bacaterus web banner retina

20 Anime Shounen Terbaik untuk Tontonan di Akhir Pekan

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Anime Shounen merupakan sebutan bagi tema cerita anime yang diperuntukkan khusus bagi remaja pria. Anime Shounen biasanya mengambil tema tentang olahraga, gang sekolah atau persahabatan.

Selain menampilkan sosok heroik dari tokoh utama. Anime Shounen biasanya sering diwarnai dengan adegan pertarungan melawan penjahat.

Nah, berikut telah Bacaterus telah rangkum 20 anime Shounen terbaik yang bisa jadi pilihan tontonan di akhir pekan. Adapun rekomendasi filmnya adalah sebagai berikut.

1. Shingeki no Kyojin

Shingeki no Kyojin
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Action, Drama, Fantasy, Mystery 
  • Produksi: Wit Studio 
  • Sutradara: Tetsurou Araki 
  • Pengisi Suara: Yuuki Kaji, Yui Ishikawa, Marina Inoue
  • Jumlah Episode: 25

Sinopsis dan Review Anime Shingeki no Kyojin

Shingeki No Kyojin memang lebih populer dengan judul Attack on Titan. Berkisah mengenai perlawanan manusia terhadap makhluk raksasa atau Kyojin. Kisahnya sendiri tentang pemuda bernama Eren dan kedua sahabatnya Mikasa dan Armin yang bertugas sebagai anggota pembasmi Titan.

Setelah melaksanakan latihan, Eren pun menjadi 10 anggota pembasmi terbaik dalam pelatihan tersebut. Hingga suatu hari dinding yang memisahkan antara para Titan dan manusia selama ratusan tahun berhasil dijebol.

Mereka pun mulai diserang oleh makhluk yang sangat suka memakan tubuh manusia tersebut. Bagaimana perjuangan Eren dan teman-temannya membasmi Kyojin. Kamu bisa tonton sendiri anime Shounen terbaik yang satu ini sendiri.

2. Death Note

anime shounen_Death Note_

Death Note merupakan sebuah anime adaptasi dari manga terkenal dengan judul yang sama. Cerita pada anime ini fokus pada karakter utamanya yaitu Light Yagami alias Kira, Lawliet L atau yang lebih dikenal dengan L, dan shinigami (dewa kematian) bernama Ryuk.

Cerita dimulai ketika banyaknya kasus kriminal yang melanda dunia manusia. Sementara itu, di alam dewa kematian, hidup para shinigami terlihat membosankan. Light Yagami dan Ryuk memiliki kesamaan dan menganggap kalau dunia mereka busuk.

Ryuk yang merasa bosan, menjatuhkan buku ‘Death Note’ miliknya yang kemudian ditemukan oleh Light. Setelah mengetahui kekuatan mengerikan pada buku tersebut, Light bermaksud untuk membersihkan dunia manusia dan menyebut dirinya sebagai Kira.

Di saat banyak kasus kematian yang janggal, muncu detektif terkenal bernama L yang datang untuk mengusut tuntas kasus janggal tersebut.

3. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

anime shounen_Fullmetal Alchemist Brotherhood_

Anime Shounen yang selanjutnya adalah Fullmetal Alchemist: Brotherhood. Anime ini fokus pada kisah kakak beradik bernama Edward dan Alphonse dari keluarga Elric.

Setelah kejadian mengerikan yang menimpa keluarga mereka, Edward harus kehilangan kaki dan mengorbankan lengannya untuk adiknya, Alphonse. Sementara tubuh adiknya hancur dan untuk menjaga jiwanya, dipakaikan lah baju zirah raksasa.

Mereka diselamatkan oleh seorang tetangga, Pinako Rockbell, yang merupakan cucu dari Winry. Winry dikenal sebagai ahli biomekanik, ia menciptakan kaki palsu untuk Edward.

Setelah bertahun-tahun melakukan pelatihan, Elric bersaudara mulai melakukan pencarian untuk menemukan batu bertuah. Batu tersebut dikenal sebagai permata kuat yang memungkinkan seorang alkemis menentang hukum tradisional.

Lalu, Edward menjadi seorang alkemis terkenal yang diberikan julukan ‘Fullmetal’. Perjalanan Elric bersaudara ini melibatkan sebuah konspirasi yang berkembang mengancam nasib dunia.

4. My Hero Academia

anime shounen_My Hero Academia_

Anime ini dikenal juga dengan judul Boku no Hero Academia. Ia merupakan salah satu anime Shounen yang cukup populer. Ceritanya fokus pada kisah seorang siswa laki-laki bernama Izuku Midoriya yang sejak kecil bercita-cita ingin menjadi seorang Pahlawan. 

Suatu ketika, cita-cita itu akhirnya bisa tercapai setelah dia bertemu dengan All Might yang merupakan pahlawan idolanya. All Might memutuskan untuk mewariskan quirk miliknya pada Midoriya. Setelah itu, Midoriya mendaftarkan diri ke akademi UF, dimana para calon pahlawan dilatih di sekolah tersebut.

5. Naruto

anime shounen_Naruto_
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Pierrot
  • Sutradara: Date Hayato
  • Pengisi Suara: Takeuchi Junko, Inoue Kazuhiko, Sugiyama Noriaki, Nakamura Chie
  • Jumlah Episode: 220

Bagi pecinta anime pasti sudah tidak asing dengan Naruto. Anime ini telah berhasil meraih banyak penghargaan selama penayangannya. Naruto, salah satu anime Shounen populer yang fokus pada kisah karakter utamanya bernama Naruto Uzumaki.

Naruto adalah seorang ninja yang hiperaktif, tapi dijauhi karena memiliki iblis kyuubi (rubah ekor sembilan) di dalam dirinya.Meskipun begitu, Naruto tidak pernah patah semangat dan terus berkelana juga berlatih agar bisa menjadi Hokage di Konohagakure.

Perjalanan panjang Naruto itu membawanya berjumpa dengan teman baru juga musuh yang kuat. Lantass, berhasilkah Naruto menggapai keinginannya menjadi Hokage?

6. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

anime shounen_Demon Slayer Kimetsu no Yaiba_

Kimetsu no Yaiba, dikenal juga dengan judul Demon Slayer. Anime ini sangat populer, terutama karena alur ceritanya yang menarik dan visualnya yang enak dipandang mata. Sesuai dengan judulnya, anime ini menceritakan kisah para pemburu iblis, termasuk karakter utamanya, Kamado Tanjirou. 

Cerita dimulai ketika tragedi mengerikan menimpa keluarga Tanjirou. Seluruh keluarganya dimakan oleh iblis dan menyisakan adik perempuannya, Nezuko, yang telah berubah menjadi iblis. 

Sejak saat itu Tanjirou bersumpah akan membalaskan dendam pada iblis yang telah membunuh seluruh keluarganya. Sembari melindungi adik perempuannya yang masih memiliki sifat manusia, Tanjirou berkelana dan memutuskan untuk menjadi Korps Pembunuh Iblis.

7. Hunter x Hunter

anime shounen_Hunter x Hunter_

Hunter x Hunter (2011) merupakan adaptasi kedua dari seri manga dengan judul yang sama. Cerita pada anime ini berpusat pada karakter Gon Freecss, Kurapika, Leorio dan Killua. Mereka berempat bertemu pada seleksi ujian Hunter dengan tujuan yang berbeda-beda. 

Namun, pertemuan itu membuat mereka menjadi berteman baik. Selama mengikuti ujian, mereka selalu bersama dan bekerjasama agar bisa lulus dalam berbagai tes. Mereka pun bersatu untuk satu tujuan bersama, yaitu untuk menjelajah ke berbagai dunia.

8. Naruto: Shippuden

anime shounen_Naruto Shippuden_

Naruto: Shippuden merupakan lanjutan cerita dari anime Naruto. Kini, Naruto diceritakan telah dewasa. Cerita dimulai setelah dua tahun setengah sejak Naruto meninggalkan desa Konohagakure. Tepatnya setelah melakukan pelatihan intensif untuk menjadikannya lebih kuat lagi. 

Kini, Naruto dan Sakura melakukan petualangan baru untuk mencari teman mereka, Uchiha Sasuke. Sasuke meninggalkan desa Konohagakure untuk mendapatkan kekuatan Orochimaru. Tidak hanya itu, kini Akatsuki pun jauh lebih aktif dari sebelumnya untuk mendapatkan semua iblis binatang berekor. 

Naruto bersiap untuk mengkonfrontasi Orochimaru. Dia juga mempersiapkan diri terhadap konfrontasi Akatsuki yang mengejarnya untuk mengambil kyubi yang ada dalam dirinya.

Oleh karena itu, Naruto melakukan sebuah pelatihan intensif bersama Jiraiya. Dan disaat yang bersamaan, Sakura menjadi murid Tsunade. Sedangkan Sasuke berlatih di bawah Orochimaru.

9. Noragami

anime shounen_Noragami_

Seorang siswa SMA bernama Iki Hiyori terlibat dalam kecelakaan bus ketika dia mencoba melindungi orang asing. Setelah kejadian tersebut, jiwa Hiyori sering keluar dari tubuhnya. Dia menyadari kalau ada dua dunia paralel.

Dua dunia itu adalah Near Shore yang merupakan tempat tinggal manusia dan makhluk biasa, serta Far Shore yang merupakan tempat iblis dan jiwa manusia tinggal.

Suatu ketika, Hiyori bertemu Yato, sosok dewa yang tidak memiliki kuil. Yato bertekad akan membuat kuil untuk dirinya sendiri dengan menerima bayaran sebesar 5 yen untuk mengerjakan apa pun. Termasuk permintaan Hiyori yang ingin memperbaiki tubuhnya.

10. One Piece

anime shounen_One Piece_

One Piece merupakan anime yang sudah tidak asing bagi para otaku. Diadaptasi dari seri manga terkenal, hingga kini animenya masih berlanjut dan telah memiliki lebih dari seribu episode. Ceritanya berpusat pada petualangan kru bajak laut yang dikenal dengan kru Topi Jerami dan dipimpin oleh Monkey D. Luffy.

Luffy yang bercita-cita menjadi raja bajak laut bersama teman-temannya, mengungkap berbagai misteri gelap dan melawan musuh yang kuat. Petualangan yang kru Topi Jerami lakukan adalah demi menemukan One Piece, harta karun peninggalan raja baka laut, Gol D. Roger.

11. Jujutsu Kaisen

anime shounen_Jujutsu Kaisen_

Jujutsu Kaisen merupakan sebuah anime yang berhasil mendapatkan penghargaan di Tokyo Anime Award Festival 2022. Anime ini berpusat pada kisah seorang siswa SMA bernama Yuuji Itadori. 

Suatu ketika, Yuuji secara iseng bergabung dengan klub paranormal di sekolahnya. Dia biasanya sering menghabiskan hari-harinya di ruang klub atau mengunjungi kakeknya yang terbaring di rumah sakit. Hidup Yuuji yang santai berubah ketika dia secara tidak sengaja menemukan sebuah benda terkutuk.

Sejak saat itu, terjadi kejadian supernatural yang menyebabkan Yuuji terdorong ke dunia kutukan. Di sana terdapat makhluk mengerikan yang terbentuk dari sisi negatif para manusia.

Kemudian diketahui kalau benda terkutuk yang Yuuji temukan adalah jari dari iblis Sukuna Ryoumen, atau yang dikenal juga dengan ‘Raja Kutukan’.

12. Akame ga Kill!

anime shounen_Akame ga Kill!_

Akame ga Kill! merupakan adaptasi dari manga Shounen karya Takahiro dengan judul yang sama. Anime ini menceritakan kisah Night Raid, yang merupakan kelompok pembunuh rahasia dari tentara revolusioner. Kelompok ini berencana untuk menggulingkan Perdana Mentri yang serakah.

Tatsumi adalah anggota kelompok pembunuh baru yang memiliki sifat ceria. Dia merupakan seorang bocah laki-laki yang naif dan berasal dari desa terpencil. Dia memulai perjalanannya dengan tujuan untuk membantu kampung halamannya yang miskin. 

13. The Seven Deadly Sins

anime shounen_The Seven Deadly Sins_

Anime ini dikenal juga dengan judul Nanatsu no Taizai. Latar pada anime ini mirip dengan Eropa pada abad pertengahan. Ceritanya mengikuti sekelompok Ksatria Suci Britannia yang ditakuti tapi dihormati. Mereka menggunakan sihir yang sangat kuat untuk melindungi wilayah Britannia dan kerajaannya.

Namun, sebagian kecil Ksatria diduga telah mengkhianati tanah air mereka dan menjadi musuh untuk menggulingkan penguasa Liones. Meskipun pengkhianat tersebut berhasil dikalahkan oleh Ksatria Suci, tetapi rumor tentang ksatria pemberontak legendaris itu terus berlanjut. 

Kini, ksatria itu dikenal dengan julukan ‘Tujuh Dosa Mematikan’. Kemudian 10 tahun berlalu, Ksatria Suci sendiri melakukan kudeta dan menjadi penguasa tirani Kerajaan yang baru. 

14. Mirai Nikki

anime shounen_Mirai Nikki_

Mirai no Nikki yang secara harfiah berarti ‘diari masa depan’, merupakan adaptasi anime dari manga. Anime ini fokus pada kisah seorang lelaki bernama Amano Yukiteru, seorang siswa SMA yang pemalu. Dia memiliki kebiasaan menuliskan semua aktivitasnya di dalam ponselnya.

Yukiteru tidak memiliki teman di sekolah, tapi dia sering terlihat berbicara dengan teman khayalannya, Deuw Ex Machina, dewa ruang dan waktu, dan pelayan Deus, Mur Mur. Suatu hari, Yukiteru terbangun dan menemukan sebuah peristiwa ditampilkan lebih dulu di ponselnya.

Awalnya dia menganggap hal tersebut hanya kebetulan. Tapi, perlahan dia mulai menyadari bahwa insiden yang tertulis di ponselnya benar-benar terjadi dalam waktu dekat. Suatu ketika, Yukiteru menemukan Gaisa Yuno, teman sekelasnya yang ternyata memiliki buku harian yang serupa.

Kemudian Yukiteru dan Yuno bekerja sama untuk mengalahkan pengejar aneh dan kembali ke rumah masing-masing. Teman khayalan Yukiteru menjelaskan, bahwa Yukiteru dan temannya telah ditarik ke dalam sebuah permainan bertahan hidup. Dan pemenang dari permainan itu akan menjadi seorang penerus dewa.

15. Assassination Classroom

anime shounen_The Assassination Classroom_

Anime Shounen yang selanjutnya adalah Ansatsu Kyoushitsu atau dikenal juga dengan Assassination Classroom. Ceritanya berpusat pada kisah seorang alien yang kemudian dikenal dengan sebutan Koro-sensei, bersama siswa kelas 3-E di SMA Kunigigaoka yang diremehkan oleh kelas lainnya.

Para siswa kelas tersebut dididik untuk menjadi ‘pembunuh’. Sementara itu, Koro-sensei mengatakan kalau dia akan menghancurkan bumi pada bulan maret tahun berikutnya. Dan selama itu, Koro-sensei mengajar siswa kelas 3-E yang dikenal siswa paling cupu di sekolah tersebut.

Ironisnya, meskipun Koro-sensei dikatakan sebagai ancaman, tapi dia juga merupakan guru terbaik yang pernah mendidik siswa kelas 3-E. Selama pendidikan, para siswa kelas 3-E terus berusaha melakukan percobaan untuk mencari tahu kelemahan Koro-sensei supaya bisa menyelamatkan nasib dunia.

16. Blue Exorcist

anime shounen_Blue Exorcist_

Ao no Exorcist atau Blue Exorcist, mengikuti kisah dua dunia berbeda. Assiah merupakan tempat para manusia tinggal, sementara Gehenna merupakan dunia tempat iblis tinggal.

Adalah Okumura Rin, seorang remaja biasa tapi agak merepotkan. Suatu hari, Rin disergap oleh iblis. Setelahnya, dunianya menjadi terbalik dan menemukan bahwa dirinya merupakan anak dari iblis. 

Ayah iblisnya menginginkan Rin kembali untuk menaklukkan Assiah bersama. Tapi, Rin tidak ingin bergabung dengan raja Gehenna. Dia memutuskan untuk memulai pelatihan untuk menjadi seorang pengusir iblis dan berjuang untuk membela Assiah bersama saudaranya, Yukio. 

17. Haikyuu!!

Haikyuu

Haikyuu!! berkisah mengenai seorang siswa bernama Shouyu Hinata. Hinata yang sangat menyukai olahraga voli harus menerima kenyataan bahwa dirinya tak memiliki anggota voli di sekolah. Setelah menginjak kelas 3 SMP barulah ia berhasil mengumpulkan 6 orang pemain.

Pada kejuaraan tingkat SMP yang merupakan pertandingan pertamanya. Hinata pun harus menerima kekalahan dari pemain bernama Tobio Kageyama yang berasal dari SMP lain. Hingga pada akhirnya Hinata dan Tobio pun kemudian dipertemukan kembali di sekolah yang sama, yaitu SMU Karasuno.

Mereka berdua kemudian menjadi tim andalan bola voli sekolah tersebut. Petualangan keduanya pun sering dibumbui dengan aroma persaingan yang sangat menarik.

Selain menampilkan kekonyolan keduanya, anime yang satu ini pun menunjukan sportivitas mereka sebagai pemain. Haikyuu menjadi salah satu anime Shounen yang memiliki jalan cerita seru yang harus kamu tonton.

18. Yakusoku no Neverland

anime shounen_Yakusoku no Neverland_

Emma merupakan anak yang cerdas dan ceria. Dia adalah seorang yatim piatu yang tinggal di panti asuhan Grace Field House.

Awalnya mereka menjalani kehidupan yang damai dan menyenangkan. Hingga suatu ketika, Emma bersama dua sahabatnya, Norman dan Ray, menjelajah ke luar tembok pembatas panti asuhan yang merupakan dunia berbeda.

Ketika salah satu anak panti asuhan, Conny, akan dikirim untuk diadopsi, Emma dan Norman mengikuti keberangkatannya.

Tapi mereka menemukan sisi gelap panti asuhan dan berencana untuk melarikan diri bersama Ray. Mereka juga mengajak beberapa anak-anak lainnya agar bisa ikut melarikan diri dari panti asuhan. 

19. Bleach

anime shounen_Bleach_

Bleach, mengikuti kisah seorang murid SMA bernama Kurosaki Ichigo. Cerita dimulai ketika keluarganya diserang oleh Hollow, roh jahat yang berusaha melahap jiwa manusia. Tak lama setelah kejadian itu, Ichigo bertemu dengan seorang shinigami (dewa kematian) bernama Kuchiki Rukia. 

Rukia terluka ketika dia mencoba melindungi keluarga Ichigo dan tak bisa menggunakan kekuatannya kembali. Lalu, Rukia menawarkan Ichigo untuk menjadi shinigami agar bisa menggantikan dirinya sementara.

Ichigo tidak sendirian, karena beberapa teman sekelasnya pun ikut bergabung bersamanya untuk membasmi para Hollow yang muncul di kota mereka.

20. Fairy Tail

anime shounen_Fairy Tail_

Fairy Tale juga merupakan salah satu anime Shounen yang cukup terkenal dan berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Kisahnya mengikuti Lucy Heartfilia, seorang penyihir surgawi muda yang melarikan diri dari rumah. Dia melakukan perjalanan ke tanah Fiore untuk bergabung dengan Guild Fairy Tail yang ajaib.

Dalam perjalanannya, Lucy bertemu dengan Natsu Dragneel, seorang remaja laki-laki yang mencari orang tua angkatnya. Dia juga bertemu Igneel, seekor naga dengan sahabatnya Happy seekor kucing. Tak lama setelah pertemuan mereka, Lucy diculik dan oleh Bora untuk dijual sebagai budak.

Kemudian Natsu menyelamatkannya dan mengungkapkan bahwa dia adalah Salamander asli dari Fairy Tail. Dia memiliki keterampilan Pembunuh Naga, sebuah sihir api kuno. Lalu, Natsu menawarkan Lucy untuk menjadi anggota Guild. Hal itu tentu saja langsung diterima oleh Lucy dengan senang hati. 

Itulah 20 anime Shounen terbaik yang bisa jadi pilihan tontonan di akhir pekan. Semoga judul anime yang telah di bahas oleh Bacaterus di atas bisa membuat waktu senggang kamu lebih seru. Kunjungi juga artikel anime Shoujo terbaik ini untuk menambah referensimu.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram