Bacaterus / Drama Korea / 10 Drama Korea tentang Sejarah yang Seru untuk Ditonton

10 Drama Korea tentang Sejarah yang Seru untuk Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Drama Korea selalu menggali beragam tema yang menarik, dari mulai cerita romantis, sageuk, medis, dan tak ketinggalan drama bertema sejarah. Meski bertema tentang cerita masa lalu, drama-drama Korea ini tidak membosankan, justru tetap seru dan asyik untuk ditonton. Berikut adalah 10 judul drama Korea yang bertema tentang sejarah. Simak yuk!

1. Saimdang, Light’s Diary

Saimdang, Light's Diary

Drama ini menjadi ajang kembalinya lagi Lee Yong Ae sejak membintangi film Sympathy for Lady Vengeance dan drama pertamanya A Jewel in the Palace. Dia berpasangan dengan aktor terkenal Song Seung Heon yang memerankan tokoh Lee Gyeom sedangkan Lee Young Ae berperan sebagai Saimdang.

Drama series ini awalnya direncanakan untuk 30 episode tapi kemudian dipendekkan menjadi 28.Apa rahasia yang dalam dan kelam yang disembunyikan dalam buku harian Saimdang? Seo Ji Yoon merupakan seorang profesor sejarah seni modern. Secara tidak sengaja dia menemukan buku harian rahasia Shin Saimdang (1504-1551).

Saimdang dikenal sebagai seorang seniman, penulis, kaligrafi dan penyair Korea. Dia ibu Yi I, seorang cendikiawan Konfusianisme Korea terkemuka selama Dinasti Joseon. Buku harian milik Saimdang di dalamnya menceritakan kehidupan Saimdang dan kisah asmaranya dengan Lee Gyeom, yang merupakan seorang pelukis, ahli kaligrafi dan musisi yang merupakan kekasih masa kecil dan belahan jiwa Saimdang.

Akankah Ji Yoon berhasil mengungkap misteri seputar lukisan seorang wanita tak dikenal dari Dinasti Joseon tersebut?

2. Mr. Sunshine

Mr. Sunshine

Drama Mr. Sunshine ditulis oleh penulis Kim Eun Sook yang juga sukses dengan drama lainnya, yaitu Goblin dan Descendant of the Sun. Episode drama ini sukses meraih rating 8,8 persen dan ini merupakan rekor tertinggi untuk TV kabel.

Drama ini dibintangi oleh Lee Byung Hun (Eugene Choi) dan Kim Tae Ri (Go Ae Shin). Mr. Sunshine berlatarkan masa penjajahan Jepang di dekade terakhir Dinasti Joseon. Diceritakan kedua tokoh utamanya, Eugene Choi dan Go Ae Shin berkerja sama memperjuangkan Nami Island.

Kehadiran Jepang yang meningkat di Joseon menjadi pusat perselisihan politik dalam drama. Saat pasukan pro-Jepang berusaha mengambil kendali atas Semenanjung Korea, muncullah jaringan rahasia pejuang perlawanan Joseon yang berjuang untuk melindungi kedaulatan bangsa mereka.

Eugene yang seorang perwira Korps Marinir Amerika keturunan Korea kembali ke negara kelahirannya. Di sinilah dia diuji kesetiaannya oleh bayangan masa lalunya sendiri serta oleh kekaguman dan perasaan romantisnya terhadap seorang wanita bangsawan Joseon.

3. Legend of the Patriots

Legend of the Patriots

Legend of the Patriots mengambil setting di tengah-tengah Perang Korea. Drama ini mengikuti cerita kehidupan beberapa tentara Korea melalui pertempuran dan pertumpahan darah. Alih-alih berfokus pada tujuan dari kedua belah pihak yang bertikai, drama berfokus pada karakternya dan pada dampak perang pada individu-individu.

Kim Sang-hwi sang sutradara mengatakan bahwa drama ini bukan tentang ideologi Korea Selatan juga Korea Utara, tapi lebih fokus pada perjuangan rakyat yang hidup dalam masa perang. Efek dari fokus drama ini menghasilkan kisah mengaduk persahabatan, pengorbanan, dan kemanusiaan selama masa penderitaan ekstrem. Drama ini dibintangi oleh Choi Soo Jong, Lee Tae Ran dan Lee Deok Hwa.

4. Empress Ki

Empress Ki

Meskipun cerita hubungan para tokoh ini fiksi, karakter dalam drama Empress Ki didasarkan pada orang-orang yang sebenarnya. Permaisuri Ki yang diperankan oleh Ha Ji Won memang ada. Kisah permaisuri ini cukup terkenal di Korea.

Sang Permaisuri lahir di Korea pada masa dinasti Goryeo, tapi kemudian dia dikirim ke Mongol Yuan sebagai selir untuk kaisar yang diperankan oleh Ji Chang Wook. Seperti yang diceritakan dalam drama, Ki naik tahta dan akhirnya menjadi Permaisuri.

Namun, dengan kekuatan yang baru yang dia dapatkan, Ki akhirnya malah menyerang Korea menggunakan pasukan Yuan. Walaupun bagi beberapa orang Ki dianggap sebagai pemimpin bagi orang Korea yang tinggal di Yuan, yang lain mengganggap dia seorang pengkhianat karena mencoba menyerang negaranya sendiri.

5. Immortal Admiral Yi Sun-shin

Immortal Admiral Yi Sun-shin

Tokoh Yi Sun Shin diperankan oleh Kim Myung Min. Cerita ini terjadi tak lama sebelum Pertempuran Noryang, di akhir 1598, masa konfrontasi terakhir Perang Imjin. Para perwira pasukan invasi Jepang yang masih tersisa sangat ingin pulang, tapi mereka bertahan karena terdorong oleh motivasi pribadi untuk mengalahkan musuh terbesar mereka, yaitu Laksamana Yi Sun-shin, sekali untuk selamanya.

Ketakuatan akan popularitas Yi yang semakin meningkat yang dirasakan para jenderal Ming dan pejabat Joseon ternyata bersambut dengan paranoia Raja Seonjo. Raja takut bahwa Yi mungkin akan mengejar takhtanya. Setelah serangkaian peristiwa yang sang raja sebut tindakan pengkhianatan tingkat tinggi, maka sang raja memutuskan untuk menahan Yi.

Di sisi lain, Yi, bertekad untuk memberikan pelajaran kepada Jepang pelajaran atas kekejaman yang mereka lakukan pada rakyat Korea, dan meskipun ada perintah untuk tetap diam dahulu sementara Jepang mundur tanpa harus ada pertumpahan darah, Yi mengumpulkan kekuatan angkatan lautnya dan bersiap kembali bertempur melawan Jepang.

6. Eyes of Dawn

Eyes of Dawn

Setting drama ini adalah saat pendudukan Jepang di awal abad ke-20. Eyes of Dawn merupakan kisah tentang tiga anak muda Korea yang terperangkap dalam pusaran sejarah modern bangsa. Drama ini diperankan oleh Choi Jae-sung sebagai Choi Dae-chi, Chae Shi-ra sebagai Yoon Yeo-ok dan Park Sang-won sebagai Jang Ha-rim.

Dimulai sejak masa kolonial hingga Perang Korea, drama ini mengangkat isu-isu seperti kejahatan perang Jepang, khususnya keberadaan ‘wanita penghibur’, dan tragedi yang ditimbulkan oleh divisi ideologis Korea. Drama ini diadaptasi dari novel terlaris karya Kim Seong Jong.

7. Yeon Gae Somun

Yeon Gae Somun

Yeon Gae Somun (Yoo Dong Geun) adalah jenderal yang membunuh Raja Goguryeo kedua terakhir, Yeongnyu, di tahun 642. Masa tersebut merupakan periode ketidakstabilan yang luar biasa, baik karena tekanan oleh Shilla, juga karena situasi politik di Goguryeo sangat membingungkan.

Setelah Jenderal Yeon menempatkan Bojang, keponakan Yeongnyu, sebagai bonekanya di atas takhta setelah kudeta, Yeon mencoba untuk menenangkan kedua putra Yeon dalam upaya mendapatkan kekuasaan dengan sedikit keberhasilan. Dia pun mulai menindas agama Buddha, yaitu agama resmi Kerajaan, untuk diganti dengan Taoisme.

8. Tamra, The Island

Tamra, The Island

Drama ini berlatar abad ke-17, Jang Beo Jin (Seo Woo) merupakan seorang penyelam wanita muda di Pulau Tamra. Dia tidak begitu menikmati situasi dan impiannya adalah untuk meninggalkan pulau itu. Suatu hari, yang membuat dia mengejutkannya, Jang Beo Jin menemukan seorang pria muda berambut pirang berbaring di pantai. Pemuda itu bernama William (Pierre Deporte) seorang warga negara Inggris.

Seorang pemuda bernama Park Kyu (Im Joo Hwan) memasuki pulau itu dengan menyamar sebagai salah satu dari banyak narapidana yang dikirim ke Pulau Tamra. Sebenarnya, Park Kyu adalah pejabat pemerintah yang mulai muncul yang dikenal sebagai Seon Bi. Kemudian ketiga orang muda ini terlibat dalam cinta segitiga yang lucu.

9. Queen Seon Deok

Queen Seon Deok

Serial ini serial TV ini ber-setting pada akhir masa pemerintahan Raja Jinheung yang kemudian diteruskan sampai akhir masa pemerintahan Ratu Seondeok. Deokman (Lee Yo Won) lahir sebagai salah satu putri kembar Raja Jinpyeong (Jo Min Ki) dan Ratu Maya (Yoon Yoo Sun). Namun dikarenakan ramalan, Raja Jinpyeong mengirim putrinya pergi ke luar dari istana dengan bantuan dayangnya.

Seohwa (Seo Young Hee) adalah dayang yang ceroboh tapi setia. Dia menyelamatkan Ratu Maya agar tidak disingkirkan oleh Mishil, yang berambisi jadi Ratu. Seohwa mengangkat Deokman seolah-olah dia anaknya, tapi sebuah peristiwa akhirnya menyebabkan Deokman mencari tahu identitas aslinya.

Deokman ditinggalkan sekali lagi oleh keluarganya untuk menyelamatkan tahta dari tangan Mishil, dengan pengecualian kembarannya yang bernama Cheonmyeon (Park Ye Jin). Karena kebencian, Deokman berusaha untuk mengambil kembali apa yang diambil darinya dan membalaskan dendam.

10. Bridal Mask

Bridal Mask

Drama ini membawa pemirsa ke Korea tahun 1930-an pada  masa imperialisme Jepang. Lee Kang To (Joo Won) merupakan seorang perwira Korea yang ambisius dan tidak berperasaan. Dia dipekerjakan oleh penjajah Jepang.

Walaupun sang ibu tidak setuju dengan pekerjaannya dan riwayat antagonis kakaknya sendiri dengan Jepang, Kang To terus mengikuti aturan penjajah dengan harapan menjadi sukses dan membawa keluarganya keluar dari kemiskinan. Sayangnya, sosok misterius yang mengenakan Bridal’s Mask tradisional sepertinya selalu menghalangi jalan Kang To.

Tokoh Bridal Mask muncul sebagai sosok mirip Zorro yang melindungi orang-orang dari penindasan dan penyalahgunaan kekuasaan oleh penjajah Jepang. Sebuah peristiwa yang tak terduga membawa Kang To untuk bertemu dengan Bridal Mask yang misterius, yang mengubah masa depannya dan sejarah bangsa selamanya.

Nah itulah drama Korea tentang sejarah yang seru untuk ditonton. Dari 10 judul tadi mana drama yang menjadi favoritmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *