Bacaterus / Film Anime Fantasy / Terjebak di Dunia Fantasi, Ini Dia 10 Anime Mirip Overlord

Terjebak di Dunia Fantasi, Ini Dia 10 Anime Mirip Overlord

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Februari 2020

Isekai atau dunia lain dalam bahasa Indonesia, rupanya telah menjadi genre anime yang sangat digandrungi, bahkan serialnya memiliki basis penggemar yang loyal. Bukan hanya itu, kesuksesan Overlord dan Sword Art Online membuat berbagai cerita sejenis bermunculan malahan menjamur.

Temanya bukan hanya gim, tapi kisah-kisah ini juga menampilkan seseorang atau sekelompok orang yang tahu-tahu saja ditransfer secara misterius ke dunia antah berantah dan harus berjuang agar bisa lolos dari dunia tersebut. Anime apa saja yang memakai plot seperti ini? Yuk, kita simak daftar berikut.

1. .Hack//Sign

Hack Sign

* sumber: www.animescience101.com

Remaja awal 2000-an mungkin ingat atau pernah menyaksikan anime ini karena pernah tayang di salah satu televisi swasta tanah air setiap hari minggu. Serial ini menceritakan karakter bernama Tsukasa yang tidak bisa logout dan terjebak dalam sebuah game MMORPG bernama The World. Bahkan, ia kemudian dianggap sebagai karakter ilegal dalam game tersebut.

Aroma misteri yang kental disuguhkan oleh .Hack//Sign dan tentu saja tidak ketinggalan aksi. Bagi para penggemar anime yang telah beranjak dewasa, .Hack//Sign bisa jadi merupakan salah satu anime isekai terbaik dari genre ini.

2. Grimgar of Fantasy and Ash

Grimgar of Fantasy and Ash

* sumber: www.thegeeklyfe.com

Anime ini mengisahkan tentang sekelompok pahlawan petualang pemula yang sebenarnya adalah manusia dunia nyata yang tiba-tiba saja pindah ke dunia lain, dan harus bertempur melawan monster demi menjadi kuat dan mendapatkan uang. Tapi jangan salah, para karakter dalam Grimgar bukanlah para pahlawan yang sangat mahir bertempur, dan itulah daya tarik utamanya.

Fans anime yang menyaksikan Grimgar mengatakan bahwa serial sepanjang 12 episode ini menyuguhkan sesuatu yang beda dari film animasi genre sejenis, karena tidak ada karakternya yang overpower. Bahkan, lebih menonjolkan sisi manusiawi  para tokohnya.

3. Darwin’s Game

Darwin’s Game

* sumber: next-episode.net

Anime yang baru saja rilis pada 3 Januari 2020 ini mengisahkan tentang sebuah game di dunia nyata bernama ‘Darwin’s Game’ yang menuntut para pemainnya untuk terlibat duel bahkan saling bunuh. Dan pemenangnya, bisa mendapatkan uang. Peserta permainan ini juga bisa menggunakan kekuatan aneh nan unik yang dapat digunakan untuk menghadapi lawan.

Darwin’s Game diadaptasi dari manga action karya FLIPFLOPs dan diangkat ke layar kaca studio Nexus. Mumpung masih fresh, silahkan menyaksikan serial ini sebelum menjadi buah bibir dimana-mana dan kamu ketinggalan keseruannya.

4. Isekai Cheat Magician

Isekai Cheat Magician

* sumber: www.thecinemaholic.com

Saat tengah jalan bersama, dua sahabat sejak kecil, Taichi dan Kanade tiba-tiba saja ditransfer secara misterius –bukan isekai namanya kalau tidak dengan sekonyong-konyong dan dengan cara yang misterius- ke dunia lain. Di dunia bernama Altia tersebut, keduanya memiliki kekuatan magis yang dahsyat.

Cerita dari anime ini memang cukup standar. Tapi kalau kamu memang ingin ‘mengoleksi’ perbendaharaan genre isekai kamu, tidak ada salahnya untuk menyaksikan anime produksi studio Encourage Films ini.

5. Kenja no Mago

Kenja no Mago

* sumber: www.thecinemaholic.com

Reinkarnasi adalah salah satu tema yang –hampir selalu- ditampilkan dalam genre isekai, termasuk kisah yang satu ini. Kenja no Mago berawal saat seorang pria meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan, dan dia terlahir kembali sebagai seorang bayi yang kemudian diangkat cucu oleh seorang sage bernama Merlin.

Salah satu elemen yang membuat anime ini menarik adalah, kemampuan sihir Shin, sang tokoh utama yang mampu memadukan bakatnya di dunia nyata dengan kekuatan magis tersebut.

6. Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou

* sumber: news.otakukart.com

Sekali lagi, ‘sekonyong-konyong ditransfer ke dunia lain secara misterius’. Itulah yang dialami oleh Hajime Nagumo tokoh utama kisah ini. Dalam dunia tersebut, seluruh teman-teman sekolahnya memiliki kemampuan magis yang keren, namun dia hanya memiliki kemampuan transmutasi benda padat.

Jatuh ke dalam sebuah dungeon penuh monster ganas dengan kemampuan terbatas membuat Hajime kehilangan sebelah tangannya. Namun lambat laun, ia mulai menjadi lebih kuat –salah satunya dengan cara memakan daging monster yang ia taklukan- dan menjadi seorang penembak ulung. Plus, partner cewek vampir.

7. Cautious Hero: The Hero is Overpowered But Overly Cautious

Cautious Hero The Hero is Overpowered But Overly Cautious

* sumber: www.anime-planet.com

Seiya Ryugin yang tampan terpilih oleh seorang dewi bernama Ristarte untuk menjadi ksatria yang akan melawan ancaman Demon Lord. Atletis dan penuh pesona, ternyata Seiya adalah seorang dengan pembawaan yang sangat hati-hati dan penuh perhitungan. Ristarte sempat ragu akan kemampuan Seiya, namun pria tersebut kemudian membuktikan bahwa ia memang sekuat itu.

Penuh humor jenaka, apalagi dengan bumbu Ristarte yang terkagum-kagum pada sosok Seiya, membuat serial ini nampak kurang serius namun adegan laganya cukup meyakinkan. Tontonan segar bagi kamu pecinta anime yang mengocok perut.

8. No Game No Life

No Game No Life

* sumber: coffeesenpai.weebly.com

Pecinta game berada di dunia yang masalahnya diselesaikan melalui game. Itulah No Game No Life yang menceritakan pasangan kakak beradik tiri yang dikenal di dunia gamer dengan ID Blank, bertualang di sebuah dunia yang penuh dengan intrik permainan.

Anime ini diadaptasi dari manga karya Yu Kamiya dan mengudara untuk pertama kalinya sebagai film animasi pada 9 April 2014. Uniknya, permainan sederhana seperti bridge, catur, malahan jankenpon terasa seru dalam serial garapan studio.

9. Infinite Dendrogram

Infinite Dendrogram

* sumber: fansofanime.com

Satu lagi anime fresh yang baru saja tayang di awal tahun 2020. Mukudori Reiji mencoba game berbasis virtual reality yang bertajuk Infinite Dendrogram. Seperti layaknya game MMORPG lain, ia memulai permainan tersebut dari level terendah dan mendapat ‘jimat’ yang disebut sebagai Embriyo.

Saat menghadapi misi yang mendadak berubah menjadi level yang sangat tinggi, disaat-saat genting Reiji menggunakan Embriyo-nya yang ternyata memiliki wujud seorang gadis cantik yang bisa berubah menjadi pedang yang sangat besar. Kami golongkan serial ini dalam: ‘Potential Wifu Alert!’. Untuk selanjutnya, silahkan saksikan sendiri, ya.

10. Log Horizon

Log Horizon

* sumber: animenewsplus.net

Terjebak dalam game, dunia fantasi, reinkarnasi, itulah fondasi genre isekai, begitu pula serial ini. Dimana orang-orang terjebak dalam dalam game bernama Elder Tale. Sekarang, Elder Tale bukan hanya sebuah permainan tapi game tersebut adalah dunia mereka. Tidak seperti Sword Art Online (SAO), meski terjebak dalam game ini, nyawa para pemainnya tidak terancam.

Log Horizon mendapat kritik positif dan disebut mampu bersanding dengan SAO, juga seri Hack. Kita akan mengikuti kisah sang tokoh utama, Shiroe bersama kedua temannya, Naotsugu dan Akatasuki untuk bertahan di dunia digital tersebut.

Itu dia 10 anime yang memiliki kemiripan dengan Overlord. Meskipun memiliki latar belakang kisah yang senada, namun tentu saja masing-masing anime ini memiliki kelebihan maupun kekurangan mereka masing-masing.

Kalau sudah nonton, mana kira-kira anime yang jadi favorit kamu? Kami bertanya dari segi cerita tentu saja, bukan ehem wifu favorit kamu. Yuk, baca juga artikel anime genre isekai lainnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *