun sebelumnya sudah bertemu saat usia mereka dua belas tahun. 

Pertemuan kembali antara dua Park membawa cerita baru untuk keduanya. Park Tae Jun yang mengagumi kegigihan dan kehebatan Park Tae Yang, jatuh cinta.

Hubungan keduanya pun baik-baik saja, sampai sebuah insiden tiga tahun lalu yang terjadi pada kakak perempuan Tae Jun ternyata berhubungan dengan Tae Yang.

8. Our Blues

drama korea terbaru_Our Blues_

Dibintangi selusin aktor kelas A Korea Selatan, Our Blues (2022) sayang bila dilewatkan. Drama dengan format omnibus ini mengisahkan kehidupan orang-orang yang tinggal di Pulau Jeju lengkap dengan konflik mereka yang berbeda-beda.

Pada episode awal, kamu akan bertemu dengan Cha Seung Won dan Lee Jung Eun yang berperan sebagai dua sahabat lama.

Cha Seung Won sebagai Han Su mengalami kesulitan keuangan karena harus membiayai sekolah golf putrinya di Amerika. Untuk mendapatkan uang dia rela menipu sahabat lamanya sendiri, Eun Hui.

Selain kisah Han Su dan Eun Hui, drama ini juga suguhkan konflik serius antara Yeong Ju yang hamil di luar nikah hingga depresi yang dirasakan Min Seon Ah, ibu muda yang kehilangan hak asuh anaknya.

9. My Liberation Notes

drama korea terbaru_My Liberation Notes_

My Liberation Notes (2022) mengangkat cerita tiga kakak beradik yang jenuh dengan kehidupan mereka masing-masing. Ketiganya adalah Yeom Gi Jeong, Yeom Chang Hee dan Yeom Mi Jeong.

Setiap hari mereka harus pulang-pergi dari rumah ke kantor yang jaraknya cukup jauh. Tinggal di pinggiran Seoul menjadi problematika tersendiri bagi ketiganya.

Yeom Gi Jeong sebagai anak paling tua sedang galau perkara jodoh yang tak kunjung datang padahal usianya sudah cukup matang. Sementara Yeom Chang Hee dengan mulutnya yang ceplas-ceplos ternyata belum percaya diri lagi menjalani sebuah hubungan.

Yeom Mi Jeong sebagai anak bungsu, hidupnya berubah menyenangkan setelah saling memuja dengan seorang pria misterius.

10. Tomorrow 

drama korea terbaru_Tomorrow_

Diadaptasi dari webtoon, drama Tomorrow (2022) mencuri hati menggunakan cerita-certa yang menyentuh.

Ia berkisah tentang tiga malaikat maut yang tergabung dalam Tim Manajemen Risiko. Tugas mereka adalah menyelamatkan manusia-manusia yang ingin bunuh diri.

Koo Ryeon sebagai Kepala Tim MR membawai Lim Ryung Gu dan Choi Joon Woong. Menariknya, Choi Joon Woong berbeda dengan kedua rekannya karena dia masih hidup.

Joon Woong koma setelah menyelamatkan seseorang dari upaya bunuh diri. Dia dijanjikan akan sadar dari koma setelah beberapa bulan jika bersedia membantu Tim MR. Banyak kisah pilu disuguhkan drama ini tiap-tiap episodenya.

11. A Business Proposal

a business proposal_

Rekomendasi drama Korea terbaru tahun 2022 selanjutnya berjudul A Business Proposal (2022). Drama bergenre romantis yang diadaptasi dari sebuah webtoon ini dibintangi Ahn Hyo Seop, Kim Se Jeong, Kim Min Kyu dan Seol In Ah. Ia bercerita tentang pengalaman kencan buta tidak terduga antara seorang CEO muda dengan wanita pekerja.

Shin Ha Ri tidak pernah bisa menolak permintaan, termasuk permintaan seorang teman untuk menggantikannya hadir pada satu acara kencan buta.

Shin Ha Ri sampai mengubah penampilan untuk menyamarkan identitas aslinya. Siapa sangka teman kencan buta yang ditemui Ha Ri adalah bos di tempatnya bekerja bernama Kang Tae Moo. Bisakah hubungan mereka berlanjut?

12. Thirty Nine

thirty nine_

Melihat jajaran pemain drama Thirty Nine (2022) sudah sukses bikin merinding! Aktris-aktris dengan kemampuan akting teruji itu siap menemani kamu di bulan Februari.

Dalam drama Thirty Nine (2022), Son Ye Jin, Jeon Mi Do dan Kim Ji Hyun adalah tiga sahabat yang berasal dari profesi dan latar belakang berbeda. Hal yang membuat ketiganya klik adalah mereka sama-sama bersiap memasuki usia 40 tahun.

Son Ye Jin sebagai Cha Mi Jo saat ini berusia 39 tahun. Hidupnya berkecukupan dan kini dia berprofesi sebagai dokter kulit di daerah Gangnam.

Cha Mi Jo memiliki dua sahabat, Jeong Chan Young bekerja sebagai guru akting dan Jang Joo Hee sebagai kosmetik manajer di department store. Selain persahabatan, kisah cinta mereka dengan para pria juga ikut jadi suguhan drama ini.

13. Grid

grid_

Setelah membintangi web drama berjudul Love Refresh (2021) yang hanya berjumlah 3 episode, Grid (2022) adalah drama terbaru Seo Kang Joo sebelum aktor kelahiran 1993 ini resmi menjalani Wajib Militer.

Grid (2022) menawarkan cerita yang menarik dan cukup berbeda, karena dibuat dari campuran sci-fi dengan thriller. Ia bercerita tentang perburuan hantu yang pernah menyelamatkan umat manusia pada tahun 1997.

Hantu yang lama menghilang itu kembali muncul setelah 24 tahun. Kali ini yang dia bantu adalah seorang pembunuh berantai. Seo Kang Joon sebagai Kim Sae Ha bersama Song Eo Jin, dan Jung Sae Byeok mulai melakukan perburuan dengan tujuan berbeda-beda.

14. Forecasting Love and Weather

forecasting love_

Setelah berhasil menarik perhatian dalam drama Nevertheless (2021), Song Kang datang dengan judul baru di tahun 2022. Kali ini lawan mainnya adalah aktris senior Park Min Young.

Drama berjudul Forecasting Love and Weather, berlatar belakang kesibukan para pekerja di kantor prakiraan cuaca Korea Selatan, tepatnya Korean Meteorological Administration.

Jin Ha Kyung yang diperankan Park Min Young adalah General Forecaster di sana, sedangkan Song Kang sebagai Lee Shi Woo bekerja di bagian Special Reporting Division.

Keduanya punya sifat yang bertolak belakang. Ha Kyung cenderung disiplin dan terorganisir, sementara Shi Woo berjiwa lebih bebas. Selain Park Min Young dan Song Kang, drama ini juga ikut diramaikan oleh Yura dan Yoon Park.

15. Twenty Five Twenty One

twenty five_

Drama Korea terbaru tahun 2022 selanjutnya yang layak dinantikan para pecinta drama romantis adalah Twenty Five Twenty One (2022).

Drama ini memasang Kim Tae Ri yang sukses dengan Mr. Sunshine (2018) dan Nam Joo Hyuk yang melekat dengan karakter Nam Do San gara-gara Start Up (2020) sebagai tokoh utamanya. Masing-masing berperan sebagai Na Hee Do dan Baek Yi Jin. 

Na Hee Do merupakan gadis cantik yang tergabung dalam tim anggar di SMA-nya. Akibat krisis ekonomi yang melanda Korea Selatan, tim anggar sekolah pun dibubarkan. Namun, Hee Do berjuang agar dapat masuk tim anggar nasional.

Di sisi lain, krisis ekonomi juga menghantam bisnis ayah Baek Yi Jin sampai bangkrut. Hidupnya berubah dari serba ada jadi apa adanya. Baek Yi Jin pun tak kalah berjuang untuk hidupnya. Bagaimana cerita pertemuan keduanya?

16. All of Us Are Dead

all of us are dead_

All of Us Are Dead (2022) adalah salah satu drama Korea terbaru tahun 2022 yang ditunggu-tunggu. Tayang pada bulan Januari di Netflix, cerita drama ini diadaptasi dari webtoon berjudul Now at Our School karya Joo Dong Geun yang di-publish tahun 2009 sampai 2011.

Premisnya sendiri bukan hal baru, karena sebelumnya drama atau film Korea bertemakan zombie sudah cukup banyak. Hanya, pada All of Us Are Dead (2022) sekolah dipilih sebagai latar belakangnya.

Drama ini bercerita tentang sekelompok siswa sekolah menengah yang terjebak di sekolah dari serangan wabah virus zombie. Mereka berjuang menyelamatkan diri dari para zombie yang bergerak liar. Mampukah aktor Yoon Chan Young dan kawan-kawan selamat dari petaka ini?

17. Rookie Cops

rookie corps_

Rookie Cops (2022), drama yang jadi debut Kang Daniel di dunia akting tayang pada Januari 2022. Turut dibintangi pemeran Sweet and Sour (2021), Chae Soo Bin, drama ini bercerita tentang lika-liku para mahasiswa baru di Korean National Police University, kampus yang terkenal eksklusif dan konservatif di Korea Selatan. 

Wi Seung Hyun, putra seorang perwira polisi, masuk akademi untuk mengikuti jejak ayahnya. Mimpinya tampak mudah dicapai, terutama karena belum apa-apa dia sudah menduduki peringkat teratas di kelas.

Karakternya penuh semangat dan menyukai keadilan. Di sana Wi Seung Hyun bertemu Go Eun Chang, sama-sama mahasiswa baru di KNPU tetapi memiliki tujuan yang berbeda dengannya. Lantas apakah akan terjadi sesuatu pada mereka?

18. Through the Darkness

through the darkness_

Kalau kamu penggemar drama-drama bertema detektif dan penyelidikan, jangan lewatkan Through the Darkness (2022) yang tayang di awal tahun ini.

Dibintangi Kim Nam Gil, ia bercerita tentang Profiler pertama Korea Selatan dalam menangani kasus-kasus dan mengungkap pelaku kejahatan.

Song Ha Young adalah asisten detektif yang punya pengalaman traumatis saat kecil dulu. Sejak itu, dia memiliki kepekaan dan inisiatif serta bisa melihat ke dalam emosi manusia.

Ketika detektif yang lain mengusut kasus berdasarkan bukti terlihat, Song Ha Young menggunakan instingnya. Dia mempercayai nalurinya untuk mencari bukti lebih detail. Pembawaannya yang tenang bukan berarti bisa diremehkan; dia piawai mengecoh terduga hingga mengakui perbuatan jahatnya.

19. Tracer

tracer_

Rekomendasi drama Korea terbaru di tahun 2022 yang selanjutnya adalah Tracer (2022). Dibintangi Im Si Wan dan Go Ah Sung, drama ini punya premis cukup unik karena menampilkan peliknya kasus penggelapan pajak.

Hwang Dong Joo merupakan akuntan andal yang dipercaya mengelola dana rahasia sebuah perusahaan besar. Meninggalkan profesinya yang lama, Dong Joo kini menjadi Kepala Divisi 5 Biro Investigasi National Tax Service Regional Seoul.

Sebagai petugas pajak, dia bekerja melacak uang-uang yang disembunyikan dari pelayanan pajak. Dia dibantu Seo Hye Young untuk mengejar para mafia pajak.

Perjuangan Dong Joo jelas tidak mudah, karena dia harus menghadapi pihak-pihak yang berusaha menggagalkannya, termasuk In Tae Joon, Kepala Dinas Perpajakan itu sendiri.

20. Ghost Doctor

ghost doctor_

Ingin melihat Rain dan Kim Bum selalu ribut dan berisik? Kamu harus nonton drama Korea terbaru di tahun 2022 berjudul Ghost Doctor.

Drama medis dengan campuran fantasi dan komedi ini bercerita tentang hubungan pelik antara Go Seung Tak.

Dia adalah seorang dokter residen tahun pertama yang hanya jenius dalam hal teori dengan Cha Young Min, profesor hebat andalan Rumah Sakit Eunsang yang tidak mau menangani pasien secara sembarangan.

Cha Young Min yang mengalami kecelakaan pasca berhasil mengoperasi Ketua Jang, hanya bisa terbaring koma. Secara tidak terduga rohnya ternyata bisa masuk ke tubuh Go Seung Tak. Ketika tubuh Seung Tak dikuasai roh Cha Young Min, dokter itu berubah jadi super jenius.

Lambat laun mereka menyadari adanya konspirasi atas kecelakaan yang menimpa Cha Young Min. Keduanya sepakat bekerjasama.

Itulah sejumlah judul drama Korea terbaru yang layak untuk kamu tonton. Pastikan kamu selalu update tentang drakor-drakor terbaru agar tetap up to date. Kalau kamu punya judul drakor terbaru yang belum diulas dalam daftar ini, silakan tulis judulnya di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram