20 Anime Terbaik Tentang Time Travel yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Anime tentang time travel atau perjalanan waktu merupakan salah satu tema anime yang tak pernah sepi peminat. Fakta bahwa kita tak akan pernah bisa mengulang atau mempercepat waktu, terkadang membuat kita berfantasi apa yang terjadi jika kita dapat menjelajahi waktu.

Fantasi kita ini bisa terjawab dengan visualisasi dan story line yang disediakan oleh anime dengan tema time travel.

Nah, bagi kalian yang sedang kebingungan memilih anime tentang time travel untuk ditonton, kali ini Bacaterus sudah merangkum 20 rekomendasi anime tentang time travel yang layak untuk masuk watch-list. Berikut adalah ulasannya.

1. Steins;Gate

Steins;Gate

Steins;Gate merupakan anime tentang time travel yang diadaptasi dari sebuah novel karya 5pb dan Nitroplus. Plot dari anime ini bermula dari ilmuwan eksentrik Rintarou Okabe dan teman-temannya yang mencoba untuk menciptakan gadget futuristik di sebuah laboratorium kecil yang mereka sewa.

Suatu saat, salah satu gadget yang mereka ciptakan, yaitu microwave phone dapat mengirim pesan ke masa lalu. Bermula dari pesan tersebut, alat ini terus berkembang menjadi mesin waktu yang lebih canggih. Namun, hal ini berbanding lurus juga dengan konsekuensi yang harus mereka hadapi.

Sedikit informasi, sekuelnya yaitu Steins;Gate 0 juga sudah tayang pada tahun 2018. Jadi, bagi yang tertarik menonton salah satu anime time travel terbaik ini, kalian bisa langsung marathon 2 season sekaligus.

2. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

ReZero
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Psychological, Drama, Thriller, Fantasy
  • Produksi: White Fox
  • Sutradara: Masaharu Watanabe
  • Pengisi Suara: Rie Takahashi, Yuusuke Kobayashi
  • Jumlah Episode: 25

Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu adalah anime tentang time travel yang diadaptasi dari novel karya Tappei Nagatsuki dengan judul yang sama. Anime ini mengisahkan Subaru Natsuki yang secara misterius terbawa ke sebuah dunia fantasi setelah ia pulang dari minimarket.

Tak lama setelah kedatangan, ia diserang oleh sekawanan preman dan untungnya, seorang gadis bernama Satella menyelamatkannya dari preman tersebut. Untuk membalas kebaikannya, Subaru membantu Satella mencari barang miliknya.

Naasnya, beberapa saat setelah menemukan barang tersebut, mereka berdua dibunuh secara brutal. Namun, tiba-tiba Subaru terbangun dan kembali lagi menuju kejadian saat ia diserang oleh preman.

3. Erased

Boku dake ga Inai Machi
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Mystery, Psychological, Supernatural
  • Produksi: A-1 Pictures
  • Sutradara: Tomohiko Itō
  • Pengisi Suara: Shinnosuke Mitsushima, Aoi Yuuki
  • Jumlah Episode: 12

Anime tentang time travel ini merupakan hasil adaptasi dari serial manga karya Kei Sanbe. Kisah dari Boku dake ga Inai Machi atau Erased diawali saat Satoru Fujinuma, seorang mangaka berusia 29 tahun yang secara misterius memiliki kemampuan yang disebut “Revival”.

Kekuatan itu membuatnya dapat kembali ke beberapa menit sebelum insiden mematikan terjadi dan menyelamatkan nyawa orang yang terlibat. Suatu ketika, ia dituduh menjadi dalang dari kasus pembunuhan.

Lagi-lagi kekuatan itu melemparnya ke masa lalu dan tidak seperti biasanya, kali ia terlempar menuju tahun 1988, tepat 18 tahun sebelum kejadian tersebut terjadi. Di sana ia harus memecahkan permasalahan ini dengan tubuhnya yang kembali menjadi bocah berumur 11 tahun.

4. Dr. Stone

anime time travel_Dr. Stone_

Dr. Stone diadaptasi dari manga dengan judul sama yang menceritakan kisah umat manusia yang menjadi batu setelah munculnya cahaya hijau misterius. Dan setelah itu, manusia-manusia yang bangkit kembali hidup secara tradisional seperti pada zaman batu.

Sengku, seorang laki-laki yang pada kehidupan sebelumnya menyukai sains, mulai menciptakan beberapa alat yang bisa digunakan di kehidupannya sekarang. Ditemani oleh beberapa teman dari kehidupan sebelumnya, mereka berencana untuk memulai peradaban baru dengan kekuatan sains.

Namun, rencana mereka tidak bisa berjalan mulus, karena ada beberapa orang yang anti-sains dan mencoba menggagalkan rencana Senku.

5. Tokyo Revengers

anime time travel_Tokyo Revenger_

Tokyo Revengers merupakan anime aksi yang memiliki tema tentang time travel. Adalah Takemichi, seorang pria yang tiba-tiba kembali ke masa lalunya, tepatnya saat dia masih SMA. Dia kembali mengalami kejadian yang pernah dirasakannya pada 12 tahun yang lalu itu.

Takemichi memanfaatkan waktunya setiap kali dia melakukan perjalanan lintas waktu. Awalnya dia berusaha untuk melindungi pacarnya dari kematian tragis. Ketika dia kembali ke masa lalu, dia mencoba mencegah kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. 

Dan setiap kali dia berhasil mengubah masa lalu, masa depan pun ikut berubah. Akankah perjalanan time travel Takemichi berhasil melindungi orang-orang terdekatnya?

6. Orange

anime time travel_Orange_

Anime tentang time travel yang selanjutnya mengikuti cerita Takamiya Naho, seorang gadis SMA yang baru saja naik ke kelas dua. Ketika dia terburu-buru pergi ke sekolah karena terlambat, dia menemukan sebuah surat aneh yang ditujukan untuk dirinya. Tapi, pengirim surat itu adalah dirinya sendiri dari masa depan.

Naho mengabaikan surat itu, tapi, beberapa kejadian yang tertulis di surat sama persis dengan kejadian yang dialaminya sekarang. Setelah mengalami beberapa kejadian yang serupa, Naho mulai sadar kalau dia harus bertindak lebih hati-hati agar tidak mengalami penyesalan.

7. Inuyasha

Inuyasha
  • Tahun Rilis: 2000-2004
  • Genre: Adventure, Fantasy, Romance
  • Produksi: Sunrise
  • Sutradara: Masashi Ikeda, Yasunao Aoki
  • Pengisi Suara: Kappei Yamaguchi, Satsuki Yukino, Houko Kuwashima, Motoki Takagi, Kumiko Watanabe
  • Jumlah Episode: 167

Sinopsis & Review Inuyasha Season 1

Jika kita membicarakan anime tentang time travel, rasanya kurang lengkap jika tidak menyebut anime klasik Inuyasha. Kisah dari anime yang diadaptasi dari manga ini berawal dari Kagome Higurashi.

Dia merupakan seorang gadis berusia 15 tahun yang ditarik oleh seekor siluman hingga jatuh ke dalam sumur terlarang di kuil Shinto keluarganya. Anehnya Kagome justru mendarat di masa Sengoku, tepatnya 500 tahun yang lalu.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram