Bacaterus / Film Anime Olahraga / Cari Hiburan Bertema Sport? Ini 10 Anime Sport Terbaik

Cari Hiburan Bertema Sport? Ini 10 Anime Sport Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Untuk orang-orang yang menyukai dunia olahraga, hiburan mereka bukan cuma pertandingan olahraga. Ada hiburan dalam bentuk lain yang masih bertema olahraga. Ada film yang mengangkat tema olahraga, ada dokumenter atau biografi tentang tokoh olahraga, bahkan ada juga anime sport kalau kamu suka nonton anime.

Kalau kamu bukan penggemar anime, nggak ada salahnya kalau sesekali mencoba menonton anime. Percayalah, semua penggemar anime juga pasti ada awalnya. Mereka butuh hiburan lalu mencoba sesuatu yang baru, dan kebetulan anime yang ditonton cocok. Cari hiburan bertema sport? Ini 10 anime sport terbaik yang bisa jadi pilihan.

1. Captain Tsubasa [1983]

Captain Tsubasa [1983]

Anak 90an yang suka anime pasti nggak akan melewatkan anime sport yang satu ini. Bisa dibilang, anime Captain Tsubasa adalah anime sport yang paling melegenda. Inilah yang menghiasi masa kecilnya anak-anak 90an. Sejak 1983, anime Captain Tsubasa terus diproduksi ulang. Versi terbaru dirilis tahun 2018 lalu.

Ceritanya tentang Tsubasa, anak SD yang baru pindah ke Nankatsu. Dia suka main sepak bola dan ingin jadi pemain terbaik. Cerita bergerak seputar perjalanan Tsubasa dalam bermain sepak bola. Diwarnai oleh karakter-karakter lain yang sama kuat seperti Wakabayashi, Wakashimazu, dan Hyuga. Sayang sekali kalau kamu melewatkan anime sport yang ini.

2. Slam Dunk [1993]

Slam Dunk [1993]

Selain Captain Tsubasa, Slam Dunk juga punya peran besar untuk masa kecil anak-anak 90an. Pada masanya, Slam Dunk bahkan jadi obrolan wajib di sekolah. Kalau nggak nonton, nggak gaul. Masa itu media sosial belum seperti sekarang, jadilah anime hiburan paling menarik yang digandrungi anak sekolah.

Ini tentang Hanamichi Sakuragi yang selalu ditolak cewek. Untuk membuktikan diri, dia bergabung dengan tim basket sekolahnya. Lalu, seperti apa Hanamichi setelah bergabung? Ceritanya sangat dekat dan nyata. Kita akan melihat perjuangan Hanamichi dari nol sampai ikut turnamen. Seru, karena kita juga melihat prosesnya.

3. Prince of Tennis [2001]

Prince of Tennis [2001]

Dari judulnya kita sudah bisa tahu kalau cabang olahraga yang diangkat adalah tenis. Anime sport yang ini bercerita tentang anak SMP yang sangat berbakat dalam bermain tenis. Ceritanya kurang lebih setipe dengan Captain Tsubasa dan Slam Dunk yang punya alur lambat tetapi dekat dan ringan untuk dicerta.

Karakter utamanya Ryoma, anak SMP yang merupakan anak dari seorang petenis terkenal di Jepang. Dia menjadi anak umur 12 tahun pertama yang bisa masuk tim regular klub Seigaku yang sudah terkenal akan bakat-bakat anggotanya. Cerita anime sport yang ini berfokus pada perjalanan Ryoma dan kawan-kawannya untuk menjadi juara nasional.

4. Diamond no Ace [2013]

Diamond no Ace [2013]

Anime sport yang satu ini mengangkat cerita tentang baseball, cabang olahraga yang memang populer di kalangan orang Jepang. Cerita berawal ketika Eijun bersama teman-teman SMP-nya sedang bertanding di sebuah kejuaraan. Mereka kalah telak. Eijun berperan sebagai seorang pitcher. Sebenarnya, dia anak yang bodoh tetapi optimis dan pekerja keras.

Kekalahan telak Eijun dan tim membuka lembaran baru. Seorang asisten pelatih dari SMA Seido tertarik dengan gaya permainan Eijun dan mengundang dia bergabung dengan tim baseball SMA Seido. Dari sanalah Eijun memulai perjuangan dan persaingan baru yang sangat seru untuk ditonton di waktu luang.

5. Cheer Danshi! 

Cheer Danshi! 

Kamu mau anime sport dengan cerita yang unik dan agak nyeleneh? Tenang, ada Cheer Danshi! yang bisa jadi pilihan. Olahraga yang diangkat dalam anime sport yang satu ini adalah cheerleader. Nggak cuma itu, anime sport ini jadi tambah unik lagi karena yang diceritakan adalah kelompok cheerleader laki-laki.

Berawal dari Bandoo Haruki yang merasa frustasi dengan olahraga judo yang ditekuninya. Di tengah rasa frustasi itu, dia diajak Hashimoto yang merupakan teman masa kecilnya untuk membentuk ‘BREAKERS’ yang mana itu adalah kelompok cheerleader laki-laki yang belum pernah ada di kampusnya. Simak sendiri keseruan mereka di waktu luangmu, ya!

6. Ping Pong The Animation [2014]

Ping Pong The Animation [2014]

Selain bulu tangkis dan sepak bola, ada satu cabang olahraga lagi yang disukai orang-orang Indonesia. Terutama yang organisasi karang tarunanya masih aktif. Ya, ping pong biasanya di setiap RW pasti punya meja ping pong. Anime sport yang satu ini mengangkat cerita tentang ping pong.

Smile dan Peco sudah berteman sejak kecil dan sama-sama menyukai ping pong. Meski begitu, mereka sangat berbeda. Peco nyaris berhenti dari dunia ping pong ketika dia dikalahkan oleh pemain China. Sementara Smile, mudah mengalah pada lawan padahal sebenarnya sangat berbakat. Pelatih Jou berusaha mengasah bakatnya supaya jadi pemain ping pong yang hebat.

7. Baby Steps

Baby Steps

Waktu sekolah, kita pasti punya teman yang pintar dalam setiap mata pelajaran. Biasanya, murid seperti itu nggak pandai olahraga. Kemampuan otaknya luar biasa tapi kemampuan fisiknya kurang. Itulah yang terjadi pada Elichirou Maruo. Bahkan, dia sering dipanggil Ei-chan karena selalu mendapat nilai A setiap kali ujian.

Ei-chan juga punya kekurangan, kemampuan fisiknya kurang baik. Akhirnya, dia memutuskan untuk masuk ke sekolah tenis. Nggak disangka, Ei-chan semakin menyukai tenis. Dia berusaha semakin keras mengasah permainannya supaya bisa menjadi petenis hebat. Perjalanannya bisa kamu simak sendiri melalui anime sport berjudul Baby Steps ini.

8. Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru [2018]

Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru [2018]

Beberapa tahun terakhir, ada satu olahraga yang sedang naik daun yaitu lari. Kayaknya semakin banyak orang yang menyukai olahraga lari. Seseorang nggak perlu jadi atlet untuk menekuni olahraga lari. Rasanya akan pas kalau mengulas anime sport yang mengangkat tema lari seperti Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru.

Seorang mahasiswa tingkat satu bernama Kakeru terpaksa mencuri roti karena kelaparan. Waktu dia kabur dari kejaran pemilik toko, kemampuan berlarinya menarik perhatian Haiji yang merupakan seniornya. Haiji mengajaknya tinggal bersama dengan delapan orang lain di tempatnya. Di sana dia berencana melatih mereka untuk ikut kejuaraan lari Hakone Ekiden.

9. Yowamushi Pedal [2013]

Yowamushi Pedal [2013]

Selain lari, olahraga yang disukai masyarakat umum adalah sepeda. Apalagi dengan gerakan bike to work yang dikampanyekan beberapa tahun terakhir. Anime sport yang satu ini datang dari dunia balap sepeda. Menarik untuk disimak karena ternyata balap sepeda bukan cuma urusan mengayuh sepeda secepat mungkin.

Ini tentang Onoda yang ingin bergabung dengan klub anime, tetapi klub di sekolahnya sudah dibubarkan. Dia menemukan kesenangan baru saat bertemu dengan Shunsuke, murid baru yang masuk klub balap sepeda. Dari sanalah Onoda mulai berusaha lebih serius sampai mengikuti kejuaraan Inter-High.

10. Haikyuu!

Haikyuu!

Biasanya, seorang anak akan terinspirasi oleh apa yang dia tonton lalu mengidolakan orang tersebut. Bahkan, anak itu akan bermimpi untuk mengikuti jejak idolanya. Seperti itulah Hinata ketika melihat pertandingan voli di TV. Seorang pemain yang dijuluki ‘Little Giant’ membuatnya bertekad menjadi pemain hebat meski tubuhnya pendek.

Hinata mengumpulkan teman-temannya untuk membentuk klub voli. Dia mendapat tiga anggota yang bergabung. Lalu dia meminta dua orang dari klub lain untuk bergabung dan mengikuti turnamen. Hinata kalah di pertandingan pertama, namun itulah yang membakar semangatnya untuk berlatih lebih keras lagi.

Itulah 10 anime sport terbaik. Kamu tinggal pilih, cabang olahraga apa yang kamu suka karena anime sport yang tertulis di atas menceritakan berbagai macam cabang olahraga. Kalau mau ikut menambahkan anime sport lain yang belum tertulis, kolom komentar sudah disediakan. Kamu bisa menggoda pembaca lain dengan anime sport kesukaan kamu di sana!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *