Bacaterus / Drama Korea / Awas Baper! 10 Drama Korea Ini Bercerita Tentang Perjodohan

Awas Baper! 10 Drama Korea Ini Bercerita Tentang Perjodohan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menikah adalah tujuan dari adanya suatu hubungan antara dua insan yang saling mencintai. Namun, apa jadinya jika sebuah pernikahan bukan berdasarkan rasa cinta melainkan karena perjodohan?

Biasanya, perjodohan dilakukan karena adanya paksaan dari keluarga, khususnya orang tua, dan itu terjadi pada masa dahulu. Meskipun pada era sekarang perjodohan sudah jarang terjadi, namun ternyata kisah tentang perjodohan masih cukup populer untuk dijadikan sebuah kisah dalam drama.

Berangkat dari hal tersebutlah, industri drama Korea (drakor) membuat berbagai cerita menarik dengan latar belakang perjodohan. Dari kisah perjodohan yang ada pada drama Korea, ada beberapa akhir yang memiliki kisah bahagia dan juga tidak.

Untuk kamu penggemar drama Korea, berikut adalah deretan 10 drama Korea yang berkisah tentang perjodohan. Siap-siap drakor marathon, ya!

1. Tomorrow With You

Tomorrow With You

Tomorrow With You memiliki jumlah episode sebanyak 16. Tayang pada tvN TV, drama ini diperankan oleh Lee Je Hoon dan Shin Min A dengan genre fantasi romansa.

Berkisah tentang Yoo So Joon yang memiliki kekuatan menjelajah waktu dengan pergi ke masa lalu, dan masa depan. Dalam perjalanan menjelajah waktu, So Joon melihat bahwa dirinya akan segera mati.

Lalu, So Joon mendapatkan saran untuk menikah dengan Song Ma Rin dari Doo Sik selaku Ayah Ma Rin. Doo Sik sengaja menyuruh So Joon untuk menikahi Ma Rin karena memang ingin menjodohkan keduanya.

2. 1% Of Anything

1% Of Anything

Drama korea berjudul 1% of Anything merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Hyun Go Woon yang diterbitkan pada 20 Agustus 2002. Dibintangi oleh Ha Seok Jin dan Jeon So Min, drama ini dirilis pada 5 Oktober 2016 dengan jumlah episode sebanyak 16.

1% of Anything menceritakan tentang drama percintaan palsu antara Lee Jae In dan Kim Da Hyun. Mereka menikah akibat perjodohan atas perintah Kakek Jae In. Namun, tak habis akal, Jae In meneken kontrak pernikahan selama 10 bulan dengan Da Hyun agar bisa mewarisi asset sang kakek.

3. Mask

Mask

The Mask judul lain dari Mask merupakan sebuah drama yang rilis pada 27 Mei 2015, dengan jumlah episode sebanyak 20. Drakor ini dibintangi oleh banyak pemain, di antaranya Soo Ae, Joo Ji Hoon, Yeon Jung Hoon, dan Yoo In Young.

Drakor Mask berkisah tentang Byun Ji Sook yang berjuang keras dalam keluarganya karena sang ayah terjebak dalam kasus hutang. Kemudian, ia dijodohkan dengan seorang wanita kaya bernama Eun Ha karena kepentingan bisnis dan juga harta kekayaan.

Seharusnya, yang menikah dengan Ji Sook bukanlah Eun Ha, melainkan kembarannya. Namun akhirnya, Eun Ha lah yang menikah dengan Ji Sook karena kembarannya tersebut meninggal.

4. Marriage, Not Dating

Marriage, Not Dating

Marriage, Not Dating dengan memiliki empat judul lain salah satunya Marriage Without Dating ini memiliki jumlah episode sebanyak 16, dan mulai tayang pada 4 Juli—23 Agustus 2014. Serial televisi Marriage, Not Dating cukup populer pada saat itu dengan diperankan oleh Yeon Woo Jin, Han Groo, Jeong Jinwoon, Han Sunhwa, Heo Jung Min, dan Yoon So Hee.

Drama yang disiarkan oleh tvN ini bercerita tentang Gong Ki Tae seorang sarjana sukses yang selalu mendapatkan tekanan dari keluarga untuk segera menikah. Kemudian, ia pun membawa Joo Jang Mi untuk diperkenalkan kepada keluarganya. Dengan segala macam rintangan yang ada, akhirnya keduanya pun menikah berdasarkan rasa cinta yang tumbuh seiring waktu berjalan.

5. The King 2 Hearts

The King 2 Hearts

Drama korea yang diperankan oleh Lee Sung Gi sebagai Lee Jae Ha dan Ha Ji Won sebagai Kim Hang Ah, serta pemain lain yaitu Jo Jung Suk, Yoon Je Moon, Lee Yoon Ji, dan lainnya ini memiliki 20 episode dengan waktu rilis pada 21 Maret 2012 dan berakhir pada 24 Mei 2012.

Berkisah tentang dua hubungan percintaan dari dua negara bertentangan, yaitu Korea Selatan dan Korea Utara. Lee Jae Ha (Korsel) dan Kim Hang Ah (Korut) awalnya saling benci. Namun, mereka tidak mengetahui bahwa mereka ternyata sudah dijodohkan oleh keluarga masing-masing.

Sejak awal pertemuan, mereka sudah tidak saling suka dan tidak menginginkan perjodohan tersebut. Tidak hanya mereka, banyak pula yang tidak menyetujui perjodohan mereka. Meskipun begitu, kemudian rasa benci yang ada antara mereka berdua berubah menjadi rasa cinta.

6. Playfull Kiss

Playfull Kiss

Siapa di antara kamu yang tahu dengan drama korea populer satu ini? Playfull Kiss merupakan sebuah drama korea yang diadaptasi dari drama populer Taiwan dan manga Jepang, dengan dibintangi oleh Jung So Min dan Kim Hyun Joong.

Berjumlah 16 episode dengan waktu rilis pada 1 September—21 Oktober 2010, drama ini bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Oh Na Ni yang jatuh cinta kepada pria cerdas nan populer di sekolahnya bernama Baek Seung Jo. Kemudian, Na Ni menyatakan cintanya kepada Seung Jo yang kemudian ditolak.

Lalu, tanpa sepengetahuan mereka berdua, ternyata mereka sudah dijodohkan oleh orang tua dari Baek Seung Jo. Ada pula sebuah kejadian yang membuat Na Ni dan Ayahnya harus tinggal di rumah Baek Seung Jo. Benih-benih cinta pun mulai muncul di antara keduanya.

7. Creating Destiny

Creating Destiny

Drama korea perjodohan selanjutnya ialah Creating Destiny. Drakor bergenre komedi romantis ini memiliki jumlah episode cukup banyak, yaitu 31 dengan waktu rilis pada 10 Oktober 2009 dan berakhir pada 24 Januari 2010.

Diperankan oleh Eugene dan Ki Tae Young, Creating Destiny bercerita tentang Han Sang Eun yang berasal dari keluarga kaya dan berpendidikan tinggi ingin menikahi pacarnya asal Amerika. Namun, niatnya tersebut ditentang oleh Ayahnya.

Supaya Sang Eun lupa akan pacarnya itu, Ayah Sang Eun mengasingkannya ke Korea Selatan dan menjodohkannya dengan Kim Yeo Joon. Meskipun awalnya mereka sama-sama tidak tertarik dan selalu menghindari pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, mereka saling menyukai satu sama lain.

8. Princess Hours

Princess Hours

Drama korea yang tayang di stasiun TV MBC Korea ini rilis pada 11 Januari 2006 dan berakhir pada 30 Maret 2006, dengan jumlah episode sebanyak 24. Drakor bergenre romantis komedi ini banyak diperankan oleh bintang papan atas, di antaranya Yoo Eun Hye sebagai Shin Chae Kyeong, dan Joo Jin Hoo sebagai Lee Shin.

Princess Hours bercerita tentang keluarga kerajaan yang sudah berdiri sejak tahun 1945 hingga masa itu, lebih tepatnya berkisah tentang seorang putra mahkota dan juga seorang gadis dari Kalangan rakyat biasa.

Berawal dari cerita sang raja, ayah Shin yang sakit, keluarga kerajaan bersikeras mencarikan istri untuk Shin agar dapat mengambil alih tahta kerajaan. Kemudian, Shin menikah dengan Chae Kyeong karena adanya perjodohan yang sudah disusun oleh ayah Shin dan kakek Chae Kyeong. Meskipun awalnya tidak memiliki perasaan, akhirnya mereka berdua saling mencintai.

9. Sassy Girl Chun Hyang

Sassy Girl Chun Hyang

Tayang pada 3 Januari 2005 dan berakhir pada 1 Maret 2005 dengan total 17 episode, drama korea berjudul Sassy Girl Chun Hyang ini dibintangi oleh Han Chae Young sebagai Sung Chun Hyang, dan Jae Hee sebagai Lee Mong Ryong.

Berkisah tentang kisah cinta kedua pelajar SMA tersebut, drakor ini mengisahkan Chun Hyang sebagai pelajar yang cerdas, baik hati, tegas, berbakat dalam mendesain perhiasan, dan berjuang keras untuk dapat ranking 1 di sekolah, serta bekerja paruh waktu untuk biaya hidup dan biaya kuliahnya kelak.

Terlahir dari keluarga miskin, Chun Hyang memiliki ibu yang berprofesi sebagai penyanyi di klub malam. Berbeda dengan Chun Hyang, Mong Ryong merupakan siswa pindahan dari Seoul dan anak Kepala Polisi Namwon.

Suatu insiden terjadi di antara mereka berdua. Kala itu, Mong Ryong mengunjungi Chun Hyang yang sedang sakit, tanpa sengaja, Mong Ryong meminum minuman keras hingga mabuk, dan kemudian tertidur bersama Chun Hyang. Akibat hal tersebut, mereka pun dipaksa menikah oleh kedua orang tua mereka dan tetap harus melanjutkan sekolah.

10. Sweet 18

Sweet 18

Sweet 18 atau dikenal dengan Little Bride adalah sebuah drama korea yang tayang di KBS2 TV dengan jumlah episode sebanyak 16, dan rilis pada 19 Januari—9 Maret 2004. Drama korea ini diperankan oleh pemain utama Han Ji Hye sebagai Yoon Jung Sook dan Lee Dong Gun sebagai Kwon Hyuk Joon.

Drakor Sweet 18 bercerita tentang Hyuk Joon seorang pria bangsawan dengan memiliki keluarga yang masih memegang teguh terhadap tradis. Tanpa diketahui, ternyata Hyuk Joon sudah dijodohkan oleh gadis bernama Yoon Jung Sook.

Perjodohan terjadi untuk membangun hubungan baik antar dua keluarga akibat adanya perpisahan selama tiga generasi karena perang.

Nah, itulah 10 rekomendasi drama korea tentang perjodohan yang bisa menemani hari libur kamu. Yang mana nih drakor favorit kamu? Tulis di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *