bacaterus web banner retina

Daftar Drama Komedi Romantis Korea Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 25 September 2021

Drama bergenre komedi romantis selalu asyik untuk ditonton karena penonton tak melulu disuguhi adegan percintaan yang mengharu-biru tapi juga diajak untuk tertawa. Selalu ada adegan-adegan yang sukses memancing tawa penonton.

Ada banyak drama Korea bergenre romcom yang sukses digilai penontonnya. Terkadang, saking hebatnya akting para aktor dan aktrisnya, penonton sampai merasa adegan kedua tokoh utama itu nyata dan bukan akting. Umumnya harapan penonton untuk pasangan aktor dan aktris itu adalah menjadi pasangan sebenarnya atau kembali dipasangkan dalam drama yang berbeda.

Dari beragam judul romcom yang sudah selesai tayang atau baru tayang, inilah 10 drama Korea komedi romantis terbaik sepanjang masa rekomendasi Bacaterus.

2020 - Sekarang

Tahun 2020 membuat sejumlah industri perfilman dari berbagai negara terpaksa collapse atau gulung tikar. Pandemi COVID-19 yang meningkat di tahun 2020 membuat banyak bioskop ditutup dan produksi film harus diundur. Namun hal tersebut tidak dialami oleh industri drama di negeri ginseng. Korea tetap aktif memproduksi drama serial yang bisa disaksikan di stasiun TV nasional Korea Selatan atau layanan streaming.

Berikut adalah sejumlah drama Korea komedi romantis yang memeriahkan tahun 2020 hingga saat ini!

1. Hospital Playlist

Hospital Playlist
  • Genre: Friendship, Comedy, Romance, Life, Drama, Medical
  • Jumlah Episode: 12
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Jo Jung-suk, Yoo Yeon-seok, Jung Kyung-ho, Kim Dae-myung, Jeon Mi-do

Sinopsis & Review Hospital Playlist

Nggak semua drakor yang mengangkat tema medis itu serius, lho. “Hospital Playlist” adalah salah satu drakor yang justru mengusung genre komedi romantis. Nah, bagaimana bisa sih kehidupan medis di rumah sakit diisi dengan kisah kocak nan romantis?

Drama yang mendapat rating cukup baik di tahun 2020 ini mengangkat kisah persahabatan lima orang dokter yang terjalin semenjak mereka masih menempuh studi S1 sampai kini mereka menjadi dokter spesialis berbeda di sebuah rumah sakit yang sama.

Ketika menyaksikan drama ini, penonton akan diajak untuk serius ketika kelima dokter ini berkutat menangani pasien-pasien di rumah sakit, tapi juga diajak relaks ketika menonton mereka hangout dan bermain musik bersama.

“Hospital Playlist” berusaha menyuguhkan cerita yang cukup dekat dalam kehidupan sehari-hari. Drama ini juga menunjukkan sisi kehidupan para dokter yang sama saja seperti orang-orang kebanyakan. Bahkan, kamu juga akan dibawa untuk larut dalam kisah dua orang di antara mereka yang terjebak friendzone.

2. 18 Again

18 Again
  • Genre: Comedy, Romance, Life, Youth, Drama, Fantasy
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Kim Ha-neul, Yoon Sang-hyun, Lee Do-hyun

Kalau kamu pernah nonton film Hollywood berjudul “17 Again” yang dibintangi Zac Efron, drama “18 Again” ini diadaptasi dari film tersebut.

Sinopsisnya menceritakan tentang seorang ayah dan suami bernama Hong Dae-young (Yoon Sang-hyun) yang memiliki kehidupan rumah tangga biasa-biasa saja dan sudah dikaruniai dua orang anak yang memasuki usia remaja. Namun, setelah belasan tahun menikah istri Dae-young, Jung Da-jung (Kim Ha-neul), mengajukan cerai.

Dae-young berusaha mempertahankan rumah tangganya. Akan tetapi, ia mengalami sebuah kejadian tak terduga di mana dirinya yang berusia 40 tahunan tiba-tiba kembali ke tubuhnya di usia 18 tahun. Dae-young memiliki fisik pemuda 18 tahun tapi jiwa dan pikirannya masih tetap 40 tahun.

Dae-young muda (Lee Do-hyun) kembali menjalani hidupnya di usia muda. Ia mulai mengejar mimpinya yang dulu tak sempat ia raih. Sembari menjalani kehidupannya di masa muda, Dae-young mengetahui putrinya, Hong Shi-ah (Roh Jeong-eui) bekerja di toko kelontong tanpa sepengetahuan dirinya. Dae-young juga menemukan fakta bahwa putranya, Hong Shi-woo (Ryeoun), sering menjadi  bahan perundungan teman-temannya.

3. Mr. Queen

Mr. Queen
  • Genre: Historical, Comedy, Romance, Drama, Fantasy
  • Jumlah Episode: 20
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Shin Hye-sun, Kim Jung-hyun, Bae Jong-ok, Kim Tae-woo

Katanya drama bertema tentang kerajaan selalu membosankan, benarkah? Tunggu dulu sampai kamu menonton “Mr. Queen”. Drama serial ini memang mengambil setting kerajaan, tepatnya pada Dinasti Joseon. Akan tetapi, drakor ini mengusung genre komedi romantis sehingga jauh dari kata membosankan.

Alkisah seorang pria yang berprofesi sebagai juru masak bernama Jang Bong-hwan tiba-tiba terbangun dalam tubuh seorang wanita yang diketahui bernama Kim So-yong (Shin Hye-sun), seorang ratu di Dinasti Joseon. Sang ratu memiliki suami bernama Raja Cheoljong (Kim Jung-hyun), seorang raja yang lemah lembut tapi menyimpan sebuah kekuatan terpendam dan enggan disebut sebagai pemimpin boneka.

Jang Bong-hwan harus beradaptasi dengan tubuh barunya. Ia yang hanya mengetahui tentang bumbu dapur kini dipaksa untuk terlibat dalam politik kerajaan yang berkutat dengan perebutan kekuasaan dan harta.

4. Do Do Sol Sol La La Sol

Do Do Sol Sol La La Sol
  • Genre: Music, Comedy, Romance, Drama, Melodrama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Go Ara, Lee Jae-wook, Kim Joo-hun

Goo Ra-ra (Go Ara) adalah seorang pianis yang ceria. Suatu ketika keluarga Ra-ra bangkrut dan membuat dirinya frustasi. Di sisi lain, seorang pria bernama Sun Woo-joon (Lee Jae-wook) memiliki sifat yang sangat cuek dan tidak peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentangnya. Woo-joon berjiwa bebas dan menyimpan banyak rahasia. Ia bekerja paruh waktu di beberapa tempat untuk menghidupi dirinya sendiri.

Ketika Ra-ra melakukan perjalanan ke sebuah akademi musik bernama La La Land di sebuah kecil, dirinya mengalami kecelakaan. Di situ Ra-ra berjumpa dengan Sun Woo-joon. Gadis itu bahkan meminjam sejumlah uang kepada Woo-joon untuk membayar biaya perawatannya di rumah sakit. Dari masalah meminjam uang, tumbuh cinta di antara Ra-ra dan Woo-joon. Seketika kehidupan mereka berdua pun berubah.

5. Oh My Baby

Oh My Baby
  • Genre: Comedy, Romance, Life, Drama, Family, Medical
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Jang Na-ra, Go Jun, Park Byung-eun, Jung Gun-joo

Jang Ha-ri (Jang Na-ra) merupakan pimpinan majalah parenting. Kendati demikian Ha-ri belum menikah. Bahkan, Ha-ri tidak pernah menjalin hubungan asmara selama 10 tahun terakhir. Meskipun penampilannya menawan, Ha-ri memutuskan untuk tidak menikah. Namun ia mendambakan kehadiran buah hati.

Untuk memuluskan niatnya memiliki anak, Ha-ri mulai membuka diri dengan beberapa pria di sekitarnya. Ia bermaksud melakukan penjajakan untuk menemukan calon ayah yang pas untuk melangsungkan niatnya memiliki anak.

Siapa kira-kira pria yang akan dipilih Ha-ri untuk menjadi calon ayah bagi anaknya? Akankah hubungan yang diniatkan hanya untuk memperoleh anak ini tidak akan terkontaminasi dengan rasa cinta?

6. Backstreet Rookie

Backstreet Rookie
  • Genre: Action, Business, Comedy, Romance, Life, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Ji Chang-wook, Kim Yoo-jung, Han Sun-hwa, Do Sang-woo

Backstreet Rookie” menjadi sebuah drama yang menuai cukup banyak kritik di tahun 2020. Namun tetap saja masih banyak penonton yang tetap setia menonton drama yang dibintangi Ji Chang-wook ini sampai tamat.

Bermula dari seorang pemuda bernama Choi Dae-hyun (Ji Chang-wook) yang baru saja putus cinta kemudian tak sengaja bertemu segerombolan remaja bandel. Salah satu remaja tersebut adalah Jung Saet-byul (Kim Yoo-jung), gadis yang jago berkelahi lantaran anak seorang guru taekwondo. Saet-byul terang-terangan meminta Dae-hyun membelikannya rokok, tapi pria itu justru menasihatinya panjang lebar.

3 tahun setelah kejadian itu Dae-hyun menjadi manager minimarket milik keluarganya. Di saat itu pula Saet-byul kembali muncul melamar pekerjaan di minimarket tersebut. Terang saja Dae-hyun menolak mentah-mentah. Namun dewi fortuna berpihak pada Saet-byul. Gadis itu justru berhasil menaikkan penjualan toko dan membuat Dae-hyun mau tidak mau menerimanya bekerja di situ.

Dari kisah kocak inilah hubungan keduanya mulai terjalin. Dari yang saling membenci, kemudian keduanya jadi saling mencintai satu sama lain.

7. Eccentric! Chef Moon

Eccentric! Chef Moon
  • Genre: Food, Comedy, Romance, Drama, Melodrama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Eric Mun, Go Won-hee

Sebagai chef terkenal di Korea, Moon Seung-mo (Erin Mun) memiliki idealisme untuk hanya memasak dari bahan-bahan organik yang sehat agar bisa menciptakan hidangan yang lezat. Sayangnya, tinggal di kota membuat Moon Seung-mo kesulitan menemukan bahan makanan organik yang sehat. Kehidupan di kota membuatnya semakin dekat dengan makanan-makanan yang tidak sehat dan mengandung MSG.

Setelah kedua orang tuanya meninggal karena musibah kebakaran, Seung-mo memutuskan untuk pindah ke Desa Seoha yang kuno. Di sana Seung-mo kembali menemukan passion-nya dalam hal memasak lantaran ia dengan mudah mendapatkan bahan makanan sehat yang diinginkan.

Suatu hari, datang seorang perancang busana terkenal di kota Yoo Yoo-jin (Go Won-hee). Yoo-jin pindah ke Desa Seoha setelah dirinya kehilangan ingatan akibat sebuah kecelakaan. Lantaran orangnya ceroboh, Yoo-jin mendapat julukan ‘Yoobyeolna’ (unik, aneh) dari penduduk desa.

Kehidupan Seung-mo yang tadinya damai dan tenteram seketika menjadi berantakan setelah kedatangan Yoo Yoo-jin di Desa Seoha.

8. Lonely Enough to Love

Lonely Enough to Love
  • Genre: Comedy, Psychological, Romance, Youth, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Ji Hyun-woo, Kim So-eun, Park Geon-il

Sesuai dengan judulnya, “Lonely Enough to Love” menceritakan tentang trauma, kesepian, dan cinta. Tema ini sebenarnya sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari karena tak sedikit orang yang pernah mengalami ketiga hal tersebut.

Cerita bermula dari Cha Kang-woo (Ji Hyun-woo), psikiater muda berusia 30 tahunan yang ternyata memiliki trauma tersendiri terhadap cinta. Luka di masa lalu membuat Kang-woo menutup diri terhadap cinta. Bahkan, profesinya sebagai psikiater tak mampu membantunya menyembuhkan lukanya sendiri.

Di sisi lain ada seorang copy editor cantik bernama Lee Na-eun (Kim So-eun). Na-eun yang lemah lembut ternyata sudah 4 tahun terakhir melajang dan merindukan kehadiran seorang kekasih.

Na-eun dan Kang-woo menjalin hubungan pertemanan. Lantaran keduanya sama-sama memiliki perasaan tidak ingin kesepian, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk tinggal satu rumah tanpa menjalin hubungan spesial.

9. Touch

Touch
  • Genre: Business, Comedy, Romance, Drama
  • Jumlah Episode: 16
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Joo Sang-wook, Kim Bo-ra

Han Soo-yun (Kim Bo-ra) bercita-cita menjadi idol KPOP. Sayangnya, perjalanannya sebagai trainee tak berjalan dengan mulus. Persaingan yang ketat antar trainee  membuat Soo-yun harus menerima kenyataan pahit bahwa impiannya sulit untuk dicapai.

Soo-yun akhirnya berjumpa kembali dengan Cha Jung-hyuk (Joo Sang-wook), seorang penata rias berbakat yang pernah meriasnya secara dadakan di dalam pesawat. Namun Jung-hyuk yang sekarang sedang dalam kondisi ekonomi yang sulit. Jung-hyuk menganggur dan memiliki banyak hutang.

Lantaran pernah ‘ditolong’ oleh Jung-hyuk, Soo-yun pun berniat membalas budi Jung-hyuk. Soo-yun menjadi asisten penata rias itu dan mulai menemukan bakatnya yang selama ini terpendam.

10. Men Are Men (To All The Guys Who Loved Me)

Men Are Men (To All The Guys Who Loved Me)
  • Genre: Business, Comedy, Romance, Drama, Fantasy
  • Jumlah Episode: 32
  • Rilis: 2020
  • Pemeran: Hwang Jung-eum, Yoon Hyun-min, Seo Ji-hoon, Jo Woo-ri, Choi Myung-gil

Seo Hyun-ju (Hwang Jung-eum) merupakan kepala tim perencanaan di Webtoon. Hyun-ju pernah mengalami mimpi tentang kehidupannya di tiga zaman sebelumnya. Di setiap mimpinya Hyun-ju selalu menikah dengan pria yang sama dan mengalami kehancuran rumah tangga karena sang suami pergi meninggalkannya. Mimpi yang kelihatannya sepele ini membuat Hyun-ju trauma dan memutuskan untuk tidak menikah.

Bagi Hyun-ju, sosok yang ingin ia nikahi adalah dirinya sendiri agar tak perlu menelan kekecewaan seperti mimpi-mimpi buruknya itu. Hyun-ju akhirnya bertekad untuk hidup menjomblo selamanya.

Di saat Hyun-ju mulai memantapkan hatinya melajang seumur hidup, dua pria terdekatnya menyatakan perasaan cinta kepadanya. Pria pertama adalah Hwang Ji-woo (Yoon Hyun-min), seorang pimpinan perusahaan farmasi. Sementara pria kedua adalah Park Do-kyum (Seo Ji-hoon), penulis Webtoon yang pandai bergaul.

1 23

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram