20 Drama Korea Bertema Hukum yang Penuh dengan Intrik

Ditulis oleh Siti Hasanah

Drama Korea tak pernah kekurangan tema, dari mulai tema percintaan, kerajaan hingga hukum. Semua dibuat dengan sangat memikat sehingga penonton menikmati setiap episodenya. Drama bertema hukum tidak hanya menawarkan jalan cerita yang menarik, tetapi juga intrik yang membuatnya semakin greget.

Sudah banyak drama yang membahas tentang hukum. Bacaterus telah merangkum 17 judul drama tentang hukum yang dapat Anda saksikan.

1. Vincenzo

Vincenzo

Salah satu drama Korea tentang hukum yang gak boleh dilewatkan karena dibintangi jajaran cast berkualitas serta cerita menarik adalah Vincenzo (2021). Memasang Song Joong Ki sebagai main lead, Vincenzo (2021) mengisahkan perjalanan hidup seorang anak adopsi bernama Park Joo Hyung yang harus tinggal di Italia sejak berusia 8 tahun.

Joo Hyung diadaposi oleh salah satu keluarga Cassano, satu di antara beberapa keluarga mafia Italia yang terkenal. Namanya pun berubah menjadi Vincenzo Cassano.

Selama di Italia, Vincenzo bekerja sebagai pengacara untuk keluarganya sekaligus tangan kanan pemimpin kelompok mafia tersebut atau ayah angkatnya, Don Fabio. Semenjak Don Fabio meninggal, nyawa Vincenzo terancam.

Dia lalu memutuskan kembali ke Korea untuk mendapatkan emas dalam jumlah besar yang tersimpan di ruang bawah tanah Geumga Plaza. Sayang, rencananya tidak semulus itu karena Geumga Plaza sudah diambil alih oleh sebuah perusahaan real estate bernama Babel Group.

Mampukah Vincenzo yang cerdik mendapatkan tujuannya?

2. Stranger

Stranger

Serial yang berhasil meraih respon positif dari masyarakat pecinta drama Korea dalam dan luar negeri ini, mencatatkan kesuksesannya dengan dinobatkan sebagai salah satu drama TV terbaik tahun 2017. Bahkan drama ini sampai dibahas di salah satu koran Amerika, New York Times.

Di acara penghargaan di dalam negeri pun, Stranger berhasil meraih Grand Prize untuk televisi di Baeksang Arts Awards. Drama yang juga berjudul Secret Forest ini, mengangkat kisah mengenai seorang jaksa dan polisi.

Dikisahkan, Hwang Shi Mok (Jo Seung Woo) semasa kecil pernah menjalani operasi otak. Semenjak itu dia menjadi tak memiliki emosi. Beranjak dewasa, Shi Mok berhasil menjadi seorang jaksa yang rasional namun dingin.

Kehidupannya pun tak begitu berwarna. Sebagai seorang jaksa, Shi Mok termasuk golongan jaksa yang jujur karena dia satu-satunya  jaksa di kantor yang tak korupsi.

Satu hari, dia mendapati dirinya tiba-tiba mendapat teror mayat. Mayat tersebut dilemparkan tepat kepada Shi Mok. Di tempat kejadian perkara itu, Shi Mok bertemu dengan Han Yeo Jin (Bae Doo Na), seorang letnan polisi.

Demi mengungkap kebusukan yang  terjadi di kantor tempat Shi Mok bekerja serta pembunuhan berantai, keduanya sepakat bekerja sama.

3. The Devil Judge

The Devil Judge

Ingin nonton drama Korea tentang hukum yang cukup berbeda dari arus utama? Kamu harus nonton The Devil Judge (2021) yang dibintangi Ji Sung dan Park Jin Young.

Sebanyak 16 episode kita diajak melihat kondisi Korea Selatan yang berantakan. Untuk memperbaikinya, hukum harus ditegakkan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah ada.

Masyarakat dilibatkan dalam pembuatan vonis karena persidangan ditayangkan langsung di televisi dan melalui aplikasi.

Bertindak sebagai hakim utama adalah Kang Yo Han; seorang hakim yang terkenal cerdik, tegas, tidak kenal ampun menghukum orang-orang bersalah. Di balik sikapnya yang seolah tak terkalahkan, Yo Han punya masa lalu kelam.

4. Law School

law-school korean drama (Copy)

Dari judulnya saja, sudah sangat jelas bahwa tema yang diangkat oleh drama ini adalah tentang hukum. Drama ini bercerita tentang kasus pembunuhan yang terjadi di sebuah Falkultas Hukum di Universitas Hankuk, salah satu perguruan tinggi bergengsi di Seoul.

Kasus pembunuhan ini menewaskan seorang dosen yang juga mengajar di fakultas tersebut, yaitu profesor Seo Byung-ju (Ahn Nae Sang).

Mencuatnya kasus tersebut memunculkan banyak spekulasi tentang siapa pelaku pembunuhan sebenarnya, hingga Profesor Yang Jong Hoon (Kim Myung Min) pun ditetapkan sebagai tersangka utama.

Nyatanya, masalah tidak selesai begitu saja karena masih banyak misteri yang belum terungkap di balik kasus pembunuhan tersebut.

Han Joon Hwi (Kim Bum), Kang Sol A (Ryu Hye Young), dan mahasiswa lainnya dari Fakultas Hukum tersebut pun tidak tinggal diam dan turut menyelidiki demi mengungkap kebenaran yang sesungguhnya.

5. Defendant

Defendant

Defendant bukan drama hukum biasa. Drama ini dipenuhi dengan ketegangan dan misteri yang membuat penonton terus mengikuti drama ini. Defendant mengisahkan cerita seorang jaksa yang bekerja di kantor kejaksaan distrik pusat Seoul yang tiba-tiba menjadi tersangka pembunuhan.

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu terbangun dan menemukan dirimu menjadi seorang yang dinyatakan bersalah atas pembunuhan istri dan anakmu? Itulah yang terjadi pada Park Jeong Woo. Dia menjadi terpidana dan dipenjara dalam keadaan amnesia dan tak bisa mengingat apapun yang terjadi.

Seseorang memanfaatkan keadaan amnesia yang diderita Jeong Woo. Cha Min Ho (Uhm Ki Joon) adalah penjahat utama yang memanfaatkan situasi yang dialami Jeong Woo. Dia bahkan menyamar sebagai saudara kembar Seon Ho dan sampai berpura-pura menikahi istri Seon Ho.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram