bacaterus web banner retina

10 Drama Jepang Terbaik tentang Olahraga yang Sangat Seru

Ditulis oleh Erika Erilia

Drama Jepang selalu muncul dengan beragam tema setiap tahunnya, salah satu yang paling diminati adalah tema olahraga. Drama seperti ini tidak hanya menampilkan serunya sebuah pertandingan, tapi juga diwarnai dengan bumbu-bumbu lain seperti komedi, cinta, dan persahabatan.

Kalau kamu termasuk penyuka cerita seperti ini, Bacaterus punya beberapa rekomendasi drama Jepang bertema olahraga yang wajib kamu tonton. Penasaran? Yuk, langsung simak daftarnya di bawah!

Baca juga: Cari Hiburan Bertema Sport? Ini 10 Anime Sport Terbaik

1. Pride

Pride

Drama yang satu ini menceritakan tentang atlet hoki bernama Haru Satonaka (Takuya Kimura). Haru yang merupakan kapten tim ini menganggap hoki adalah segala-galanya. Menurut Haru, tak ada yang lebih penting dari Hoki, ia bahkan tidak tertarik dengan masalah cinta sehingga dirinya pun enggan menjalin kasih dengan wanita manapun.

Hingga suatu ketika Haru seperti kehilangan semangat saat pelatih kesayangannya meninggal dunia. Haru bahkan berkonflik dengan pelatih baru yang menangani timnya. Di tengah kegalauan itu, Haru bertemu dengan Aki Murase (Yuko Takeuchi), wanita yang sedang menunggu kekasihnya pulang dari luar negeri.

Haru kemudian mengajak Aki untuk 'berpacaran sementara', artinya mereka tidak boleh saling jatuh cinta dan hubungan bisa berakhir kapan saja, setidaknya sampai pacar Aki pulang. Dari sinilah hubungan keduanya terjalin, bahkan Haru menemukan semangatnya lagi untuk bermain hoki.

2. Yowamushi Pedal

Yowamushi-Pedal-1Sumber: tvtime.com

Cerita drama ini berfokus pada tokoh Onoda Sakamichi (Ogoe Yuki) yang merupakan seorang otaku. Dia sangat mencintai anime dan game sampai rela mengayuh sepeda tuanya puluhan kilometer hanya untuk pergi ke Akihabara.

Di sekolah barunya pun ia ingin sekali masuk ke klub anime. Sayangnya, klub tersebut sudah dibubarkan, tapi Onoda bertekad ingin menghidupkan kembali klub tersebut.

Kemampuan bersepeda Onoda rupanya menarik perhatian Imaizumi Shunsuke (Kimura Tatsunori) yang sangat mahir bersepeda. Imaizumi kemudian mengajak Onoda bertanding balap sepeda. Dari sinilah Onoda kemudian bergabung dengan tim sepeda di sekolahnya dan terlibat pertandingan yang mendebarkan.

3. Tumbling

TumblingSumber: innerkaleidoscope.blogspot.com

Serial Tumbling bercerita seputar olahraga senam ritmik. Kisahnya berpusat pada tokoh Wataru Azuma (Yusuke Yamamoto), pelajar berandalan yang suka berbuat ulah. Ia sering terlibat perkelahian dan tentu saja nilai pelajarannya sangat menyedihkan.

Untuk mendongkrak nilai akademik, Wataru diberi opsi oleh gurunya untuk mengikuti pelajaran tambahan atau ikut ekstrakurikuler. Wataru pun lebih memilih opsi yang kedua.

Wataru kemudian memutuskan untuk ikut klub senam ritmik pria. Alasannya, gadis yang ia sukai, Mari Satonaka (Azusa Okamoto), bergabung dengab klub senam ritmik perempuan.

Dari sinilah berbagai konflik mulai muncul, apalagi image Wataru sangat bertolak belakang dengan klub senam ritmik pria yang sering dianggap sebagai tempat para banci. Akan tetapi , lama-kelamaan Wataru menemukan sesuatu yang lebih di klub ini dan mulai serius menekuninya.

4. Buzzer Beat

Buzzer-BeatSumber: tvtime.com

Drama seri ini menceritakan Naoki Kamiya (Tomohisa Yamashita), seorang pebasket profesional yang sangat berbakat. Tapi Naoki tidak bisa mengontrol diri saat sedang dalam tekanan sehingga skill basketnya pun seperti terhambat.

Di pihak lain, ada Riko Shirakawa (Keiko Kitagawa) yang merupakan pemain biola dan punya cita-cita tinggi untuk jadi pemain biola profesional. Pertemuan keduanya berawal saat Riko menemukan ponsel Naoki yang tertinggal di bus. Saat mengembalikan ponsel tersebut, Riko bertemu dengan Tomoya Kawasaki (Hideaki Ito) yang tak lain adalah pelatih Naoki.

Tomoya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Riko, sedangkan Riko lebih tertarik pada Naoki. Akan tetapi, Naoki sendiri sudah memiliki kekasih bernama Natsuki Nanami (Saki Aibu) yang merupakan seorang cheerleader.

5. Rookies

RookiesSumber: tvtime.com

Rookies berkisah tentang para murid bandel yang dulunya merupakan anggota klub baseball, tapi klub tersebut dibubarkan oleh pihak sekolah karena melakukan kekerasan di pertandingan terakhirnya. Sekarang, murid-murid mantan anggota klub ini harus mengubur impian mereka untuk bertanding di Koshien.

Tapi semua berubah ketika muncul seorang guru bernama Koichi Kawato (Ryuta Sato). Meskipun murid-murid tersebut dianggap sampah oleh orang lain karena tak punya masa depan, Kawato justru berpendapat sebaliknya.

Ia pun memotivasi para murid untuk kembali aktif sebagai tim baseball. Kawato ingin menunjukkan bahwa harapan akan selalu ada bagi mereka yang berjuang. Setelah melalui berbagai konflik, para murid akhirnya mengikuti arahan Kawato, bekerja keras meraih mimpi untuk bertanding di Koshien.

6. Suikyu Yankees

Suikyu-Yankees

Suikyu Yankees bercerita tentang Naoya Inaba (Yuto Nakajima), pemuda SMA yang selama ini tinggal di luar negeri. Beberapa tahun sebelumnya, ia pernah diselamatkan oleh seorang yankee. Gara-gara kenangan itu pula Naoya akhirnya kembali ke Jepang dan masuk ke SMA Saku, sekolah tempat yankee idolanya dulu.

Tapi ternyata SMA Saku tak sesuai ekspektasi Naoya. Sekolah ini bahkan nyaris bangkrut dan akan ditutup karena minim prestasi dan kalah dari SMA Suiran.

Karena suatu insiden, Naoya akhirnya punya ide untuk menyelamatkan SMA Saku. Ia berinisiatif untuk mengalahkan SMA Suiran lewat olahraga polo air. Tapi sebelum itu, Naoya harus berjuang mengumpulkan teman-teman sekolahnya yang mau bermain polo air dengannya.

7. Mirai e no 10 Count

dorama olahraga_Mirai e no 10 Count_

Drama ini menceritakan tentang olahraga tinju yang berfokus pada kisah Kirisawa Shogo. Ketika masih SMA, dia adalah seorang petinju amatir yang brilian. Dia berhasil memenangkan empat turnamen tinju dan tampaknya memiliki masa depan yang cerah dalam olahraga tersebut.

Selama masa-masa kuliah, Kirisawa berhenti dari dunia tinju. Hidupnya terus berlanjut normal, sampi akhirnya kematian sang istri membuat hidup Kirisawa menjadi berantakan. Seolah tak memiliki harapan, ia tetap bekerja untuk menghabiskan waktunya dengan mencari uang.

Suatu hari, teman Kirisawa meminta dirinya untuk menjadi pelatih tinju di SMA, tempat mereka pernah sekolah. Kirisawa pun menerima tawaran tersebut dan mulai merasa bisa hidup kembali. 

8. Cheer Dan

dorama olahraga_Cheer Dan_

Cheer Dan atau We Are rockets merupakan drama yang menceritakan tentang sebuah tim cheerleaders. Wakaba, seorang siswa SMA kelas 2 yang sekolah di daerah Prefektur Fukui, Jepang. Saat masih kecil, dia telah mengagumi klub pemandu sorak JETS dari SMA Fukui Chuo. Dia pun bermimpi bisa bergabung dengan klub tersebut.

Tetapi, Wakaba berpikir kalau dia tidak mungkin bergabung dengan tim impiannya itu. Hingga suatu hari, seorang siswa pindahan dari Tokyo mengatakan padanya untuk mengusulkan bergabung dengan cheerleaders. Dan setelahnya, Wakaba beserta teman-temannya pun berangkat untuk menjadi tim cheerleaders. 

9. Holyland

dorama olahraga_Holyland_

Drama ini menceritakan tentang tinju yang mengikuti kisah seorang remaja bernama Kamishiro Yu. Kamishiro Yu adalah siswa SMA yang terus-menerus diintimidasi karena tidak cocok dengan teman-temannya. 

Merasa muak dengan perlakuan itu, Kamishiro diam-diam berlatih tinju agar bisa membalas dendam pada orang-orang yang pernah menindasnya. Namun, keadaan jadi tidak terkendali ketika orang yang mengintimidasinya membawa bala bantuan untuk mengalahkannya. 

10. Yowakutemo Katemasu

Yowakutemo-KatemasuSumber: koreaforarabs.com

Drama ini berkisah tentang Aoshi (Kazunari Ninomiya), seorang guru baru di SMA tempat ia bersekolah dulu. Di sekolah ini Aoshi kembali bernostalgia kalau dulu ia pernah masuk tim baseball.

Sekarang, Aoshi mendapati tim baseball sekolahnya seolah tak punya masa depan. Para murid yang jadi anggota tim rupanya tak bisa bermain baseball, bahkan tidak ada satu pun yang mampu menangkap bola dengan baik.

Akan tetapi, para murid tersebut sangat suka dengan baseball dan tak mau berhenti memainkannya. Dari sinilah cerita perjuangan Aoshi dimulai demi membentuk tim baseball yang solid. Meski anggota tim sangat buruk dalam bermain, Aoshi berusaha agar timnya bisa memenangkan kejuaraan baseball.

Nah, itu dia 10 drama Jepang yang mengangkat tema olahraga. Semuanya memiliki alur cerita yang seru dan pasti bikin penasaran. Kalau kamu punya rekomendasi lain tentang drama serupa, tuliskan saja judulnya di kolom komentar, siapa tahu drama favoritmu bisa jadi tontonan di akhir pekan.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram