Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Februari 2019

Drama Korea tak pernah kekurangan tema, dari mulai tema percintaan, kerajaan hingga hukum. Semua dibuat dengan sangat memikat sehingga penonton menikmati setiap episodenya. Drama bertema hukum tidak hanya menawarkan jalan cerita yang menarik, tetapi juga intrik yang membuatnya semakin greget.

Sudah banyak drama yang membahas tentang hukum. Bacaterus telah merangkum 10 judul drama tentang hukum yang dapat Anda saksikan.

10 Drama Korea Tentang Hukum

1. Stranger

Stranger

* sumber: www.kdramalove.com

Serial yang berhasil meraih respon positif dari masyarakat pecinta drama Korea dalam dan luar negeri ini, mencatatkan kesuksesannya dengan dinobatkan sebagai salah satu drama TV terbaik tahun 2017. Bahkan drama ini sampai dibahas di salah satu koran Amerika, New York Times.

Di acara penghargaan di dalam negeri pun, Stranger berhasil meraih Grand Prize untuk televisi di Baeksang Arts Awards. Drama yang juga berjudul Secret Forest ini, mengangkat kisah mengenai seorang jaksa dan polisi.

Dikisahkan, Hwang Shi Mok (Jo Seung Woo) semasa kecil pernah menjalani operasi otak. Semenjak itu dia menjadi tak memiliki emosi. Beranjak dewasa, Shi Mok berhasil menjadi seorang jaksa yang rasional namun dingin. Kehidupannya pun tak  begitu berwarna. Sebagai seorang jaksa, Shi Mok termasuk golongan jaksa yang jujur karena dia satu-satunya  jaksa di kantor yang tak korupsi.

Satu hari, dia mendapati dirinya tiba-tiba mendapat teror mayat. Mayat tersebut dilemparkan tepat kepada Shi Mok. Di tempat kejadian perkara itu, Shi Mok bertemu dengan Han Yeo Jin (Bae Doo Na), seorang letnan polisi. Demi mengungkap kebusukan yang  terjadi di kantor tempat Shi Mok bekerja serta pembunuhan berantai, keduanya sepakat bekerja sama.

2. Lawless Lawyer

Lawless Lawyer

* sumber: www.koreandrama.org

Lawless Lawyer menceritakan seorang mantan anggota gangster yang berubah menjadi seorang pengacara.  Walaupun judulnya Lawless Lawyer, namun cara pengacara menaklukkan penjahatnya tetap dalam jalur hukum, justru hukum lah yang selalu digunakan untuk memenjarakan penjahat.

Dibintangi oleh Lee Joon Ki yang memerankan tokoh Bong Sang Pil, Lawless Lawyer mengisahkan Bo Sang Pil yang kembali ke tempat asalnya untuk mencari kebenaran tentang orang yang menjadi dalang pembunuhan ibunya. Sempat dititipkan di saudara ibunya yang seorang pemimpin gangster, Sang Pil pun akrab dengan dunia kekerasan.

Namun kemudian dia memutuskan untuk belajar hukum dan ikut ujian menjadi pengacara. Sekembalinya ke kampung halamannya, dia menawarkan pekerjaan kepada seorang pengacara perempuan bernama Ha Jae Yi yang diperankan oleh Seo Ye Ji. Jae Yi kehilangan ibunya sewaktu dia kecil. Seperti halnya Sang Pil, Jae Yi bukan pengacara biasa, dia seorang pengacara yang gigih.

Awalnya tak menyukai Sang Pil karena dia bergaul dengan centeng penagih utang, akhirnya Jae Yi bersedia bekerja sama dengan Sang Pil. Berdua mereka mengungkap dalang kematian orang tuanya juga masa lalu mereka.

3. Miss Hammurabi

Miss Hammurabi

Miss Hammurabi menceritakan tentang kehidupan para hakim dalam memutuskan perkara. Drama ini berdasarkan novel karya penulis skenario, Moon Yoo Suk, dengan judul yang sama, yang pertama kali dibuat serial pada tahun 2015 di The Hankyoreh. Tahun 2016 novel ini diterbitkan dalam bentuk novel oleh Munhakdongne Publishing Group pada tahun 2016.

Adalah tokoh Park Chao Reum (Go Ah Ra) yang menjadi tokoh utama wanita dalam drama ini. Dia adalah hakim baru yang baru saja diangkat dan ditugaskan di Departemen Urusan Sipil ke-44 di daerah Seoul Central District. Dia tipe hakim yang selalu memastikan ketidakadilan tidak terjadi dan memiliki empati terhadap orang lain.

Berbeda dengan Chao Reum, Im Ba Reun (L) seorang hakim muda berkepala dingin dan tak membawa emosi ketika memutuskan sebuah kasus. Dia memegang teguh prinsip “Pengadilan yang sama untuk semua orang”.

Seperti halnya drama yang dibumbui kisah cinta, Miss Hammurabi pun memasukkan unsur romansa dalam ceritanya. Hubungan kerja antara Chao Reum dan Ba Reun yang dingin akhirnya berubah menjadi sebuah kisah cinta yang romantis.

4. Room No. 9

Room No. 9

Room No. 9 mengisahkan bagaimana hukum bisa dibengkokkan oleh keserakahan dan nafsu. Drama ini mengisahkan tokoh Eulji Hae Yi yang dibintangi oleh Kim Hee Sun yang merupakan seorang pengacara handal yang tak segan untuk menggunakan segala cara demi ambisinya. Suatu hari dia mengalami kecelakaan yang menyebabkan tubuhnya tertukar dengan seorang narapidana.

Narapidana perempuan itu bernama Jang Hwa Sa (Kim Hae Sook) yang mengalami ketidakadilan dan berusaha untuk segara dibebaskan dari penjara. Namun, usahanya selalu dihalangi oleh Hae Yi demi sebuah posisi di firma hukum tempatnya bekerja. Dalam kecelakaan yang menimpa Hae Yi dan dirinya, Hwa Sa tiba-tiba berpindah ke tubuh Hae Yi dan Hae Yi ke tubuhnya.

Hae Yi yang terjebak dalam tubuh Hwa Sa berusaha keras untuk kembali ke wujud asalnya. Hwa Sa yang merasa memiliki kesempatan untuk membuktikan dirinya tidak bersalah, berusaha keras menahan Hae Yi untuk kembali kepada tubuh yang dia diami. Di akhir cerita, keduanya akhirnya bekerja sama untuk menjerat orang yang telah membuat Hwa Sa mendekam di penjara.

5. Switch: Change the World

Switch Change the World

Dalam drama Switch: Change the World penonton mendapat kesempatan melihat akting Jang Geun Suk memerankan dua tokoh sekaligus. Pertama, dia menjadi seorang penipu ulung yang bernama Sa Do Chan dan seorang jaksa yang sangat menjunjung tinggi moral dan kejujuran yang bernama Baek Joon Soo. Joon Soo tidak memiliki kepribadian yang hangat, berbeda dengan Do Chan.

Diceritakan Baek Joon Soo berada dalam keadaan koma setelah mengalami kecelakaan. Muncullah seorang Sa Do Chan yang mengambil alih perannya sebagai jaksa. Walaupun pekerjaannya seorang penipu, tapi Sa Do Chan adalah penipu yang baik.

Oh Ha Ra (Han Ye Ri) adalah jaksa muda yang bekerja sama dengan Joon Soo. Orang dibalik layar yang membawa Do Chan untuk menjadi Joon Soo tak lain adalah Oh Ha Ra. Dengan kejeniusan dan keterampilannya Do Chan dan Ha Ra bekerja sama menangkap para penipu yang mahir melarikan diri dari hukum.

6. Whisper

Whisper

Bagi penyuka melodrama yang berat, kamu bisa menonton Whisper. Drama ini bergenre melodrama dan hukum. Penonton juga akan disuguhi dengan alur cerita yang rumit dan pergerakan cerita yang cepat ketika mengurai misteri yang berpusat di sekitar firma hukum Taebaek yang penuh dengan kebusukan.

Lee Bo Young memerankan tokoh Shin Young Joon, seorang detektif perempuan yang menjabat sebagai kepala seksi yang karismatik. Dia menghabiskan seluruh hidupnya bergelut dengan para penjahat kecil. Walaupun dia agak kasar ketika berbicara, tapi Young Joon adalah orang dengan hati emas.

Lee Sang Yoon memerankan tokoh Lee Dong Joon adalah seorang hakim elit yang adil dengan pemikiran yang cemerlang. Dong Joon, seperti halnya Young Joon juga seorang dengan hati yang baik dengan kepribadian yang hangat yang selalu siap untuk mendengarkan cerita orang-orang lemah.

Kemudian detektif dan hakim ini bekerja untuk mengusut kasus-kasus korupsi yang melibatkan firma hukum Taebak, yang merupakan skandal terbesar yang pernah terjadi.

7. While You Were Sleeping

While You Were Sleeping

Penyuka Lee Jong Suk pasti hafal drama “While You Were Sleeping” yang dibintangi oleh aktor yang baru beberapa bulan ke belakang berkunjung ke Indonesia. Dalam drama ini Lee Jong Suk berpasangan dengan Suzy.

Drama While You Were Sleeping bergenre hukum, fantasi juga romantis. Dikisahkan Jung Jae Chan (Lee Jong Suk) adalah seorang jaksa junior yang memiliki kemampuan melihat masa depan melalui mimpi. Sementara Nam Hong Ju (Suzy) adalah seorang wartawan yang memiliki kemampuan yang sama seperti Jae Chan. Keduanya selain terlibat hubungan asmara, juga berkolaborasi mencegah hal-hal buruk yang terjadi di dalam mimpi.

8. Suits

Suits

* sumber: www.koreandrama.org

Suits merupakan drama remake dari serial televisi Amerika berjudul sama yang tayang pada tahun 2011. Diceritakan Choi Kyung Suk (Jang Dong Gun) adalah seorang pengacara legendaris di sebuah firma hukum yang bernama Kang & Ham Law Firm.  Kyung Suk memiliki penampilan yang menarik dan penuh karisma.

Sementara Go Yeon Woo adalah memiliki IQ yang tinggi dan kemampuan memori fotografik. Setelah kehilangan orang tuanya semasa kecil, Yeon Woo bermimpi menjadi seorang pengacara. Dia berhasil dalam ujian pengacara dengan memakai nama orang lain namun demikian dia tak mampu membayar uang sekolah hukum karena miskin.

Saat dipromosikan menjadi partner senior, pengacara Choi diingatkan untuk mempekerjakan seorang pengacara junior. Dia pun memilih Go Yeon Woo yang waktu itu sedang bersembunyi dari kejaran polisi dan menyamar sebagai pelamar. Walaupun tahu kebenaran mengenai Yeon Woo, Choi Kang Seok tetap mempekerjakan Yeon Woo.

9. Suspicious Partner

Suspicious Partner

Dalam drama Suspicious Partner, Nam Ji Hyun kali ini berpasangan dengan  Ji Chang Wook. Suspicious Partner menyuguhkan kisah mengenai hukum dan kriminal yang dibawakan secara serius tapi juga lucu. Kedua tokoh utama dalam cerita ini sering sekali terlibat dalam pertengkaran dan memperlihatkan tingkah kekanak-kanakan.

Ji Chang Wook memerankan tokoh bernama Noh Ji Wook, seorang jaksa yang berganti profesi menjadi pengacara swasta di sebuah firma hukum yang sangat kuat. Sementara, Eun Bong Hee yang diperankan oleh Nam Ji Hyun adalah seorang jaksa junior yang bekerja dengan Jaksa Cha Yoo Jung (Nara).

Cha Yoo Jung adalah mantan pacar Ji Wook yang sedang berusaha memenangkan kembali hati Ji Wook. Sementara pengacara Ji Eun Hyuk yang dimainkan oleh Choi Tae Joon adalah teman lama keluarga Jin Wook yang menyimpan perasaan tidak suka karena perbedaan kondisi keluarga di antara kedua keluarga.

Ketika Bong Hee diserang oleh seorang pembunuh, situasi malah membuat Bong Hee menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan tersebut. Sebenarnya pembunuh yang asli menderita amnesia dan dia terus mendatangi Ji Wook dan Bong Hee. Keduanya pun berusaha untuk menangkap pembunuh tersebut.

10. Defendant

Defendant

Defendant bukan drama hukum biasa. Drama ini dipenuhi dengan ketegangan dan misteri yang membuat penonton terus mengikuti drama ini. Defendant mengisahkan cerita seorang jaksa yang bekerja di kantor kejaksaan distrik pusat Seoul yang tiba-tiba menjadi tersangka pembunuhan.

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu terbangun dan menemukan dirimu menjadi seorang yang dinyatakan bersalah atas pembunuhan istri dan anakmu? Itulah yang terjadi pada Park Jeong Woo. Dia menjadi terpidana dan dipenjara dalam keadaan amnesia dan tak bisa mengingat apapun yang terjadi.

Seseorang memanfaatkan keadaan amnesia yang diderita Jeong Woo. Cha Min Ho (Uhm Ki Joon) adalah penjahat utama yang memanfaatkan situasi yang dialami Jeong Woo. Dia bahkan menyamar sebagai saudara kembar Seon Ho dan sampai berpura-pura menikahi istri Seon Ho. Min Ho dendam pada Jeong Soo karena dia satu-satunya orang yang mencurigai dirinya bukan Seon Ho.

Jeong Soo pun terus berjuang untuk mengumpulkan kembali semua ingatannya dan memulihkan nama baiknya.

Itulah 10 judul drama Korea yang bertema hukum yang seru dan direkomendasikan untuk ditonton. Dari 10 judul yang sebutkan tadi, mana yang menjadi favoritmu? Kunjungi artikel drama Korea bertema kerajaan untuk menambah referensi drama yang akan Anda saksikan selanjutnya.