Bacaterus / Film Mandarin / 10 Drama Mandarin Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020

10 Drama Mandarin Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Drama yang berasal dari negeri tirai bambu ini sama kerennya dengan film-film lokal yang tayang disana. Tidak memiliki berjilid-jilid episode, cerita yang disuguhkan dalam drama China ini selalu baru setiap saat dan dijamin menarik buat ditonton. Belum lagi tidak ada adegan ‘APAAA!!’ dan tiba-tiba frame diisi zoom berkali-kali yang bikin kepala mumet.

Apa aja sih drama China yang boleh banget buat disimak sama kita-kita. Bacaterus coba bantu deh! Nih, kita kasih daftar filmnya. Yuk!

1. The Song of Glory

The Song of Glory (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Produksi: Tencent Video
  • Sutradara: Li Hui Zhu
  • Pemain: Li Win, Qin Hao, Jason Koo

Drama ini mengambil setting pada dinasti Liu Song (420-479), dipenuhi oleh banyak aristokrat, membuat penduduk pada dinasti tersebut kerap kali menggunakan kekuasaan mereka untuk mengatur apa yang mereka mau tanpa peduli yang lain membuat kerasaan Liu Song jadi berantakan tak terkendali. Ini membuat para petinggi Liu Song turun tangan untuk menyelesaikan semuanya.

Anak dari Kaisar Wu, Kasiar muda Liu Yi (Jason Koo), berusaha semampunya untuk menyelamatkan kerajaan mereka dari kehancuran.  Namun keinginan Liu Yi bukanlah persoalan yang gampang. Banyak dari keluarga kaya di kerajaan itu tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh Liu Yi. Ini dirasakan juga oleh Yi Kang (Qin Hao).

Akhirnya Yi Kang menikahi salah satu anggota keluarga Shen yang dinilai paling kuat karena memiliki dasar militer turun temurun. Menjadi satu aliansi dengan keluarga Shen, Yi Kang akhirnya membuat sebuah reformasi untuk melawan para koruptor negeri, para aristokrat dan musuh-musuh lainnya yang membuat dinasti Liu Song menjadi hancur.

2. We Are All Alone

We Are All Alone (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi:  Mainland China
  • Sutradara: Wang Zhi
  • Pemain: Qin Lan, Gao Yixiang, Wang Ziyi

Mo Xiangwan (Qin Lan) adalah seorang wanita dengan karir top di sebuah agen pencari selebriti dan juga menjadi manager untuk beberapa superstar yang bekerjasama dengannya. Setiap bintang yang bekerja dengannya sudah pasti akan memiliki karir cemerlang; termasuk Lin Xiang (Crhisty Guo) dan ratu film Ruan Lihua (Kara Wai).

Namun menjadi seorang manager superstar merupakan pekerjaan sulit. Drama dimulai ketika salah satu artis asuhannya, Lin Xiang mencoba bunuh diri setelah merasa sakit hati., beruntung dirinya bisa diselamatkan tepat waktu. Ini membuat media menjadi liar untuk mencari berita mengenai hal ini sampai-sampai asisten Lin Xiang kewalahan untuk mengadakan press conference.

Belum selesai maslaah, Lin Xiang dan Ruan Lihua saling merebut posisi untuk mendapatkan center spot. Tidak tahan lagi, Mo Xiangwan ‘menggampar’ mereka berdua dan memberikan informasi beratnya pekerjaan yang harus diemban Mo untuk mengurus mereka yang kelakuannya lebih parah dari aktirs-aktirs lain asuhannya.

3. Love Advanced Customization

Love Advanced (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Wanda Media
  • Sutradara: Shen Yang
  • Pemain: Dilraba Dilmurat, Huang Jingyu

Drama Love Advanced Customization ini mengisahkan tentang kehidupan seorang wanita bernama Zhou Fang (Dilaraba Dilmurat), seorang fashion designer ternama yang memiliki sifat mandiri dan pintar sekali. Suatu saat dirinya harus berurusan dengan Song Li (Huang Jingyu), seorang bos dari perusahaan e-commerce terkenal.

Perusahaan yang dimiliki Fang terlibat hukum publikasi komersil dengan perusahaan Song Li. Keras kepala, baik pihak Fang dan pihak Song Li tidak ada yang mau mengalah. Masalah yang dihadapi mereka berdua malah jadi semakin kusut karena mereka saling menggunakan kekuasaan untuk mengalah satu sama lain. Sehingga masalah yang awalnya kecil menjadi besar.

Di tengah-tengah mediasi, karena sering bertemu dan mau tidak mau mereka harus saling berbicara satu sama lain; Fang dan Song lama kelamaan jadi lembut dan malah berujung saling jatuh hati. Bagaimanakah Fang dan Song Li menyelesaikan masalah perusahaan tanpa harus melibatkan perasaan sayang yang timbul di antara mereka?

4. The Love Equations

The Love Equation (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Romance, Comedy
  • Produksi: Tencent Penguin Pictures
  • Sutradara: Xing Xiao
  • Pemain: Simon Gong, Reyi Liu

Zhou Xiao (Reyi Liu) merupakan mahasiswa baru yang gemar sekali menulis dan membaca novel yang berbau soal detektif. Kebiasaan ini kerap kali ia lakukan dimanapun, kapanpun; membuat dia pada suatu hari terlambat datang pada acara penyambutan mahasiswa baru di kampusnya yang diketuai oleh Zhou Fanzhou (Simon Gong) karena terlalu asyik menulis novel amatirannya.

Fan menganggap Xiao itu kebalikan dari dirinya. Ceroboh, suka bercanda, periang, banyak bicara. Sedangkan Fan merupakan tipe orang yang cenderung pendiam, tidak banyak tingkah dan cool. Namun perbedaan mereka ini membuat Fan dan Xiao jadi saling dekat. Bahkan Fan menjadi suka dengan Xiao karena menganggap Xiao membuat puzzle dalam dirinya menjadi komplit.

Masalah mulai timbul saat Fan tahu bahwa ada orang lain juga yang menyukai Xiao yaitu teman masa kecil Xiao bernama Cai Yasi (Li Geyang). Fan yang cenderung pendiam berubah menjadi pejuang meski di awal, Fan sudah ingin menyerah. Namun, kali ini Fan tidak mau kalau Xiao direbut oleh Cai Yasi sehingga dirinya memberanikan diri untuk menyatakan cinta kepada Xiao.

5. My Roommate is Detective

My Roommate is Detective (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Crime
  • Produksi: iQiyi
  • Sutradara: Zhang Wei Ke
  • Pemain: Leon Zhang, Hu Yitian, Xiaon Yan

Pada pertengahan tahun 1920, petugas polisi muda bernama Qiao Chu Sheng (Leon Zhang) sedang dalam misi melacak seorang pembunuh berdarah dingin. Sadar kalau misi ini membutuhkan bantuan dari banyak pihak. Akhirnya Qiao meminta bantuan kantor pusat dan dengan segera membuat tim untuk misi pelacakan pembunuh ini.

Merekrut orang pilihan, salah satu yang direkrut oleh Qiao adalah seorang mahasiswa bernama Lu Yao (Hu Yi Tian). Alasan kenapa Qiao memilih Lu Yao sebagai salah satu anggotanya karena Qiao sudah mempelajari profil Lu Yao yang luar biasa cerdas.  Merasa kurang anggota, Qiao kembali mencari siapa yang bisa diajak bekerja sama. Maka dapatlah seorang pembawa berita bernama Bai You (Shane Yan).

Bai You memiliki kemampuan untuk merasakan sesuatu entah itu benar atau salah. Sehingga menjadi kartu AS untuk Qiao. Mereka bertiga akhirnya mencoba untuk menginvestigasi kasus pembunuhan itu sekaligus mencari pelakunya. Bisakah mereka bertiga menggabungkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan kasus tersebut?

6. Find Yourself (Netflix)

Find Yourself (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Huace Media
  • Sutradara: Ding Xinguang
  • Pemain: Victoria Song, Song Weilong, Wang Yaoqing

Han Fan Xin (Victoria Song) merupakan seorang pemimpin sebuah perusahaan design ternama. Han memiliki kekasih seorang intern bernama Yuang Song (Song Weilong) yang usianya terpaut lebih muda dari Han. Mereka sudah 3 bulan menjalin hubungan dengan diam-diam karena khawatir pada omongan dari kolega dan oran tua Han mengenai dirinya berpacaran dengan pria yang lebih muda.

Disaat seperti itu, rekan bisnis Han, Ye Luming (Wang Yaoqing) mendekati Han Fan Xin sebagai rekan dan ‘mentor’nya. Namun ada maksud lain yang ingin dilakukan Luming terhadap Han. Ingin mengambil hati Han dari Yuang. Melihat hal itu, Yuang mengambil langkah dengan mengumumkan hubungan mereka dalam acara masquerade ball perusahaan membuat heboh seisi perusahaan.

Han yang tidak siap langsung minta hubungannya dengan Yuang berakhir. Belum selesai masalah menjelaskan ke semua orang mengenai hubungannya dengan Yuang, perusahaan miliknya ada dalam posisi bahaya karena adanya akuisisi dari perusahan design rival Han, Aijia yang setelah ditelusuri dimiliki oleh ayan Yuang!

7. Skate into Love

Skate Into Love (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama
  • Produksi: Perfect World Pictures
  • Sutradara: Chu Yui Bun
  • Pemain: Steven Zheng, Janice Wu, Zhou Li Jie

Drama ini bercerita tentang dua orang teman sekelas bernama Li Yu Bing (Steven Zheng) dan Tang Xue (Wu Quian) yang sama-sama menyukai olahraga ice-skating. Li menganggap Xue sebagai tukang rundung di sekolah dulu sehingga tidak ada yang spesial dari dirinya di mata Liu. Mereka pun akhirnya berpisah menemui jalan hidupnya masing-masing.

Beberapa tahun kemudian, Li dan Xue bertemu lagi namun dengan nasib yang berbeda. Li sudah menjadi pemain hoki terkenal di universitasnya sedangkan Xue sudah menyerah untuk meneruskan karirnya sebagai atlet ice-skating setelah dirinya mengalami insiden. Melihat keadaan seperti ini, Li mempunyai niat untuk balas dendam atas kelakuan Xue saat merundungnya dulu.

Namun lama kelamaan, Li melihat sisi lain dari Xue dan menemukan hal yang membuat Li jatuh hati terhadap Xue. Niat awal balas dendam berubah total menjadi niat untuk memulihkan trauma Xue untuk kembali terjun menjadi atlet ice-skating. Meskipun berat, namun akhirnya Li juga terjun kembali ke dunia ice-skating bersama dengan Xue.

8. Winter Begonia

Winter Begonia (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama Web Series
  • Produksi: Mainland China
  • Sutradara: Hui Kaidong
  • Pemain: Huang Xiaoming, Yin Zheng, Charmaine Sheh

Drama ini mengambil setting kota Beijing di tahun 1930-an. Adalah Shang Xirui (Yin Zheng) yang dikenal sebagai performer untuk acara-acara berkelas seperti Opera. Shang terkenal juga karena talent yang dia miliki dalam bidang seni. Saat sedang tampil, seorang penonton bertindak kurang ajar pada Shang membuat seorang pebisnis muda bernama Cheng (Huang Xiaoming) menolong Shang.

Dari kejadian itu, Shang dan Cheng menjadi dekat. Mereka suka bertemu, mengobrol bersama dan minum-minum bersama. Cheng juga jadi tertarik terhadap dunia Opera setelah mendengar Shang bercerita tenang Opera. Bersama, kedua pria itu sama-sama menghadapi apapun dan Shang membuat Chen menjadi nyaman, begitu pula sebaliknya.

Tahu akan hal ini, istri dari Chen (Charmaine Sheh) marah besar dan berharap mereka berdua menjauh satu sama lain. Belum selesai dengan masalah tersebut, kehidupan mereka harus kembali diganggu kembali dengan kabar bahwa Jepang akan datang ke Beijing untuk mengokupansi Beijing. Drama bromance ini lumayan oke nih buat temen-temen cewek yang doyan drama boys-love.

9. Well-Intended Love (Netflix)

Well Intended Love (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama
  • Produksi: SOHU TV
  • Sutradara: Wu Qiang
  • Pemain: Wuang Shunag, Xu Kaicheng

Drama manis lainnya yang oke buat ditonton datang dari Well Intended Love. Bercerita soal seorang aktris pendatang baru bernama Xia Lin yang membutuhkan donor sumsum tulang belakang untuk mengobati leukemia yang dideritanya. Sudah dicari namun nihil, pilihan donor cangkok tulang belakang yang cocok ada di seorang CEO bernama Ling Yi Zhou.

Ini dilakukan dengan syarat kalau Xia Lin mau menikah dengan Ling Yi namun pernikahannya harus dirahasiakan alias kawin kontrak. Karena memang sudah tidak ada pilihan lain, Xia Lin yang membutuhkan sumsum tulang belakang Ling Yi akhirnya menerima semua syarat yang diberikan Ling Yi tersebut. Setelah Xia Lin sembuh drama sebenarnya dimulai.

Hidup sebagai pasangan yang sudah menikah meskipun status kontrak membuat Xia Lin sadar akan sesuatu bahwa tidak semua pernikahan bisa mulu lancar jaya di awal. Xia Lim harus ekstra bersabar menghadapi Ling Yi. Sebaliknya pun begitu, banyak hal yang bertolak belakang dengan Ling Yi terhadap Xia Lin. Mampukah pernikahan mereka bertahan sampai akhir tanpa siapapun mengetahuinya?

10. The Faded Light Years

The Faded Light Years (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Drama Web Series
  • Produksi: Tencent Pictures
  • Sutradara: Lin He Long
  • Pemain: Fair Xing, Jevon Wang, Lee Hsin Ai

Perusahaan bernama DI Company adalah perusahaan fashion paling beken di Beijing. Sang CEO bernama Ding Wen Xiao (Jevon Wang) sudah mempersiapkan hampir semua koleksi baru miliknya. Naas, belum sempat di publikasi, rancangan busana yang dikerjakan oleh tim Wen bocor dan banyak yang menjiplaknya. Diusut secara hukum Wen bertemu dengan Yan Xia.

Yan Xia (Fair Xing) sendiri merupakan seorang gadis penjahit dan perancang busana di sebuah desa pinggir laut. Salah satu koleksinya dengan koleksi yang dimiliki oleh Yan hampir sama membuat Wen ingin menuntun Yan. Yan kaget karena rancangan busana di butik kecil miliknya hasil karyanya sendiri. Setelah diusut, ternyata Wen yang salah paham dan malah ingin bekerja sama dengan Yan.

Berada di sisi Yan, Wen jadi tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam perusahaan yang ia bangun susah payah demi menebus janjinya terhadap Ayah Wen. Wen murka bukan main ketika tahu internal perusahaan memiliki konspirasi dengan perusahaan lain dengan maksud ingin menjatuhkan perusahaan Wen dan meraup keuntungan dari hasil konspirasi tersebut.

Gimana? Sudah puas belum membaca referensi drama China terbaru versi Bacaterus? Kalau kalian masih punya drama lainnya yang ingin dibahas, boleh loh tulis di kolom komentar. Semoga daftar drama China yang sudah dibahas ini bisa jadi info baru buat kalian yaa. Jangan lupa baca terus artikel dari Bacaterus yaa! Biar kalian up-to-date terus!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *