Bacaterus / Film Barat Terbaru / 10 Film Bertema Hacker Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020

10 Film Bertema Hacker Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seorang ahli komputer atau yang disebut Teknokrat yang menguasai ranah software atau hardware umumnya akan menjadi seorang pakar IT di perusahaan-perusahaan besar. Menggunakan kemampuannya untuk mengusut suatu masalah yang berotasi kepada jaringan, programming, struktur data sampai komputasi.

Namun sebagian besar juga dipekerjakan oleh banyak perusahaan sebagai hacker. Tidak selamanya hacker itu bermakna negatif ya. Sisi positif hacker adalah menjadi orang yang akan mencoba mencari kelemahan dari suatu program perusahaan tempat ia bekerja supaya saat program tersebut launching, para hacker lain tidak bisa meretas program tersebut sehingga program itu aman.

Nah, saat ini banyak sekali film-film yang mengusung tema hacker. Dipadu dengan genre action, film dengan tema hacker ini masih jadi doyanan para moviefreak. Sebut saja film The Net yang dilakoni oleh Sandra Bullock, dimana dirinya dijadikan pusat masalah oleh hacker dengan melakukan pencurian identitas sehingga nama dan data-data Sandra dalam film hilang berganti nama dan data orang lain.

Masih banyak loh film-film bertema sama. Kedengaran seru ya? Yuk kita lihat lagi daftar film dengan tema hacker paling kece. Bacaterus akan urut dari yang paling baru!

1. Unfriended: Dark Web

Dark Web (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Action
  • Produksi: Blumhouse Productions
  • Sutradara: Stephen Susco
  • Pemain: Colin Woodell, Rebecca Ritthenhouse, Savira Windyani

6 sahabat sedang asyik menggunakan fitur Skype untuk saling berkomunikasi. Namun tak berselang lama, salah satu dari mereka, Matias (Colin Woodell) mulai membuka pintu Pandora. Sebelum log in ke dalam Skype, dirinya menggunakan sebuah laptop yang ia temukan dari internet café (Warnet). Celaka, laptop tersebut dimiliki oleh anggota perkumpulan Dark Web.

Matias sengaja membuka seluruh isi laptop tersebut dan aksinya itu membuat semua orang dalam Skype masuk kedalam bahaya. Anggota perkumpulan Dark Web yang menamai dirinya sebagai Norah. C atau yang direkontruksi menjadi Charon (Iblis penjaga gerbang neraka) tahu hal itu dan ingin membungkam semua orang yang ada di Skype untuk menutup mulut mereka atas perbuatan keji yang mereka rekam.

Satu persatu teman Matias yang bergabung dalam Skype akhirnya tewas. Matias putus asa, belum lagi kekasihnya yang tuna-wicara (Stephanie Nogueras) dalam bahaya karena sempat berkomunikasi dengan Matias di video call. Akhir cerita, para Charon ini membuka voting apakah Matias dibiarkan hidup atau harus mati. Dan hasil votingnya adalah…. Tonton saja filmnya, ya!

2. Snowden

Snowden (Copy)

Adalah Edward Snowden (Joseph Gordon), setelah berkali-kali pindah divisi dari beberapa instansi akhirnya Snowden menjadi bagian dari agen CIA. Dirinya ditugaskan untuk mentransfer data penting negara dan data kritis lainnya sebagai tindakan darurat. Mengingat Snowden merupakan ahli IT, CIA mempercayakan semuanya pada Snowden.

Saat beberapa kali mendapat kesempatan untuk melihat data-data penting itu, Snowden sadar satu hal bahwa banyak sekali kasus penting yang disembunyikan oleh negara dari publik yang seharusnya diketahui oleh masyarakat luas. Merasa beberapa data penting itu layak dipublish, Snowden akhirnya bertemu dengan seorang jurnalis bernama Gleen Greenwald dan dokumentarian bernama Laura Poitras.

Snowden setuju untuk meretas data tersebut dan akan mempublishnya dengan bantuan dari Gleen dan Laura. Akibat tindakannya itu, Snowden segera menjadi incaran negara dan dicap pengkhianat. Namun publik yang tahu akan hal itu mulai membela Snowden. Tidak semudah yang dipikirkan, negara punya kekuatan yang lebih kuat untuk meringkus Snowden.

3. Anonymous (Hacker)

Hacker (Copy)

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Action, Crime
  • Produksi: Know Rules Media
  • Sutradara: Akan Satayev
  • Pemain: Callan McAuliffe, Lorraine Nicholson, Daniel Eric Gold

Menjadi imigran dari Ukrania ke London membuat Alex (Callan McAuliffe) mau tidak mau harus bekerja untuk mendapatkan uang. Dirinya tidak mau membuat susah keluarga sehingga Alex melakukan pekerjaan ilegal yang menawarkan jasanya di internet. Di bantu oleh Sye (Daniel Eric Gold), teman baiknya, Alex  berhasil menjalankan pekerjaan illegal tersebut.

Bergabung dengan kelompok dari dark web, Alex yang ahli dalam meretas bersama Sye kembali menemukan anggota baru, seorang wanita bernama Kira (Lorraine Nicholson). Mereka bertiga bergabung sebagai kelompok yang suka membobol tiap kartu kredit yang terdaftar di dalam list bank juga mengacaukan sistem keuangan perusahaan-perusahaan besar.

Aksi mereka akhirnya terungkap oleh kepolisian Ontario sehingga membuat Alex, Sye dan Kira pindah ke HongKong. Saat disana, Sye melakukan kesalahan dengan menggunakan kartu kredit hasil penipuan. Terlacak oleh polisi, kini Sye dan lainnya dalam bahaya. Bukan hanya polisi, para mafia bank juga memburu mereka untuk dibunuh.

4. Who Am I

Who Am I (Copy)

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Action
  • Produksi: Wiedemann & Berg Film
  • Sutradara: Baran bo Odar
  • Pemain: Tom Schilling, Elyas M’Barek

Benjamin (Tom Schilling) adalah seorang remaja yang tertarik sekali dengan isu hacker. Mendapatkan teman bernama Max (Elyas M’Barek) yang sama-sama penggila IT; membuat Benjamin dan Max menjadi dekat untuk kerap bertukar informasi mengenai hacker. Setelah dekat, Max mengenalkan Benjamin dengan ahli IT lainnya bernama Stephen (Wotan Wilke).

Hal tersebut mentrigger mereka untuk membuat kelompok hacker paling oke se-Eropa. Kelompok bernama CLAY (Clowns Laughing at You). ini menjadi perhatian banyak orang. Banyak sistem keamanan yang mereka retas mulai dari akses simple hingga mengacaukan banyak program dari sistem keuangan negara membuat pemerintah kelimpungan

Merasa baik-baik saja membuat CLAY kecolongan melakukan kesalahan fatal sehingga membuat mereka bertiga masuk ke dalam bahaya. Mereka jadi buruan mafia Rusia yang sudah membunuh 3 teman mereka yang lain.

Belum lagi Europol (Europe Interpol) juga kini mengincar mereka. Alhasil, kejar-kejaran pun dimulai. Dengan kemampuan sebagai hacker, CLAY mencoba untuk lolos dari semua yang mengejar.

5. The Fifth Estate

The Fifth Estate (Copy)

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Action, Drama
  • Produksi: DreamWorks Pictures
  • Sutradara: Bill Condon
  • Pemain: Benedict Cumberbatch, Daniel Brϋhl, Anthony Mackie

Diangkat dari kisah nyata berdirinya situs WikiLeak yang terkenal dengan data-data rahasia yang bocor ke publik tanpa tahu darimana, siapa, atau bagaimana berkas-berkas rahasia itu muncul di internet dan dibaca oleh ratusan juta pengguna internet. Adalah jurnalis Daniel (Daniel Brϋhl) dan Assange (Benedict Cumberbatch). Mereka saling kenal di sebuah kongres di Berlin dan menjadi teman.

Tahun berganti, ketertarikan mereka berdua terhadap ilmu teknologi membuat mereka membangun sebuat situs bernama WikiLeak. Website itu berisi informasi rahasia dari beberapa perusahan, perorangan atau petinggi negeri yang sumbernya tidak dapat dilacak. WikiLeak menjadi terkenal dan membuat baik Daniel dan Assange menjadi semakin percaya diri untuk membangun WikiLeaks lebih keren lagi.

Namun lama kelamaan tujuan mulia WikiLeaks dipakai Assange untuk membalaskan dendamnya akibat trauma masa kecil. Daniel & seluruh rekan di WikiLeaks mencoba memperingati Assange. Tidak mendengar, Assange mulai membocorkan kembali rahasia yang seharusnya tidak terpublikasi. Karena aksi Assange semakin parah, maka Daniel memblokir akses Assange & memberhentikannya.

6. Eagle Eye

Eagle Eye (Copy)

  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Action, Thriller
  • Produksi: DreamWorks Pictures
  • Sutradara: D.J. Caruso
  • Pemain: Shia LaBeouf, Michelle Monaghan, Rosario Dawson

Jerry Shaw (Shia LaBeouf) adalah seorang mahasiswa yang kena drop out dari kampusnya. Hidupnya yang berantakan membuat dirinya tidak peduli akan hal apapun sampai sesuatu menarik perhatiannya. Saldo dalam tabungannya tiba-tiba meledak dari minus menjadi $ 750.000 atau sekitar 11 miliar rupiah menggunakan kurs sekarang. Kebingungan, Jerry lantas dapat telepon kalau FBI akan menangkapnya.

Semakin bingung, Jerry akhirnya benar ditangkap. Namun, perempuan yang menelponnya mampu membantu Jerry untuk lolos dari FBI dan kabur. Hal serupa dialami seorang Ibu bernama Rachel (Michelle Monaghan) yang setelah mendapat telepon dari seorang perempuan lain mengancam akan membunuh anaknya apabila Rachel tidak mau menuruti apa yang diperintahkan oleh perempuan dari telepon.

Berjuang berdua, ternyata Jerry dan Rachel merupakan pon. Kehidupan mereka diawasi dan dikontrol oleh teknologi terbaru bernama Eagle Eye. Teknologi ini memberikan instruksi untuk mereka berdua guna membunuh presiden Amerika Serikat. Telepon, data pribadi, riwayat kriminal semua diatur oleh teknologi tersebut sehingga Jerry dan Rachel mau tidak mau harus patuh terhadap perintah.

7. Die Hard 4.0: Live Free or Die Hard

Die Hard 4 (Copy)

  • Tahun rilis: 2007
  • Genre: Action
  • Produksi: Cheyenne Enterprises
  • Sutradara: Len Wiseman
  • Pemain: Bruce Willis, Justin Long, Timothy Olyphant

Sang detektif legend, John McClane (Bruce Willis) menerima panggilan untuk membawa seorang hacker, Matthew Farrell (Justin Long) untuk menginterogasinya atas banyaknya hacker yang meninggal setelah mengakses salah satu virus yang dikirim oleh hacker lainnya, dibawah komando teroris bernama Thomas (Timothy O) guna mengeliminasi semua hacker hebat yang berpotensi diminta bantuan oleh kepolisian.

Thomas melakukan hal ini untuk mendapatkan uang dengan meretas seluruh sistem negara & membuat rusuh dimana-mana membuat mau tidak mau kepolisian menyetujui permintaan mereka.

Sayang, Thomas tidak tahu kalau John sedang bersama Matthew sang hacker profesional. Dari semua serangan hacker suruhan Thomas, hanya Matthew yang tahu apa yang akan terjadi dan bagaimana mengehentikannya.

Diburu waktu sebelum seluruh sistem negara lumpuh, John dibantu Matthew untuk mengalahkan Thomas cs. Thomas dan kelompoknya sangat pintar namun Matthew tak kalah pintar meski bekerja sendiri. Semua yang kepalang berantakan, satu per satu di restart kembali oleh Matthew membuat Thomas marah bukan main. Mampukah John dan Matthew membantu negara untuk mengalahkan Thomas cs?

8. Firewall

Firewall (Copy)

  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Action
  • Produksi: Village Roadshow Pictures
  • Sutradara: Richard Loncraine
  • Pemain: Harrison Ford, Paul Bettany, Virginia Madsen

Sudah pernah dibahas sebelumnya, film ini masuk ke dalam daftar film aksi yang Bacaterus rangkum untuk menambah referensi nonton kalian. Menceritakan tentang aksi meretas data dan pencurian identitas terhadap kepala keamanan sebuah Bank ternama di wilayah Seattle,Jack Stanfield (Harrison Ford). Jack tiba-tiba mendapatkan dirinya berhutang sebanyak $ 900.000 dalam judi online.

Mencoba menangani kasus ini, Jack menemukan kasus baru dimana dirinya di sandera oleh sekelompok orang yang berniat mencuri uang dari tempat Jack bekerja. Dibawah perintah Bill, para anak buahnya mensetting Jack supaya bisa mencuri uang tersebut dengan mudah namun penuh pengawasan. Pengawasan ekstra itu berlaku juga untuk keluarganya yang jadi korban penculikan.

Mencoba untuk kembali membersihkan namanya, Jack mencoba untuk menarik kembali uang yang sudah ditransfer ke rekening Bill. Seluruh saldo di rekening Bill kosong dalam sekejap membuat Bill marah.

Jack yang mengira keluarganya sudah dibunuh sudah tidak peduli kalau dirinya harus mati. Padahal keluarganya masih hidup dan kini tugas Jack untuk balik memburu Bill untuk menyelamatkan keluarganya.

9. Speed 2

Speed 2 (Copy)

  • Tahun rilis: 1997
  • Genre: Action
  • Produksi: Blue Tulip Productions
  • Sutradara: Jan de Bont
  • Pemain: Sandra Bullock, Jason Patric, Willem Dafoe

Mendapatkan liburan untuk mengelilingi Carribean, Annie (Sandra Bullock) bersama kekasihnya yang baru Alex Shaw (Jason Patric) –cerita sebelumnya, Speed, Annie menjalin hubungan dengan Jack Traven (Keanu Reeves) namun putus- Perjalanan mereka menumpang sebuah kapal pesiar mewah, Seabourn Legend, sangat mengesankan; bisa berkenalan dengan penumpang lain dan berbicara mengenai pernikahan.

Belum sempat sampai tujuan, seorang pria gila bernama Geiger (Willem Dafoe), meretas sistem navigasi dan seluruh control kapal pesiar tersebut. Geiger ingin merampok harta yang ada di dalam kapal. Segudang perhiasan berlian yang ada di brankas utama kapal. Seluruh penumpang yang sedang asyik berdansa mendadak harus meninggalkan kapal sebelum kapal kembali berlayar.

Annie, Alex, sang kapten berikut anak buahnya saling bantu mengarahkan kapal dan menyelamatkan semua penumpang yang masih terjebak di dalam kapal pesiar mewah tersebut. Geiger mengubah koordinat navigasi kapal untuk menabrak ke sebuah kapal tanker super besar bernama Eindhoven Lion. Beruntung kapal bisa membelok namun rute selanjutnya, kapal menuju kecil. Tanpa bisa dihentikan.

10. The Net

The Net (Copy)

  • Tahun rilis: 1995
  • Genre: Action
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Irwin Winkler
  • Pemain: Sandra Bullock, Jeremy Northam, Dennis Miller

Angela Bennett (Sandra Bullock) merupakan sistem analis yang kehidupan personalnya sangat tertutup. Dia hanya mengandalkan semua lewat online. Baik berinteraksi, belanja hingga bekerja. Ini membuat dirinya tidak terlalu dekat dengan siapapun. Dirinya hanya memiliki satu teman dekat bernama Dale (Ray McKinnon) yang juga sistem analis di tempat berbeda.

Sebelum bertemu, Dale mengirimkan satu disket berisi aplikasi keamanan bernama Gatekeeper dengan label π untuk diperiksa oleh Angela. Waktu bertemu tiba, ternyata Dale mengalami kecelakaan dan tewas sehingga Angela tidak sempat bertemu dengannya. Lantas Angela penasaran dengan disket yang dikirim oleh Dale. Angela segera memeriksa disket itu dan setelahnya liburan ke Cozumel seorang diri.

Perjalanan selama di Cozumel mulai terasa janggal. Pertama, Angela menjadi korban pencurian, data di hotel atas namanya sudah tidak ada, kartu kreditnya invalid, passport sudah berubah nama, isi rumahnya sudah dijual dan semua berkas mengenai dirinya telah berubah atas nama Ruth Marx. Dalam keadaan kebingungan, Angela berusaha mengambil lagi identitasnya at any cost.

Itulah sebagian film dengan tema hacker yang berhasil dirangkum oleh Bacaterus. Masih banyak sih sebenarnya, namun ke 10 film diatas itu yang sering sekali jadi tontonan yahud bagi tim Bacaterus kalau lagi kepingin cari film dengan tema hacker. Dijamin puas deh. Eits, tapi jangan jadi kebawa suasana ya. Tiba-tiba kalian kepingin jadi hackers juga dan ikut membobol sana-sini.

Oh iya, dalam film bertema hacker yang dibahas di atas, ceritanya tidak bikin kita harus pusing melihat coding atau semacamnya ya. Kalian bisa menikmati filmnya dengan alur yang kebanyakan bisa memicu adrenalin kalian. Dari aksi kejar-kejaran, tembak-tembakan, ‘petak umpet’ dengan musuh sehingga berlomba dengan waktu untuk menyelesaikan semua kembali ke awal. So? Yuk nonton filmnya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *