Cari Hiburan Bertema Sport? Ini 10 Anime Sport Terbaik

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Untuk orang-orang yang menyukai dunia olahraga, hiburan mereka bukan cuma pertandingan olahraga. Ada hiburan dalam bentuk lain yang masih bertema olahraga. Ada film yang mengangkat tema olahraga, ada dokumenter atau biografi tentang tokoh olahraga, bahkan ada juga anime tentang olahraga.

Kalau kamu bukan penggemar anime, nggak ada salahnya kalau sesekali mencoba menonton anime. Percayalah, semua penggemar anime juga pasti ada awalnya.

Mereka butuh hiburan lalu mencoba sesuatu yang baru, dan kebetulan anime yang ditonton cocok. Cari hiburan bertema sport? Ini 10 anime sport terbaik yang bisa jadi pilihan.

1. Haikyuu!!

Haikyuu!
Tahun Rilis 2014
Genre
Sutradara
Pemeran Ayumu Murase Kaito Ishikawa

Biasanya, seorang anak akan terinspirasi oleh apa yang dia tonton lalu mengidolakan orang tersebut. Bahkan, anak itu akan bermimpi untuk mengikuti jejak idolanya.

Seperti itulah Hinata ketika melihat pertandingan voli di TV. Seorang pemain yang dijuluki 'Little Giant' membuatnya bertekad menjadi pemain hebat meski tubuhnya pendek.

Hinata mengumpulkan teman-temannya untuk membentuk klub voli. Dia mendapat tiga anggota yang bergabung. Lalu dia meminta dua orang dari klub lain untuk bergabung dan mengikuti turnamen. Hinata kalah di pertandingan pertama, namun itulah yang membakar semangatnya untuk berlatih lebih keras lagi.

2. Fighting Spirit

anime olahraga_Fighting Spirit_

Fighting Spirit atau Hajime no Ippo menceritakan tentang seorang remaja laki-laki bernama Ippo Makunouchi. Dia merupakan seorang anak yatim yang bekerja keras untuk membantu ibunya menjalankan bisnis penyewaan perahu nelayan.

Dia menjadi sasaran empuk perundungan di sekolahnya. Namun, suatu ketika dia diselamatkan oleh Mamoru Takamura, seorang petinju yang tengah naik daun. Ippo lalu dibawanya ke Kamogawa Boxing Gym untuk melakukan pemulihan.

Baik Takamura dan petinju lain yang ada di sana terpana dengan kekuatan pukulan Ippo, sehingga ia dilatih secara singkat oleh Takamura. Tidak sampai disitu, Ippo kembali membuat petinju lain terkagum-kagum ketika ikut dalam latihan.

Ippo pun mulai mengarungi langkah untuk terjun dalam karier tinju resmi. Namun, Ippo harus menghadapi berbagai rintangan, mulai dari lawan yang kuat, meraih kemenangan, kekalahan, hingga pelatihan yang ketat. Ippo terus berjuang dengan semangatnya yang tinggi untuk mencapai posisi petinju terhebat di dunia.


3. Tomorrow’s Joe

anime olahraga_Tomorrow’s Joe_

Anime berjudul asli Ashita no Joe mengikuti kisah seorang pemuda bermasalah bernama Yabuki Joe. Suatu hari, ketika Joe berjalan di daerah kumuh Doya, ia berkelahi dengan geng lokal. Meski kalah jumlah, Joe dengan mudah mengalahkan mereka dan menarik perhatian Danpei Tange, mantan pelatih tinju yang sekarang jadi pecandu alkohol.

Melihat potensi Joe, Danpai menawarkan diri untuk menjadi pelatihnya. Namun, kepribadian Joe ini sulit diatur. Hingga akhirnya Joe menyadari, satu-satunya cara untuk bertahan hidup di dunia keras karir tinju, dia harus mengikuti ajaran Danpei.

Joe pun harus mengarungi dunia petinju profesional yang penuh dengan perjuangan yang menguji keberaniannya.

4. Ping Pong The Animation

anime olahraga_Ping Pong The Animation_

Sesuai dengan judulnya, anime ini menceritakan tentang olahraga ping pong. Ceritanya mengikuti kisah sahabat bernama Makoto Tsukimoto (Smile) dan Yutaka Hoshino (Peco) yang telah berteman sejak kecil. 

Peco sangat percaya diri bisa menjadi pemain pingpong terbaik dunia. Akan tetapi, dia sering melewatkan latihan dan membuat rekan setim di SMA marah padanya.

Sementara itu, terlepas dari bakat alaminya dalam olahraga Smile, dia tidak bisa mengontrol kekuatannya. Melalui kecintaan mereka dalam bermain pingpong. Inilah kisah dua orang sahabat yang mencari makna dalam bermain olahraga pingpong. 

5. Slam Dunk

anime olahraga_Slam Dunk_

Slam Dunk merupakan anime olahraga yang cukup terkenal pada tahun 90-an. Anime ini menceritakan tentang olahraga basket dengan karakter utama bernama Sakuragi Hanamichi, seorang siswa temperamen yang ingin memiliki seorang pacar. 

Namun, karena sifatnya itu, Sakuragi dihindari oleh banyak siswa. Hingga akhirnya dihadapkan pada dua pilihan antara bola basket dan pacar. Dua hal yang berlawanan yang mengantarkannya menjadi pemain basket di sekolahnya.

Meski awalnya dia ikut basket dengan tujuan membuat seorang gadis bernama Akagi Haruko kagum padanya, Sakuragi mulai serius menekuni posisinya sebagai pemain basket dan ingin mengantarkan tim basketnya menjadi juara. 

6. Chihayafuru

anime olahraga_Chihayafuru_

Chihayafuru adalah adaptasi anime dari manga dengan judul yang sama. Sama seperti dalam manga-nya, anime ini mengikuti kisah seorang gadis bernama Chihaya beserta dua orang temannya, Arata dan Taichi. Mereka bertiga sama-sama terpikat dengan permainan karuta yang kompetitif.

Meski terlihat seperti bermain kartu biasa, tapi para pemain karuta memerlukan daya ingat, kelincahan dan daya tahan yang luar biasa. Chihaya bergabung dengan Shiranami Society bersama dua sahabatnya untuk memulai perjalanan mengasyikkan dalam memainkan karuta.

7. Major S5

anime olahraga_Major S5_

Major S5 merupakan anime yang menceritakan tentang dunia olahraga bisbol. Mengikuti kisah seorang pemuda bernama Honda Gorou yang ingin sekali mewakili negaranya di Piala Dunia Bisbol. Namun, karena suatu hal, Gorou tidak terpilih dalam tim bisbol kali ini.

Meskipun demikian, Gorou tetap bersikeras untuk ikut bergabung. Dia berlatih menjadi seorang pitcher untuk tim nasional Jepang, berharap bisa menunjukkan kecepatan dan keterampilannya pada manajer tim. Beruntung, Gorou diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya di laga latihan mendatang.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram