20 Anime Terbaik Tentang Samurai, Rugi Kalau Belum Nonton!

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Samurai selalu jadi tema menarik untuk sebuah anime. Uniknya lagi, anime-anime seperti ini biasanya menyisipkan sejarah Jepang yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, bahkan menampilkan beberapa tokoh yang memang ada di dunia nyata.

Tak hanya itu, anime samurai juga sering menyelipkan pesan atau nilai kehidupan yang sangat penting, lho!

Kalau kalian termasuk penggemar kartun Jepang tapi belum tahu banyak soal anime samurai, Bacaterus punya banyak rekomendasi anime yang pas buat kalian. Mulai dari yang komedi hingga penuh darah, ini dia 20 anime bertema samurai yang wajib untuk ditonton!

1. Samurai Champloo

Samurai Champloo (Copy)

Samurai Champloo merupakan anime yang diproduksi oleh Studio Manglobe dan memiliki 26 episode. Ceritanya sendiri berawal dari seorang gadis bernama Fuu yang bertemu dengan dua laki-laki di tempat kerjanya.

Dua pria itu adalah Mugen dan Jin. Mugen termasuk tipe pria yang bebas dan tak mau mengikuti aturan, sedangkan Jin adalah ronin yang memiliki masa lalu kelam.

Mugen dan Jin lalu bertarung karena suatu alasan, tapi pertarungan itu justru berakibat fatal sampai-sampai keduanya harus berurusan dengan pihak berwajib. Mugen dan Jin nyaris dieksekusi, tapi mereka dibantu oleh Fuu sehingga keduanya bisa lolos dari hukuman tersebut.

Sebagai imbalan, Fuu memaksa Mugen dan Jin untuk membantunya mencari seseorang, yaitu samurai yang memiliki aroma bunga matahari. Fuu rupanya ingin mencari jawaban tentang masa lalunya, tapi ia membutuhkan bantuan Mugen dan Jin untuk mengungkap semuanya.

2. Dororo

anime samurai_Dororo_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Adventure, Supernatural
  • Produksi: Tezuka Productions, MAPPA
  • Sutradara: Furuhashi Kazuhiro
  • Pengisi Suara: Suzuki Hiroki, Suzuki Rio
  • Jumlah Episode: 24 

Cerita Dororo diadaptasi dari seri manga sejarah supernatural karya Osamu Tezuka. Mengisahkan seorang samurai bernama Kagematsu Daigo, merupakan orang yang serakah dan akan melakukan apapun demi kekuasaan.

Dia meninggalkan ajaran Buddha dan membuat perjanjian dengan iblis. Doanya lalu terjawab oleh 12 iblis yang memberi kekuatan yang diinginkannya. Tapi, dia harus mengorbankan putra pertamanya demi keserakahannya tersebut.

Kemudian, Hyakumaru, anak Kagematsu yang lahir cacat secara fisik dibuang ke sungai. Hyakumaru masih diberi keberuntungan dan diselamatkan oleh seseorang. Kini, dia bisa hidup meskipun tidak bisa melihat, mendengar dan tidak bisa merasakan apa pun.

Dia berjuang untuk mengalahkan iblis yang telah mengambil sebagian tubuhnya. Sampai akhirnya Hyakumaru berhasil mendapatkan kembali bagian tubuhnya yang hilang.

Selama beberapa tahun, Hyakumaru berkelana seorang diri, sampai suatu hari ada seorang anak yatim piatu bernama Dororo yang menemaninya. Hyakumaru dan Dororo berjuang bersama untuk kelangsungan hidup mereka yang penuh dengan serangan iblis.

3. Gintama

Gintama

Seperti kebanyakan anime, Gintama diadaptasi dari manga berjudul sama karya Hideaki Sorachi yang mulai terbit tahun 2003. Sampai saat ini, Gintama jadi salah satu mangga/anime populer di dunia. Bahkan, versi live action-nya pun telah dibuat dan diluncurkan tahun 2017 lalu.

Anime yang satu ini mengambil setting zaman Edo yang pada masa itu diceritakan terjadi invasi oleh alien. Anime ini sendiri berpusat pada kisah kehidupan sehari-hari seorang samurai nyentrik bernama Gintoki Sakata.

Tapi tidak seperti samurai pada umumnya, Gintoki bekerja serabutan demi uang dibantu dengan dua temannya, Shinpachi Shimura dan Kagura.

Salah satu hal menarik dari anime ini adalah unsur komedinya yang tak biasa. Gintama dikenal memiliki selera humor yang nyeleneh, bahkan sering sekali memparodikan manga/anime populer lainnya. Namun di balik itu semua, Gintama tetap menyuguhkan adegan-adegan pertarungan yang epik dan menegangkan.

4. Drifters

anime samurai_Drifters_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Produksi: Hoods Drifters Studio
  • Sutradara: Suzuki Kenichi
  • Pengisi Suara: Nakamura Yuuichi, Uchida Naoya, Saiga Mitsuki
  • Jumlah Episode: 12 Episode

Drifters, anime samurai yang selanjutnya mengambil latar pada Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600. Shimazu Toyohisa adalah anggota pasukan yang berdiri di barisan belakang, dia mundur karena terluka parah.

Di sebuah lorong putih yang modern dan berkilau, dia bertemu seorang pria bernama Murasaki. Kemudian Toyohisa ditarik ke pintu terdekat dan muncul di sebuah dunia yang sama sekali tidak dikenalinya.

Di sana terdapat sebuah tanah asing yang dihuni oleh segala macam makhluk fantastis, serta para pejuang dari berbagai era yang dianggap Toyohisa telah tiada.

Tak membutuhkan waktu lama, Toyohisa berteman dengan panglima perang terkenal, Oda Nobunaga dan pemanah kuno Nasu Yoichi Suketaka. Toyohisa pun mengetahui kerusuhan politik yang sedang melanda benua itu.

Selanjutnya, mereka yang dipanggil dengan sebutan Drifters dan berusaha melawan Ends, orang-orang yang bertanggung jawab atas terciptanya Kekaisaran Orte dan mencoba memusnahkan Drifters.

Saat Ends menjadi lebih kuat, semakin banyak terjadi penganiayaan. Kini, Toyohisa dan kelompok pahlawan Drifters pergi bertempur dalam perang dunia baru untuk membantu rakyat, sambil melindungi tanah mereka. 

5. Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin

Anime yang juga dikenal sebagai Samurai X ini diadaptasi dari manga karya Nobuhiro Watsuki yang mulai dipublikasikan tahun 1994. Anime ini berlatar belakang zaman Meiji yang dianggap sebagai zaman baru Jepang setelah runtuhnya Keshogunan Tokugawa.

Pada masa inilah hidup seorang samurai yang sangat kuat bernama Kenshin Himura. Ia dulunya adalah anggota kelompok Choshu yang menentang Shogun dan dijuluki Hitokiri Battousai atau Battousai Si Pembantai.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram