10 Film Terbaik Kathy Bates, Aktris Profesional yang Keren!

Ditulis oleh Gerryaldo

Mampu memerankan banyak karakter dalam beragam film dengan macam-macam genre merupakan sebuah tantangan besar untuk banyak bintang, apalagi yang memang menekuni dunia akting. Namun begitu mereka mampu memberikan kualitas terbaik, namanya akan cepat dikenal di kancah dunia perfilman.

Baca Juga: Inilah 10 Fakta Kate Winslet, si Ratu Akting dari Inggris!

Hal ini yang terjadi pada wanita kelahiran 28 Juni 1948 bernama Kathy Doyle Bathes atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Kathy Bates. Kathy dengan tekun belajar dunia akting sehingga mengangkat dirinya dari hanya seorang kasir menjadi seorang bintang besar di Hollywood dengan banyak film ternama

Penasaran dengan sepak terjang Kathy Bates dalam dunia perfilman? Berikut Bacaterus memilih 10 film terbaik yang patut ditonton.

1. Misery

Misery_Poster (Copy)

Dalam film karya Rob Reiner ini, Kathy Bates memerankan tokoh antagonis bernama Annie Wilkes. Ia merupakan penggemar berat seorang novelis terkenal bernama Paul Sheldon (James Caan) yang menulis serangkaian novel roman Victoria dengan karakter bernama Misery Chastain di dalamnya.

Satu waktu, Paul mengalami kecelakaan, dan secara kebetulan, Annie yang merupakan perawat segera menolongnya. Begitu siuman, Paul berterima kasih pada Annie dan menjelaskan tentang kisah novel berikutnya. Begitu tahu karakter Misery akan hilang dari novel, Annie segera berubah menjadi wanita sadis.

2. Titanic

Titanic_Molly Brown (Copy)

Menjadi salah satu karakter paling disukai banyak penonton, Kathy Bates memerankan tokoh nyata dari salah satu penumpang Titanic yakni Mrs. Molly Brown. Ia adalah penumpang kelas 1 yang super kaya raya, namun tak seperti tokoh miliuner lainnya yang memandang rendah orang miskin, ia sangat open-minded.

Dalam pelayaran Titanic, ia bertemu dengan seorang pria kelas bernama Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) yang menyukai gadis kelas 1, Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet). Namun Jack terbatas soal pengetahuan rakyat naratama. Molly Brown pun turun tangan sehingga Jack bisa ‘diterima’ dan dikenal penumpang kelas 1.

3. Fried Green Tomatoes

Kathy Bates_Fried Green Tomatoes (Copy)

Di usianya yang ke 40, Evelyn (Kathy Bates) merasa tidak puas dengan pernikahan dan juga kepercayaan dirinya. Butuh sandaran, ia pun berteman dengan seorang jompo bernama Ninny (Jessica Tandy) saat Evelyn mengunjungi bibi suaminya di panti. Begitu mendengar kisah Evelyn, Ninny pun menceritakan sebuah kisah menarik.

Kisah itu setidaknya bisa mengubah pandangan Evelyn mengenai hidup juga pernikahannya. Meliputi dua orang tokoh bernama Idgie (Mary Stuart Masterson) dan Ruth (Mary-Louise Parker). Mereka berdua merupakan dua orang wanita yang saling support satu sama lain dan mengajarkan apa itu cinta abadi.

4. The Highwaymen

Kathy Bates_The Highywaymen (Copy)
Tahun Rilis -
Genre
Sutradara
Pemeran

Pasangan Bonnie Parker (Emily Brobst) dan Clyde (Edward Bossert) merupakan pasangan kriminal paling terkenal di tahun 1934. Pada satu kesempatan, mereka berdua membebaskan beberapa rekannya dan membuat tingkat kriminal di kota Texas meningkat. Hal ini jelas membuat repot banyak pihak.

Kepala Departemen Pemasyarakatan Texas, Lee Simmons (John Carroll Lynch) pun akhirnya membutuhkan bantuan. Ia segera membujuk gubernur Texas yang saat itu menjabat, Miriam Ferguson (Kathy Bates) untuk mempekerjakan mantan Texas Ranger, Frank Hamer (Kevin Costner) guna melacak para penjahat tersebut.

5. Dolores Claiborne

Dolores Claiborne_Poster (Copy)

Dolores Claiborne (Kathy Bates) merupakan seorang ibu yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di sebuah mansion mewah milik seorang tua renta, Vera Donovan (Judy Parfitt). Vera dikenal galak dan tidak punya perasaan, namun Dolores dengan sabar merawatnya. Satu waktu, Vera ditemukan tewas di mansionnya.

Hal tersebut membuat Dolores menjadi orang pertama yang dicurigai, hingga akhirnya mendapat tuduhan telah membunuh majikannya tersebut. Kabar ini terdengar oleh putri Dolores yang sudah tak tinggal lagi bersamanya karena satu hal. Menyingkirkan ego, sang putri, Selena (Jennifer Jason Leigh), segera membantu Ibunya.

6. P.S. I Love You

Kathy Bates_P.S. I Love You (Copy)

Holly (Hilary Swank) dan Gerry (Gerard Butler) merupakan sepasang suami istri dengan kehidupan pernikahan yang bahagia, namun malang, saat memasuki musim dingin, Gerry meninggal karena tumor yang ia derita. Holly merasa kehilangan bukan main hingga ia menutup diri dari keluarga dan teman-temannya.

Hal ini membuat sang Ibu, Patricia (Kathy Bates) khawatir. Namun begitu Holly berulang tahun ke-30, sebuah surat cinta dari Gerry terkirim padanya. Ini membuat Holly menjadi punya semangat hidup baru. Ia perlahan sembuh karena semangat yang diberikan Gerry. Sampai ketika ia menerima surat terakhir, semua rahasia sebenarnya pun terkuak.

7. The Blind Side

Kathy Bates_The Blind Side (Copy)

Keluarga Tuohy merupakan gambaran keluarga idaman; mereka kaya raya, harmonis dan peduli terhadap sesama. Hal ini dibuktikan oleh Leigh Anne (Sandra Bullock) yang bertemu dengan seorang remaja homeless kulit hitam bernama Mike Oher (Quinton Aaron). Tanpa pikir panjang, Leigh mengundangnya untuk tinggal bersama.

Begitu tinggal bersama, keluarga Tuohy menemukan bakat pada Mike untuk menjadi seorang pemain American Football yang hebat, namun untuk diterima di satu agensi, Mike harus lulus sekolah terlebih dulu. Keluarga Leigh Anne pun menyewa seorang tutor, Miss Sue (Kathy Bates) untuk membimbingnya sampai ia lulus.

8. Revolutionary Road

Kathy Bates_Revolutionary Road (Copy)
Tahun Rilis 2008
Genre ,
Sutradara
Pemeran Leonardo Dicaprio Kate Winslet Michael Shannon

Frank (Leonardo DiCaprio) dan April (Kate Winslet) baru saja menikah dan memiliki figur sebagai keluarga kecil bahagia. Mereka memiliki rumah di wilayah Revolutionary Road yang dipenuhi tetangga yang baik, salah satunya adalah realtor yang terdiri dari Helen (Kathy Bates) dan suaminya, Howards (Richard Easton).

Sayangnya apa yang diperlihatkan Frank dan April pada tetangganya merupakan topeng. Pernikahan mereka hancur, Frank ternyata berselingkuh di saat April tengah mengandung. Hubungan mereka memburuk hingga mengarah pada upaya aborsi yang tragis oleh April. Seluruh tetangganya pun kini membenci Frank.

9. Are You There God? It’s Me Margaret

Kathy Bates_Are You There God? It's Me Margaret (Copy)

Seorang gadis remaja berusia 11 tahun bernama Margaret (Abby Ryder Fortson) sedang mengalami pencarian jati dirinya. Hal ini terjadi setelah kedua orang tuanya, Barbara (Rachel McAdams) dan Herb (Benny Safdie) memutuskan untuk pindah dan membuat Margaret memulai semuanya dari awal.

Bukan hanya tentang jati diri saja, pemilihan agama pun membuat Margaret kebingungan, mengingat agama kedua orang tuanya dan nenek yang ia sayang, Sylvia (Kathy Bates), berbeda. Margaret pun ingin berkomunikasi dengan Tuhan untuk menunjukan tentang apa yang sebaiknya ia pilih sebagai bagian dari jati dirinya.

10. Richard Jewell

Kathy Bates_Richard Jewell (Copy)

Richard Jewell (Paul Walter Hauser) merupakan seorang petugas keamanan. Pada tahun 1996, ketika masa Olimpiade Musim Panas di Atlanta, Richard menemukan sebuah tas mencurigakan di bawah bangku taman Centennial. Sigap, Richard pun mencoba mengevakuasi sebelum akhirnya bom meledak.

Richard dielu-elukan sebagai pahlawan, namun tak berlangsung lama, FBI malah menetapkannya sebagai tersangka pemboman. Hal ini lantas membuat publik ricuh, khususnya keluarga dari Richard, salah satunya sang Ibu, Bobie (Kathy Bates). Richard pun akhirnya berusaha untuk memulihkan nama baiknya.

Dari Kathy Bates, tampaknya kita bisa banyak belajar ya bahwa mimpi besar itu mampu membawa kita ke titik yang kita inginkan. Bayangkan saja, dari role super kecil, sehingga dipercaya untuk bekerjasama dengan sutradara ternama dalam membintangi film super mereka. Two thumbs up Kathy!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram