bacaterus web banner retina

10 Drama Terbaik Bird Wanchana, Aktor Senior Thailand

Ditulis oleh Syuri K.N.

Tahukah kamu, Bird Wanchana Sawasdee sebenarnya seorang kolonel tentara, loh! Salah satu jobdesk-nya adalah sebagai wakil juru bicara Angkatan Darat Kerajaan Thailand.

Sebelum menjadi tentara dan aktor, Bird menempuh pendidikan di SMA Visuttharungsi, kemudian melanjutkan ke Sekolah Persiapan Militer Kelas 34. Beliau juga Sarjana Teknik Industri di Royal Thai Army Cadet School dan mendapatkan gelar master dalam Seni Komunikasi dari Universitas Krirk.

Walau sibuk berkarir, Bird tetap mengedepankan pendidikannya, salut! Ada cerita menarik tentang awal mula Bird terjun ke dunia akting. Jadi, sutradara The Legend of King Naresuan (2007), yaitu Prince Chatrichalerm Yukol, menginginkan karakter utamanya Raja Naresuan Yang Agung diperankan oleh perwira militer asli.

Kolonel Bird pun belajar akting selama 9 bulan sebelum direkrut menjadi pemeran Raja Naresuan. Setelah merampungkan akting di drama tersebut, Bird sempat mengatakan akan kembali ke dunia militer. Namun, beliau masih melakukan proyek akting sampai sekarang.

Bacaterus telah mengumpulkan 10 serial televisi Bird Wanchana yang terbaik. Berikut daftarnya!

1. Mafia The Series: Guns and Freaks

Mafia The Series Guns and Freaks_

Beam (Joong Archen Aydin) adalah seorang anak muda biasa-biasa saja. Tak punya kelebihan apapun, apalagi di bidang bela diri. Padahal ia bercita-cita jadi seorang pahlawan.

Suatu hari, ayahnya dikabarkan telah meninggal dunia tanpa alasan yang jelas. Baru setelah itu, ia mengetahui rahasia sang ayah.

Rachen (Bind Wanchana Sawasdee), ayah Beam, ternyata merupakan ketua Nemesis yang notabene organisasi mafia terbesar di Thailand. Bukannya jadi superhero seperti angannya, Beam malah dilatih untuk jadi mafia penerus ayahnya.

2. The Gifted Series

the gifted Bird Wanchana_

Ada sekolah di Thailand yang sangat berbeda dari sekolah-sekolah lainnya, namanya Ritdha High School. Di sini terdapat sistem klasifikasi untuk seluruh muridnya. Di mana ada tes yang menentukan mereka masuk kelas mana. Semakin rendah nilai ujian mereka, maka mereka akan ditempatkan semakin terbelakang.

Masalahnya, fasilitas dan pendidikan yang didapat pun akan sangat berbeda. Para murid di kelas A mendapatkan kamar mandi lebih bersih, lebar, dan mewah. Sementara kamar mandi kelas terakhir bau, sempit, dan kotor. Selain itu, ada ruangan khusus yang hanya bisa dimasuki oleh murid kelas tertentu. Heck, bahkan menu makanan mereka pun berbeda!

Namun, kelas tertinggi bukanlah kelas A, melainkan Kelas Gifted. Ini adalah kelas spesial di mana 'murid bodoh' pun bisa masuk ke sana. Ya, kepintaran bukan menjadi tolak ukur untuk dilabeli sebagai murid Gifted. Lalu, apa yang bisa?

Dirahasiakan dari murid non-Gifted, rupanya anak-anak yang ada di kelas Gifted adalah mereka yang punya kemampuan spesial di luar nalar. Misalnya saja, ada seseorang yang mampu memanipulasi teknologi, membaca suasana hati orang lain, hingga menghapus ingatan orang sesuka hatinya!

Pang (Nanon Korapat) adalah murid level terendah di sekolahnya. Dia tidak pintar maupun baik. Berbanding terbalik, roomate-nya adalah murid yang sangat pintar. Ketika akan mengikuti Ujian Penempatan, mereka nekat mencuri soal supaya bisa masuk kelas Gifted, karena mereka pikir untuk masuk ke sana harus lebih pintar dari kelas A.

Pang lolos kelas Gifted, sementara temannya masuk kelas A. Itu membuat temannya marah. Pang yang tak mengerti kenapa bisa masuk kelas Gifted awalnya juga enggan, namun lama-lama ia menikmatinya. Tapi, setelah mengetahui rahasia kelas Gifted yang dark, Pang berniat untuk membongkar kejahatan di balik kelas Gifted.

Ternyata dalang dibalik misteri kelas Gifted adalah Supot Chueamanee (Bird Wanchana Sawasdee), kepala sekolah Ritdha High School. Pernah ada kematian murid kelas Gifted, namun ditutupi oleh Supot. Bisakah Pang membongkar kejahatan sang kepala sekolah? Psst, Bird Wanchana juga kembali dalam sekuelnya, The Gifted: Graduation (2020), loh!

3. Lah Dup Tawan

Lah Dup Tawan_

Akkadetch (Bird Wanchana Sawasdee) berniat menempatkan mata-mata di gengnya untuk menangkap Tawan, ketua geng mafia buronan polisi. Pupha baru bergabung dengan kepolisian menjadi bawahan Akkadetch.

Berpikir Pupha adalah orang terbaik, Akkadetch menugaskannya untuk menyamar masuk ke geng mafia demi bisa lebih dekat dengan Tawan. Bersama dengan Chaba yang kikuk, Pupha dan Chaba mencoba menemukan cukup bukti untuk menjebloskan Tawan ke balik jeruji besi. Apakah mereka bisa mengerjakan tugas dari Akkadetch dengan sempurna?

4. Puntai Norasingh

Puntai Norasingh (2016)

Diadaptasi dari novel terkenal pada era Kerajaan Ayutthaya. Menceritakan tentang pelaut yang bernama Sing (Toey Pongsakorn Mettarikanon).

Sing secara tidak sengaja mengarahkan tongkang raja ke pohon dan mematahkan busurnya. Dengan demikian, ia juga harus menghadapi kemarahan Raja Sanphet VIII Phra Chao Suea (diperankan oleh Bird Wanchana Sawasdee).

5. Bad Romeo

Roek (Bird Wanchana Sawasdee)

Saikim, gadis kaya raya, bertemu dengan Kaokla, seorang montir yang miskin. Keduanya pernah menjalin hubungan baik, namun mereka berpisah karena suatu alasan. Tujuh tahun kemudian, mereka bertemu lagi, tapi dalam keadaan berbeda.

Sekarang, Kaokla telah menjadi pewaris bisnis. Dengan nama baru, Carl Raman, rupanya Kaokla diangkat sebagai anak oleh Asia Raman, jutawan terkenal. Bukan cuma Kaokla, Saikim juga menjadi pewaris bisnis hotel ayahnya.

Apa peran Bird Wanchana Sawasdee di sini? Beliau menjadi Roek, ayah tiri Kaokla. Walau 'ayah tiri', ia tidak jahat. Justru Roek membuat Kaokla jadi seperti dirinya sekarang. Rupanya Kaokla merupakan anak dari hasil hubungan gelap istrinya dengan pria lain. Tapi Roek tetap mengasuh Kaokla dan mendidiknya sepenuh hati.

6. Sri Ayodhaya 2

Sri Ayodhaya 2_

Berlatarkan kerajaan zaman dulu di Thailand, ada Raja Ekkatat, Raja Ayudhaya yang terakhir. Ia berhasil membawa Kerajaan Ayudhaya pada masa-masa paling jaya selama tiga tahun terakhir.

Tapi, tiba-tiba semua kerja kerasnya hancur akibat terjadi perang saudara yang dicetuskan para pengkhianat. Ini adalah kisah Kerajaan Ayudhaya berakhir.

7. Sin Lai Hong

Sin Lai Hong (2018)_

Sebelum dipenggal mati, seorang pria mengutuk orang-orang yang membunuhnya di kehidupan selanjutnya. Ia bersumpah untuk berada di atas sementara keempat pembunuhnya itu tersandung di bawahnya.

Ia bersumpah jika Phutthai (Bird Wanchana Sawasdee), ayahnya, akan selalu merasakan sakit hati sepanjang hidupnya. Ibunya, Kamon, akan mati dengan tangannya sendiri. Adiknya, Sa-ard, akan kehilangan semua yang ia miliki, tidak meninggalkan apapun.

Kemudian, Sothong, wanita yang dicintainya, hanya akan mencintainya di kehidupan selanjutnya. Membuatnya menjadi wanita yang kesepian selama sisa hidupnya.

8. Pbop Phee Jao

Pbop Phee Jao (2020)_

Anda dilahirkan dalam kekayaan turun temurun dari leluhurnya. Namun, hidupnya bukannya tanpa rasa sakit. Dia kehilangan segalanya, keluarganya, hartanya, bahkan kekasihnya.

Anda mencoba untuk menghidupkan kembali kekasihnya yang telah tiada, namun tentunya ia tidak mampu. Anda terjebak dalam keadaan di mana ia masih terus menunggu kekasihnya kembali.

700 tahun kemudian keajaiban yang mengerikan. Wiang Pha Chan yang memiliki dua istri, Mae Chao Thong-On dan Mae Chao Thongthong yang sedang hamil.

Chao Thongthong melahirkan seorang anak yang tampak buruk rupa dan menamainya Khamthong. Ternyata Khamthong bukanlah manusia, melainkan hantu. Bahkan setelah tumbuh besar, Khamthong mulai memburu manusia.

9. The Kinnaree Conspiracy

The Kinnaree Conspiracy (2022)

Terjadi pembunuhan yang mengubah kelangsungan kerajaan Ayutthaya pada saat itu. Menceritakan tentang investigasi terakhir dari pemerintahan Raja Narai Agung. Serial ini diangkat dari novel terkenal berjudul "Lai Kinnaree" oleh Dr. Pongsakorn Jindhawattana.

10. When the Sky Falls

When the Sky Falls (2022)_

Saat diperjalanan untuk pindah ke rumah baru mereka, Celica dan ayahnya dicegat oleh preman suruhan keluarga Tewada, musuh keluarga Celica. Insiden ini menewaskan ayah Celica.

Celica yang selamat mengubah namanya agar keluarga Tewada tak tahu ia masih hidup. Sementara itu, harta kekayaan ayah Celica jatuh ke tangan Tewada yang sebenarnya tak tahu apa-apa karena yang licik adalah keluarganya.

Bertahun-tahun berlalu, Celica dan Tewada yang telah dewasa bertemu kembali. Akankah Celica membalas dendam atas kematian sang ayah? Mampukah ia merebut kembali harga kekayaan yang seharusnya jadi miliknya?

Itulah sepuluh serial televisi terbaik yang menampilkan Bird Wanchana Sawasdee. Beliau lebih sering berperan di drama yang berbau aksi, teman-teman. Tak jarang beliau juga berperan sebagai tokoh jahat. Apa drama P'Bird favoritmu?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram