Bacaterus / Film Anime / 10 Anime Samurai Terbaik, Rugi Kalau Belum Nonton!

10 Anime Samurai Terbaik, Rugi Kalau Belum Nonton!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Samurai selalu jadi tema menarik untuk sebuah anime. Uniknya lagi, anime-anime seperti ini biasanya menyisipkan sejarah Jepang yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, bahkan menampilkan beberapa tokoh yang memang ada di dunia nyata. Tak hanya itu, anime samurai juga sering menyelipkan pesan atau nilai kehidupan yang sangat penting, lho!

Kalau kalian termasuk penggemar kartun Jepang tapi belum tahu banyak soal anime samurai, Bacaterus punya banyak rekomendasi anime yang pas buat kalian. Mulai dari yang komedi hingga penuh darah, ini dia 10 anime bertema samurai yang wajib untuk ditonton!

1. Rurouni Kenshin (1996)

Rurouni Kenshin

Anime yang juga dikenal sebagai “Samurai X” ini diadaptasi dari manga karya Nobuhiro Watsuki yang mulai dipublikasikan tahun 1994. Anime ini berlatar belakang zaman Meiji yang dianggap sebagai zaman baru Jepang setelah runtuhnya Keshogunan Tokugawa.

Pada masa inilah hidup seorang samurai yang sangat kuat bernama Kenshin Himura. Ia dulunya adalah anggota kelompok Choshu yang menentang Shogun dan dijuluki Hitokiri Battousai atau Battousai Si Pembantai. Tapi, Kenshin sudah meninggalkan masa lalunya dan berusaha berubah, ia bahkan bertekad untuk tidak membunuh lagi.

Dalam perjalanan hidupnya, Kenshin akhirnya bertemu dengan orang-orang baik yang kemudian jadi sahabatnya, mulai dari Kaoru Kamiya, Sanosuke Sagara, hingga Megumi Takani. Walau sudah berubah, Kenshin tetap saja menghadapi banyak masalah yang mengharuskannya bertarung. Bahkan, ia harus berhadapan dengan musuh yang sangat kuat bernama Makoto Shishio.

2. Samurai Deeper Kyo (2002)

Samurai Deeper Kyo

Diangkat dari manga karya Akihime Kamijyo, “Samurai Deeper Kyo” bercerita tentang Kyo Si Mata Iblis yang merupakan penerus akhir Klan Mibu. Kyo tercatat sudah membunuh setidaknya 1.000 orang dan menjadi buronan, sampai-sampai kepalanya pun dihargai sangat mahal.

Tapi karena suatu sebab, roh Kyo terperangkap di tubuh seorang pedagang obat bernama Kyoshiro Mibu. Berbanding terbalik dengan Kyo yang terkesan dingin dan kejam, Kyoshiro terlihat sebagai karakter yang baik dan lugu. Keduanya pun berbagi tubuh yang sama, bahkan terkadang saling berebut untuk muncul seolah-olah Kyoshiro memiliki kepribadian ganda.

Suatu ketika, Kyoshiro bertemu dengan gadis pemburu hadiah bernama Yuya. Yuya mengetahui bahwa Kyo bersemayam di tubuh Kyoshiro. Singkat cerita, mereka akhirnya berpetualang bersama-sama dengan niatnya masing-masing. Yuya mengincar Kyo yang termasuk buronan mahal, sedangkan Kyo memanfaatkan uang Yuya untuk melakukan perjalanan mencari tubuh aslinya.

3. Samurai 7 (2004)

Samurai 7

Samurai biasanya identik dengan zaman Jepang kuno, tapi anime dengan 26 episode ini mengambil setting masa depan yang sangat maju. Anime ini bercerita tentang Desa Kanna yang diteror oleh kelompok bandit Nobuseri. Nobuseri dulunya adalah para samurai yang kemudian berubah menjadi mesin, sekarang mereka sering memeras penduduk desa serta merampas hasil panennya.

Penduduk desa yang tidak berdaya hanya bisa pasrah karena tidak mampu melawan Nobuseri. Namun karena tidak tahan dengan ulah para bandit tersebut, penduduk desa pun mulai bergerak. Sang kepala desa kemudian mengusulkan untuk menyewa samurai demi melindungi desa dari Nobuseri.

Beberapa orang dari Desa Kanna akhirnya pergi mencari samurai yang bisa mereka sewa. Pencarian ini pun tidak mudah karena Desa Kanna yang miskin hanya sanggup memberi bayaran berupa beras. Tapi, rupanya ada beberapa samurai yang bersedia menerima pekerjaan dari Desa Kanna dan mulai mempersiapkan pertahanan untuk melawan Nobuseri.

4. Samurai Champloo (2004)

Samurai Champloo (Copy)

“Samurai Champloo” merupakan anime yang diproduksi oleh Studio Manglobe dan memiliki 26 episode. Ceritanya sendiri berawal dari seorang gadis bernama Fuu yang bertemu dengan dua laki-laki di tempat kerjanya. Dua pria itu adalah Mugen dan Jin. Mugen termasuk tipe pria yang bebas dan tak mau mengikuti aturan, sedangkan Jin adalah ronin yang memiliki masa lalu kelam.

Mugen dan Jin lalu bertarung karena suatu alasan, tapi pertarungan itu justru berakibat fatal sampai-sampai keduanya harus berurusan dengan pihak berwajib. Mugen dan Jin nyaris dieksekusi, tapi mereka dibantu oleh Fuu sehingga keduanya bisa lolos dari hukuman tersebut.

Sebagai imbalan, Fuu memaksa Mugen dan Jin untuk membantunya mencari seseorang, yaitu samurai yang memiliki aroma bunga matahari. Fuu rupanya ingin mencari jawaban tentang masa lalunya, tapi ia membutuhkan bantuan Mugen dan Jin untuk mengungkap semuanya.

5. Gintama (2006)

Gintama

Seperti kebanyakan anime, Gintama diadaptasi dari manga berjudul sama karya Hideaki Sorachi yang mulai terbit tahun 2003. Sampai saat ini, “Gintama” jadi salah satu mangga/anime populer di dunia. Bahkan, versi live action-nya pun telah dibuat dan diluncurkan tahun 2017 lalu.

Anime yang satu ini mengambil setting zaman Edo yang pada masa itu diceritakan terjadi invasi oleh alien. Anime ini sendiri berpusat pada kisah kehidupan sehari-hari seorang samurai nyentrik bernama Gintoki Sakata. Tapi tidak seperti samurai pada umumnya, Gintoki bekerja serabutan demi uang dibantu dengan dua temannya, Shinpachi Shimura dan Kagura.

Salah satu hal menarik dari anime ini adalah unsur komedinya yang tak biasa. “Gintama” dikenal memiliki selera humor yang nyeleneh, bahkan sering sekali memparodikan manga/anime populer lainnya. Namun di balik itu semua, “Gintama” tetap menyuguhkan adegan-adegan pertarungan yang epik dan menegangkan.

6. Shigurui: Death Frenzy (2007)

Shigurui Death Frenzy (Copy)

Anime besutan Madhouse Studios ini memiliki cerita yang cukup suram. Anime ini memiliki 12 episode dan diadaptasi dari manga karya Takayuki Yamaguchi. Kalau kalian suka dengan anime penuh darah, maka “Shigurui: Death Frenzy” bisa jadi pilihan yang tepat. Cerita anime ini sendiri mengambil latar belakang tahun 1629 atau di zaman Edo.

Pada masa itu, Tokugawa Tadanaga menggelar turnamen pedang yang dipastikan akan menyebabkan pertumpahan darah. Turnamen ini lalu mempertemukan dua samurai kuat, yaitu Fujiki Gennosuke yang hanya memiliki satu tangan dan Seigen Irako yang mengalami kebutaan.

Menariknya, mereka sama-sama berguru pada seorang ahli pedang terkenal bernama Master Kogan. Walau berguru pada orang yang sama, keduanya punya jalan hidup berbeda. Gennosuke memilih menjadi samurai sejati yang selalu setia pada tuannya, sedangkan Irako lebih suka menjalani hidup bebas dan tak terikat aturan.

7. Sword of the Stranger (2007)

Sword of the Stranger (Copy)

Anime ini bercerita tentang seorang ronin tanpa nama atau disebut Nanashi. Nanashi dulunya adalah seorang samurai yang sangat kuat dan disegani di medan perang, ia juga diketahui sudah membunuh banyak orang. Tetapi, Nanashi akhirnya dipenuhi rasa penyesalan dan ingin berubah. Ia pun berusaha untuk mengubur masa lalunya yang kelam dan mengubah jalan hidupnya.

Cerita “Sword of the Stranger” dimulai ketika seorang anak laki-laki bernama Kotaro dan anjingnya, Tobimaru, sedang melarikan diri dari buruan sekelompok orang utusan Kaisar Dinasti Ming. Kotaro yang nyaris tertangkap akhirnya diselamatkan oleh Nanashi yang kebetulan ada di lokasi yang sama.

Kotaro lalu memperkerjakan Nanashi sebagai bodyguard, tugasnya adalah mengantar sekaligus melindungi Kotaro dan Tobimaru sampai ke tempat tujuan dengan selamat. Dari sinilah kisah persahabatan ketiganya dimulai. Perlahan-lahan, Kotaro mulai mengetahui masa lalu Nanashi yang kelam. Di sisi lain, terkuak pula alasan kenapa Kotaro diburu oleh kaisar.

8. Afro Samurai (2007)

Afro Samurai (Copy)

“Afro Samurai” merupakan anime produksi Studio Gonzo yang bercerita tentang balas dendam sekaligus persaingan di dunia samurai. Dalam anime ini, terdapat sebuah aturan bahwa pemilik ikat kepala no. 1 akan dianggap sebagai samurai terkuat dan terhebat. Siapa saja boleh menantang dan merebut ikat kepala tersebut dari pemiliknya, asalkan si penantang memiliki ikat kepala no.2.

Cerita “Afro Samurai” sendiri berpusat pada seorang laki-laki bernama Afro. Saat masih kecil, ayahnya adalah pemegang ikat kepala no.1, tapi saat itu datang seorang penantang yang memiliki ikat kepala no.2 dan berhasil membunuh ayah Afro. Afro lalu diberi ikat kepala no.2, ia pun bersumpah bahwa ia akan balas dendam dan menghabisi pembunuh ayahnya.

Tapi, perjalanan Afro tidak mudah karena ikat kepala no.2-nya sempat dirampas oleh orang lain. Afro akhirnya terus berlatih menjadi samurai yang lebih kuat dan memburu orang yang memiliki ikat kepala no.2. Karena bila ia berhasil memiliki ikat kepala tersebut, maka ia bisa balas dendam dengan menantang si pemilik ikat kepala no.1 yang notabene adalah pembunuh ayahnya.

9. Sengoku Basara (2009)

Sengoku Basara (Copy)

Tidak seperti anime lain yang umumnya berasal dari manga, “Sengoku Basara” justru diangkat dari sebuah video game dengan judul yang sama. Seperti judulnya, anime ini berlatar belakang Jepang di zaman Sengoku yang masih penuh dengan peperangan. Beberapa tokoh Jepang pun dimasukkan ke dalam anime ini, tapi tentu saja karakternya sudah dikembangkan agar sesuai dengan jalan cerita.

Kisah “Sengoku Basara” berawal dari kemunculan Oda Nobunaga yang mengklaim bahwa dirinya adalah orang terkuat dan paling berkuasa. Tak hanya itu, ia juga berniat menaklukkan seluruh wilayah Jepang dengan semua kekuatan yang ia punya.

Di sisi lain, ada dua tokoh bernama Date Masamune dan Sanada Yukimura yang berasal dari klan berbeda. Keduanya menjadi rival dan selalu bermusuhan. Akan tetapi, dua tokoh ini akhirnya bersatu untuk melawan Oda Nobunaga yang dijuluki sebagai Si Raja Iblis.

10. Saraiya Goyou (2010)

Saraiya Goyou (Copy)

“Saraiya Goyou” termasuk anime bertema samurai yang cukup unik. Anime besutan Studio Manglobe dengan 12 episode ini terfokus pada kisah hidup Akitsu Masanosuke. Akitsu merupakan ronin yang sebenarnya memiliki kemampuan pedang yang cukup baik, tapi ia punya kepribadian yang naïf dan pemalu.

Sifatnya tersebut justru membuat Akitsu kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Sampai suatu hari ia akhirnya bertemu dengan seorang laki-laki bernama Yaichi. Yaichi lalu memutuskan untuk memperkerjakan Akitsu sebagai bodyguard. Yaichi sendiri rupanya adalah pemimpin sebuah kelompok pencuri bernama Goyou.

Kelompok ini memiliki beberapa anggota dengan latar belakang serta tugas yang berbeda-beda. Awalnya Akitsu sangat terganggu dengan kegiatan kelompok Yaichi yang terkesan kejam. Tapi seiring berjalannya waktu, Akitsu menyadari adanya motif lain dari kelompok ini. Ia juga mulai mengagumi Yaichi yang karismatik dan semakin tertarik dengan dunia mereka.

Nah, itu dia beberapa anime dengan tema samurai yang sangat layak untuk diikuti. Kalian sudah pernah nonton yang nomor berapa? Atau kalian punya rekomendasi lain yang belum ada di daftar? Kalau punya anime favorit yang lain, tulis judulnya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *