bacaterus web banner retina

10 Anime Sci-Fi Terbaik dan Paling Seru, Jangan Ketinggalan!

Dalam universe anime, anime yang mengusung genre sci-fi atau fiksi ilmiah kebanyakan menggambarkan tentang fantasi dan penemuan futuristik yang berlandaskan teori pengetahuan.

Genre spekulatif ini didasarkan pada imajinasi sang mangaka. Gambaran kisahnya bermacam-macam, ada yang memadukan unsur petualangan dunia baru atau perjalanan ke masa lalu.

Tidak sedikit ada pula yang mengisahkan kehidupan planet lain dan dunia alternatif. Semua ini bisa kamu temukan dalam anime sci-fi. Tertarik dengan anime bergenre sci-fi? Coba deh simak deretan anime di bawah ini.

Baca Juga: 10 Anime Adventure Overpower yang Dipenuhi Petualangan Seru

1. The Promised Neverland

The Promised Neverland
  • Tahun Rilis: 2019
  • Jumlah Episode: 12
  • Genre: Mystery, Sci-Fi, Suspense
  • Produksi: Cloverworks
  • Pemeran: Mariya Ise, Maaya Uchida, Sumire Morohoshi,
  • Sutradara: Mamoru Kanbe

Emma, Ray dan Norman adalah beberapa dari sekian banyak anak yang tinggal di sebuah panti asuhan. Tempat tinggal itu terisolasi dari dunia luar.

Meski begitu, mereka menjalani kehidupan yang bahagia dan nyaman di bawah pengawasan Mama Isabella. Ketiganya dapat melakukan hal apa pun yang mereka inginkan di panti asuhan tersebut.

Satu-satunya aturan yang tidak boleh dilanggar adalah tidak boleh keluar dari gerbang yang mengisolasi mereka dari masyarakat luar. Mama Isabella bilang, di balik gerbang tersebut ada bahaya yang mengancam mereka.

Namun, suatu hari mereka mengetahui fakta yang mengerikan. Panti asuhan itu tak ubahnya sebagai peternakan yang “membudidayakan” anak-anak untuk dijual di pasar.

2. Dr. Stone

Dr. Stone Stone Wars

Beberapa ribu tahun yang lalu, terjadi sebuah fenomena aneh yang membuat seluruh umat manusia menjadi batu. Lalu, muncul seorang bocah laki-laki bernama Senku Ishigami yang cerdas dan berani.

Dia mencoba untuk mencegah kehancuran dunia dan bertahan hidup di dunia batu. Taiju Oki, teman Senku pun ikut terbangun dan bergabung dengan bocah itu. Tujuannya adalah untuk membangun kembali peradaban.

Alur cerita Dr. Stone sepenuhnya menggambarkan evolusi manusia dan penemuan canggih mereka. Lalu, ada pula balutan kisah emosional dari konflik antara orang-orang yang menentang evolusi manusia. Golongan orang ini adalah penduduk asli yang berhasil selamat dari pembekuan masal ribuan tahun yang lalu.

3. My Hero Academia

my hero academia world heroes mission Cropped_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Jumlah Episode: 13
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Produksi: Bones
  • Pemeran: Daiki Yamashita, Nobuhilo Okamoto, Kenta Miyake, Ayane Sakura, Kaito Ishikawa
  • Sutradara: Kenji Nagasaki

Dalam semesta My Hero Academia dikisahkan bahwa lebih dari 70% populasi dunia mempunyai kemampuan khusus yang membuat mereka menjadi pahlawan super.

Namun, protagonis kita, Midoriya Izuku bukan termasuk ke dalam 70% populasi itu. Dia tidak punya kekuatan super yang membuatnya kuat.

Suatu hari super hero paling kuat di jagat All Might menawarkan sebuah kesempatan bagi Midoriya agar dapat memperoleh kekuatan seperti yang lainnya.

Anak itu bahkan berpeluang untuk mewarisi kekuatan All Might. Midoriya dibimbing dan ditempa beragam latihan untuk meningkatkan kekuatan dan keterampilannya, demi membuat Midoriya tidak kalah dari penjahat.

4. Knights of Sidonia

Knights of Sidonia_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Jumlah Episode: 12
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Produksi: Polygon Pictures
  • Pemeran: Aku Toyosaki, Aya Suzaki, Ryouta Oosaka
  • Sutradara: Koubon Shizuno

Setelah Bumi dihancurkan oleh ras alien Gauna, mereka mengejar manusia yang masih hidup. Gauna tidak akan membiarkan manusia selamat dan bertahan hidup. Manusia yang selamat itu tinggal di sebuah pesawat ruangan angkasa bernama Sidonia dan melintasi galaksi.


Lalu, Nagate Tanikaze muncul dari tempat persembunyiannya untuk mencari makanan. Dia terseret ke dalam konflik antara Gauna dan manusia bumi.

Ketika Gauna memulai serangan, Tanikaze bekerjasama dengan prajurit Bumi dan teman-teman lainnya untuk mempertahankan Bumi dan menyelamatkan manusia yang tersisa.

Ia berusaha untuk mengubah Bumi menjadi planet Bumi yang aman bagi manusia. Tanikaze dan rekan-rekan menjadi pahlawan yang dibutuhkan Sidonia untuk membebaskan diri dari Gauna.

5. Steins Gate

Steins Gate__

Berbicara tentang anime sci-fi terbaik, Steins Gate layak dinobatkan menjadi salah satu series terbaiknya. Series yang mengangkat kisah penjelajahan waktu ini disebut mempunyai kisah yang sempurna.

Dengan paduan thriller psikologi, misteri Steins Gate mengikuti kisah sekelompok remaja jenius. Satu penemuan mereka mengarah kepada penemuan lainnya yang mencengangkan.

Rintarou menarik kesimpulan bahwa mesin microwave dapat membawa mereka pada rupa-rupa penemuan aneh, dan yang paling mengagumkan adalah ia dapat mengirimkan pesan ke masa lalu.

Penemuan mereka menarik perhatian sebuah organisasi rahasia, SERN. Kini Rintarou dan teman-temannya terancam bahaya. Mereka harus menyelamatkan penemuannya agar tidak digunakan oleh SERN untuk kepentingan jahat mereka.

Baca Juga: 20 Anime Terbaru yang Tayang di Musim Panas (Summer) 2022

6. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu

Parasyte_

Dalam jagat Kiseijuu: Sei no Kakuritsu diceritakan parasit menyerang bagian otak manusia dan mengendalikan hidup mereka. Mereka yang terkontaminasi parasit ini tewas dan menyebabkan kasus pembunuhan meningkat tajam. Hal ini membuat resah masyarakat.

Sementara itu, Shinichi Izumi terinfeksi parasit, namun dia dapat menyelamatkan diri sehingga akibatnya tidak fatal. Sayangnya, tangan kanan Izumi terkena parasit sehingga mengganggu aktivitasnya. Demi menjaga kelangsungan hidup Izumi dan orang-orang, dia harus berusaha melawan parasit jahat itu.

7. Space Brothers

Space Brothers_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Jumlah Episode: 99
  • Genre: Comedy, Sci-Fi, Slice of Life
  • Produksi: A1 Pictures
  • Pemeran: Miyuki Sawahiro, Yuuko Sanpei
  • Sutradara: Ayumu Watanabe

Space Brother adalah salah satu anime paling populer di Jepang. Kisahnya mengikuti seorang pria berusia 30 tahun yang sejak kecil bercita-cita untuk pergi ke luar angkasa. Mutta, pria itu mempunyai seorang adik bernama Hibito yang berhasil menjadi astronaut dan mewujudkan keinginan Mutta.

Meski usianya sudah tidak muda dan sudah ketinggalan dari Hibito, Mutta tetap mencoba peruntungan dengan mendaftar ke JAXA (Japanese Aerospace Exploration Agency) sebagai astronot.

Program tersebut mengarahkan para astronaut untuk pergi ke Mars. Tekad Mutta sering kali diuji oleh berbagai keraguan dan sangsi dalam dirinya. Namun, dia tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu.

8. PSYCHO-PASS

PSYCHO-PASS

Nah, dalam semesta Psycho Pass disebutkan ada sebuah sistem yang bertanggung jawab atas keamanan negara. Sistem tersebut dinamakan Sibyl.

Sibyl dapat mengidentifikasi kecenderungan koefisien kriminal orang dan mencegah mereka melakukan tindakan kriminal lainnya bahkan sebelum mereka memikirkannya. Sibyl menjadikan alam semesta tempat yang benar-benar baru.

Semesta ini dipenuhi teknologi dan keadaan yang suram. Lalu, muncul Seki yang direkomendasikan menjadi inspektur. Dia adalah seorang yang baik hati.

Dia bekerjasama dengan penjahat yang disebut algojo untuk menumpas penjahat besar dengan nilai koefisien paling tinggi. Senjata yang digunakan oleh Seki adalah senjata paling canggih dan dapat membunuh target bergantung dari besaran nilai koefisien.

9. The Irregular at Magic High School

The Irregular at Magic High School_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Jumlah Episode: 26
  • Genre: Action, Romance, Sci-Fi, Supernatural
  • Produksi: Madhouse
  • Pemeran: Yuuichi Nakamura, Saori Hayami
  • Sutradara: Manabu Ono

Di awal abad ke-21, sihir sudah dianggap sebagai dongeng dan cerita rakyat semata. Manusia di zaman ini sudah hidup dengan teknologi yang sistematis bahkan sudah menjadi bagian dari keterampilan teknis dari manusia. Di sebuah SMA khusus sulap, siswa dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan nilai ujian mereka.

Kelompok Blooms adalah golongan anak-anak pandai, sementara Weeds adalah golongan orang-orang yang punya kecerdasan pas-pasan. Anak-anak golongan Weeds sering juga disebut cadangan.

Nah, kisahnya akan mengikuti dua adik kakak yang sekolah di golongan yang berbeda. Tatsuya diturunkan ke tingkat Weeds karena dirinya tidak mempunyai kompetensi yang bagus dalam sihir meskipun pengetahuan teknisnya luar biasa.

10. Code Geass

Code Geass
  • Tahun Rilis: 2006
  • Jumlah Episode: 25
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Produksi: Sunrise
  • Pemeran: Jun Fukuyama, Yukana, Ami Koshima, Takahiro Sakurai
  • Sutradara: Gorou Taniguchi

Code Geas menuturkan satu kisah mengenai kerajaan Britanian yang merupakan sebuah kerajaan besar. Ia punya banyak tanah jajahan, di antaranya Jepang. Dalam universe Code Geass, Jepang tidak disebut Jepang, tetapi Area 11.

Lelouch, putra kaisar Britania yang cerdas dan berani tapi pemarah memberontak melawan kaisar. Dia melancarkan serangan dan pertempuran besar pun tidak bisa terelakkan lagi.

Lelouch adalah seorang yang mempunyai kekuatan besar. Dengan kekuatan tersebut, dia dapat memanipulasi orang dari kedua sisi dan membuat satu pemberontakan yang besar. Lelouch menggunakan nama Zero ketika melancarkan serangannya yang mematikan.

Tertarik dengan anime bergenre sci-fi? 10 judul series anime di atas dapat kamu jadikan sebagai rekomendasi. Beberapa judul sudah mempunyai sekuel sampai beberapa musim, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk menyaksikan keseluruhan kisahnya.

Selain anime bergenre sci-fi Bacaterus punya rekomendasi anime lainnya yang tidak kalah seru. Coba cek artikel-artikel lainnya di Bacaterus, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram