bacaterus web banner retina

Daftar Drama Komedi Romantis Korea Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 25 September 2021

2000 – 2009

Tahun 2000 menjadi waktu awal booming-nya drama dari negeri ginseng. Bahkan, salah satu drama romcom Korea yang cukup mendunia adalah “Full House”. Nah, berikut ini adalah list drakor komedi-romantis sejak tahun 2000 – 2009 yang sayang bila kamu lewatkan.

1. Coffee Prince

Coffee Prince
*
  • Genre: Food, Friendship, Comedy, Romance, Drama
  • Jumlah Episode: 17
  • Rilis: 2007
  • Pemeran: Yoon Eun-hye, Gong Yoo, Lee Sun-kyun, Chae Jung-an

Go Eun-chan (Yoon Eun-hye) merupakan gadis yang berpenampilan tomboy. Penampilannya yang maskulin membuat dirinya sering dikira pria. Ketika sedang membutuhkan pekerjaan, Eun-chan melamar pekerjaan di sebuah coffee shop bernama “Coffee Prince”. Kedai kopi ini sengaja diberi nama demikian untuk menarik minat pengunjung wanita. Bahkan, seluruh pekerja di kedai kopi ini juga harus pria.

Pemilik kedai kopi “Coffee Prince” adalah seorang pemuda bernama Choi Han-Kyul (Gong Yoo). Intensitas pertemuan Han-kyul dan Eun-chan yang semakin tinggi membuat Han-kyul lama-lama tertarik pada Eun-chan. Kocaknya, Han-kyul mengira bahwa dirinya adalah gay karena tertarik pada Eun-chan yang ia ketahui adalah pria.

2. You're Beautiful

You're Beautiful
*
  • Genre: Friendship, Music, Comedy, Romance, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2009
  • Pemeran: Park Shin-hye, Jang Keun-suk, Jung Yong-hwa, Lee Hong-gi

Satu lagi drakor yang mengisahkan tentang ‘penyamaran’ seorang wanita menjadi laki-laki. Ya, “You’re Beautiful” mengangkat cerita tentang Go Mi-nyeo (Park Shin-hye), mantan biarawati yang terpaksa harus menyamar sebagai kakak kembarnya (Go Mi-nam) yang berjenis kelamin laki-laki agar ia diterima menjadi anggota boyband.

Sekeras apapun Mi-nyeo menyamar ternyata salah satu anggota boyband, Kang Shin-woo (Jung Hyong-hwa) mengetahui bahwa Mi-nyeo adalah perempuan. Shin-woo juga menaruh hati pada Mi-nyeo. Akan tetapi, Mi-nyeo justru jatuh cinta pada sang leader, Hwang Tae-kyung (Jang Keun-suk).

3. My Lovely Sam Soon

My Lovely Sam Soon
  • Genre: Food, Comedy, Romance, Drama, Family
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2005
  • Pemeran: Kim Sun-a, Hyun Bin, Jung Ryeo-won, Daniel Henney

Kim Sam-soon (Kim Sun-a) mengalami dua kesialan secara beruntun. Ia kehilangan pekerjaannya sebagai koki dan diputuskan oleh kekasihnya di malam natal. Sebagai wanita yang memiliki tubuh agak gempal dan sudah hampir menginjak usia 30 tahun, Sam-soon menjadi wanita insecure yang khawatir dengan masa depannya.

Suatu ketika, Sam-soon bertemu dengan Hyun Jin-heon (Hyun Bin), pria tampan yang dingin dan terlahir di keluarga kaya. Jin-heon memiliki sebuah restoran bernama “Bon Appetit”. Sam-soon akhirnya mendapat pekerjaan di restoran tersebut.

Meskipun kaya dan tampan, Jin-heon ternyata menyimpan sebuah luka yang membuatnya trauma terhadap cinta. Jin-heon ditinggalkan oleh kekasihnya begitu saja. Belum lagi ia juga mengalami kecelakaan mobil yang merenggut nyawa kakak laki-laki dan kakak iparnya.

Ibu Jin-heon berusaha memperkenalkannya kepada gadis-gadis cantik. Namun tak satupun dari mereka mampu membuat Jin-heon tertarik. Akhirnya timbul sebuah ide untuk membuat dating contract dengan Sam-soon. Sam-soon harus berpura-pura menjadi pacar Jin-heon agar sang ibu berhenti menjodoh-jodohkannya dengan para gadis.

4. One Mom and Three Dads

One Mom and Three Dads
  • Genre: Comedy, Romance, Family
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2008
  • Pemeran: Eugene, Jo Hyun-jae, Jae Hee, Shin Sung-rok

Song Na-young (Eugene) mendambakan buah hati. Sayangnya, suami Na-young, Jung Sung-min (Yoon Sang-hyun) tidak dapat memberikan seorang anak. Akhirnya, tiga orang teman Sung-min membantu pasutri tersebut dengan cara mendonorkan sperma.

Ketika Na-young hamil, Sung-min meninggal karena sebuah kecelakaan. Kini, Na-young dilanda kebingungan lantaran tidak tahu siapa salah satu dari ketiga teman Sung-min yang merupakan ayah dari bayi yang dikandungnya.

5. Princess Hours

Princess Hours
  • Genre: Comedy, Romance, School, Drama
  • Jumlah Episode: 24
  • Rilis: 2006
  • Pemeran: Ju Ji-hoon, Yoon Eun-hye, Kim Jeong-hoon, Song Ji-hyo

Sinopsis & Review Princess Hours

Berlatar belakang kerajaan modern, “Princess Hours” sebenarnya adalah drama yang menggambarkan situasi cinta segiempat yang sangat rumit.

Bermula dari Pangeran Lee Shin (Ju Ji-hoon) yang dipilih menjadi pewaris tahta dengan satu syarat, yakni harus menikah terlebih dahulu. Perjodohan pun dimulai. Sang pangeran dijodohkan oleh cucu dari sahabat kakeknya, Min Hyo-rin (Song Ji-hyo). Lee Shin tidak menyukai ide perjodohan itu. Di sisi lain, Hyo-rin pun menolak perjodohan lantaran ingin mengejar mimpinya di dunia balet.

Keluarga kerajaan tak putus asa. Mereka kembali menjodohkan Lee Shin dengan Shin Chae-kyeong (Yoon Eun-hye), gadis yang berasal dari keluarga biasa-biasa saja. Chae-kyeong sadar bahwa menjadi istri dari seorang pangeran sama artinya dengan mengorbankan kebebasannya. Namun ia menyetujui perjodohan itu lantaran ingin mengangkat kehidupan ekonomi keluarganya.

Kehidupan istana tak membuat Chae-kyeong bahagia. Sampai pada suatu hari, sepupu Lee Shin yang bernama Lee Yul (Kim Jeong-hoon) kembali dari Inggris. Kepribadian Lee Yul berbeda dengan Lee Shin. Lee Yul lebih ramah, hangat, dan mudah bergaul, berbeda dengan Lee Shin yang terang-terangan menunjukkan ketidaksukaannya kepada Chae-kyeong.

Lee Yul lama-lama jadi menyukai Chae-kyeong. Dirinya yang semula tidak tertarik terhadap perebutan kekuasaan kini jadi mempertimbangkan untuk merebut tahta yang akan diwariskan kepada Lee Shin. Di sisi lain, Hyo-rin pun tersadar dan ingin kembali ke Korea untuk mendapatkan hati Lee Shin.

6. Boys Over Flowers

Boys Over Flowers
  • Genre: Friendship, Comedy, Romance, School, Youth, Drama
  • Jumlah Episode: 25
  • Rilis: 2009
  • Pemeran: Ku Hye-sun, Lee Min-ho, Kim Hyun-joong, Kim Bum, Kim Joon, Kim So-eun

Sinopsis & Review Boys Over Flowers

Kamu yang tumbuh besar di era tahun 2000-an pasti familiar dengan series Taiwan yang berjudul “Meteor Garden”, bukan? 8 tahun setelah “Meteor Garden” mendulang kesuksesan, industri drama Korea kembali membuat series yang diadaptasi dari manga shoujo “Hana Yori Dango” yang juga menjadi kiblat “Meteor Garden”.

“Boys Over Flowers” menceritakan tentang kisah cinta antara Gu Jun-pyo (Lee Min-ho), pemuda kaya raya yang sangat disegani di sekolahnya dengan gadis sederhana bernama Geum Jan-di (Ku Hye-sun).

Awalnya kedua insan ini saling membenci. Bahkan, Jun-pyo berkali-kali mengerjai Jan-di untuk membuat gadis itu tidak betah di sekolahnya. Namun seiring berjalannya waktu Jun-pyo mulai tertarik dengan Jan-di yang dianggapnya berbeda dengan gadis-gadis lainnya.

Sayangnya, kisah cinta mereka mengalami berbagai rintangan. Rintangan tersebut datang dari Yoon Ji-hu (Kim Hyun-joong), sahabat Jun-pyo yang juga tertarik kepada Jan-di dan awalnya berhasil menaklukkan hati Jandi. Belum lagi ibu Jun-pyo juga terang-terangan menentang hubungan putranya dengan Jan-di lantaran menganggap Jan-di tidak sepadan dengan keluarga mereka.

7. Full House

Full House
  • Genre: Comedy, Romance, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2004
  • Pemeran: Song Hye-kyo, Rain, Han Eun-jung, Kim Sung-soo

Sinopsis & Review Full House

“Full House” menjadi salah satu series yang mengawali kesuksesan drakor di seluruh dunia. Drama  yang mempertemukan Song Hye-kyo dan Rain ini mengusung genre romcom yang sangat menghibur. Stasiun TV nasional di Indonesia juga sempat menayangkan drama ini.

Sinopsisnya bermula dari Han Ji-eun (Song Hye-kyo), seorang penulis naskah yang tinggal di rumah bernama “Full House” yang dibangun oleh sang ayah. Suatu hari, Ji-eun ditipu oleh temannya sendiri. Temannya mengatakan bahwa Ji-eun mendapat liburan gratis beserta akomodasinya ke Shanghai.

Di penerbangan menuju Shanghai, Ji-eun bertemu dengan seorang aktor bernama Lee Young-jae (Rain). Ji-eun bahkan tidak sengaja memuntahi kemeja Young-jae. Pertemuan tidak mengenakkan itu berlanjut. “Full House” yang ditempati oleh Ji-eun ternyata telah dibeli oleh Young-jae.

Ji-eun yang tak punya apa-apa akhirnya diizinkan Young-jae untuk tetap tinggal di “Full House” dengan syarat gadis itu harus menjadi pembantu rumah tangga. Hubungan yang kocak dan jenaka antara Ji-eun dan Young-jae lama-lama berkembang menjadi cinta.

8. Sassy Girl Chun-hyang

Sassy Girl Chun-hyang
  • Genre: Comedy, Romance
  • Jumlah Episode: 17
  • Rilis: 2005
  • Pemeran: Han Chae-young, Jae Hee, Uhm Tae-woong, Park Si-eun

Satu lagi drakor dengan jalan cerita yang cukup kocak dan menghibur, yaitu “Sassy Girl Chun-hyang”. Judul tersebut diambil dari nama tokoh utamanya, Chun-hyang (Han Chae-young), gadis miskin tapi cukup berprestasi di sekolahnya. Selain pintar, Chun-hyang juga sangat gigih mencari penghasilan tambahan untuk membantu perekonomian keluarganya.

Kehidupan Chun-hyang yang normal sedikit terusik sejak kedatangan Lee Mong-ryong (Jae Hee), siswa pindahan dari Seoul yang suka membuat masalah. Mong-ryong sering mengganggu Chun-hyang, sampai suatu ketika cowok tersebut berniat iseng menjenguk Chun-hyang yang sedang sakit.

Di rumah Chun-hyang, Mong-ryong tak sengaja meminum minuman beralkohol yang ia kira sari buah. Mong-ryong pun tertidur di sebelah Chun-hyang sampai pagi. Ketika orang tua Chun-hyang menemukan mereka berdua, situasi jadi heboh dan tak terkendali. Orang tua Chun-hyang merasa malu karena insident tersebut dan mendesak mereka untuk menikah.

Mong-ryong sendiri tak menaruh perasaan apapun pada Chun-hyang. Ia justru masih mencintai kakak kelasnya di Seoul, Chae-rin (Park Si-eun). Namun karena ditolak oleh Chae-rin, Mong-ryong pun memutuskan hendak menikahi Chun-hyang.

Hubungan yang tadinya terjalin tanpa ada perasaan cinta lama-lama menimbulkan benih-benih cinta di antara keduanya. Namun, di saat cinta itu mulai tumbuh, Chae-rin datang kembali dan meminta Mong-ryong kembali. Di sisi lain, Chun-hyang sendiri disukai oleh Byun Hak Doo (Uhm Tae-woong), pemilik perusahaan entertainment yang bersedia menghalalkan segala cara untuk memisahkan Chun-hyang dan Mong-ryong.

9. The Vineyard Man

The Vineyard Man
*
  • Genre: Comedy, Romance
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2006
  • Pemeran: Yoon Eun-hye, Oh Man-seok

Pertemuan antara Lee Ji-hyun (Yoon Eun-hye) dan Jang Taek-gi (Oh Man-seok) terjadi secara tidak mengenakkan.

Ji-hyun adalah desainer pakaian yang berbakat dan bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan pakaian ternama. Ketika Ji-hyun merancang sebuah busana, ia bermaksud mengenakan busana rancangannya itu untuk pergi ke klub malam. Apesnya, baju rancangan Ji-hyun justru dicuri oleh sekelompok pria tak dikenal.

Para pencuri itu meninggalkan Ji-hyun begitu saja di toilet pria. Di saat bersamaan muncul Jang Taek-gi, seorang pekerja di kebun anggur yang datang ke klub itu untuk menjual anggurnya. Ji-hyun mengira bahwa Taek-gi adalah polisi. Namun, pada waktu tersebut polisi yang sebenarnya datang. Ji-hyun justru menuduh Taek-gi hendak memperkosanya.

Setelah malam tersebut, Taek-gi pun merasa dirugikan karena tidak berhasil menjual anggurnya. Taek-gi meminta ganti rugi kepada Ji-hyun yang tidak memiliki uang sepeser pun.

Ji-hyun tiba-tiba teringat tawaran kakeknya yang hendak memberinya kebun anggur. Syarat dari sang kakek mudah, ia harus tinggal setahun di desa tempat kebun anggur itu berada dan belajar mengelola perkebunan tersebut.

Nah, di situ lah Ji-hyun kembali bertemu Taek-gi yang ternyata bekerja di perkebunan anggur kakeknya. Apakah keduanya bisa menjadi akur? Temukan jawabannya di “The Vineyard Man”, deh!

10. Delicious Proposal

Delicious Proposal
*
  • Genre: Food, Comedy, Romance
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2001
  • Pemeran: Jung Joon, Son Ye-jin, So Yoo-jin, So Ji-sub

Ingin melihat Son Ye-jin beraduk akting dengan So Ji-sub? Yuk, tonton “Delicious Proposal” yang rilis pada tahun 2001 silam.

Drama Korea yang mengusung genre romcom ini menceritakan tentang Hyo-dong (Jung Joon), seorang pemuda yang mewarisi restoran Cina milik ayahnya. Restoran tersebut sebenarnya sudah di ambang kehancuran. Namun, keluarga Hyo-dong tetap struggling untuk mempertahankan restoran tersebut.

Tak disangka Hyo-dong jatuh cinta pada Hee-ae (Son Ye-jin), seorang gadis yang ternyata - tanpa sepengetahuan Hyo-dong – adalah putri dari saingan bisnis sang ayah.

Itulah rekomendasi drama Korea komedi romantis terbaik sepanjang masa. Jika sebagian judul romcom yang muncul di daftar ini dirasa asing, itu karena beberapa judul romcom tersebut baru saja tayang. Dari semua judul romcom tadi, manakah yang menjadi favoritmu? Share komentar kamu di bawah.

Tonton juga sejumlah judul drama Korea lain yang bisa membuat Anda tertawa terbahak yang kami rekomendasikan dalam artikel drama Korea paling lucu.

12 3

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram